Analisis Tingkat Probabilitas Konasi Generasi Muslim Milenial dalam Menggunakan Arabic Terms dan Descripsi Finance Scheme pada Pemasaran Produk Bank Syariah dengan Pendekatan Regresi Logistik (Studi pada Mahasiswa Prodi Perbankan Syariah FEBI IAIN Bone)

No image available for this title
Penelitian ini membahas tentang probabilitas konasi generasi muslim milenial
dalam menggunakan Arabic Terms dan Descripsi Finance Scheme pada pemasaran
produk bank syariah. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini
yakni pendekatan keuangan syariah dengan menggunakan metode regresi logistik.
Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data primer. Variabel yang
digunakan adalah pemahaman, anjuran dosen, sosialisasi bank syariah, seminar dan
umur sebagai variabel independen dan penggunaan arabic term dan descripsi finance
scheme sebagai variabel dependen.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman berpengaruh signifikan
terhadap penggunaan arabic term dan descripsi finance scheme dengan nilai
signifikansi 0,025 < 0,05 dan sosialisasi bank syariah berpengaruh signifikan
terhadap penggunaan arabic term dan descripsi finance scheme dengan nilai
signifikansi 0,037 < 0,05. Berdasarkan karakteristik pemahaman yakni semakin tinggi
pemahaman maka semakin meningkat penggunaan arabic term dan descripsi finance
scheme pada pemasaran produk bank syariah, sedangkan karakteristik sosialisasi
bank syariah yakni semakin tinggi sosialisasi bank syariah maka semakin meningkat
penggunaan arabic term dan descripsi finance scheme pada pemasaran produk bank
syariah. Adapun tingkat probabilitas generasi muslim milenial dalam menggunakan
Arabic Terms dan Descripsi Finance Scheme pada pemasaran produk bank syariah
dengan memperhatikan pemahaman dan sosialisasi bank syariah adalah sebesar 79%.
Kata Kunci: Probabilitas, Regresi Logistik, Pemahaman, Anjuran Dosen, Sosialisasi
Bank Syariah, Seminar, Umur, Penggunaan Arabic Term dan Descripsi Finance
Scheme.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dijabarkan di bab
IV, maka dapat ditarik beberapa kesimpulan sebagai berikut:
1. Faktor-faktor
yang
mempengaruhi
generasi
muslim
milenial
dalam
menggunakan arabic term dan descripsi finance scheme pada pemasaran
produk bank syariah, diantaranya:
a. Pemahaman berpengaruh signifikan terhadap penggunaan arabic term dan
descripsi finance scheme, hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi 0,025
1. Hal
ini sesuai teori Pradesyah bahwa sosialisasi bank syariah dilakukan untuk
3Cut Chrismona Bella Ayunda, “Pengaruh Literasi dan Sosialisasi terhadap Keputusan
Nasabah dalam Pemilihan Produk Tabungan Firdaus pada PT Bank Aceh Syariah Cabang Tapak
Tuan”, (Skripsi Sarjana, Program Studi Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, Banda Aceh, 2021), h. 82.
4Ida Royani Pasi, “Pengaruh Pengetahuan dan Sikap terhadap Perilaku Masyarakat pada Bank
Syariah”, Jurnal Al-Qasd, Vol. 1, No. 2, Februari 2017, h. 191.
64
meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang produk-produk bank syariah,
sehingga semakin sering dilakukan sosialisasi akan semakin meningkatkan
pengetahuan tentang bank syariah.5 Hal tersebut berarti sosialisasi bank
syariah akan memberikan informasi atas produk-produk bank syariah kepada
masyarakat, sehingga masyarakat dapat lebih mengetahui produk-produk
tersebut termasuk dari segi penggunaan arabic term dan descripsi finance
scheme dalam pemasaran produk bank syariah.
3. Tingkat probabilitas generasi muslim milenial dalam menggunakan arabic term
dan descripsi finance scheme pada pemasaran produk bank syariah adalah
sebesar 0,79 atau 79%. Artinya dengan nilai pemahaman sebesar 60,355 kali
dan nilai sosialisasi bank syariah sebesar 9,541 kali maka peluang terjadinya
penggunaan arabic term dan descripsi finance scheme pada pemasaran produk
bank syariah adalah sebesar 79%, sedangkan peluang tidak terjadinya
penggunaan arabic term dan descripsi finance scheme pada pemasaran produk
bank syariah adalah sebesar 21%. Hal ini berarti bahwa pemahaman dan
sosialisasi bank syariah secara bersama-sama memiliki pengaruh positif dan
signifikan terhadap penggunaan arabic term dan descripsi finance scheme
sebesar 79%.
B. Implikasi Hasil Penelitian
Berdasarkan hasil penelitian dapat dikemukakan implikasi baik secara
teoretis maupun praktis sebagai berikut:
5Riyan Pradesyah, “Pengaruh Promosi dan Pengetahuan terhadap Minat Masyarakat
Melakukan Transaksi di Bank Syariah (Studi Kasus di Desa Rahuning)”, Al-Sharf: Jurnal Ekonomi
Islam, Vol. 1, No. 2, 2020, h. 116.
65
1. Implikasi teoretis
a. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hanya variabel pemahaman dan
sosialisasi bank syariah yang berpengaruh terhadap penggunaan arabic term
dan descripsi finance scheme pada pemasaran produk bank syariah. Hal ini
mengindikasikan bahwa seseorang dengan pemahaman yang memadai
dengan sosialisasi bank syariah yang efektif, tentu akan memberikan
pengetahuan tentang penggunaan arabic term dan descripsi finance scheme
pada pemasaran produk bank syariah, sehingga akan menarik minat
seseorang dalam menggunakan produk-produk bank syariah.
b. Hasil penelitian ini menunjukkan karakteristik yang dimiliki dari variabel
pemahaman dan sosialisasi bank syariah bahwa semakin tinggi pemahaman
seseorang akan semakin meningkatkan penggunaan arabic term dan
descripsi finance scheme pada pemasaran produk bank syariah, dan semakin
tinggi sosialisasi bank syariah akan semakin meningkatkan penggunaan
arabic term dan descripsi finance scheme pada pemasaran produk bank
syariah. Hal ini mengindikasikan bahwa semakin tinggi pemahaman dan
sosialisasi bank syariah tentu akan semakin meningkatkan penggunaan
arabic term dan descripsi finance scheme pada pemasaran produk bank
syariah.
c. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dilihat dari pemahaman dan
sosialisasi bank syariah berpeluang lebih besar terjadinya penggunaan arabic
term dan descripsi finance schemen pada pemasaran produk bank syariah
daripada peluang tidak terjadinya penggunaan arabic term dan descripsi
finance schemen pada pemasaran produk bank syariah. Dari hasil penelitian
ini, diharapkan seluruh lembaga, baik itu pemerintah, lembaga pendidikan,
lembaga keuangan, dan lembaga lainnya yang terkait, agar berupaya
membantu masyarakat meningkatkan pemahamannya serta mempertahankan
bahkan meningkatkan sosialisasi yang selama ini berjalan untuk lebih
meningkatkan penggunaan produk-produk bank syariah.
2. Implikasi praktis
Hasil penelitian ini digunakan sebagai masukan, baik bagi pemerintah, lembaga
pendidikan, lembaga keuangan, dan lembaga lainnya yang terkait untuk
membenahi diri sehubungan dengan metode yang digunakan dalam pengenalan
produk-produk bank syariah sehingga dapat meningkatkan pengetahuan tentang
literasi bank syariah dikalangan masyarakat luas, sehingga nantinya memiliki
peluang yang lebih besar terhadap penggunaan produk-produk bank syariah.
C. Saran
Berdasarkan hasil penelitian ini, ada beberapa hal yang penulis sarankan
antara lain:
1. Bagi lembaga terkait, baik pemerintah, lembaga pendidikan, lembaga keuangan,
dan lembaga lainnya yang terkait, bahwa untuk meningkatkan literasi keuangan
syariah termasuk literasi mengenai perbankan syariah bagi generasi muslim
milenial saat ini, tidak hanya cukup melalui pemahaman, anjuran/referensi,
sosialisasi, ataupun seminar. Akan tetapi, perlu ditingkatkan lagi dengan
berbagai metode atau kegiatan, seperti membangun program aksi yang
melibatkan elemen masyarakat, stakehoders keuangan syariah maupun
regulator keuangan secara berkesinambungan, melakukan promosi berskala
besar secara berkesinambungan, serta mengikutsertakan perguruan tinggi dalam
memberikan edukasi tentang ekonomi syariah.
2. Bagi peneliti selanjutnya, kiranya dapat menambahkan variabel selain yang
telah dibahas dalam penelitian ini agar dapat diketahui faktor-faktor lainnya
yang mempengaruhi keputusan penggunaan arabic term dan descripsi finance
scheme pada pemasaran produk bank syariah, seperti faktor psikologis
seseorang, faktor perilaku masyarakat, ataupun faktor religiusitas.
3. Setelah dilakukan pengujian dan analisis dalam penelitian ini masih memiliki
keterbatasan. Keterbatasan penelitian ini antara lain keterbatasan data penelitian
yakni sampel yang digunakan hanya pada mahasiswa prodi perbankan syariah,
hal ini dikarenakan sulitnya pertemuan dilakukan kepada prodi lainnya.
Keterbatasan yang lain bahwa hasil penelitian ini belum dilakukan peninjauan
kembali di lapangan untuk melihat konsistensi dari hasil penelitian ini.
Ketersediaan
SFEBI2021001818/2021Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

18/2021

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi FEBI

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top