Penerapan Analisis Strength Weaknesses Opportunities Threats dalam Perumusan Perencanaan Pengembangan Madrasah (Studi MTs Amir Al-Jannah Bajoe Kab. Bone)
Muhammad Supriadi/02.15.3091 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang penerapan analisis strength weaknesses
opportunities threats dalam perumusan perencanaan pengembangan madrasah (studi
MTs Amir Al-Jannah Bajoe Kab. Bone). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
analisis strength weaknesses opportunities threats, perencanaan pengembangan
madrasah dan penerapan analisis strength weaknesses opportunities threats dalam
perumusan perencanaan pengembangan madrasah di MTs Amir Al-Jannah Bajoe
Kab. Bone.
Untuk memperoleh data dari masalah tersebut, penulis menggunakan metode
field research (penelitian lapangan) dengan teknik pengumpulan data yaitu
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan
menggunakan metode deduktif, selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik
analisis data kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan analisis strength weaknesses
opportunities threats di MTs Amir Al-Jannah Bajoe Kab. Bone dilaksanakan dengan
baik dengan kekuatan (strength) sumber daya yang baik, citra organisasi yang baik,
pemimpin yang bertanggung jawab, dan komunikasi yang baik. Kelemahan
(weaknesses) berupa sarana dan prasarana yang kurang serta kemampuan pemasaran
pendidikan yang kurang. Adanya perubahan peraturan dan teknologi pembelajaran
yang memadai serta hubungan masyarakat yang baik menjadi peluang
(opportunities) bagi madrasah. Ancaman (threats) yang muncul yaitu cara pandang
masyarakat dan sekolah yang sederajat yang ada di sekitar madrasah yang lebih
unggul serta perkembangan teknologi dan perubahan peraturan. Perencanaan
pengembangan madrasah dari segi sumber daya manusia dilakukan dengan metode
on the job training dan off the job training. Dalam segi pengembangan proses
pendidikan berupa pengembangan kurikulum, kompetensi lulusan, pengelolaan
sekolah dan pengembangan pembiayaan. Dari aspek penunjang pendidikan yakni
sarana dan prasarana pengembangan dilakukan berupa pengadaan sarana dan
prasarana, penataan sarana dan prasarana serta perawatan sarana dan prasarana.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang telah diuraikan pada bab
sebelumnya, penulis dapat memberikan simpulan sebagai berikut:
1. Penerapan Analisis SWOT di MTs Amir Al-Jannah yaitu
a. Sekolah berbasis islam merupakan kekuatan (Strenght) yang dimiliki
MTs amir al-jannah didukung oleh sumber daya yang baik, pemimpin
yang bertanggung jawab dan berjiwa sosial tinggi serta loyalitas
pendidik dan tenaga kependidikan yang dimiliki membuat terbinanya
suasana kerja yang harmonis, bersifat kekeluargaan dan kegotong
royonan, dan ditunjang sarana dan prasarana yang memadai.
b. Kekurangan (Weaknes) yakni sarana dan prasaran yang kurang dan
kemampuan pemasaran yang kurang kreatif dan inovatif juga menjadi
kekurangan karena belum memanfaatkan media sosial yang ada.
c. Madrasah terletak di tempat padat penduduk yang merupakan
mayoritas umat muslim, didukung dengan teknologi yang memadai,
pendidik yang handal, perubahan peraturan dan baiknya hubungan
masyarakat merupakan peluang (Opportunity).
d. pandangan masyarakat yang menganggap madrasah tidak mampu
mengembangkan ilmu umum dan ilmu agama serta sekolah negeri
yang sederajat lebih unggul yang ada disekitar madrasah serta
perubahan peraturan dan perkembangan teknologi menjadi ancaman
(Threat) bagi madrasah.
2. Perencanaan pengembangan madrasah di MTs Amir Al-Jannah
menerapkan Kegiatan PAP (Penanaman Aqidah Pagi), Pembelajaran
berbasis ICT (Information, Communication and Technology), serta
pembinaan hafidz. Kegiatan KKG (Kelompok Kerja Guru), workshop
MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran), pelatihan operator dan
ketatausahaan, pelatihan administrasi, bedah standar kompetensi lulusan,
sosialisasi pengelolaan keuangan dan pengelolaan dana BOS, optimalisasi
peran kepala madrasah sebagai edukator, manajer, dan supervisor,
kegiatan K3M (Kelompok Kerja Kepala Madrasah), merupakan sebuah
langkah yang nyata untuk mengembangkan sumber daya manusia dan
proses pendidikan yang lebih baik di MTs Amir Al-Jannah. Perencanaan
pengembangan sarana dan prasarana menjadi sangat penting untuk
menunjang sumber daya manusia dan proses pendidikan yang lebih baik
nantinya. Perencanaan pengembangan sarana dan prasarana seperti
perencanaan pengadaan sarana dan prasarana, perencanaan penataan
sarana dan prasarana yang baik, serta perencanaan perawatan sarana dan
prasarana yang sudah ada.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan di atas, selanjutnya penulis akan
menguraikan implikasi penelitian yang berisi saran-saran kepada pihak sekolah di
MTs Amir Al-Jannah Bajoe Kab. Bone, Adapun saran-saran yang penulis maksud,
yaitu sebagai berikut:
1. Peningkatan dalam penerapan analisis SWOT sangat perlu untuk lebih
memahami situasi dan permasalahan yang dihadapi sehingga dapat
menghasilkan kebijakan strategis bagi madrasah kedepannya.
2. Memaksimalkan upaya pengembangan madrasah baik dari segi sarana dan
prasarana serta sumber daya manusia yang dimiliki.
3. Diharapkan kepada Kepala Madrasah untuk lebih memaksimalkan perannya
sebagai leader, educator, manager dan supervisor.
opportunities threats dalam perumusan perencanaan pengembangan madrasah (studi
MTs Amir Al-Jannah Bajoe Kab. Bone). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
analisis strength weaknesses opportunities threats, perencanaan pengembangan
madrasah dan penerapan analisis strength weaknesses opportunities threats dalam
perumusan perencanaan pengembangan madrasah di MTs Amir Al-Jannah Bajoe
Kab. Bone.
Untuk memperoleh data dari masalah tersebut, penulis menggunakan metode
field research (penelitian lapangan) dengan teknik pengumpulan data yaitu
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan
menggunakan metode deduktif, selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik
analisis data kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan analisis strength weaknesses
opportunities threats di MTs Amir Al-Jannah Bajoe Kab. Bone dilaksanakan dengan
baik dengan kekuatan (strength) sumber daya yang baik, citra organisasi yang baik,
pemimpin yang bertanggung jawab, dan komunikasi yang baik. Kelemahan
(weaknesses) berupa sarana dan prasarana yang kurang serta kemampuan pemasaran
pendidikan yang kurang. Adanya perubahan peraturan dan teknologi pembelajaran
yang memadai serta hubungan masyarakat yang baik menjadi peluang
(opportunities) bagi madrasah. Ancaman (threats) yang muncul yaitu cara pandang
masyarakat dan sekolah yang sederajat yang ada di sekitar madrasah yang lebih
unggul serta perkembangan teknologi dan perubahan peraturan. Perencanaan
pengembangan madrasah dari segi sumber daya manusia dilakukan dengan metode
on the job training dan off the job training. Dalam segi pengembangan proses
pendidikan berupa pengembangan kurikulum, kompetensi lulusan, pengelolaan
sekolah dan pengembangan pembiayaan. Dari aspek penunjang pendidikan yakni
sarana dan prasarana pengembangan dilakukan berupa pengadaan sarana dan
prasarana, penataan sarana dan prasarana serta perawatan sarana dan prasarana.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang telah diuraikan pada bab
sebelumnya, penulis dapat memberikan simpulan sebagai berikut:
1. Penerapan Analisis SWOT di MTs Amir Al-Jannah yaitu
a. Sekolah berbasis islam merupakan kekuatan (Strenght) yang dimiliki
MTs amir al-jannah didukung oleh sumber daya yang baik, pemimpin
yang bertanggung jawab dan berjiwa sosial tinggi serta loyalitas
pendidik dan tenaga kependidikan yang dimiliki membuat terbinanya
suasana kerja yang harmonis, bersifat kekeluargaan dan kegotong
royonan, dan ditunjang sarana dan prasarana yang memadai.
b. Kekurangan (Weaknes) yakni sarana dan prasaran yang kurang dan
kemampuan pemasaran yang kurang kreatif dan inovatif juga menjadi
kekurangan karena belum memanfaatkan media sosial yang ada.
c. Madrasah terletak di tempat padat penduduk yang merupakan
mayoritas umat muslim, didukung dengan teknologi yang memadai,
pendidik yang handal, perubahan peraturan dan baiknya hubungan
masyarakat merupakan peluang (Opportunity).
d. pandangan masyarakat yang menganggap madrasah tidak mampu
mengembangkan ilmu umum dan ilmu agama serta sekolah negeri
yang sederajat lebih unggul yang ada disekitar madrasah serta
perubahan peraturan dan perkembangan teknologi menjadi ancaman
(Threat) bagi madrasah.
2. Perencanaan pengembangan madrasah di MTs Amir Al-Jannah
menerapkan Kegiatan PAP (Penanaman Aqidah Pagi), Pembelajaran
berbasis ICT (Information, Communication and Technology), serta
pembinaan hafidz. Kegiatan KKG (Kelompok Kerja Guru), workshop
MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran), pelatihan operator dan
ketatausahaan, pelatihan administrasi, bedah standar kompetensi lulusan,
sosialisasi pengelolaan keuangan dan pengelolaan dana BOS, optimalisasi
peran kepala madrasah sebagai edukator, manajer, dan supervisor,
kegiatan K3M (Kelompok Kerja Kepala Madrasah), merupakan sebuah
langkah yang nyata untuk mengembangkan sumber daya manusia dan
proses pendidikan yang lebih baik di MTs Amir Al-Jannah. Perencanaan
pengembangan sarana dan prasarana menjadi sangat penting untuk
menunjang sumber daya manusia dan proses pendidikan yang lebih baik
nantinya. Perencanaan pengembangan sarana dan prasarana seperti
perencanaan pengadaan sarana dan prasarana, perencanaan penataan
sarana dan prasarana yang baik, serta perencanaan perawatan sarana dan
prasarana yang sudah ada.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan di atas, selanjutnya penulis akan
menguraikan implikasi penelitian yang berisi saran-saran kepada pihak sekolah di
MTs Amir Al-Jannah Bajoe Kab. Bone, Adapun saran-saran yang penulis maksud,
yaitu sebagai berikut:
1. Peningkatan dalam penerapan analisis SWOT sangat perlu untuk lebih
memahami situasi dan permasalahan yang dihadapi sehingga dapat
menghasilkan kebijakan strategis bagi madrasah kedepannya.
2. Memaksimalkan upaya pengembangan madrasah baik dari segi sarana dan
prasarana serta sumber daya manusia yang dimiliki.
3. Diharapkan kepada Kepala Madrasah untuk lebih memaksimalkan perannya
sebagai leader, educator, manager dan supervisor.
Ketersediaan
| STAR20190199 | 199/2019 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
199/2019
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2019
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyahh
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
