Implementasi Prinsip Manajemen dalam Pengelolaan Administrasi Sekolah di MTs Al-Faaizun Watang Palakka
Zahyadi Afdhal Ashar/02.16.3205 - Personal Name
Skripsi ini berjudul Implementasi Prinsip Manajemen dalam Pengelolaan
Administrasi Sekolah di MTs Al-Faaizun Watang Palakka, penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui implementasi prinsip manajemen di MTs Al-Faaizun Watang
Palakka dalam mengelola administrasi Sekolah.
Untuk memperoleh jawaban terhadap permasalahan tersebut maka penulis
menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan manajemen,
psikologis dan sosiologis dimana pengumpulan data menggunakan teknik wawancara,
observasi serta dokumentasi. Dalam penelitian ini, penulis mewawancarai beberapa
narasumber seperti diantaranya kepala sekolah dan staf tata usaha serta guru-guru yang
bersangkutan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data
dan penarikan kesimpulan.
Adapun hasil penelitan yang di peroleh. 1) Implementasi prinsip manajemen di
MTs Al-Faaizun dengan mengacu pada dimensi berdasarkan sasaran, dimensi
berdasarkan orang serta dimensi berdasarkan informasi berikut dengan berbagai
indikator yang mendasarinya menunjukkan bahwa berbagai prinsip manajemen
tersebut dapat ditemukan dalam manajemen tata kelola kelembagaan yang ada di MTs
Al-Faaizun. Keberadaan dari masing-masing prinsip terebut dapat dipahami sebagai
suatu kesatuan yang terjalin sistemik dan tidak bisa dipisahkan satu sama lain. 2)
Pengelolaan administrasi sekolah di MTs Al-Faaizun dengan mengacu pada dimensi
administrasi personil sekolah, dimensi administrasi sarana dan prasarana pendidikan,
dimensi administrasi siswa, serta dimensi administrasi kerjasama sekolah dan
masyarakat menunjukkan bahwa implementasi berbagai prinsip manajemen dapat
ditemukan di dalamnya, baik secara langsung ataupun tidak langsung. Dengan adanya
implementasi berbagai prinsip manajemen tersebut, pengelolaan administrasi sekolah
di MTs Al-Faaizun dapat berjalan dengan baik.
A. Simpulan
Berdasarkan paparan pada bab sebelumnya, peneliti dapat menarik
kesimpulan sebagai berikut:
1. Implementasi prinsip manajemen di MTs Al-Faaizun dengan mengacu pada
dimensi berdasarkan sasaran, dimensi berdasarkan orang serta dimensi
berdasarkan informasi berikut dengan berbagai indikator yang mendasarinya
menunjukkan bahwa berbagai prinsip manajemen tersebut dapat ditemukan
dalam manajemen tata kelola kelembagaan yang ada di MTs Al-Faaizun.
Keberadaan dari masing-masing prinsip terebut dapat dipahami sebagai suatu
kesatuan yang terjalin sistemik dan tidak bisa dipisahkan satu sama lain.
2. Pengelolaan administrasi sekolah di MTs Al-Faaizun dengan mengacu pada
dimensi administrasi personil sekolah, dimensi administrasi sarana dan
prasarana pendidikan, dimensi administrasi siswa, serta dimensi administrasi
kerjasama sekolah dan masyarakat menunjukkan bahwa implementasi berbagai
prinsip manajemen dapat ditemukan di dalamnya, baik secara langsung ataupun
tidak langsung. Dengn adanya implementasi berbagai prinsip manajemen
tersebut, pengelolaan administrasi sekolah di MTs Al-Faaizun dapat berjalan
dengan baik.
B. Saran
Berdasarkan kesimpulan di atas, peneliti dapat merumuskan saran sebagai
berikut:
a. Prinsip-prinsip manajemen harus diimplementasikan secara komprehensif agar
pengelolaan sekolah dapat berjalan pada koridor yang semestinya.
b. Pengelolaan administrasi sekolah harus melibatkan berbagai pihak, baik internal
dan eksternal, sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari implementasi prinsip-
prinsip manajemen dalam penerapannya.
c. Perlu ada penelitian lanjutan terkait implementasi prinsip-prinsip manajemen
dalam pengelolaan administrasi sekolah.
Administrasi Sekolah di MTs Al-Faaizun Watang Palakka, penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui implementasi prinsip manajemen di MTs Al-Faaizun Watang
Palakka dalam mengelola administrasi Sekolah.
Untuk memperoleh jawaban terhadap permasalahan tersebut maka penulis
menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan manajemen,
psikologis dan sosiologis dimana pengumpulan data menggunakan teknik wawancara,
observasi serta dokumentasi. Dalam penelitian ini, penulis mewawancarai beberapa
narasumber seperti diantaranya kepala sekolah dan staf tata usaha serta guru-guru yang
bersangkutan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data
dan penarikan kesimpulan.
Adapun hasil penelitan yang di peroleh. 1) Implementasi prinsip manajemen di
MTs Al-Faaizun dengan mengacu pada dimensi berdasarkan sasaran, dimensi
berdasarkan orang serta dimensi berdasarkan informasi berikut dengan berbagai
indikator yang mendasarinya menunjukkan bahwa berbagai prinsip manajemen
tersebut dapat ditemukan dalam manajemen tata kelola kelembagaan yang ada di MTs
Al-Faaizun. Keberadaan dari masing-masing prinsip terebut dapat dipahami sebagai
suatu kesatuan yang terjalin sistemik dan tidak bisa dipisahkan satu sama lain. 2)
Pengelolaan administrasi sekolah di MTs Al-Faaizun dengan mengacu pada dimensi
administrasi personil sekolah, dimensi administrasi sarana dan prasarana pendidikan,
dimensi administrasi siswa, serta dimensi administrasi kerjasama sekolah dan
masyarakat menunjukkan bahwa implementasi berbagai prinsip manajemen dapat
ditemukan di dalamnya, baik secara langsung ataupun tidak langsung. Dengan adanya
implementasi berbagai prinsip manajemen tersebut, pengelolaan administrasi sekolah
di MTs Al-Faaizun dapat berjalan dengan baik.
A. Simpulan
Berdasarkan paparan pada bab sebelumnya, peneliti dapat menarik
kesimpulan sebagai berikut:
1. Implementasi prinsip manajemen di MTs Al-Faaizun dengan mengacu pada
dimensi berdasarkan sasaran, dimensi berdasarkan orang serta dimensi
berdasarkan informasi berikut dengan berbagai indikator yang mendasarinya
menunjukkan bahwa berbagai prinsip manajemen tersebut dapat ditemukan
dalam manajemen tata kelola kelembagaan yang ada di MTs Al-Faaizun.
Keberadaan dari masing-masing prinsip terebut dapat dipahami sebagai suatu
kesatuan yang terjalin sistemik dan tidak bisa dipisahkan satu sama lain.
2. Pengelolaan administrasi sekolah di MTs Al-Faaizun dengan mengacu pada
dimensi administrasi personil sekolah, dimensi administrasi sarana dan
prasarana pendidikan, dimensi administrasi siswa, serta dimensi administrasi
kerjasama sekolah dan masyarakat menunjukkan bahwa implementasi berbagai
prinsip manajemen dapat ditemukan di dalamnya, baik secara langsung ataupun
tidak langsung. Dengn adanya implementasi berbagai prinsip manajemen
tersebut, pengelolaan administrasi sekolah di MTs Al-Faaizun dapat berjalan
dengan baik.
B. Saran
Berdasarkan kesimpulan di atas, peneliti dapat merumuskan saran sebagai
berikut:
a. Prinsip-prinsip manajemen harus diimplementasikan secara komprehensif agar
pengelolaan sekolah dapat berjalan pada koridor yang semestinya.
b. Pengelolaan administrasi sekolah harus melibatkan berbagai pihak, baik internal
dan eksternal, sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari implementasi prinsip-
prinsip manajemen dalam penerapannya.
c. Perlu ada penelitian lanjutan terkait implementasi prinsip-prinsip manajemen
dalam pengelolaan administrasi sekolah.
Ketersediaan
| STAR20230375 | 375/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
375/2023
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
