Pengaruh Permainan Kotak Sortasi Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Di Tk Al Hidayah Kec.Tanete Riattang Kel.Watampone Kab.Bone
Ririani/02.17.6011 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang pengaruh permainan kotak sortasi dalam
meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak di TK Al-Hidayah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh permainan kotak
sortasi dapat meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak dan
untuk mengetahui apakah dengan permainan kotak sortasi kemampuan mengenal
bentuk geometri pada anak dapat meningkat. Adapun kegunaan penelitian ini
diharapkan dapat memberi sumbangsi dan kontribusi terhadap perkembangan ilmu
pengetahuan pada umumnya dan ilmu keislaman pada khususnya.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Kuantitatif. Populasi penelitian
ini yaitu murid TK Al-Hidayah yang berjumlah 31 murid, kelompok A 16 murid dan
kelompok B 15 Murid, yang menjadi sampel penelitian yaitu kelompok A dengan
jumlah murid 16. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan
dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif mencari nilai âtâ.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan mengenal bentuk
geometri dengan permainan kotak sortasi. Peningkatan kemampuan mengenal bentuk
geometri dapat dilihat dari skor kemampuan mengenal bentuk geometri sebelum
melakukan permainan kotak sortasi dan sesudah melakukan permainan kotak sortasi.
Peningkatan kemampuan mengenal bentuk geometri juga dapat di lihat dari hasil
teknik analisis data mencari nilai to. hasil perhitungan nilai to dibandingkan dengan
ttabel yang taraf signifikasi 5% dan taraf signifikasi 1%. Memperoleh bahwa ttabel yang
taraf signifikasi 5% = 2,131 lebih kecil dari pada hasil perhitungan to = 29,531 dan
hasil perhitungan to = 29,531 lebih besar dari pada ttabel yang taraf signifikasi 1% =
2,602. Karena to lebih besar dari pada ttabel maka H0 ditolak dan H1 diterima, ini berarti
adanya pengaruh permainan kotak sortasi dalam meningkatkan kemampuan
mengenal bentuk geometri pada anak TK Al-Hidayah Kecamatan Tanete Riattang
Kelurahan Watampone Kabupaten Bon
A. Simpulan
Berdasarkan hasil observasi dan analisis data penelitian, maka dapat ditarik
kesimpulan sebagai berikut;
1. Permainan kotak sortasi dapat meningkatkan kemampuan mengenal bentuk
geometri pada anak di TK Al-Hidayah, dilihat dari hasil observasi yang
dilakukan peneliti pada setiap anak kelompok A. sebelum melakukan
permaian kotak sortasi kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak
masih kurang baik dalam menyebutkan bentuk geometri, menyebutkan
benda berbentuk geometri, dan mengelompokkan bentuk geometri. Namun
sesudah anak melakukan permainan kotak sortasi kemampuan mengenal
bentuk geometri pada anak kelompok A berkembang sesuai harapan
peneliti. Selain dari hasil observasi juga dapat dilihat dari hasil nilai rata-
rata skor kemampuan mengenal bentuk geometri sebelum melakukan
permaian kotak sortasi 12,186 dan meningkat menjadi 26,687 setelah
melakukan kotak sortasi.
2. Peningkatan kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak di TK Al-
Hidayah kelompok A juga di lihat dari hasil teknik analisis data mencari
nilai to. jika to lebih besar dari ttabel atau sama dengan ttabel maka H0 ditolak
dan H1 diterima. Sedangkan jika to lebih kecil dari pada ttabel maka H0
diterima dan H1 ditolak. hasil perhitungan nilai to dibandingkan dengan ttabel
yang taraf signifikasi 5%. Memperoleh bahwa ttabel yang taraf signifikasi
5% = 2,131 lebih kecil dari pada hasil perhitungan to = 29,531. Karena to
lebih besar dari pada ttabel maka H0 ditolak dan H1 diterima, ini berarti
adanya pengaruh permainan kotak sortasi dalam meningkatkan
kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak TK Al-Hidayah
Kecamatan Tanete Riattang Kelurahan Watampone Kabupaten Bone.
B. Implikasi
Berdasarkan kesimpulan yang telah dipaparkan, maka saran yang dapat peneliti
berikan sebagai berikut;
1. Permainan kotak sortasi sebaiknya dimainkan anak secara rutin, agar dapat
meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri.
2. Guru hendaknya mendampingi anak ketika bermain kotak sortasi agar
kegiatan bermainnya dapat dilakukan sambil belajar mengenal bentuk
geometri yang ada dilingkungan sekitar anak.
meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak di TK Al-Hidayah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh permainan kotak
sortasi dapat meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak dan
untuk mengetahui apakah dengan permainan kotak sortasi kemampuan mengenal
bentuk geometri pada anak dapat meningkat. Adapun kegunaan penelitian ini
diharapkan dapat memberi sumbangsi dan kontribusi terhadap perkembangan ilmu
pengetahuan pada umumnya dan ilmu keislaman pada khususnya.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Kuantitatif. Populasi penelitian
ini yaitu murid TK Al-Hidayah yang berjumlah 31 murid, kelompok A 16 murid dan
kelompok B 15 Murid, yang menjadi sampel penelitian yaitu kelompok A dengan
jumlah murid 16. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan
dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif mencari nilai âtâ.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan mengenal bentuk
geometri dengan permainan kotak sortasi. Peningkatan kemampuan mengenal bentuk
geometri dapat dilihat dari skor kemampuan mengenal bentuk geometri sebelum
melakukan permainan kotak sortasi dan sesudah melakukan permainan kotak sortasi.
Peningkatan kemampuan mengenal bentuk geometri juga dapat di lihat dari hasil
teknik analisis data mencari nilai to. hasil perhitungan nilai to dibandingkan dengan
ttabel yang taraf signifikasi 5% dan taraf signifikasi 1%. Memperoleh bahwa ttabel yang
taraf signifikasi 5% = 2,131 lebih kecil dari pada hasil perhitungan to = 29,531 dan
hasil perhitungan to = 29,531 lebih besar dari pada ttabel yang taraf signifikasi 1% =
2,602. Karena to lebih besar dari pada ttabel maka H0 ditolak dan H1 diterima, ini berarti
adanya pengaruh permainan kotak sortasi dalam meningkatkan kemampuan
mengenal bentuk geometri pada anak TK Al-Hidayah Kecamatan Tanete Riattang
Kelurahan Watampone Kabupaten Bon
A. Simpulan
Berdasarkan hasil observasi dan analisis data penelitian, maka dapat ditarik
kesimpulan sebagai berikut;
1. Permainan kotak sortasi dapat meningkatkan kemampuan mengenal bentuk
geometri pada anak di TK Al-Hidayah, dilihat dari hasil observasi yang
dilakukan peneliti pada setiap anak kelompok A. sebelum melakukan
permaian kotak sortasi kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak
masih kurang baik dalam menyebutkan bentuk geometri, menyebutkan
benda berbentuk geometri, dan mengelompokkan bentuk geometri. Namun
sesudah anak melakukan permainan kotak sortasi kemampuan mengenal
bentuk geometri pada anak kelompok A berkembang sesuai harapan
peneliti. Selain dari hasil observasi juga dapat dilihat dari hasil nilai rata-
rata skor kemampuan mengenal bentuk geometri sebelum melakukan
permaian kotak sortasi 12,186 dan meningkat menjadi 26,687 setelah
melakukan kotak sortasi.
2. Peningkatan kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak di TK Al-
Hidayah kelompok A juga di lihat dari hasil teknik analisis data mencari
nilai to. jika to lebih besar dari ttabel atau sama dengan ttabel maka H0 ditolak
dan H1 diterima. Sedangkan jika to lebih kecil dari pada ttabel maka H0
diterima dan H1 ditolak. hasil perhitungan nilai to dibandingkan dengan ttabel
yang taraf signifikasi 5%. Memperoleh bahwa ttabel yang taraf signifikasi
5% = 2,131 lebih kecil dari pada hasil perhitungan to = 29,531. Karena to
lebih besar dari pada ttabel maka H0 ditolak dan H1 diterima, ini berarti
adanya pengaruh permainan kotak sortasi dalam meningkatkan
kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak TK Al-Hidayah
Kecamatan Tanete Riattang Kelurahan Watampone Kabupaten Bone.
B. Implikasi
Berdasarkan kesimpulan yang telah dipaparkan, maka saran yang dapat peneliti
berikan sebagai berikut;
1. Permainan kotak sortasi sebaiknya dimainkan anak secara rutin, agar dapat
meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri.
2. Guru hendaknya mendampingi anak ketika bermain kotak sortasi agar
kegiatan bermainnya dapat dilakukan sambil belajar mengenal bentuk
geometri yang ada dilingkungan sekitar anak.
Ketersediaan
| STAR20210185 | 185/2021 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2021
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiya
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
