Strategi Penerapan Business Plan Dalam Meningkatkan Penjualan Menurut Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Usaha Mebel PT Al Faqih Putra Risjaya)
Irmayanti/01.17.3082 - Personal Name
Business plan merupakan suatu rencana tertulis yang berisi tentang usaha
yang akan dikelola, visi dan misi bisnis, entrepreneur dengan usahanya serta cara
atau strategi yang akan dilakukan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Sedangkan penjualan adalah ilmu dan seni yang dilakukan oleh penjual dalam
menawarkan barang atau jasa kepada orang lain. Oleh karena itu, penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana strategi penerapan business plan yang
dilakukan pada usaha mebel PT Al Faqih Putra Risjaya, (2) Bagaimana efektivitas
penerapan business plan dalam meningkatkan penjualan menurut perspektif ekonomi
Islam.
Berdasarkan tujuan penelitian di atas, maka jenis penelitian yang digunakan
adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Untuk teknik pengumpulan
data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan
teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi penerapan business plan yang
dilakukan pada usaha mebel PT Al Faqih Putra Risjaya, telah dirancang sejak awal
pendirian bisnis hingga saat ini dan diimplementasikan melalui aspek keuangan,
aspek pemasaran (produk, harga, lokasi dan saluran distribusi, promosi), aspek
operasional/produksi serta aspek Sumber Daya Manusia (SDM). Adanya penerapan
business plan pada PT Al Faqih Putra Risjaya sangat efektif dalam meningkatkan
penjualan dan pengembangan bisnis. Dengan demikian, semakin tinggi tingkat
penerapan business plan maka akan semakin tinggi tingkat potensi laba yang akan
diperoleh dan semakin besar peluang untuk membuka cabang usaha dalam rangka
pengembangan bisnis. Dalam perspektif ekonomi Islam, penerapan business plan
dalam menjalankan kegiatan usaha pada PT Al Faqih Putra Risjaya sudah sesuai
dengan prinsip-prinsip dalam ekonomi Islam yaitu tauhid, keadilan dan
keseimbangan, kehendak bebas dan tanggung jawab, dan juga pada kegiatan ekonomi
yang dilakukan telah mencontoh sifat-sifat Nabi Muhammad saw yaitu Shiddiq,
Amanah, Tabligh dan Fathanah.
A. Kesimpulan
Berdasarkan pada hasil temuan dilokasi penelitian dan pembahasan yang
telah diuraikan, maka pada penelitian ini dapat ditarik kesimpulan, diantaranya:
1. Strategi penerapan business plan yang dilakukan pada usaha mebel PT Al
Faqih Putra Risjaya, telah dirancang sejak awal pendirian bisnis hingga saat
ini dan diimplementasikan melalui aspek keuangan, aspek pemasaran (produk,
harga, lokasi dan saluran distribusi, promosi), aspek operasional/produksi
serta aspek Sumber Daya Manusia (SDM).
2. Adanya penerapan business plan pada PT Al Faqih Putra Risjaya sangat
efektif dalam meningkatkan penjualan dan pengembangan bisnis yang
dibuktikan dengan peningkatan hasil penjualan selama 3 tahun terakhir secara
signifikan. Penerapan business plan pada PT Al Faqih Putra Risjaya juga telah
sejalan pada prinsip yang diajarkan dalam ekonomi Islam dan juga mencontoh
sifat-sifat Nabi Muhammad saw.
B. Implikasi
Berdasarkan uraian kesimpulan tersebut di atas, maka adapun implikasi
dari penelitian ini, diantaranya:
1. Bagi PT Al Faqih Putra Risjaya agar sebisa mungkin untuk menerapkan
pembagian devisi kerja seperti direktur ataupun manajer khusus untuk
menangani bidang pemasaran, operasional/produksi dan Sumber Daya
Manusia, sehingga tugas direktur dan wakil direktur bisa terfokus untuk
menjadi pemimpin, koordinator, pengambil keputusan serta pengontrol dalam
perusahaan.
2. Bagi PT Al Faqih Putra Risjaya agar tetap menciptakan produk yang bermutu
tinggi serta mengedepankan pelayanan terbaik pada pelanggan, sehingga
dapat memperluas segmen pasar dan melakukan ekspor produk.
3. Untuk para peneliti setelahnya yang membahas tema kajian yang sejenis
diharapkan agar kiranya dapat menyempurnakan kekurangan yang ada dalam
penelitian ini.
yang akan dikelola, visi dan misi bisnis, entrepreneur dengan usahanya serta cara
atau strategi yang akan dilakukan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Sedangkan penjualan adalah ilmu dan seni yang dilakukan oleh penjual dalam
menawarkan barang atau jasa kepada orang lain. Oleh karena itu, penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana strategi penerapan business plan yang
dilakukan pada usaha mebel PT Al Faqih Putra Risjaya, (2) Bagaimana efektivitas
penerapan business plan dalam meningkatkan penjualan menurut perspektif ekonomi
Islam.
Berdasarkan tujuan penelitian di atas, maka jenis penelitian yang digunakan
adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Untuk teknik pengumpulan
data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan
teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi penerapan business plan yang
dilakukan pada usaha mebel PT Al Faqih Putra Risjaya, telah dirancang sejak awal
pendirian bisnis hingga saat ini dan diimplementasikan melalui aspek keuangan,
aspek pemasaran (produk, harga, lokasi dan saluran distribusi, promosi), aspek
operasional/produksi serta aspek Sumber Daya Manusia (SDM). Adanya penerapan
business plan pada PT Al Faqih Putra Risjaya sangat efektif dalam meningkatkan
penjualan dan pengembangan bisnis. Dengan demikian, semakin tinggi tingkat
penerapan business plan maka akan semakin tinggi tingkat potensi laba yang akan
diperoleh dan semakin besar peluang untuk membuka cabang usaha dalam rangka
pengembangan bisnis. Dalam perspektif ekonomi Islam, penerapan business plan
dalam menjalankan kegiatan usaha pada PT Al Faqih Putra Risjaya sudah sesuai
dengan prinsip-prinsip dalam ekonomi Islam yaitu tauhid, keadilan dan
keseimbangan, kehendak bebas dan tanggung jawab, dan juga pada kegiatan ekonomi
yang dilakukan telah mencontoh sifat-sifat Nabi Muhammad saw yaitu Shiddiq,
Amanah, Tabligh dan Fathanah.
A. Kesimpulan
Berdasarkan pada hasil temuan dilokasi penelitian dan pembahasan yang
telah diuraikan, maka pada penelitian ini dapat ditarik kesimpulan, diantaranya:
1. Strategi penerapan business plan yang dilakukan pada usaha mebel PT Al
Faqih Putra Risjaya, telah dirancang sejak awal pendirian bisnis hingga saat
ini dan diimplementasikan melalui aspek keuangan, aspek pemasaran (produk,
harga, lokasi dan saluran distribusi, promosi), aspek operasional/produksi
serta aspek Sumber Daya Manusia (SDM).
2. Adanya penerapan business plan pada PT Al Faqih Putra Risjaya sangat
efektif dalam meningkatkan penjualan dan pengembangan bisnis yang
dibuktikan dengan peningkatan hasil penjualan selama 3 tahun terakhir secara
signifikan. Penerapan business plan pada PT Al Faqih Putra Risjaya juga telah
sejalan pada prinsip yang diajarkan dalam ekonomi Islam dan juga mencontoh
sifat-sifat Nabi Muhammad saw.
B. Implikasi
Berdasarkan uraian kesimpulan tersebut di atas, maka adapun implikasi
dari penelitian ini, diantaranya:
1. Bagi PT Al Faqih Putra Risjaya agar sebisa mungkin untuk menerapkan
pembagian devisi kerja seperti direktur ataupun manajer khusus untuk
menangani bidang pemasaran, operasional/produksi dan Sumber Daya
Manusia, sehingga tugas direktur dan wakil direktur bisa terfokus untuk
menjadi pemimpin, koordinator, pengambil keputusan serta pengontrol dalam
perusahaan.
2. Bagi PT Al Faqih Putra Risjaya agar tetap menciptakan produk yang bermutu
tinggi serta mengedepankan pelayanan terbaik pada pelanggan, sehingga
dapat memperluas segmen pasar dan melakukan ekspor produk.
3. Untuk para peneliti setelahnya yang membahas tema kajian yang sejenis
diharapkan agar kiranya dapat menyempurnakan kekurangan yang ada dalam
penelitian ini.
Ketersediaan
| SFEBI20210013 | 13/2021 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
13/2021
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2021
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
