Analisis kepuasan nasabah terhadap pembiayaan hunian syariah dengan akad murābaḥah pada kantor layanan syariah bank sulselbar cabang bone
Aris Munandar/01.17.5217 - Personal Name
Murābaḥah merupakan adanya pembelian komoditas berdasarkan permintaan
konsumen, dan proses penjualan kepada konsumen dengan harga jual yang
merupakan akumulasi dari biaya beli dan tambahan profit yang di inginkan. Jenis
penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan karena penulis harus langsung
kelapangan, terlibat dengan partisipasi atau masyarakat setempat, penelitian ini
dilakukan untuk menggali data yang bersumber dari lokasi penelitian terhadap
responden dengan subjek penelitian Kantor Layanan Syariah Bank Sulselbar Cabang
Bone.
Penedektan penelitian yang digunakan adalah kualitatif, data yang dikumpulkan
berupa data wawancara, obsesrvasi dan dokumentasi, pada jenis penelitian ini
menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata baik secara tertulis maupun lisan dari
perilaku orang yang diamati, dala hal ini yakni nasabah dan petugas Kantor Layanan
Syariah Bank Sulselar Cabang Bone.
Hasil peneitian ini adalah 1) pelaksanaan pembiyaan hunian syariah dengan akad
murābaḥah di Kantor Layanan Syariah Bank Sulselbar Cabang Bone yaitu tidak
terlalu merepotkan nasabah dan sesuai keinginan nasabah. Namun tetap ada kendala
yang di hadapi dalam pembiayaan rumah dengan akad murābaḥah yakni salah
satunya masalah adminitrasi. 2) kepuasan nasabah terhadap pembiayaan hunian
syariah dengan akad murābaḥah pada Kantor Layanan Syariah Bank Sulselbar
Cabang Bone seperti fasilitas , pelayanan dan harga hunia nasabah sudah merasa puas
sesuai dengan yang di sampaikan oleh beberpa nasabah
A. Kesimpulan
1. Pelaksanaan pembiayaan hunian dengan akad murābaḥah pada Kantor
Layanan Syariah Bank Sulselbar Cabang Bone yaitu tidak terlalu
merepotkan nasabah dan sesuai keinginan nasabah. Namun tetap ada
kendala yang dihadapi dalam pembiayaan rumah dengan akad murābaḥah
yakni masalah adminitrasi seperti kartu tanda penduduk yang tidak sesuai.
Cara mengatasi pembiayaan bermasalah dengan memperhatikan
konektibilitas sampai nasabah macet setelah diketahui penyebabnya
diberikan rekonstruksi dengan menganalisa kembali supaya pembiayaan
tetap berjalan
2. Kepuasan nasabah terhadap pembiayaan hunian syariah dengan akad
murābaḥah pada Kantor Layanan Syariah Cabang Bone dari segi fasilitas,
pelayanan, harga hunian, kesediaan berkunjung kembali dan kesedian
merekomendasikan sudah bagus. Hal ini sesuai dengan yang disampaikan
oleh beberapa nasabah
B. Saran
1. Meningkatkan promosi dan sosialisasi agar masyarakat tertarik dengan
produk pembiayaan rumah dengan akad murābaḥah pada Kantor Layanan
Syariah Bank Sulselbar Cabang Bone
2. Peningkatan pelayanan kepada nasabah dengan senyum, sapa, dan tetap
syariah sesuai dengan tuntutan agama
C. Implikasi
Meningkatkan promosi dan sosialisasi agar masyaratkat mengetahui dan
tertarik dengan produk pembiayaan rumah dengan akad murābaḥah serta
meningkatkan pelayanan yang prima kepada nasabah agar kepuasan nasabah
tetap terjaga.
konsumen, dan proses penjualan kepada konsumen dengan harga jual yang
merupakan akumulasi dari biaya beli dan tambahan profit yang di inginkan. Jenis
penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan karena penulis harus langsung
kelapangan, terlibat dengan partisipasi atau masyarakat setempat, penelitian ini
dilakukan untuk menggali data yang bersumber dari lokasi penelitian terhadap
responden dengan subjek penelitian Kantor Layanan Syariah Bank Sulselbar Cabang
Bone.
Penedektan penelitian yang digunakan adalah kualitatif, data yang dikumpulkan
berupa data wawancara, obsesrvasi dan dokumentasi, pada jenis penelitian ini
menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata baik secara tertulis maupun lisan dari
perilaku orang yang diamati, dala hal ini yakni nasabah dan petugas Kantor Layanan
Syariah Bank Sulselar Cabang Bone.
Hasil peneitian ini adalah 1) pelaksanaan pembiyaan hunian syariah dengan akad
murābaḥah di Kantor Layanan Syariah Bank Sulselbar Cabang Bone yaitu tidak
terlalu merepotkan nasabah dan sesuai keinginan nasabah. Namun tetap ada kendala
yang di hadapi dalam pembiayaan rumah dengan akad murābaḥah yakni salah
satunya masalah adminitrasi. 2) kepuasan nasabah terhadap pembiayaan hunian
syariah dengan akad murābaḥah pada Kantor Layanan Syariah Bank Sulselbar
Cabang Bone seperti fasilitas , pelayanan dan harga hunia nasabah sudah merasa puas
sesuai dengan yang di sampaikan oleh beberpa nasabah
A. Kesimpulan
1. Pelaksanaan pembiayaan hunian dengan akad murābaḥah pada Kantor
Layanan Syariah Bank Sulselbar Cabang Bone yaitu tidak terlalu
merepotkan nasabah dan sesuai keinginan nasabah. Namun tetap ada
kendala yang dihadapi dalam pembiayaan rumah dengan akad murābaḥah
yakni masalah adminitrasi seperti kartu tanda penduduk yang tidak sesuai.
Cara mengatasi pembiayaan bermasalah dengan memperhatikan
konektibilitas sampai nasabah macet setelah diketahui penyebabnya
diberikan rekonstruksi dengan menganalisa kembali supaya pembiayaan
tetap berjalan
2. Kepuasan nasabah terhadap pembiayaan hunian syariah dengan akad
murābaḥah pada Kantor Layanan Syariah Cabang Bone dari segi fasilitas,
pelayanan, harga hunian, kesediaan berkunjung kembali dan kesedian
merekomendasikan sudah bagus. Hal ini sesuai dengan yang disampaikan
oleh beberapa nasabah
B. Saran
1. Meningkatkan promosi dan sosialisasi agar masyarakat tertarik dengan
produk pembiayaan rumah dengan akad murābaḥah pada Kantor Layanan
Syariah Bank Sulselbar Cabang Bone
2. Peningkatan pelayanan kepada nasabah dengan senyum, sapa, dan tetap
syariah sesuai dengan tuntutan agama
C. Implikasi
Meningkatkan promosi dan sosialisasi agar masyaratkat mengetahui dan
tertarik dengan produk pembiayaan rumah dengan akad murābaḥah serta
meningkatkan pelayanan yang prima kepada nasabah agar kepuasan nasabah
tetap terjaga.
Ketersediaan
| SFEBI20210150 | 150/2021 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
150/2021
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2021
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
