Personal Selling Sebagai Komunikasi Pemasaran dalam Melayani Komplain Pelanggan (Studi Pada PT. Telkomsel watampone)
Eka Desi Saputri/01.16.5111 - Personal Name
Skripsi ini mengkaji tentang bagaimana Personal Selling Sebagai Komunikasi
Pemasaran Dalam Melayani Komplain Pelanggan dan bagaimana tindak lanjut PT.
Telkom Watampone kepada pelanggan yang kurang diperhatikan (Studi Pada PT.
Telkom Watampone). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui personal selling
sebagai komunikasi pemasaran dalam melayani komplain pelanggan dan untuk
mengetahui tindak lanjut PT.Telkom Watampone kepada pelanggan yang kurang
diperhatikan. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif dengan
menggunakan field research (penelitian lapangan) yang menggunakan teknik
pengumpulan data yang meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik
analisis yang digunakan adalah teknik Descriptive Analysis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Dalam mengatasi komplain pelanggan PT.
Telkom Watampone menggunakan personal selling yaitu langsung berhadap
langsung dengan pelanggan yang komplain. Selain personal selling digunakan dalam
mengatasi komplain pelanggan, personal selling juga digunakan sebagai sarana
komunikasi pemasaran yang dapat memberikan konstribusi peningkatan penjualan
produk. (2) Seperti halnya dalam mengatasi komplain, pelanggan yang kurang
diperhatikan akan diberikan personal selling oleh karyawan PT. Telkom Watampone
agar pelanggan merasa puas dan mendapatkan pelayanan yang baik.
A. Simpulan
Berdasarkan pembahasan yang telah dipaparkan diatas, maka dapat
disimpulkan sebagai berikut:
1. Dalam mengatasi komplain pelanggan PT. Telkom Watampone menggunakan
personal selling yaitu langsung berhadapan dengan pelanggan yang komplain.
Selain personal selling digunakan dalam mengatasi komplain pelanggan,
personal selling juga digunakan sebagai sarana komunikasi pemasaran yang
dapat memberikan konstribusi peningkatan penjualan produk.
2. Seperti halnya dalam mengatasi komplain, pelanggan yang kurang
diperhatikan akan diberikan personal selling oleh karyawan PT. Telkom
Watampone agar pelanggan merasa puas dan mendapatkan pelayanan yang
baik. Apabila personal selling tidak bisa mengatasi pelanggan yang kurang
diperhatikan, maka karyawan akan menjadi pendengar yang baik dalam
mendengarkan keluhan pelanggan serta diberangi dengan memberikan solusi
kepada pelanggan yang kurang diperhatikan itu.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian penulis dapat memberikan beberapa saran
kepada karyawan dan pelanggan PT. Telkom Watampone. Adapun saran yang
penulis sampaikan yaitu sebagai berikut:
1. Karyawan PT. Telkom Watampone agar lebih bisa mempertahankan atau
bahkan meningkatkan pelayanan kepada pelanggan serta mempertahankan
metode personal selling dalam menghadapi pelanggan maupun konsumen,
supaya rasa puas pelanggan meningkat serta minat konsumen dalam
menggunakan produk PT. Telkom Watampone meningkat.
2. Pelanggan PT. Telkom Watampone agara kiranya lebih aktif melaporkan
segala masalah yang terjadi kepada pihak PT. Telkom Watampone agar
masalah tersebut cepat teratasi serta tidak muncul komplain-komplain
berikutnya.
Pemasaran Dalam Melayani Komplain Pelanggan dan bagaimana tindak lanjut PT.
Telkom Watampone kepada pelanggan yang kurang diperhatikan (Studi Pada PT.
Telkom Watampone). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui personal selling
sebagai komunikasi pemasaran dalam melayani komplain pelanggan dan untuk
mengetahui tindak lanjut PT.Telkom Watampone kepada pelanggan yang kurang
diperhatikan. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif dengan
menggunakan field research (penelitian lapangan) yang menggunakan teknik
pengumpulan data yang meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik
analisis yang digunakan adalah teknik Descriptive Analysis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Dalam mengatasi komplain pelanggan PT.
Telkom Watampone menggunakan personal selling yaitu langsung berhadap
langsung dengan pelanggan yang komplain. Selain personal selling digunakan dalam
mengatasi komplain pelanggan, personal selling juga digunakan sebagai sarana
komunikasi pemasaran yang dapat memberikan konstribusi peningkatan penjualan
produk. (2) Seperti halnya dalam mengatasi komplain, pelanggan yang kurang
diperhatikan akan diberikan personal selling oleh karyawan PT. Telkom Watampone
agar pelanggan merasa puas dan mendapatkan pelayanan yang baik.
A. Simpulan
Berdasarkan pembahasan yang telah dipaparkan diatas, maka dapat
disimpulkan sebagai berikut:
1. Dalam mengatasi komplain pelanggan PT. Telkom Watampone menggunakan
personal selling yaitu langsung berhadapan dengan pelanggan yang komplain.
Selain personal selling digunakan dalam mengatasi komplain pelanggan,
personal selling juga digunakan sebagai sarana komunikasi pemasaran yang
dapat memberikan konstribusi peningkatan penjualan produk.
2. Seperti halnya dalam mengatasi komplain, pelanggan yang kurang
diperhatikan akan diberikan personal selling oleh karyawan PT. Telkom
Watampone agar pelanggan merasa puas dan mendapatkan pelayanan yang
baik. Apabila personal selling tidak bisa mengatasi pelanggan yang kurang
diperhatikan, maka karyawan akan menjadi pendengar yang baik dalam
mendengarkan keluhan pelanggan serta diberangi dengan memberikan solusi
kepada pelanggan yang kurang diperhatikan itu.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian penulis dapat memberikan beberapa saran
kepada karyawan dan pelanggan PT. Telkom Watampone. Adapun saran yang
penulis sampaikan yaitu sebagai berikut:
1. Karyawan PT. Telkom Watampone agar lebih bisa mempertahankan atau
bahkan meningkatkan pelayanan kepada pelanggan serta mempertahankan
metode personal selling dalam menghadapi pelanggan maupun konsumen,
supaya rasa puas pelanggan meningkat serta minat konsumen dalam
menggunakan produk PT. Telkom Watampone meningkat.
2. Pelanggan PT. Telkom Watampone agara kiranya lebih aktif melaporkan
segala masalah yang terjadi kepada pihak PT. Telkom Watampone agar
masalah tersebut cepat teratasi serta tidak muncul komplain-komplain
berikutnya.
Ketersediaan
| SFEBI20200123 | 123/2020 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
Skripsi FEBI
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2020
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
