Kontribusi Disiplin Bahasa Arab Dalam Meningkatkan Kemampuan Muhadasah Santri Kelas IX MTs. Pondok Pesantren Darul Huffadh

No image available for this title
Skripsi ini membahas mengenai”Kontribusi Disiplin Bahasa Arab Dalam
Meningkatkan Kemampuan Muh}a>das\ah Santri Kelas IX MTs. Pondok Pesantren
Darul Huffadh Tuju-tuju Kecamatan Kajuara Kabupaten Bone” hal yang penting
dikaji dalam skripsi ini yakni Bagaimana kontribusi disiplin bahasa arab dalam
meningkatkan kemampuan muh}a>das\ah santri, Bagaimana kemampuan
muh}a>das\ah santri kelas IX MTs. Pondok Pesantren Darul Huffadh Kecamatan
Kajuara Kabupaten Bone.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, jenis penelitian adalah
penelitian kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan
dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik pengolahan data interaktif, proses analisis
data ada tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, verifikasi data. Cara kerja
dari metode analisis data ini dimulai dari penyajian data, pengorganisasian data,
koleksi data, verifikasi data, dan mengambil kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama, Kontribusi Disiplin Bahasa
Arab Dalam Meningkatkan Kemampuan Muh}a>das\ah Santri Kelas IX MTs.
Pondok Pesantren Darul Huffadh Tuju-tuju Kecamatan Kajuara Kabupaten Bone
sudah berjalan dengan baik, dimana dengan Kontribusi Disiplin Bahasa Arab santri
lebih mudah memahami pelajaran bahasa Arab dan mudah untuk bermuh}a>das\ah
dalam kegiatan sehari-hari. Kedua kemampuan muh}a>das\ah santri kelas IX MTs.
sudah meningkat sesuai dengan jenjang kelas maupun faktor lainya, dapat dilihat dari
intraksi santri dalam berbicara sehari-hari, dapat menumbuhkan keaktifan santri
dalam muh}a>das\ah maupun dalam belajar dan diskusi bahasa arab.
A. Kesimpulan
Berdasarkan pada uraian-uraian yang telah diketengahkan, pada bagian ini
akan diketengahkan bagian kesimpulan sebagai hasil dari penelitian, berikut hasil
kesimpulannya:
1. Disiplin merupakan hal pokok pada kehidupan manusia, baik untuk perorangan
terlebih bagi masyarakat global. Ketika berbicara mengenai penguasaan bahasa
kedua (asing) tentu tidak lepas juga dari kata disiplin. Pondok Pesantren Darul
Huffadh Tuju-tuju Kec. Kajuara Kab. Bone mempunyai dua bahasa resmi yang
boleh dipergunakan yaitu bahasa Arab dan bahasa Inggris, untuk bisa
menguasai kedua bahasa tersebut dibuatlah sutu disiplin bahasa yang
mewajibkan seluruh ustaz dan santri untuk berbahasa resmi tersebut. Untuk
santri baru diperbolehkan menggunakan bahasa Indonesia untuk berkomunikasi
selama 3 bulan pertama saja dan selanjutnya diwajibkan untuk berbahasa Arab
dan Inggris sebagaimana santri lainnya. Dalam proses pembelajaran bahasa
Pondok Pesantren Darul Huffadh Tuju-tuju Kec. Kajuara Kab. Bone
menggunakan rujukan berbahasa Arab dan mewajibkan kepada ustadz untuk
menggunakan bahasa Arab sebagai bahasa pengantar dalam proses
pembelajaran. Para santri dalam melakukan aktifitas baik di dalam maupun di
luar kelas diwajibkan untuk berbahasa Arab dan Inggris sehingga jikalau
didapatkan mereka berbahasa Indonesia ataupun daerah maka mereka diberikan
sanksi sebagai ganjaran dari pelanggaran disiplin berbahasa yang mereka
lakukan.
2. Kemampuan muh}a>das\ah santri di Pondok Pesantren Darul Huffadh Tuju-
tuju Kec. Kajuara Kab. Bone berdasarkan hasil pengamatan dan wawancara
peneliti, peneliti mencermati bahwa kemampuan muh}a>da>s\ah masing-
masing santri Pondok Pesantren Darul Huffadh Tuju-tuju Kec. Kajuara Kab.
Bone berbeda-beda sesuai jenjang kelas dan factor lainnya. Untuk mengukur
kemampuan muh}a>da>s\ah santri mereka sudah fasih berbicara ketika
melakukan komunikasi di kelas maupun luar kelas dan mereka bisa berbicara
dengan lancar ketika mereka melakukan diskusi. Data hasil wawancara bagian
pengurus bahasa santri yang peneliti dapatkan dari bagian bahasa santri
menunjukkan bahwa secara umum seluruh santri Pondok Pesantren Darul
Huffadh Tuju-tuju Kec. Kajuara Kab. Bone mampu bermuh}a>das\ah dengan
baik, walau masih didapatkan para santri kurang memperhatikan kaidah-kaidah
bahasa ketika berbahasa bahkan kadang menambahkan dalam bahasa Arab
dengan dialeg daerah santri masing-masing.
B. Implikasi Penelitian
Penelitian ini berimplikasi pada kontribusi disiplin bahasa sebagai pemecah
masalah dari ketidakmampuan berbicara atau muh}a>das\ah santri pada semua
lembaga pendidikan yang mengadakan pembelajaran bahasa Arab pada umumnya
dan pada Pondok Pesantren Darul Huffadh Tuju-tuju Kec. Kajuara Kab. Bone
secara khusus. Kemampuan muh}a>das\ah santri PPDH kelas IX MTs. dengan
kontribusi disiplin bahasa diharapkan dapat menjadi salah satu pemecah masalah
yang efektif dan produktif dalam memecahkan sekian banyak problematika
penguasaan maha>rah al-kala>m, sehingga nantinya berbahasa Arab dengan baik
dan lancar dapat dilakukan dengan mudah layaknya kemudahan-kemudahan yang
dirasakan ketika mempelajari bahasa Asing lainnya, dan sekaligus dapat menjadi
kebanggaan tersendiri ketika mampu memahami dan mampu mengikuti
perkembangan dunia Internasional melalui kemampuan komunikasi bahasa Arab.
Sehubungan dengan hal itu, penulis mengajukan saran-saran sebagai berikut:
Untuk menghasilkan santri yang cakap, terampil dalam berbahasa Arab dan
dapat diperhitungkan kebahasaannya, maka hal-hal yang mendukung proses
kelancaran berbahasa senantiasa perlu penkajian dan penataan secara
komprehensif sehingga hal-hal tersebut tidak berbalik menjadi penghambat proses
kelancaran pencapaian visi-misi menghasilkan santri yang produktif dalam
mengembangkan kebahasaan dan sesuai dengan yang dikehendaki proses
penguasaan bahasa Arab.
Hasil pembelajaran yang bermutu sangat ditentukan dengan proses
pembelajaran yang dilaksanakan oleh tenaga pendidik yang memiliki kompetensi
pribadi dan profesionalisme yang didukung oleh manajemen yang efektif dan
inovatif serta evaluasi pendidikan yang berkualitas, dan yang paling perlu adalah
kesepakatan-kesepakatan antara ustadz harus dibangun agar arah pengajaran
maupun penggunaan sebuah metode dan lain sebagainya dapat terlaksana dengan
maksimal.
Ketersediaan
STAR20190203203/2019Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

203/2019

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyahh

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top