Upaya Mengembangkan Kemampuan Bahasa Anak Melalui Metode Bercerita Dengan Menggunakan Media Gambar Seri Pada Kelompok B Di Tk Ummul Mukminin Welalange Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone
Ayu Melinda/02.17.6028 - Personal Name
Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui proses pengembangan
kemampuan bahasa anak melalui metode bercerita dengan menggunakan media
gambar seri pada kelompok B di TK Ummul Mukminin Welalange Kecamatan
Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone. 2) untuk mengetahuai dampak metode
bercerita dengan menggunakan media gambar seri pada kelompok B di TK
Ummul Mukminin Welalange Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone
pada kemampuan bahasa anak.
Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan
pendekatan psikologis dan sosiologis, untuk memperoleh data yang di inginkan
menggunakan data primer dan sekunder. Selanjutnya dianalisis dengan cara: 1.
Mereduksi data, 2. Penyajian data, 3. Penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran dalam
Proses pengembangan kemampuan bahasa anak melalui metode bercerita dengan
menggunakan media gambar seri pada kelompok B di TK Ummul Mukminin
Welalange Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone yaitu: 1.persiapan
2.pelaksanaan 3. Evaluasi. Pada proses pembelajaran ini dilakukan untuk
membantu dalam mengembangkan kemampuan bahasa pada anak dan
memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan. Kemudian proses
pembelajaran dengan mengetahui dampak metode bercerita dengan menggunakan
media gambar seri pada kelompok B di TK Ummul Mukminin Welalange
Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone pada kemampuan bahasa anak
yaitu: 1. Mengembangkan kemampuan mendengar 2. Mengembangkan
kemampuan berbicara. Pada proses pembelajaran ini dilakukan untuk mengetahui
perkembangan aspek bahasa anak dengan melalui metode bercerita dengan
menggunakan media gambar seri.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa proses
pembelajaran upaya mengembangkan kemampuan bahasa anak melalui metode
bercerita dengan menggunakan media gambar seri pada kelompok B di TK
Ummul Mukminin Welalange dilakukan sama seperti proses pembelajaran
biasanya. Pada proses pembelajaran ini melibatkan guru dan siswa secara
langsung. Anak-anak yang sebelumnya masih belum mampu mendengar dan
berbicara dengan baik menjadi berkembang dengan kemampuan anak yang sudah
mampu mendengar dan berbicara yang baik. Melalui metode bercerita dengan
menggunakan media gambar seri dapat mengembangkan kemampuan bahasa pada
anak kelompok B di TK Ummul Mukminin Welalange Kecamatan Tanete
Riattang Barat Kabupaten Bone.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil wawancara dan observasi data penelitian, maka dapat
ditarik kesimpulan sebagai berikut:
1. Proses pengembangan kemampuan bahasa anak melalui penerapan metode
bercerita dengan menggunakan media gambar seri pada kelompok B di TK
Ummul Mukminin Welalange melibatkan guru dan anak secara langsung.
Proses pembelajaran dimulai dengan berbagai macam persiapan, kemudian
pelaksanaan, dan evaluasi. Pada persiapan pembelajaran guru akan
mempersiapkan tema cerita, teks cerita dan media gambar seri. pada
pelaksanaan pembelajaran, guru mengatur tempat duduk anak dengan
rapih, guru mengkomunikasikan tujuan dan tema dalam bercerita kepada
anak, dan guru bercerita didepan anak dengan menggunakan media gambar
seri. Dan pada kegiatan akhir, guru mengadakan evaluasi dengan memilih
beberapa anak untuk melakukan tanya jawab tentang cerita, dan guru
menilai pemahaman anak berkaitan metode bercerita dengan
menggunakan media gambar seri karena dengan mengadakan evaluasi guru
akan mengetahui perkembangan anak setelah melakukan pembelajaran.
2. Adapun yang perlu diperhatikan dalam pembelajaran penerapan metode
bercerita dengan menggunakan media gambar seri yaitu dampak positif
metode bercerita dengan menggunakan media gambar seri khususnya pada
kemampuan bahasa anak adalah kemampuan mendengar dan kemampuan
berbicara pada anak merupakan hal yang dapat membantu perkembangan
bahasa pada anak dan pada penerapan metode bercerita dengan
menggunakan media gambar seri tidak memiliki dampak negatif pada
kemampuan bahasa pada anak.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian dan kesimpulan yang telah dipaparkan, maka
saran yang dapat disimpulkan oleh peneliti sebagai berikut:
1. Setiap anak memiliki perkembangan kemampuan bahasa yang berbeda-
beda oleh karena itu guru harus pandai dalam melihat perkembangan
bahasa anak dan metode pembelajaran dapat menstimulasi anak
mengembangkan kemampuan bahasanya.
2. Dalam upaya mengembangkan kemampuan bahasa pada anak di TK
Ummul Mukminin Welalange sangat dipengaruhi oleh kebiasaan yang
sering dilakukan anak dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu sangat
penting bagi guru memilih metode yang tepat yang dapat memberikan
pengalamann secara langsung kepada anak dalam proses pembelajaran,
karena anak akan lebih mudah belajar dari pengalamannya.
kemampuan bahasa anak melalui metode bercerita dengan menggunakan media
gambar seri pada kelompok B di TK Ummul Mukminin Welalange Kecamatan
Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone. 2) untuk mengetahuai dampak metode
bercerita dengan menggunakan media gambar seri pada kelompok B di TK
Ummul Mukminin Welalange Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone
pada kemampuan bahasa anak.
Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan
pendekatan psikologis dan sosiologis, untuk memperoleh data yang di inginkan
menggunakan data primer dan sekunder. Selanjutnya dianalisis dengan cara: 1.
Mereduksi data, 2. Penyajian data, 3. Penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran dalam
Proses pengembangan kemampuan bahasa anak melalui metode bercerita dengan
menggunakan media gambar seri pada kelompok B di TK Ummul Mukminin
Welalange Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone yaitu: 1.persiapan
2.pelaksanaan 3. Evaluasi. Pada proses pembelajaran ini dilakukan untuk
membantu dalam mengembangkan kemampuan bahasa pada anak dan
memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan. Kemudian proses
pembelajaran dengan mengetahui dampak metode bercerita dengan menggunakan
media gambar seri pada kelompok B di TK Ummul Mukminin Welalange
Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone pada kemampuan bahasa anak
yaitu: 1. Mengembangkan kemampuan mendengar 2. Mengembangkan
kemampuan berbicara. Pada proses pembelajaran ini dilakukan untuk mengetahui
perkembangan aspek bahasa anak dengan melalui metode bercerita dengan
menggunakan media gambar seri.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa proses
pembelajaran upaya mengembangkan kemampuan bahasa anak melalui metode
bercerita dengan menggunakan media gambar seri pada kelompok B di TK
Ummul Mukminin Welalange dilakukan sama seperti proses pembelajaran
biasanya. Pada proses pembelajaran ini melibatkan guru dan siswa secara
langsung. Anak-anak yang sebelumnya masih belum mampu mendengar dan
berbicara dengan baik menjadi berkembang dengan kemampuan anak yang sudah
mampu mendengar dan berbicara yang baik. Melalui metode bercerita dengan
menggunakan media gambar seri dapat mengembangkan kemampuan bahasa pada
anak kelompok B di TK Ummul Mukminin Welalange Kecamatan Tanete
Riattang Barat Kabupaten Bone.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil wawancara dan observasi data penelitian, maka dapat
ditarik kesimpulan sebagai berikut:
1. Proses pengembangan kemampuan bahasa anak melalui penerapan metode
bercerita dengan menggunakan media gambar seri pada kelompok B di TK
Ummul Mukminin Welalange melibatkan guru dan anak secara langsung.
Proses pembelajaran dimulai dengan berbagai macam persiapan, kemudian
pelaksanaan, dan evaluasi. Pada persiapan pembelajaran guru akan
mempersiapkan tema cerita, teks cerita dan media gambar seri. pada
pelaksanaan pembelajaran, guru mengatur tempat duduk anak dengan
rapih, guru mengkomunikasikan tujuan dan tema dalam bercerita kepada
anak, dan guru bercerita didepan anak dengan menggunakan media gambar
seri. Dan pada kegiatan akhir, guru mengadakan evaluasi dengan memilih
beberapa anak untuk melakukan tanya jawab tentang cerita, dan guru
menilai pemahaman anak berkaitan metode bercerita dengan
menggunakan media gambar seri karena dengan mengadakan evaluasi guru
akan mengetahui perkembangan anak setelah melakukan pembelajaran.
2. Adapun yang perlu diperhatikan dalam pembelajaran penerapan metode
bercerita dengan menggunakan media gambar seri yaitu dampak positif
metode bercerita dengan menggunakan media gambar seri khususnya pada
kemampuan bahasa anak adalah kemampuan mendengar dan kemampuan
berbicara pada anak merupakan hal yang dapat membantu perkembangan
bahasa pada anak dan pada penerapan metode bercerita dengan
menggunakan media gambar seri tidak memiliki dampak negatif pada
kemampuan bahasa pada anak.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian dan kesimpulan yang telah dipaparkan, maka
saran yang dapat disimpulkan oleh peneliti sebagai berikut:
1. Setiap anak memiliki perkembangan kemampuan bahasa yang berbeda-
beda oleh karena itu guru harus pandai dalam melihat perkembangan
bahasa anak dan metode pembelajaran dapat menstimulasi anak
mengembangkan kemampuan bahasanya.
2. Dalam upaya mengembangkan kemampuan bahasa pada anak di TK
Ummul Mukminin Welalange sangat dipengaruhi oleh kebiasaan yang
sering dilakukan anak dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu sangat
penting bagi guru memilih metode yang tepat yang dapat memberikan
pengalamann secara langsung kepada anak dalam proses pembelajaran,
karena anak akan lebih mudah belajar dari pengalamannya.
Ketersediaan
| STAR20210129 | 129/2021 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
129/2021
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2021
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
