Pengaruh Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) terhadap Peningkatan Kualitas Pendidikan di MTs. Annurain Lonrae Kab. Bone
Sri Wahyuni Ansar/02.15.3070 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Pengelolaan Dana Bantuan
Operasional Sekolah (BOS) terhadap Peningkatan Kualitas Pendidikan di
MTs. Annurain Lonrae Kab. Bone. Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan gambaran pengelolaan dana BOS di MTs. Annurain
Lonrae Kab. Bone, untuk mendeskripsikan gambaran peningkatan
kualitas pendidikan di MTs. Annurain Lonrae Kab. Bone dan untuk
mengetahui pengaruh pengelolaan dana BOS terhadap peningkatan
kualitas pendidikan di MTs. Annurain Lonrae Kab. Bone.
Untuk memperoleh data dari masalah tersebut penulis
menggunakan metode field research (penelitian lapangan) dengan
melakukan observasi, dikumentasi dan penyebaran angket. Data yang
diperoleh diolah dengan menggunakan metode kuantitatif untuk
mendesripsikan penelitian tentang pengaruh pengelolaan dana BOS
terhadap peningkatan kualitas pendidikan di MTs. Annurain Lonrae Kab.
Bone. Selanjutnya dalam menganalisis data, penulis melakukan
pengujian data independensi antara dua faktor dengan menggunakan
statistik uji regresi liner sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan dana BOS di MTs.
Annurain Lonrae Kab. Bone dapat dikatakan cukup baik berdasarkan proporsi dari
beberapa indikator pengelolaan dana BOS yang rata-rata menjawab sangat setuju dan
setuju. Untuk itu, pengelolaan dana BOS bisa dikatakan sudah maksimal
pengelolaannya.
Kualitas pendidikan di MTs. Annurain Lonrae Kab. Bone dapat dikatakan
cukup baik berdasarkan proporsi dari beberapa indikator kualitas pendidikan yang
rata-rata menjawab sangat setuju dan setuju. Untuk itu, kualitas pendidikan bisa
dikatakan sudah maksimal.
Terdapat pengaruh yang signifikan antara pengelolaan dana BOS dengan
kualitas pendidikan di MTs. Annurain Lonrae Kab. Bone dimana variabel X akan
diikuti oleh kenaikan variabel Y = 0,436.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian yang telah dipaparkan sebelumnya, maka yang menjadi
simpulan dalam pembahasan skripsi ini adalah sebagai berikut:
1. Pengelolaan dana BOS di MTs. Annurain Lonrae Kab. Bone dapat dikatakan
cukup baik berdasarkan proporsi dari beberapa indikator pengelolaan dana BOS
yang rata-rata menjawab sangat setuju dan setuju. Untuk itu, pengelolaan dana
BOS bisa dikatakan sudah maksimal pengelolaannya.
2. Kualitas pendidikan di MTs. Annurain Lonrae Kab. Bone dapat dikatakan cukup
baik berdasarkan proporsi dari beberapa indikator kualitas pendidikan yang rata-
rata menjawab sangat setuju dan setuju. Untuk itu, kualitas pendidikan bisa
dikatakan sudah maksimal.
3. Terdapat pengaruh yang signifikan antara pengelolaan dana BOS dengan kualitas
pendidikan di MTs. Annurain Lonrae Kab. Bone dimana variabel X akan diikuti
oleh kenaikan variabel Y = 0,436.
B. Saran-saran
Beranjak dari ungkapan yang telah dikemukakan di atas, maka penulis dapat
memberikan saran-saran sebagai berikut:
1. Kiranya kepala sekolah agar lebih teliti dalam menggunakan dana BOS karena
dana tersebut membutuhkan pertanggungjawaban yang baik.
2. Kiranya para guru agar lebih memiliki motivasi untuk mengembangkan diri
dalam mengikuti kegiatan-kegiatan kependidikan .
3. Diharapkan kepada guru agar tetap sabar dan ikhlas dalam melaksanakan tugas
sebagai pendidik agar generasi di masa yang akan datang dapat lebih
berkualitas.
4. Diharapkan kepada para peneliti berikutnya agar hasil penelitian ini dapat
dijadikan sebagai bahan referensi dalam mengkaji objek yang sama.
Operasional Sekolah (BOS) terhadap Peningkatan Kualitas Pendidikan di
MTs. Annurain Lonrae Kab. Bone. Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan gambaran pengelolaan dana BOS di MTs. Annurain
Lonrae Kab. Bone, untuk mendeskripsikan gambaran peningkatan
kualitas pendidikan di MTs. Annurain Lonrae Kab. Bone dan untuk
mengetahui pengaruh pengelolaan dana BOS terhadap peningkatan
kualitas pendidikan di MTs. Annurain Lonrae Kab. Bone.
Untuk memperoleh data dari masalah tersebut penulis
menggunakan metode field research (penelitian lapangan) dengan
melakukan observasi, dikumentasi dan penyebaran angket. Data yang
diperoleh diolah dengan menggunakan metode kuantitatif untuk
mendesripsikan penelitian tentang pengaruh pengelolaan dana BOS
terhadap peningkatan kualitas pendidikan di MTs. Annurain Lonrae Kab.
Bone. Selanjutnya dalam menganalisis data, penulis melakukan
pengujian data independensi antara dua faktor dengan menggunakan
statistik uji regresi liner sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan dana BOS di MTs.
Annurain Lonrae Kab. Bone dapat dikatakan cukup baik berdasarkan proporsi dari
beberapa indikator pengelolaan dana BOS yang rata-rata menjawab sangat setuju dan
setuju. Untuk itu, pengelolaan dana BOS bisa dikatakan sudah maksimal
pengelolaannya.
Kualitas pendidikan di MTs. Annurain Lonrae Kab. Bone dapat dikatakan
cukup baik berdasarkan proporsi dari beberapa indikator kualitas pendidikan yang
rata-rata menjawab sangat setuju dan setuju. Untuk itu, kualitas pendidikan bisa
dikatakan sudah maksimal.
Terdapat pengaruh yang signifikan antara pengelolaan dana BOS dengan
kualitas pendidikan di MTs. Annurain Lonrae Kab. Bone dimana variabel X akan
diikuti oleh kenaikan variabel Y = 0,436.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian yang telah dipaparkan sebelumnya, maka yang menjadi
simpulan dalam pembahasan skripsi ini adalah sebagai berikut:
1. Pengelolaan dana BOS di MTs. Annurain Lonrae Kab. Bone dapat dikatakan
cukup baik berdasarkan proporsi dari beberapa indikator pengelolaan dana BOS
yang rata-rata menjawab sangat setuju dan setuju. Untuk itu, pengelolaan dana
BOS bisa dikatakan sudah maksimal pengelolaannya.
2. Kualitas pendidikan di MTs. Annurain Lonrae Kab. Bone dapat dikatakan cukup
baik berdasarkan proporsi dari beberapa indikator kualitas pendidikan yang rata-
rata menjawab sangat setuju dan setuju. Untuk itu, kualitas pendidikan bisa
dikatakan sudah maksimal.
3. Terdapat pengaruh yang signifikan antara pengelolaan dana BOS dengan kualitas
pendidikan di MTs. Annurain Lonrae Kab. Bone dimana variabel X akan diikuti
oleh kenaikan variabel Y = 0,436.
B. Saran-saran
Beranjak dari ungkapan yang telah dikemukakan di atas, maka penulis dapat
memberikan saran-saran sebagai berikut:
1. Kiranya kepala sekolah agar lebih teliti dalam menggunakan dana BOS karena
dana tersebut membutuhkan pertanggungjawaban yang baik.
2. Kiranya para guru agar lebih memiliki motivasi untuk mengembangkan diri
dalam mengikuti kegiatan-kegiatan kependidikan .
3. Diharapkan kepada guru agar tetap sabar dan ikhlas dalam melaksanakan tugas
sebagai pendidik agar generasi di masa yang akan datang dapat lebih
berkualitas.
4. Diharapkan kepada para peneliti berikutnya agar hasil penelitian ini dapat
dijadikan sebagai bahan referensi dalam mengkaji objek yang sama.
Ketersediaan
| STAR20190198 | 198/2019 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
198/2019
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2019
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyahh
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
