Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Buku Muhammad Yaumi Dan Relevansinya Dengan Kompetensi Kepribadian Guru Di Mi Amir Al-Jannah Tippulue
Ilham Ramadhan/02.17.5094 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang “Implementasi Pendidikan Karakter Dalam
Buku Muhammad Yaumi dan Relevansinya dengan Kompetensi Kepribadian Guru
di MI Amir Al-Jannah Tippulue”. Ada dua sub masalah yang dikaji dalam skripsi
ini yaitu bagaimana implementasi pendidikan karakter menurut Muhammad
Yaumi bagi guru dan bagaimana dampak implementasi pendidikan karakter
menurut Muhammad Yaumi terhadap kompetensi kepribadian guru di MI Amir
Al-Jannah Tippulue.
Untuk memperoleh jawaban terhadap permasalahan tersebut, penulis
menggunakan penelitian kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang
digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan, teknik
analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, display data dan conclusion
drawing/verification.
Implementasi pendidikan karakter menurut Muhammad Yaumi bagi guru
di MI Amir Al-Jannah Tippulue terdiri dari lima komponen, yakni pengembangan
pendidikan budaya dan karakter bangsa melalui transdisiplinaritas (mewujudkan
integritas dan transformasi nilai-nilai karakter budaya bangsa ke dalam konten
setiap pembelajaran), Strategi pengembangan bahan ajar berbasis pendidikan
karakter (mewujudkan integrasi konten tentang nilai-nilai karakter dalam aktivitas
pembelajaran serta pemberdayaan budaya sekolah), urgensi ketelandanan guru
dalam membentuk karakter anak bangsa (menunjukkan sikap integritas,
profesionalitas dan keikhlasan), menumbuhkan karakter anak melalui akultrasi
minat baca anak (mewujudkan jam cerita anak di perpustakaan seklah, pemberian
tugas membaca, penyelenggaraan lomba pembuatan kliping), pengembangan
intelektual manusia sebagai pencerminan pembentukan karakter. Dampak
implementasi pendidikan karakter menurut Muhammad Yaumi terhadap
kompetensi kepribadiaan guru di MI Amir Al-Jannah Tippulu yakni menampilkan
kepribadian yang mantap, stabil dan dewasa guru harus mulai dari pengelolaan
emosi yang baik, menampilkan sikap disiplin, arif dan beribawa seorang guru
harus mengikuti tata tertib sekolah guna dapat menjadi contoh untuk peserta didik,
menjadi teladan bagi peserta didik yaitu tidak berbicara keras, menampilkan
tingkah laku dan akhlak yang baik maka peserta didik juga akan terpengaruhi
akhlaknya.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil dan pembahasan maka dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Implementasi pendidikan karakter menurut Muhammad Yaumi bagi guru di
MI Amir Al-Jannah Tippulue yaitu membuat perencanaan program yang
matang, menyapa siswa, mengatur cara berpakaian siswa, guru melakukan
kegiatan seperti menjaga dan mengamati tata cara berpakaian untuk
membentuk karakter peserta didik yang terdiri dari lima komponen, yakni
pengembangan pendidikan budaya dan karakter bangsa melalui
transdisiplinaritas (mewujudkan integritas dan transformasi nilai-nilai
karakter budaya bangsa ke dalam konten setiap pembelajaran), Strategi
pengembangan bahan ajar berbasis pendidikan karakter (mewujudkan
integrasi konten tentang nilai-nilai karakter dalam aktivitas pembelajaran
serta pemberdayaan budaya sekolah), urgensi keteladanan guru dalam
membentuk karakter anak bangsa (menunjukkan sikap integritas,
profesionalitas dan keikhlasan), menumbuhkan karakter anak melalui
akultrasi minat baca anak (mewujudkan jam cerita anak di perpustakaan
seklah, pemberian tugas membaca, penyelenggaraan lomba pembuatan
kliping), pengembangan intelektual manusia sebagai pembentukan karakter.
2. Dampak implementasi pendidikan karakter menurut Muhammad Yaumi
terhadap kompetensi kepribadiaan guru di MI Amir Al-Jannah Tippulu
yakni menampilkan kepribadian yang mantap, stabil dan dewasa guru harus
mulai dari pengelolaan emosi yang baik karena dalam hal ini guru tidak
mudah marah serta bekerja ikhlas, menampilkan sikap disiplin, arif dan
beribawa seorang guru harus mengikuti tata tertib sekolah guna dapat
menjadi contoh untuk peserta didik, menjadi teladan bagi peserta didik
seorang guru harus senantiasa menjaga kesopanannya dalam berbicara yaitu
tidak berbicara keras atau berkata kasar ketika menegur dan menampilkan
tingkah laku dan akhlak yang baik, maka peserta didik juga akan
terpengaruhi akhlaknya. Guru senantiasa bertutur kata yang baik, ramah,
sabar dan terbuka kepada peserta didiknya.
B. Implikasi
Berdasarkan hasil penelitian dan kesimpulan yang telah dipaparkan, maka
saran yang dapat disampaikan oleh peneliti sebagai berikut:
1. Bagi guru, agar tetap membimbing dan memberi teladan yang baik kepada
peserta didik, serta tetap memberikan pendidikan yang berbasis pendidikan
karakter disetiap pembelajaran agar karakter peserta didik tetap tumbuh dan
bermutu serta berakhlak.
2. Bagi peserta didik, agar tetap semangat dalam mengikuti setiap
pembelajaran yang dilakukan oleh guru karena semua pembelajaran yang
diberikan bersifat baik serta berguna untuk dirinya dan orang lain dan juga
berguna untuk masa depannya kelak.
Buku Muhammad Yaumi dan Relevansinya dengan Kompetensi Kepribadian Guru
di MI Amir Al-Jannah Tippulue”. Ada dua sub masalah yang dikaji dalam skripsi
ini yaitu bagaimana implementasi pendidikan karakter menurut Muhammad
Yaumi bagi guru dan bagaimana dampak implementasi pendidikan karakter
menurut Muhammad Yaumi terhadap kompetensi kepribadian guru di MI Amir
Al-Jannah Tippulue.
Untuk memperoleh jawaban terhadap permasalahan tersebut, penulis
menggunakan penelitian kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang
digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan, teknik
analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, display data dan conclusion
drawing/verification.
Implementasi pendidikan karakter menurut Muhammad Yaumi bagi guru
di MI Amir Al-Jannah Tippulue terdiri dari lima komponen, yakni pengembangan
pendidikan budaya dan karakter bangsa melalui transdisiplinaritas (mewujudkan
integritas dan transformasi nilai-nilai karakter budaya bangsa ke dalam konten
setiap pembelajaran), Strategi pengembangan bahan ajar berbasis pendidikan
karakter (mewujudkan integrasi konten tentang nilai-nilai karakter dalam aktivitas
pembelajaran serta pemberdayaan budaya sekolah), urgensi ketelandanan guru
dalam membentuk karakter anak bangsa (menunjukkan sikap integritas,
profesionalitas dan keikhlasan), menumbuhkan karakter anak melalui akultrasi
minat baca anak (mewujudkan jam cerita anak di perpustakaan seklah, pemberian
tugas membaca, penyelenggaraan lomba pembuatan kliping), pengembangan
intelektual manusia sebagai pencerminan pembentukan karakter. Dampak
implementasi pendidikan karakter menurut Muhammad Yaumi terhadap
kompetensi kepribadiaan guru di MI Amir Al-Jannah Tippulu yakni menampilkan
kepribadian yang mantap, stabil dan dewasa guru harus mulai dari pengelolaan
emosi yang baik, menampilkan sikap disiplin, arif dan beribawa seorang guru
harus mengikuti tata tertib sekolah guna dapat menjadi contoh untuk peserta didik,
menjadi teladan bagi peserta didik yaitu tidak berbicara keras, menampilkan
tingkah laku dan akhlak yang baik maka peserta didik juga akan terpengaruhi
akhlaknya.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil dan pembahasan maka dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Implementasi pendidikan karakter menurut Muhammad Yaumi bagi guru di
MI Amir Al-Jannah Tippulue yaitu membuat perencanaan program yang
matang, menyapa siswa, mengatur cara berpakaian siswa, guru melakukan
kegiatan seperti menjaga dan mengamati tata cara berpakaian untuk
membentuk karakter peserta didik yang terdiri dari lima komponen, yakni
pengembangan pendidikan budaya dan karakter bangsa melalui
transdisiplinaritas (mewujudkan integritas dan transformasi nilai-nilai
karakter budaya bangsa ke dalam konten setiap pembelajaran), Strategi
pengembangan bahan ajar berbasis pendidikan karakter (mewujudkan
integrasi konten tentang nilai-nilai karakter dalam aktivitas pembelajaran
serta pemberdayaan budaya sekolah), urgensi keteladanan guru dalam
membentuk karakter anak bangsa (menunjukkan sikap integritas,
profesionalitas dan keikhlasan), menumbuhkan karakter anak melalui
akultrasi minat baca anak (mewujudkan jam cerita anak di perpustakaan
seklah, pemberian tugas membaca, penyelenggaraan lomba pembuatan
kliping), pengembangan intelektual manusia sebagai pembentukan karakter.
2. Dampak implementasi pendidikan karakter menurut Muhammad Yaumi
terhadap kompetensi kepribadiaan guru di MI Amir Al-Jannah Tippulu
yakni menampilkan kepribadian yang mantap, stabil dan dewasa guru harus
mulai dari pengelolaan emosi yang baik karena dalam hal ini guru tidak
mudah marah serta bekerja ikhlas, menampilkan sikap disiplin, arif dan
beribawa seorang guru harus mengikuti tata tertib sekolah guna dapat
menjadi contoh untuk peserta didik, menjadi teladan bagi peserta didik
seorang guru harus senantiasa menjaga kesopanannya dalam berbicara yaitu
tidak berbicara keras atau berkata kasar ketika menegur dan menampilkan
tingkah laku dan akhlak yang baik, maka peserta didik juga akan
terpengaruhi akhlaknya. Guru senantiasa bertutur kata yang baik, ramah,
sabar dan terbuka kepada peserta didiknya.
B. Implikasi
Berdasarkan hasil penelitian dan kesimpulan yang telah dipaparkan, maka
saran yang dapat disampaikan oleh peneliti sebagai berikut:
1. Bagi guru, agar tetap membimbing dan memberi teladan yang baik kepada
peserta didik, serta tetap memberikan pendidikan yang berbasis pendidikan
karakter disetiap pembelajaran agar karakter peserta didik tetap tumbuh dan
bermutu serta berakhlak.
2. Bagi peserta didik, agar tetap semangat dalam mengikuti setiap
pembelajaran yang dilakukan oleh guru karena semua pembelajaran yang
diberikan bersifat baik serta berguna untuk dirinya dan orang lain dan juga
berguna untuk masa depannya kelak.
Ketersediaan
| STAR20210355 | 355/2021 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
355/2021
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2021
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
