Analisis Kompetensi Dasar Mata Pelajaran IPS Ditinjau Dari Taksonomi Bloom Pada Kurikulum 2013 di MI

No image available for this title
Skripsi ini membahas tentang Analisis kompetensi dasar Mata Pelajaran IPS
ditinjau dari Taksonomi Bloom pada kurikulum 2013 di MI. Tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui kompetensi dasar mata pelajaran IPS ditinjau dari
Taksonomi Bloom pada kurikulum 2013 di MI.
Untuk mencapai tujuan tersebut, dan memudahkankan penelitian ini
digunakan jenis penelitian pustaka (Library Research) dengan menggunakan
pendekatan kualitatif. Penelitian ini tergolong penelitian kualitatif deskriktif atau
penelitian kepustakaan. Adapun data dikumpulkan dengan cara mengumpulkan dan
mengutip data-data kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Bentuk Kompetensi Dasar untuk
Madsrasah Ibtidaiyah (MI) IPS terpadu melalui pembelajaran terpadu peserta didik
dapat memperoleh pengalaman langsung sehingga dapat menambah kekuatan untuk
menerima, menyimpan, dan memproduksi kesan-kesan tentang hal-hal yang di
pelajarinya. Kompetensi dasar adalah bentuk penguasaan peserta didik terhadap
pengetahuan, perilaku, keterampilan, dan sikap setelah mendapatkan materi
pembelajaran pada jenjang pendidikan tertentu. 2) Kompetensi dasar mata pelajaran
IPS kurikulum 2013 di MI sangat berpengaruh di bidang pendidikan Madrasah
Ibtidaiyah, di mana Kompetensi dasar adalah konten atau kompetensi yang terdiri
atas sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang bersumber pada kompetensi inti
yang harus dikuasai peserta didik. Kurikulum 2013 mata pelajaran IPS mengacu
pada Taksonomi Bloom sebagai dasar untuk mencapai tujuan pendidikan.
Kompetensi Dasar mata pelajaran IPS kurikulum 2013 secara keselurahan telah
mencakup ketiga ranah pada Taksonomi Bloom yaitu ranah kognitif, afektif, dan
psikomotor. Meskipun tiap KD tidak secara langsung mengandung ketiga ranah
tersebut, namun sudah mewakili salah satu dari ranah Taksonomi Bloom.
A. Simpulan
Berdasarkan pokok masalah dan sub-sub masalah yang diteliti dalam tulisan
ini, maka dirumuskan beberapa kesimpulan sebagai berikut:
1. Bentuk Kompetensi Dasar untuk Madrasah Ibtidaiyah (MI) IPS terpadu
melalui pembelajaran terpadu peserta didik dapat memperoleh pengelaman
langsung, sehingga dapat menambah kekuatan untuk menerima, menyimpan,
dan memproduksi kesan-kesan tentang hal-hal yang dipelajarinya.
Kompetensi Dasar adalah bentuk penguasaan peserta didik terhadap
pengetahuan, perilaku, keterampilan, dan sikap setelah mendapatkan materi
pembelajaran pada jenjang pendidikan tertentu.
2. Kompetensi dasar mata pelajaran IPS kurikulum 2013 di MI sangat
berpengaruh di bidang pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, di mana kompetensi
dasar adalah konten atau kompetensi yang terdiri atas sikap, pengetahuan,
dan keterampilan yang bersumber pada kompetensi inti yang harus dikuasai
peserta didik. Kurikulum 2013 mata pelajaran IPS mengacu pada Taksonomi
Bloom sebagai dasar untuk mencapai tujuan pendidikan. Kompetensi Dasar
mata pelajaran IPS kurikulum 2013 secara keselurahan telah mencakup ketiga
ranah pada Taksonomi Bloom yaitu ranah kognitif, afektif, dan psikomotor.
Meskipun tiap KD tidak secara langsung mengandung ketiga ranah tersebut,
namun sudah mewakili salah satu dari ranah Taksonomi Bloom.
B. Impilikasi
Setelah penulis menguraikan kesimpulan tersebut, maka di bawah ini
peneliti akan uraikan saran-saran. Adapun saran-saran penulis dalam pembahasan
skripsi ini adalah sebagai berikut:
1. Bagi guru khususnya guru mapel IPS hendaknya selalu memperhatikan KI
maupun KD pada saat menyampaian materi yang akan diajarkan agar peserta
didik dapat memahami pelajaran tersebut dengan baik
2. Bagi peserta didik dapat menyerap tentang materi yang diajarkan mulai dari
yang mudah sampai hal yang sulit, dari yang tingkat rendah hingga tingkat
yang paling tinggi.
3. Bagi peneliti hendaknya dalam menyusun KI maupun KD dapat
mempermudah dalam mencapai indikator pencapaian kompotensi agar
peserta didik dapat memahami dengan baik mata pelajaran tersebut mengenai
perkembangan dan perubahan kurikulum.
Ketersediaan
STAR20210261261/2021Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

261/2021

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top