Menakar Kinerja Karyawan Lembaga Keuangan Konvensional Dengan Pendekatan Ekonomi Islam (Studi Pada BRI Unit Taccipi)
Nur Azizah/01.17.5005 - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja karyawan pada Bank BRI Unit
Taccipi. Dalam penelitian ini menggunakan field research (penelitian lapangan) yang
menggunakan teknik pengumpulan data yang meliputi observasi, wawancara dan
dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja karyawan di Bank BRI Unit Taccipi
terdiri dari Orientasi Pelayanan, Integritas, Komitmen, Disiplin, Kerjasama,
Kepemimpinan. Sementara kinerja nya juga dapat menghasilkan maslahah jika ketiga
kineja terpenuhi yaitu Kualitas Kerja, Kuantitas Kerja, Ketepatan Waktu. Untuk itu
masih perlu ditingkatkan.
A. Kesimpulan
Dari hasil penelitian dan pembahasan dapat tarik beberapa kesimpulan sebagai
berikut:
1. Kinerja karyawan pada BRI Unit Taccipi dilakukan dengan memperhatikan
beberapa indikator yakni Orientasi Pelayanan karyawan terhadap nasabah,
Integritas karyawan, komitmen karyawan, kedisipilinan karyawan dalam
melaksanakan pekerjaan, kerjasama karyawan dengan karyawan lain dan
memiliki jiwa kepemimpinan.
2. Karyawan BRI Unit Taccipi dalam kinerjanya dapat meghasilkan maslahah yakni
kuantitas kerja dilakukan dengan cara membandingkan target dan hasil yang
dicapai karyawan. Saat ini Bank Bri unit taccipi berhasil melampaui standar yang
telah ditentukan atau bisa dikatakan berhasil. Kualitas kerja dimana hasil kerja
tersebut diperbandingkan dengan standar yang telah ditentukan perusahaan. Saat
ini Bank Bri unit taccipi mutu kerja karyawan itu dikatakan baik. Dan ketetapan
waktu akan mendorong karyawan untuk meningkatkan kinerjanya sehingga dapat
menyelesaikan pekerjaan secara efektif dan efisien. Saat ini Bank Bri unit taccipi
telah memaksimalkan masa pengerjaan sebuah tugas, serta semakin baik
pencapaian ketepatan waktu dalam bekerja.
B. Implikasi
Pihak bank dalam memberikan pendidikan dan pelatihan hendaknya lebih
memperhatikan kebutuhan karyawan sehingga metode, materi, jenis dan bentuk
pendidikan dan pelatihan dan dalam penyampaian teori dapat diterima dengan baik
oleh karyawan sehingga tercapainya hasil kerja yang diinginkan.
C. Saran
1. Pimpinan hendaknya memperhatikan dan meningkatkan kinerja karyawan yang
sudah dicapainya sehingga kedua belah pihak, baik pihak bank dan karyawan
saling menguntungkan dalam pencapaian kinerja yang baik.
2. Pihak bank hendaknya lebih memperhatikan kemampuan karyawan dengan cara
memberikan latihan dalam bekerja agar karyawan dapat meningkatkan
kemampuan yang dimilikinya sehingga pekerjaan yang diberikan kepada
karyawan dapat diselesaikan dengan baik.
Taccipi. Dalam penelitian ini menggunakan field research (penelitian lapangan) yang
menggunakan teknik pengumpulan data yang meliputi observasi, wawancara dan
dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja karyawan di Bank BRI Unit Taccipi
terdiri dari Orientasi Pelayanan, Integritas, Komitmen, Disiplin, Kerjasama,
Kepemimpinan. Sementara kinerja nya juga dapat menghasilkan maslahah jika ketiga
kineja terpenuhi yaitu Kualitas Kerja, Kuantitas Kerja, Ketepatan Waktu. Untuk itu
masih perlu ditingkatkan.
A. Kesimpulan
Dari hasil penelitian dan pembahasan dapat tarik beberapa kesimpulan sebagai
berikut:
1. Kinerja karyawan pada BRI Unit Taccipi dilakukan dengan memperhatikan
beberapa indikator yakni Orientasi Pelayanan karyawan terhadap nasabah,
Integritas karyawan, komitmen karyawan, kedisipilinan karyawan dalam
melaksanakan pekerjaan, kerjasama karyawan dengan karyawan lain dan
memiliki jiwa kepemimpinan.
2. Karyawan BRI Unit Taccipi dalam kinerjanya dapat meghasilkan maslahah yakni
kuantitas kerja dilakukan dengan cara membandingkan target dan hasil yang
dicapai karyawan. Saat ini Bank Bri unit taccipi berhasil melampaui standar yang
telah ditentukan atau bisa dikatakan berhasil. Kualitas kerja dimana hasil kerja
tersebut diperbandingkan dengan standar yang telah ditentukan perusahaan. Saat
ini Bank Bri unit taccipi mutu kerja karyawan itu dikatakan baik. Dan ketetapan
waktu akan mendorong karyawan untuk meningkatkan kinerjanya sehingga dapat
menyelesaikan pekerjaan secara efektif dan efisien. Saat ini Bank Bri unit taccipi
telah memaksimalkan masa pengerjaan sebuah tugas, serta semakin baik
pencapaian ketepatan waktu dalam bekerja.
B. Implikasi
Pihak bank dalam memberikan pendidikan dan pelatihan hendaknya lebih
memperhatikan kebutuhan karyawan sehingga metode, materi, jenis dan bentuk
pendidikan dan pelatihan dan dalam penyampaian teori dapat diterima dengan baik
oleh karyawan sehingga tercapainya hasil kerja yang diinginkan.
C. Saran
1. Pimpinan hendaknya memperhatikan dan meningkatkan kinerja karyawan yang
sudah dicapainya sehingga kedua belah pihak, baik pihak bank dan karyawan
saling menguntungkan dalam pencapaian kinerja yang baik.
2. Pihak bank hendaknya lebih memperhatikan kemampuan karyawan dengan cara
memberikan latihan dalam bekerja agar karyawan dapat meningkatkan
kemampuan yang dimilikinya sehingga pekerjaan yang diberikan kepada
karyawan dapat diselesaikan dengan baik.
Ketersediaan
| 01.17.5005 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
243/2021
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2022
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
