Implementasi Nilai Akhlak Dalam Film Animasi Nussa Dan Rara Dalam Mengembangkan Moral Anak Usia 5 - 6 Tahun Di Desa Lallatang Kecamatan Dua Boccoe Kabupaten Bone
Risdayanti/02.17.6037 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai Implementasi Nilai Akhlak Dalam Film
Animasi Nussa dan Rara Dalam Mengembangkan Moral Anak Usia 5-6 Tahun Di
Desa Lallatang Kecamatan Dua Boccoe Kabupaten Bone. Pokok permasalahan
dalam penelitian ini yaitu Bagaimana proses penanaman nilai-nilai akhlak dalam
film animasi Nussa dan Rara dalam mengembangkan moral anak usia 5-6 tahun
dan apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi nilai-nilai akhlak
dalam film animasi Nussa dan Rara dalam mengembangkan moral anak usia 5-6
tahun di Desa Lallatang Kecamatan Dua Boccoe Kabupaten Bone. Hal ini penting
dikaji untuk mengetahui proses penanaman nilai-nilai akhlak dalam film animasi
Nussa dan Rara dalam mengembangkan moral anak usia 5-6 tahun dan faktor-
faktor yang mempengaruhi implementasi nilai-nilai akhlak dalam
mengembangkan moral anak usia 5-6 tahun di Desa Lallatang Kecamatan Dua
Boccoe Kabupaten Bone.
Untuk memperoleh data dari masalah tersebut, penulis menggunakan
metode field research (penelitian lapangan) yang menggunakan jenis penelitian
kualitatif deskriptif dengan pendekatan paedagogik dan psikologis, untuk
memperoleh data yang diinginkan menggunakan data primer dan sekunder.
Selanjutnya dianalisis dengan cara: 1. Mereduksi data, 2. Penyajian data, 3.
Penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Proses penanaman nilai-nilai
akhlak dalam film animasi Nussa dan Rara dalam mengembangkan moral anak
usia 5-6 tahun di Desa Lallatang Kecamatan Dua Boccoe Kabupaten Bone yaitu
dimulai dari anak mau meminta dan memberi maaf , anak selalu berterima kasih
jika memperoleh sesuatu, anak suka menolong, anak mau mengajak teman
bermain dan belajar. Pada perilaku tersebut, anak dapat menanamkannya melalui
tontonan adegan yang mengandung nilai-nilai akhlak dalam film animasi Nussa
dan Rara yang disertai arahan dan bimbingan dari orang tua. 2) Faktor-faktor yang
mempengaruhi implementasi nilai-nilai akhlak dalam film animasi Nussa dan
Rara dalam mengembangkan moral anak usia 5-6 tahun di Desa Lallatang
Kecamatan Dua Boccoe Kabupaten Bone, yaitu dipengaruhi oleh adanya
motivasi anak untuk belajar ikhlas dan sikap anak untuk menghormati orang yang
lebih tua yang diperoleh melalui adegan dalam film animasi Nussa dan Rara serta
melalui arahan dan pemberian contoh secara langsung oleh orang tua.
A. Kesimpulan
Implementasi nilai akhlak dalam film animasi Nussa dan Rara dalam
Mengembangkan Moral Anak Usia 5-6 Tahun di Desa Lallatang Kecamatan Dua
Boccoe Kabupaten Bone.
1. Proses penanaman nilai-nilai akhlak dalam film animasi Nussa dan Rara dalam
mengembangkan moral anak melibatkan orang tua secara langsung. Proses
penanaman nilai akhlak dimulai dari anak mau meminta dan memberi maaf ,
anak selalu berterima kasih jika memperoleh sesuatu, anak suka menolong,
anak mau mengajak teman bermain dan belajar. Pada perilaku anak mau
meminta dan memberi maaf, anak dapat melakukannya melalui tontonan
adegan meminta dan memberi maaf dalam film animasi Nussa dan Rara atas
dasar arahan dan bimbingan dari orang tua. Pada perilaku anak selalu berterima
kasih jika memperoleh sesuatu, anak dapat melakukannya melalui tontonan
adegan berterima kasih dalam film animasi Nussa dan Rara yang sebagian atas
inisiatif sendiri dan sebagian atas dasar arahan dan bimbingan dari orang tua.
Pada perilaku anak suka menolong, anak dapat melakukannya melalui tontonan
adegan tolong menolong yang sebagian anak dapat menolong tanpa
mengharapkan imbalan atas dasar arahan dan bimbingan dari orang tua, serta
masih ada anak yang menolong dengan mengharapkan imbalan. Pada perilaku
anak mau mengajak teman bermain dan belajar melalui tontonan adegan
bermain dan belajar dalam film animasi Nussa dan Rara, anak dapat
melakukannya dengan inisiatif sendiri.
2. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi nilai akhlak dalam
film animasi Nussa dan Rara dalam mengembangkan moral anak yaitu
dipengaruhi oleh adanya motivasi dan sikap. Pada bagian motivasi, sebagian
anak dapat termotivasi untuk belajar ikhlas yang diperoleh dari menonton film
animasi Nussa dan Rara melalui episode Belajar Ikhlas atas dasar bimbingan
dan arahan dari orang tua serta masih ada anak yang belum dapat termotivasi
untuk belajar ikhlas. Sikap sangat berpengaruh terhadap implementasi nilai
akhlak dalam film animasi Nussa dan Rara dalam mengembangkan moral anak
karena anak dapat bersikap menghormati orang yang lebih tua darinya melalui
tontonan episode Kak Nussa di film Nussa dan Rara yang sesekali atas arahan
dan contoh secara langsung dari orang tua.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian dan kesimpulan yang telah dipaparkan,
maka saran yang dapat disimpulkan oleh peneliti sebagai berikut:
1. Setiap anak memiliki perkembangan moral yang berbeda oleh karena itu orang
tua harus mengetahui perkembangan anak dan memberikan stimulasi yang
cocok dalam mengembangkan moral anak. Dalam pemberian tontonan film
animasi Nussa dan Rara orang tua dapat ikut serta dalam kegiatan menonton
agar dapat menjelaskan kepada anak mengenai nilai-nilai yang dapat di tiru
dari tontonan tersebut.
2. Dalam implementasi nilai akhlak dalam film animasi Nussa dan Rara dalam
mengembangkan moral anak sangat dipengaruhi oleh motivasi dan sikap. Oleh
karena itu orang tua harus menjadi motivator bagi anak dan menjadi contoh
teladan bagi anak.
Animasi Nussa dan Rara Dalam Mengembangkan Moral Anak Usia 5-6 Tahun Di
Desa Lallatang Kecamatan Dua Boccoe Kabupaten Bone. Pokok permasalahan
dalam penelitian ini yaitu Bagaimana proses penanaman nilai-nilai akhlak dalam
film animasi Nussa dan Rara dalam mengembangkan moral anak usia 5-6 tahun
dan apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi nilai-nilai akhlak
dalam film animasi Nussa dan Rara dalam mengembangkan moral anak usia 5-6
tahun di Desa Lallatang Kecamatan Dua Boccoe Kabupaten Bone. Hal ini penting
dikaji untuk mengetahui proses penanaman nilai-nilai akhlak dalam film animasi
Nussa dan Rara dalam mengembangkan moral anak usia 5-6 tahun dan faktor-
faktor yang mempengaruhi implementasi nilai-nilai akhlak dalam
mengembangkan moral anak usia 5-6 tahun di Desa Lallatang Kecamatan Dua
Boccoe Kabupaten Bone.
Untuk memperoleh data dari masalah tersebut, penulis menggunakan
metode field research (penelitian lapangan) yang menggunakan jenis penelitian
kualitatif deskriptif dengan pendekatan paedagogik dan psikologis, untuk
memperoleh data yang diinginkan menggunakan data primer dan sekunder.
Selanjutnya dianalisis dengan cara: 1. Mereduksi data, 2. Penyajian data, 3.
Penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Proses penanaman nilai-nilai
akhlak dalam film animasi Nussa dan Rara dalam mengembangkan moral anak
usia 5-6 tahun di Desa Lallatang Kecamatan Dua Boccoe Kabupaten Bone yaitu
dimulai dari anak mau meminta dan memberi maaf , anak selalu berterima kasih
jika memperoleh sesuatu, anak suka menolong, anak mau mengajak teman
bermain dan belajar. Pada perilaku tersebut, anak dapat menanamkannya melalui
tontonan adegan yang mengandung nilai-nilai akhlak dalam film animasi Nussa
dan Rara yang disertai arahan dan bimbingan dari orang tua. 2) Faktor-faktor yang
mempengaruhi implementasi nilai-nilai akhlak dalam film animasi Nussa dan
Rara dalam mengembangkan moral anak usia 5-6 tahun di Desa Lallatang
Kecamatan Dua Boccoe Kabupaten Bone, yaitu dipengaruhi oleh adanya
motivasi anak untuk belajar ikhlas dan sikap anak untuk menghormati orang yang
lebih tua yang diperoleh melalui adegan dalam film animasi Nussa dan Rara serta
melalui arahan dan pemberian contoh secara langsung oleh orang tua.
A. Kesimpulan
Implementasi nilai akhlak dalam film animasi Nussa dan Rara dalam
Mengembangkan Moral Anak Usia 5-6 Tahun di Desa Lallatang Kecamatan Dua
Boccoe Kabupaten Bone.
1. Proses penanaman nilai-nilai akhlak dalam film animasi Nussa dan Rara dalam
mengembangkan moral anak melibatkan orang tua secara langsung. Proses
penanaman nilai akhlak dimulai dari anak mau meminta dan memberi maaf ,
anak selalu berterima kasih jika memperoleh sesuatu, anak suka menolong,
anak mau mengajak teman bermain dan belajar. Pada perilaku anak mau
meminta dan memberi maaf, anak dapat melakukannya melalui tontonan
adegan meminta dan memberi maaf dalam film animasi Nussa dan Rara atas
dasar arahan dan bimbingan dari orang tua. Pada perilaku anak selalu berterima
kasih jika memperoleh sesuatu, anak dapat melakukannya melalui tontonan
adegan berterima kasih dalam film animasi Nussa dan Rara yang sebagian atas
inisiatif sendiri dan sebagian atas dasar arahan dan bimbingan dari orang tua.
Pada perilaku anak suka menolong, anak dapat melakukannya melalui tontonan
adegan tolong menolong yang sebagian anak dapat menolong tanpa
mengharapkan imbalan atas dasar arahan dan bimbingan dari orang tua, serta
masih ada anak yang menolong dengan mengharapkan imbalan. Pada perilaku
anak mau mengajak teman bermain dan belajar melalui tontonan adegan
bermain dan belajar dalam film animasi Nussa dan Rara, anak dapat
melakukannya dengan inisiatif sendiri.
2. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi nilai akhlak dalam
film animasi Nussa dan Rara dalam mengembangkan moral anak yaitu
dipengaruhi oleh adanya motivasi dan sikap. Pada bagian motivasi, sebagian
anak dapat termotivasi untuk belajar ikhlas yang diperoleh dari menonton film
animasi Nussa dan Rara melalui episode Belajar Ikhlas atas dasar bimbingan
dan arahan dari orang tua serta masih ada anak yang belum dapat termotivasi
untuk belajar ikhlas. Sikap sangat berpengaruh terhadap implementasi nilai
akhlak dalam film animasi Nussa dan Rara dalam mengembangkan moral anak
karena anak dapat bersikap menghormati orang yang lebih tua darinya melalui
tontonan episode Kak Nussa di film Nussa dan Rara yang sesekali atas arahan
dan contoh secara langsung dari orang tua.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian dan kesimpulan yang telah dipaparkan,
maka saran yang dapat disimpulkan oleh peneliti sebagai berikut:
1. Setiap anak memiliki perkembangan moral yang berbeda oleh karena itu orang
tua harus mengetahui perkembangan anak dan memberikan stimulasi yang
cocok dalam mengembangkan moral anak. Dalam pemberian tontonan film
animasi Nussa dan Rara orang tua dapat ikut serta dalam kegiatan menonton
agar dapat menjelaskan kepada anak mengenai nilai-nilai yang dapat di tiru
dari tontonan tersebut.
2. Dalam implementasi nilai akhlak dalam film animasi Nussa dan Rara dalam
mengembangkan moral anak sangat dipengaruhi oleh motivasi dan sikap. Oleh
karena itu orang tua harus menjadi motivator bagi anak dan menjadi contoh
teladan bagi anak.
Ketersediaan
| STAR20210168 | 168/2021 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
168/2021
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2021
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
