Analisis Kesesuaian Buku Teks Kelas 2 Tema Hidup Rukun dengan Konsep Kurikulum 2013.
Andi Putriani/02.17.5126 - Personal Name
Skripsi ini membahas analisis kesesuaian buku teks kelas 2 tema hidup rukun
dengan konsep kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketepatan
dan kesesuaian dalam penyusunan buku teks siswa berdasarkan KI dan KD.
Analisis ini dilatarbelakangi oleh keterbatasan waktu dalam penyusunan buku
teks selain itu buku teks sebagai bahan ajar utama. Oleh karena itu perlu dilakukan
analisis buku teks kurikulum 2013 agar menghasilkan buku yang lebih sesuai.
Metode dalam penulisan ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis
penulisan yang digunakan adalah penulisan analisis dokumen (documentary analysis)
penulisan ini dilakukan untuk mengetahui kondisi buku teks siswa kelas 2 tema hidup
rukun dan kesesesuaiannya dengan k-13. Hal ini dilakukan sebagai upaya
peningkatan kualitas buku teks siswa kelas 2 tema hidup rukun yang digunakan oleh
pendidik serta peserta didik kelas 2 SD/MI.
Metode dalam penulisan ini, pedoman dokumentasi yang digunakan
berdasarkan dimensi spiritual dan dimensi sosial yang ditetapkan oleh BSNP.
Selanjutnya pengumpulan data menggunakan teknik skoring. Teknik ini dilakukan
dengan memberi tanda check list pada lembar penskoran sesuai kriteria penilaian.
Adapun teknik analisis data berikutnya adalah menghitung persentase dari setiap
aspek.
Hasil analisis pada buku teks kelas 2 tema hidup rukun kurikulum 2013
terbitan kementerian pendidikan dan kebudayaan adalah sebagai berikut: (1)
kesesuaian pada dimensi spiritual adalah sebesar 71,87% atau pada kategori sesuai.
(2) kesesuaian pada dimensi sosial adalah sebesar 100% atau pada kategori sangat
sesua
A. Simpulan
Berdasarkan analisis dan pembahasan yang telah diuraikan dalam bab III
dapat disimpulkan bahwa buku teks kelas 2 SD/MI tema hidup rukun kurikulum 2013
terbitan kementerian pendidikan dan kebudayaan pada dimensi spiritual dan dimensi
sosial termasuk kriteria sesuai/layak dengan perolehan persentase skor kesesuaian
pada dimensi spiritual adalah sebesar 71,87%, kesesuaian pada dimensi sosial adalah
sebesar 100%
B. Implikasi
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, diharapkan dapat memberikan
sedikit sumbangan berupa pemikiran yang digunakan sebagai usaha untuk
meningkatkan kemampuan dalam bidang pendidikan.
1. Kepada para peneliti, penulis menyadari banyak kekurangan dalam penelitian
ini. Penulis mengharapkan pada peneliti selanjutnya, agar dapat meneliti lebih
lanjut dan lebih dalam lagi terkait analisis kesesuaian buku teks kelas 2 tema
hidup rukun dengan konsep kurikulum 2013.
2. Bagi pendidik
Hendaknya meneliti kembali buku yang akan dipakai sebagai sumber
belajar karena tidak jarang buku yang masih terdapat kesalahan serta hall-hal
lain yang menunjang kualitas sajian materi dari suatu buku. Memanfaatkan
teknologi teknologi sebagai media pendidikan untuk memperoleh informasi
pengetahuan sebanyak-banyaknya.
3. Bagi siswa, hasil penelitian analisis kesesuaian buku teks kelas 2 tema hidup
rukun dengan konsep kurikulum 2013 ini dapat digunakan sebagian acuan untuk
para pengguna buku dalam memilih buku teks.
dengan konsep kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketepatan
dan kesesuaian dalam penyusunan buku teks siswa berdasarkan KI dan KD.
Analisis ini dilatarbelakangi oleh keterbatasan waktu dalam penyusunan buku
teks selain itu buku teks sebagai bahan ajar utama. Oleh karena itu perlu dilakukan
analisis buku teks kurikulum 2013 agar menghasilkan buku yang lebih sesuai.
Metode dalam penulisan ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis
penulisan yang digunakan adalah penulisan analisis dokumen (documentary analysis)
penulisan ini dilakukan untuk mengetahui kondisi buku teks siswa kelas 2 tema hidup
rukun dan kesesesuaiannya dengan k-13. Hal ini dilakukan sebagai upaya
peningkatan kualitas buku teks siswa kelas 2 tema hidup rukun yang digunakan oleh
pendidik serta peserta didik kelas 2 SD/MI.
Metode dalam penulisan ini, pedoman dokumentasi yang digunakan
berdasarkan dimensi spiritual dan dimensi sosial yang ditetapkan oleh BSNP.
Selanjutnya pengumpulan data menggunakan teknik skoring. Teknik ini dilakukan
dengan memberi tanda check list pada lembar penskoran sesuai kriteria penilaian.
Adapun teknik analisis data berikutnya adalah menghitung persentase dari setiap
aspek.
Hasil analisis pada buku teks kelas 2 tema hidup rukun kurikulum 2013
terbitan kementerian pendidikan dan kebudayaan adalah sebagai berikut: (1)
kesesuaian pada dimensi spiritual adalah sebesar 71,87% atau pada kategori sesuai.
(2) kesesuaian pada dimensi sosial adalah sebesar 100% atau pada kategori sangat
sesua
A. Simpulan
Berdasarkan analisis dan pembahasan yang telah diuraikan dalam bab III
dapat disimpulkan bahwa buku teks kelas 2 SD/MI tema hidup rukun kurikulum 2013
terbitan kementerian pendidikan dan kebudayaan pada dimensi spiritual dan dimensi
sosial termasuk kriteria sesuai/layak dengan perolehan persentase skor kesesuaian
pada dimensi spiritual adalah sebesar 71,87%, kesesuaian pada dimensi sosial adalah
sebesar 100%
B. Implikasi
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, diharapkan dapat memberikan
sedikit sumbangan berupa pemikiran yang digunakan sebagai usaha untuk
meningkatkan kemampuan dalam bidang pendidikan.
1. Kepada para peneliti, penulis menyadari banyak kekurangan dalam penelitian
ini. Penulis mengharapkan pada peneliti selanjutnya, agar dapat meneliti lebih
lanjut dan lebih dalam lagi terkait analisis kesesuaian buku teks kelas 2 tema
hidup rukun dengan konsep kurikulum 2013.
2. Bagi pendidik
Hendaknya meneliti kembali buku yang akan dipakai sebagai sumber
belajar karena tidak jarang buku yang masih terdapat kesalahan serta hall-hal
lain yang menunjang kualitas sajian materi dari suatu buku. Memanfaatkan
teknologi teknologi sebagai media pendidikan untuk memperoleh informasi
pengetahuan sebanyak-banyaknya.
3. Bagi siswa, hasil penelitian analisis kesesuaian buku teks kelas 2 tema hidup
rukun dengan konsep kurikulum 2013 ini dapat digunakan sebagian acuan untuk
para pengguna buku dalam memilih buku teks.
Ketersediaan
| STAR20210196 | 196/2021 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
196/2021
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2021
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
