Personal Selling Sebagai Komunikasi Pemasaran dalam Melayani Komplain Pelanggan (Studi Pada PT. Telkomsel watampone)

No image available for this title
Skripsi ini mengkaji tentang bagaimana Personal Selling Sebagai Komunikasi
Pemasaran Dalam Melayani Komplain Pelanggan dan bagaimana tindak lanjut PT.
Telkom Watampone kepada pelanggan yang kurang diperhatikan (Studi Pada PT.
Telkom Watampone). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui personal selling
sebagai komunikasi pemasaran dalam melayani komplain pelanggan dan untuk
mengetahui tindak lanjut PT.Telkom Watampone kepada pelanggan yang kurang
diperhatikan. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif dengan
menggunakan field research (penelitian lapangan) yang menggunakan teknik
pengumpulan data yang meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik
analisis yang digunakan adalah teknik Descriptive Analysis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Dalam mengatasi komplain pelanggan PT.
Telkom Watampone menggunakan personal selling yaitu langsung berhadap
langsung dengan pelanggan yang komplain. Selain personal selling digunakan dalam
mengatasi komplain pelanggan, personal selling juga digunakan sebagai sarana
komunikasi pemasaran yang dapat memberikan konstribusi peningkatan penjualan
produk. (2) Seperti halnya dalam mengatasi komplain, pelanggan yang kurang
diperhatikan akan diberikan personal selling oleh karyawan PT. Telkom Watampone
agar pelanggan merasa puas dan mendapatkan pelayanan yang baik.
A. Simpulan
Berdasarkan pembahasan yang telah dipaparkan diatas, maka dapat
disimpulkan sebagai berikut:
1. Dalam mengatasi komplain pelanggan PT. Telkom Watampone menggunakan
personal selling yaitu langsung berhadapan dengan pelanggan yang komplain.
Selain personal selling digunakan dalam mengatasi komplain pelanggan,
personal selling juga digunakan sebagai sarana komunikasi pemasaran yang
dapat memberikan konstribusi peningkatan penjualan produk.
2. Seperti halnya dalam mengatasi komplain, pelanggan yang kurang
diperhatikan akan diberikan personal selling oleh karyawan PT. Telkom
Watampone agar pelanggan merasa puas dan mendapatkan pelayanan yang
baik. Apabila personal selling tidak bisa mengatasi pelanggan yang kurang
diperhatikan, maka karyawan akan menjadi pendengar yang baik dalam
mendengarkan keluhan pelanggan serta diberangi dengan memberikan solusi
kepada pelanggan yang kurang diperhatikan itu.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian penulis dapat memberikan beberapa saran
kepada karyawan dan pelanggan PT. Telkom Watampone. Adapun saran yang
penulis sampaikan yaitu sebagai berikut:
1. Karyawan PT. Telkom Watampone agar lebih bisa mempertahankan atau
bahkan meningkatkan pelayanan kepada pelanggan serta mempertahankan
metode personal selling dalam menghadapi pelanggan maupun konsumen,
supaya rasa puas pelanggan meningkat serta minat konsumen dalam
menggunakan produk PT. Telkom Watampone meningkat.
2. Pelanggan PT. Telkom Watampone agara kiranya lebih aktif melaporkan
segala masalah yang terjadi kepada pihak PT. Telkom Watampone agar
masalah tersebut cepat teratasi serta tidak muncul komplain-komplain
berikutnya.
Ketersediaan
SFEBI20200123123/2020Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

Skripsi FEBI

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi FEBI

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top