Menakar Perilaku Bisnis masyarakat Muslim dengan Pendekatan Etika Bisnis Ibnu Khaldun (Studi Pada pasar Tradisional Bengo, Kec. Bengo Kab. Bone)
Ahrini/01.17.3001 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang perilaku bisnis masyarakat muslim dengan
menggunakan pendekatan etika bisnis Ibnu Khaldun. Etika bisnis merupakan ilmu
yang dibutuhkan untuk mengubah performen dunia bisnis yang dipenuhi oleh
perbuatan bisnis yang melanggar etika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
bagaimana perilaku bisnis masyarakat muslim, serta bagiamana cara menakar
perilaku bisnis masyarakat muslim dengan pendekatan etika bisnis menurut Ibnu
Khaldun.
Berdasarkan tujuan penelitian tersebut, maka penelitian ini merupakan jenis
penelitian kualitatif menggunakan pendekatan grounded theory. Teknik ini digunakan
untuk mendeskripsikan data-data yang peneliti kumpulkan baik data hasil observasi
maupun wawancara selama melakukan penelitian di Pasar Tradisional Bengo
Kecamatan Bengo Kabupaten Bone. Perilaku menyimpang sering kali ditemukan di
pasar tradisional. Oleh karena itu, etika bisnis islam sangat berperan dalam mengatur
perilaku bisnis para pedagang.
Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku bisnis masyarakat muslim di
Pasar Tradisional Bengo, Kecamatan Bengo dapat dikatakan baik karena menerapkan
sebagian besar konsep-konsep perilaku bisnis, dalam hal ini berlaku jujur dalam
berdagang dan melakukan transparansi pada saat menakar barang dagangan.
Kemudian, etika bisnis masyarakat muslim di Pasar Tradisional Bengo, Kecamatan
Bengo juga dapat dikatakan baik karena menerapkan semua aksioma etika bisnis
islam dengan baik, yakni melakukan pelayanan terbaik pada saat melakukan transaksi
jual beli.
A. Kesimpulan
Berdasarkan uraian penjelasan pada pembahasan sebelumnya, peneliti dapat
menarik kesimpulan secara keseluruhan sebagai berikut:
1. Perilaku bisnis masyarakat muslim di Pasar Tradisional Bengo, Kecamatan
Bengo dapat dikatakan baik karena menerapkan sebagian besar konsep-konsep
perilaku bisnis, mereka berusaha menerapkan sifat jujur dan adil mengenai
informasi dan takaran timbangan.
2. Etika bisnis masyarakat muslim di Pasar Tradisional Bengo, Kecamatan Bengo
juga dapat dikatakan baik karena menerapkan semua aksioma etika bisnis islam
menurut pandangan etika bisnis Ibnu Khaldun dengan baik, yakni memberikan
pelayanan yang baik dan merata kepada semua pembeli.
B. Saran
Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh peneliti maka dapat peneliti
sarankan kepada pihak-pihak terkait diantaranya:
1. Bagi pihak pengelola Pasar Tradisional Bengo
Melalui hasil penelitian ini diharapkan pihak pengelola pasar hendaknya
selalu memantau dan mengawasi kondisi pasar baik secara struktural maupun
secara pribadi, untuk melihat kemungkinan diperlukannya peraturan harga dan
juga untuk menghindari oknum yang sengaja mempermainkan harga barang
yang dijual di Pasar Tradisional Bengo. Pengelola pasar harus selalu mengecek
kondisi pasar agar selalu dalam keadaan aman dan nyaman untuk para pelaku
bisnis. Pengelola pasar diharapkan bisa bekerjasama dalam membangun pasar
70
menjadi lebih baik sehingga memiliki nilai tambah dan daya saing dengan pasar
modern.
2. Bagi pedagang
Diharapkan para pedagang Pasar Tradisional Bengo tetap menggunakan
cara berdagang yang sah dan benar sesaui dengan syariat islam, salah satunya
dengan menerapkan lima prinsip aksioma etika bisnis islam agar pedagang
dapat mencapai tujuan dunia berupa harta kekayaan yang halal dan bermanfaat,
serta tujuan akhirat yaitu sebagai bekal menuju surga Allah Swt.
3. Bagi Pembeli
Pembeli diharapkan cerdas dan pintar dalam membeli, menghargai niat
baik pedagang untuk mencarikan keperluan pembeli, menggunakan etika yang
baik pada saat membeli, serta ikut berperan dalam membangun prekonomian
pasar tradisional agar tidak tergeser oleh pasar modern sehingga dualisme
prekonomian dapat berjalan beriringan secara seimbang.
C. Implikasi
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dan setelah memperhatikan
hasil yang diperoleh dilapangan, maka peneliti dapat mengimplikasikan beberapa
hal:
1. Secara ilmiah, dari hasil penelitian ini diharapkan dapat berguna bagi suatu
karya ilmiah yang dapat menunjang perkembangan ilmu pengetahuan dan
diharapkan bisa menjadi sebuah masukan yang dapat mendukung peneliti
maupun pihak lainnya yang tertarik untuk meneliti dalam penelitian yang sama.
2. Secara praktis, hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai
masukan dan sebuah pertimbangan bagi pelaku bisnis, baik yang ada di pasar
Tradisional Bengo maupun di pasar-pasar tradisional lainnya agar lebih
mengedepakan etika bisnis Islam dalam melakukan transaksi jual beli.
menggunakan pendekatan etika bisnis Ibnu Khaldun. Etika bisnis merupakan ilmu
yang dibutuhkan untuk mengubah performen dunia bisnis yang dipenuhi oleh
perbuatan bisnis yang melanggar etika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
bagaimana perilaku bisnis masyarakat muslim, serta bagiamana cara menakar
perilaku bisnis masyarakat muslim dengan pendekatan etika bisnis menurut Ibnu
Khaldun.
Berdasarkan tujuan penelitian tersebut, maka penelitian ini merupakan jenis
penelitian kualitatif menggunakan pendekatan grounded theory. Teknik ini digunakan
untuk mendeskripsikan data-data yang peneliti kumpulkan baik data hasil observasi
maupun wawancara selama melakukan penelitian di Pasar Tradisional Bengo
Kecamatan Bengo Kabupaten Bone. Perilaku menyimpang sering kali ditemukan di
pasar tradisional. Oleh karena itu, etika bisnis islam sangat berperan dalam mengatur
perilaku bisnis para pedagang.
Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku bisnis masyarakat muslim di
Pasar Tradisional Bengo, Kecamatan Bengo dapat dikatakan baik karena menerapkan
sebagian besar konsep-konsep perilaku bisnis, dalam hal ini berlaku jujur dalam
berdagang dan melakukan transparansi pada saat menakar barang dagangan.
Kemudian, etika bisnis masyarakat muslim di Pasar Tradisional Bengo, Kecamatan
Bengo juga dapat dikatakan baik karena menerapkan semua aksioma etika bisnis
islam dengan baik, yakni melakukan pelayanan terbaik pada saat melakukan transaksi
jual beli.
A. Kesimpulan
Berdasarkan uraian penjelasan pada pembahasan sebelumnya, peneliti dapat
menarik kesimpulan secara keseluruhan sebagai berikut:
1. Perilaku bisnis masyarakat muslim di Pasar Tradisional Bengo, Kecamatan
Bengo dapat dikatakan baik karena menerapkan sebagian besar konsep-konsep
perilaku bisnis, mereka berusaha menerapkan sifat jujur dan adil mengenai
informasi dan takaran timbangan.
2. Etika bisnis masyarakat muslim di Pasar Tradisional Bengo, Kecamatan Bengo
juga dapat dikatakan baik karena menerapkan semua aksioma etika bisnis islam
menurut pandangan etika bisnis Ibnu Khaldun dengan baik, yakni memberikan
pelayanan yang baik dan merata kepada semua pembeli.
B. Saran
Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh peneliti maka dapat peneliti
sarankan kepada pihak-pihak terkait diantaranya:
1. Bagi pihak pengelola Pasar Tradisional Bengo
Melalui hasil penelitian ini diharapkan pihak pengelola pasar hendaknya
selalu memantau dan mengawasi kondisi pasar baik secara struktural maupun
secara pribadi, untuk melihat kemungkinan diperlukannya peraturan harga dan
juga untuk menghindari oknum yang sengaja mempermainkan harga barang
yang dijual di Pasar Tradisional Bengo. Pengelola pasar harus selalu mengecek
kondisi pasar agar selalu dalam keadaan aman dan nyaman untuk para pelaku
bisnis. Pengelola pasar diharapkan bisa bekerjasama dalam membangun pasar
70
menjadi lebih baik sehingga memiliki nilai tambah dan daya saing dengan pasar
modern.
2. Bagi pedagang
Diharapkan para pedagang Pasar Tradisional Bengo tetap menggunakan
cara berdagang yang sah dan benar sesaui dengan syariat islam, salah satunya
dengan menerapkan lima prinsip aksioma etika bisnis islam agar pedagang
dapat mencapai tujuan dunia berupa harta kekayaan yang halal dan bermanfaat,
serta tujuan akhirat yaitu sebagai bekal menuju surga Allah Swt.
3. Bagi Pembeli
Pembeli diharapkan cerdas dan pintar dalam membeli, menghargai niat
baik pedagang untuk mencarikan keperluan pembeli, menggunakan etika yang
baik pada saat membeli, serta ikut berperan dalam membangun prekonomian
pasar tradisional agar tidak tergeser oleh pasar modern sehingga dualisme
prekonomian dapat berjalan beriringan secara seimbang.
C. Implikasi
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dan setelah memperhatikan
hasil yang diperoleh dilapangan, maka peneliti dapat mengimplikasikan beberapa
hal:
1. Secara ilmiah, dari hasil penelitian ini diharapkan dapat berguna bagi suatu
karya ilmiah yang dapat menunjang perkembangan ilmu pengetahuan dan
diharapkan bisa menjadi sebuah masukan yang dapat mendukung peneliti
maupun pihak lainnya yang tertarik untuk meneliti dalam penelitian yang sama.
2. Secara praktis, hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai
masukan dan sebuah pertimbangan bagi pelaku bisnis, baik yang ada di pasar
Tradisional Bengo maupun di pasar-pasar tradisional lainnya agar lebih
mengedepakan etika bisnis Islam dalam melakukan transaksi jual beli.
Ketersediaan
| SFEBI20210139 | 139/2021 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
139/2021
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2021
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
