Strategi Guru Dalam Pembinaan Moral Anak Melalui Penanaman Akhlakul KarimahDi Taman Kanak-Kanak PGRI Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone
Sundari/02.17.6023 - Personal Name
Skripsi ini berjudul tentang Strategi Guru Dalam Pembinaan Moral Anak Melalui
Penanaman Akhlakul Karimah Di Taman Kanak-Kanak PGRI Kecamatan Tanete
Riattang Barat Kabupaten Bone. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pokok
permasalahan dalam penelitian meliputi: 1) Bagaimana strategi guru dalam
pembinaan moral anak melalui penanaman akhlakul karimah di taman kanak-
kanak PGRI kecamatan tanete riattang barat kabupaten bone, dan 2) Apa faktor
penghambat dan pendukung dalam strategi guru dalam pembinaan moral anak
melalui penanaman akhlakul karimahdi taman kanak-kanak PGRI Kecamatan
Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, penulis menggunakan metode
field research (penelitian lapangan) dengan melakukan observasi, wawancara,
dokumentasi. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan metode kualitatif
untuk mendeskripsikan penelitian tentang Strategi Guru Dalam Pembinaan Moral
AnakMelalui Penanaman Akhlakul Karimah Di Taman Kanak-Kanak PGRI
Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone. Dalam menganalisis data,
penulis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan tahap simpulan
(verifikasi).
Hasil penelitian menunjukkan pertama, Strategi guru dalam pembinaan moral
anak melalui penanaman akhlakul karimah di TK PGRI Kecamatan Tanete
Tiattang Barat Kabupaten Bone sudah terlaksana dengan baik. Hal ini dapat
dilihat dari strategi guru dalam pembinaan moral anak melalui penanaman
akhlakul karimah yang meliputi pendidikan langsung dan tidak lansung. Kedua,
Faktor pendukung dan penghambat strategi guru dalam pembinaan moral anak
melalui penanaman akhlakul karimah. Adapun faktor pendukung strategi guru
dalam pembinaan moral anak yaitu sekolah menjalin hubungan baik dengan orang
tua anak. Motivasi guru dalam mendorong anak untuk meransang perilaku baik
anak dan pemngaruh lingkungan dalam pembinaan moral anak. Serta faktor
penghambat strategi guru dalam pembinaan moral anak yaitu apakah teman
sebaya/kelompok anak dapat menghambat pembinaan moral dan media massa
dapat menghambat pembinaan moral.
A. Simpulan
Berdasarkan temuan peneliti yang di lakukan di TK PGRI maka dapat di
simpulkan sebagai berikut:
1. Strategi guru dalam pembinaan moral anak melalui penanaman akhlakul
karimah di TK PGRI Kecamatan Tanete Tiattang Barat Kabupaten Bone
sudah terlaksana dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari strategi guru dalam
pembinaan moral anak melalui penanaman akhlakul karimah yang
meliputi pendidikan langsung dan tidak lansung.
2. Faktor pendukung dan penghambat strategi guru dalam pembinaan moral
anak melalui penanaman akhlakul karimah. Adapun faktor pendukung
strategi guru dalam pembinaan moral anak yaitu sekolah menjalin
hubungan baik dengan orang tua anak. Motivasi guru dalam mendorong
anak untuk meransang perilaku baik anak dan pemngaruh lingkungan
dalam pembinaan moral anak. Serta faktor penghambat strategi guru
dalam pembinaan moral anak yaitu apakah teman sebaya/kelompok anak
dapat menghambat pembinaan moral dan media massa dapat menghambat
pembinaan moral.
B. Implikasi
Berdasarkan penelitian ini, penulis mempunyai implikasi yang berupa
saran kepada pihak-pihak yang terkait, adapun saran-saran yang penulis maksud
yaitu sebagai berikut:
74
75
1. Bagi guru, disarankan agar lebih kreatif dalam mengelola pembelajaran
khususnya dalam pembinaan moral melalui penanaman akhlakul karimah,
sebab dengan pembinaan moral membuat anak memiliki akhlak yang baik.
2. Bagi orang tua, di sarankan memberikan bimbingan yang dapat mendorong
anak agar memiliki nilai agama dan moral yang baik, sebab segala kegiatan
anak di rumah merupakan tanggung jawab orang tua.
Penanaman Akhlakul Karimah Di Taman Kanak-Kanak PGRI Kecamatan Tanete
Riattang Barat Kabupaten Bone. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pokok
permasalahan dalam penelitian meliputi: 1) Bagaimana strategi guru dalam
pembinaan moral anak melalui penanaman akhlakul karimah di taman kanak-
kanak PGRI kecamatan tanete riattang barat kabupaten bone, dan 2) Apa faktor
penghambat dan pendukung dalam strategi guru dalam pembinaan moral anak
melalui penanaman akhlakul karimahdi taman kanak-kanak PGRI Kecamatan
Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, penulis menggunakan metode
field research (penelitian lapangan) dengan melakukan observasi, wawancara,
dokumentasi. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan metode kualitatif
untuk mendeskripsikan penelitian tentang Strategi Guru Dalam Pembinaan Moral
AnakMelalui Penanaman Akhlakul Karimah Di Taman Kanak-Kanak PGRI
Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone. Dalam menganalisis data,
penulis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan tahap simpulan
(verifikasi).
Hasil penelitian menunjukkan pertama, Strategi guru dalam pembinaan moral
anak melalui penanaman akhlakul karimah di TK PGRI Kecamatan Tanete
Tiattang Barat Kabupaten Bone sudah terlaksana dengan baik. Hal ini dapat
dilihat dari strategi guru dalam pembinaan moral anak melalui penanaman
akhlakul karimah yang meliputi pendidikan langsung dan tidak lansung. Kedua,
Faktor pendukung dan penghambat strategi guru dalam pembinaan moral anak
melalui penanaman akhlakul karimah. Adapun faktor pendukung strategi guru
dalam pembinaan moral anak yaitu sekolah menjalin hubungan baik dengan orang
tua anak. Motivasi guru dalam mendorong anak untuk meransang perilaku baik
anak dan pemngaruh lingkungan dalam pembinaan moral anak. Serta faktor
penghambat strategi guru dalam pembinaan moral anak yaitu apakah teman
sebaya/kelompok anak dapat menghambat pembinaan moral dan media massa
dapat menghambat pembinaan moral.
A. Simpulan
Berdasarkan temuan peneliti yang di lakukan di TK PGRI maka dapat di
simpulkan sebagai berikut:
1. Strategi guru dalam pembinaan moral anak melalui penanaman akhlakul
karimah di TK PGRI Kecamatan Tanete Tiattang Barat Kabupaten Bone
sudah terlaksana dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari strategi guru dalam
pembinaan moral anak melalui penanaman akhlakul karimah yang
meliputi pendidikan langsung dan tidak lansung.
2. Faktor pendukung dan penghambat strategi guru dalam pembinaan moral
anak melalui penanaman akhlakul karimah. Adapun faktor pendukung
strategi guru dalam pembinaan moral anak yaitu sekolah menjalin
hubungan baik dengan orang tua anak. Motivasi guru dalam mendorong
anak untuk meransang perilaku baik anak dan pemngaruh lingkungan
dalam pembinaan moral anak. Serta faktor penghambat strategi guru
dalam pembinaan moral anak yaitu apakah teman sebaya/kelompok anak
dapat menghambat pembinaan moral dan media massa dapat menghambat
pembinaan moral.
B. Implikasi
Berdasarkan penelitian ini, penulis mempunyai implikasi yang berupa
saran kepada pihak-pihak yang terkait, adapun saran-saran yang penulis maksud
yaitu sebagai berikut:
74
75
1. Bagi guru, disarankan agar lebih kreatif dalam mengelola pembelajaran
khususnya dalam pembinaan moral melalui penanaman akhlakul karimah,
sebab dengan pembinaan moral membuat anak memiliki akhlak yang baik.
2. Bagi orang tua, di sarankan memberikan bimbingan yang dapat mendorong
anak agar memiliki nilai agama dan moral yang baik, sebab segala kegiatan
anak di rumah merupakan tanggung jawab orang tua.
Ketersediaan
| STAR20220355 | 355/2022 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
355/2022
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2022
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
