mplementasi Pendekatan Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Produktivitas Kerja Guru di MTs DDI Mulamenree Kec. Ulaweng Kab. Bone
Indahyani/02.15.3027 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai implementasi pendekatan manajemen
sumber daya manusia dalam meningkatkan produktivitas kerja guru di MTs DDI
Mulamenree Kec. Ulaweng Kab. Bone. Adapun pokok masalah yang diangkat adalah
pendekatan manajemen sumber daya manusia, produktivitas kerja guru dan
implementasi pendekatan manajemen sumber daya manusia dalam meningkatkan
produktivitas kerja guru.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut di atas, penulis
menggunakan metode field research yang bersifat lapangan yakni pengumpulan data
dengan datang secara langsung ke lokasi penelitian dan metode Library Research
yakni pengumpulan data dari berbagai macam literatur, dan buku yang berkaitan
dengan judul skripsi. Bertujuan untuk memperoleh data primer dan data skunder
yang diperoleh melalui teknik pengumpulan data dari hasil observasi, wawancara,
dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara : 1) Reduksi data yang merupakan
kegiatan merangkum, memilih hal-hal pokok, memfokuskan pada hal-hal yang
penting dicari tema dan polanya. 2) Display data, merupakan bentuk penyajian data
setelah data direduksi. Penyajian data bisa dilakukan dalam bentuk uraian singkat,
bagan, hubungan antar kategori, dan sejenisnya. 3) Conclusion Drawing/verification,
merupakan kegiatan penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pendekatan manajemen
sumber daya manusia di MTs DDI Mulamenree telah diterapkan dengan baik dengan
melihat pendekatan mekanis meliputi pemanfaatan kecanggihan tekhnologi,
pendekatan sistem sosial juga dapat dilihat dari kepala madrasah telah melakukan
interaksi yang baik dengan stakeholder yang ada di madrasah dan melakukan
kerjasama yang baik untuk mencapai suatu tujuan. Selanjutnya penerapan
pendekatan paternalis yaitu kepala madrasah menganggap bawahan sebagai keluarga
sendiri. 2) Tingkat produktivitas kerja guru di MTs DDI Mulamenree dikatakan baik
dengan melihat tugas dan tanggung jawab guru. 3) Implementasi pendekatan sumber
daya manusia dalam meningkatkan produktivitas kerja guru dengan melihat kepala
madrasah beserta pimpinan lainnya berusaha untuk meningkatkan kemampuan guru-
guru dalam melaksanakan tugas yang nantinya dapat meningkatkan produktivitas
kerja mereka, salah satunya dengan menerapkan pendekatan manajemen sumber
daya manusia.
A. Simpulan
Setelah penulis mengemukakan uraian secara terperinci tentang masalah-
masalah yang sesuai dengan topik pembahasan, maka tibalah pada uaraian untuk
menyimpulkan hasil yang didapatkan oleh penulis:
1. Implementasi pendekatan manajemen sumber daya manusia di MTs
DDI Mulamenree telah diterapkan pendekatan manajemen sumber daya
manusia. Hal ini dapat dilihat dari pendekatan mekanis yaitu di
madrasah tersebut telah memanfaatkan kecanggihan tekhnologi seperti
penyedian komputer dan alat tekhnologi lainnya serta dapat
mengoprasikan komputer dalam menyelesaikan pekerjaannya. Selain itu
pendekatan sistem sosial juga telah diterapkan dengan melihat bahwa
kepala madrasah telah melakukan interaksi yang baik dengan
stakeholder yang ada di madrasah dan melakukan kerjasama yang baik
untuk mencapai suatu tujuan. Selanjutnya penerapan pendekatan
paternalis yaitu kepala madrasah menganggap bawahan sebagai keluarga
sendiri atau partner kerja sehingga dapat terlihat suasana yang begitu
dekat antara kepala madrasah dengan para guru serta memberikan
kebebasan untuk melakukan apa saja kepada semua guru agar merasa
nyaman, betah dan tentram berada di lingkungan madrasah, sehingga
guru fokus dalam menjelangkan tanggung jawabnya sebagai pengajar
yang profesional dan dapat tercipta suasana emosional yang dekat agar
dapat mencapai tujuan pendidikan yang ingin dicapai. Hal ini
membuktikan bahwa pendekatan manajemen sumber daya manusia di
MTs DDI Mulamenree telah diterapkan dengan baik.
2. Tingkat produktivitas kerja guru di MTs DDI Mulamenree Kecamatan
Ulaweng Kabupaten Bone dapat dilihat dari beberapa hal yaitu guru
bekerja secara bergantian dalam menjalankan tugas, respon atau
tanggapan guru yang senantiasa bersedia menerima tambahan tugas,
guru senantiasa mengutamakan kerjasama di dalam menyelesaikan
tugas, melakukan pengadaan pelatihan untuk meningkatkan kinerja para
guru, mengadakan perencanaan dan penyusunan perangkat
pembelajaran sehingga proses pendidikan menjadi lebih efektif dan
efisien, selain itu dilakukan pengawasan guna untuk meningkatkan
kreativitas kerja guru di Madrasah tersebut. Hal ini membuktikan bahwa
tingkat produktivitas kerja guru di MTs DDI Mulamenree dapat
dikatakan baik.
3. Dari hasil wawancara di atas maka peneliti dapat menyimpulkan bahwa
dalam implementasi pendekatan manajemen sumber daya manusia akan
memiliki kontribusi terhadap peningkatan produktivitas kerja guru.
Kepala madrasah beserta pimpinan lainnya berusaha untuk
meningkatkan kemampuan guru-guru dalam melaksanakan tugas yang
nantinya dapat meningkatkan produktivitas kerja mereka, salah satunya
dengan menerapkan pendekatan manajemen sumber daya manusai.
Beberapa pendekatan yang dilakukan diantaranya pendekatan mekanis,
dimana semua guru dimadrasah sudah mampu mengoperasikan
komputer dalam menyelesaikan pekerjaannya masing-masing. Selain itu
dimadrasah tersebut terjalin juga kerjasama yang baik dan tercipta
hubungan yang harmonis antara kepala madrasah dengan guru, maupun
guru dengan guru yang lain sehingga dapat menciptakan suasana
madrasah yang kondusif dan rukun. Hal ini merupakan implementasi
dari pendekatan sitem sosial dan pendekatan paternalis.
B. Implikasi
. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan maka penulis
menyarankan beberapa hal yaitu:
1. Pihak sekolah perlu memperhatikan pendekatan sumber daya manusia agar
berjalan dengan baik. Karena dengan adanya pendekatan tersebut
pendidikan dapat meningkatkan kualitas kerja guru di Madrasah sehingga
tujuan pendidikan dapat tercapai. .
2. Guru dituntut untuk menunjukkan kinerja yang baik sehingga produktivitas
terlaksana dengan efisien dan efektif.
sumber daya manusia dalam meningkatkan produktivitas kerja guru di MTs DDI
Mulamenree Kec. Ulaweng Kab. Bone. Adapun pokok masalah yang diangkat adalah
pendekatan manajemen sumber daya manusia, produktivitas kerja guru dan
implementasi pendekatan manajemen sumber daya manusia dalam meningkatkan
produktivitas kerja guru.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut di atas, penulis
menggunakan metode field research yang bersifat lapangan yakni pengumpulan data
dengan datang secara langsung ke lokasi penelitian dan metode Library Research
yakni pengumpulan data dari berbagai macam literatur, dan buku yang berkaitan
dengan judul skripsi. Bertujuan untuk memperoleh data primer dan data skunder
yang diperoleh melalui teknik pengumpulan data dari hasil observasi, wawancara,
dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara : 1) Reduksi data yang merupakan
kegiatan merangkum, memilih hal-hal pokok, memfokuskan pada hal-hal yang
penting dicari tema dan polanya. 2) Display data, merupakan bentuk penyajian data
setelah data direduksi. Penyajian data bisa dilakukan dalam bentuk uraian singkat,
bagan, hubungan antar kategori, dan sejenisnya. 3) Conclusion Drawing/verification,
merupakan kegiatan penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pendekatan manajemen
sumber daya manusia di MTs DDI Mulamenree telah diterapkan dengan baik dengan
melihat pendekatan mekanis meliputi pemanfaatan kecanggihan tekhnologi,
pendekatan sistem sosial juga dapat dilihat dari kepala madrasah telah melakukan
interaksi yang baik dengan stakeholder yang ada di madrasah dan melakukan
kerjasama yang baik untuk mencapai suatu tujuan. Selanjutnya penerapan
pendekatan paternalis yaitu kepala madrasah menganggap bawahan sebagai keluarga
sendiri. 2) Tingkat produktivitas kerja guru di MTs DDI Mulamenree dikatakan baik
dengan melihat tugas dan tanggung jawab guru. 3) Implementasi pendekatan sumber
daya manusia dalam meningkatkan produktivitas kerja guru dengan melihat kepala
madrasah beserta pimpinan lainnya berusaha untuk meningkatkan kemampuan guru-
guru dalam melaksanakan tugas yang nantinya dapat meningkatkan produktivitas
kerja mereka, salah satunya dengan menerapkan pendekatan manajemen sumber
daya manusia.
A. Simpulan
Setelah penulis mengemukakan uraian secara terperinci tentang masalah-
masalah yang sesuai dengan topik pembahasan, maka tibalah pada uaraian untuk
menyimpulkan hasil yang didapatkan oleh penulis:
1. Implementasi pendekatan manajemen sumber daya manusia di MTs
DDI Mulamenree telah diterapkan pendekatan manajemen sumber daya
manusia. Hal ini dapat dilihat dari pendekatan mekanis yaitu di
madrasah tersebut telah memanfaatkan kecanggihan tekhnologi seperti
penyedian komputer dan alat tekhnologi lainnya serta dapat
mengoprasikan komputer dalam menyelesaikan pekerjaannya. Selain itu
pendekatan sistem sosial juga telah diterapkan dengan melihat bahwa
kepala madrasah telah melakukan interaksi yang baik dengan
stakeholder yang ada di madrasah dan melakukan kerjasama yang baik
untuk mencapai suatu tujuan. Selanjutnya penerapan pendekatan
paternalis yaitu kepala madrasah menganggap bawahan sebagai keluarga
sendiri atau partner kerja sehingga dapat terlihat suasana yang begitu
dekat antara kepala madrasah dengan para guru serta memberikan
kebebasan untuk melakukan apa saja kepada semua guru agar merasa
nyaman, betah dan tentram berada di lingkungan madrasah, sehingga
guru fokus dalam menjelangkan tanggung jawabnya sebagai pengajar
yang profesional dan dapat tercipta suasana emosional yang dekat agar
dapat mencapai tujuan pendidikan yang ingin dicapai. Hal ini
membuktikan bahwa pendekatan manajemen sumber daya manusia di
MTs DDI Mulamenree telah diterapkan dengan baik.
2. Tingkat produktivitas kerja guru di MTs DDI Mulamenree Kecamatan
Ulaweng Kabupaten Bone dapat dilihat dari beberapa hal yaitu guru
bekerja secara bergantian dalam menjalankan tugas, respon atau
tanggapan guru yang senantiasa bersedia menerima tambahan tugas,
guru senantiasa mengutamakan kerjasama di dalam menyelesaikan
tugas, melakukan pengadaan pelatihan untuk meningkatkan kinerja para
guru, mengadakan perencanaan dan penyusunan perangkat
pembelajaran sehingga proses pendidikan menjadi lebih efektif dan
efisien, selain itu dilakukan pengawasan guna untuk meningkatkan
kreativitas kerja guru di Madrasah tersebut. Hal ini membuktikan bahwa
tingkat produktivitas kerja guru di MTs DDI Mulamenree dapat
dikatakan baik.
3. Dari hasil wawancara di atas maka peneliti dapat menyimpulkan bahwa
dalam implementasi pendekatan manajemen sumber daya manusia akan
memiliki kontribusi terhadap peningkatan produktivitas kerja guru.
Kepala madrasah beserta pimpinan lainnya berusaha untuk
meningkatkan kemampuan guru-guru dalam melaksanakan tugas yang
nantinya dapat meningkatkan produktivitas kerja mereka, salah satunya
dengan menerapkan pendekatan manajemen sumber daya manusai.
Beberapa pendekatan yang dilakukan diantaranya pendekatan mekanis,
dimana semua guru dimadrasah sudah mampu mengoperasikan
komputer dalam menyelesaikan pekerjaannya masing-masing. Selain itu
dimadrasah tersebut terjalin juga kerjasama yang baik dan tercipta
hubungan yang harmonis antara kepala madrasah dengan guru, maupun
guru dengan guru yang lain sehingga dapat menciptakan suasana
madrasah yang kondusif dan rukun. Hal ini merupakan implementasi
dari pendekatan sitem sosial dan pendekatan paternalis.
B. Implikasi
. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan maka penulis
menyarankan beberapa hal yaitu:
1. Pihak sekolah perlu memperhatikan pendekatan sumber daya manusia agar
berjalan dengan baik. Karena dengan adanya pendekatan tersebut
pendidikan dapat meningkatkan kualitas kerja guru di Madrasah sehingga
tujuan pendidikan dapat tercapai. .
2. Guru dituntut untuk menunjukkan kinerja yang baik sehingga produktivitas
terlaksana dengan efisien dan efektif.
Ketersediaan
| STAR20190204 | 204/2019 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
204/2019
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2019
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyahh
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
