Implementasi Penilaian Kinerja Karyawan Menggunakan Pendekatan Management By Objective (MBO) Dalam Memberikan Reward Dan Punishment Karyawan (Studi Pada Bank Muamalat Bone)
Dede Liska Tarisna/ 01.17.5027 - Personal Name
Penilaian kinerja karyawan merupakan evaluasi pencapaian target karyawan
pada perusahaan dalam pengembangan, kemajuan, yang dilakukan untuk
meningkatkan eksistensi perusahaan. Salah satu penilaian kinerja karyawan adalah
management by objective (MBO). Poin-poin yang terdapat pada metode management
by objective (MBO) yaitu menentukan tujuan organisasi, pencapaian target karywan
dan membandingkan kinerja aktual dan target. Tujuan dilakuakan penelitian ini
adalah untuk mengetahui implementasi penilaian kinerja karyawan menggunakan
metode management by objective (MBO) dalam memberikan reward dan punishment
karyawan pada Bank Muamalat Bone.
Berdasarkan tujuan diatas, maka jenis Penelitian yang digunakan adalah
penelitian lapangan (field research). Adapun pendekatan penelitian yang digunakan
yaitu pendekatan kualitatif yang didukung dengan metode wawancara dan
dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan Ada 3 hal pokok yang menjadi dasar penilaian
kinerja di Bank Muamalat yaitu attitude, corporate value, dan kinerja medern islami.
Penilian kinerja karyawan di Bank Muamalat diimplementasikan pada dua divisi
yaitu divisi bisnis (pencapaian target oleh bagian pemasaran) dan devisi operasional
(proses pelayanan nasabah). Pemberian reward pada karyawan divisi bisnis dilakukan
setiap bulan sekali terhadap karyawan yang memenuhi syarat. Sedangkan pemberian
reward untuk karyawan divisi operasional diberikan pertahun dalam bentuk sertifikat
dan kenaikan jabatan. Untuk punishment, hanya diberikan kepada karyawan yang
tidak mengikuti aturan dan melakukan kesalahan fatal yang bisa merugikan Bank.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasannya maka kesimpulan
yang diambil oleh Penulis adalah Sebagai berikut:
1. Ada 3 hal pokok yang menjadi dasar penilaian kinerja di Bank
Muamalat yaitu attitude, corporate value, dan kinerja medern islami.
2. Penilian kinerja karyawan di Bank Muamalat diimplementasikan
pada dua divisi yaitu divisi bisnis (pencapaian target oleh bagian
pemasaran) dan devisi operasional (proses pelayanan nasabah).
3. Pemberian reward pada karyawan divisi bisnis dilakukan setiap
bulan sekali terhadap karyawan yang memenuhi syarat. Sedangkan
pemberian reward untuk karyawan divisi operasional diberikan
pertahun dalam bentuk sertifikat dan kenaikan jabatan. Untuk
punishment, hanya diberikan kepada karyawan yang tidak mengikuti
aturan dan melakukan kesalahan fatal yang bisa merugikan Bank.
B. Implikasi
Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan dapat dikemukakan
implikasi secara teoritis dan praktis sebagai berikut:
1. Implikasi praktis
Diharapkan dengan adanya penelitian ini dapat membantu proses
penilaian kinerja karyawan menggunakan pendekatan management
by objective dalam memberikan reward dan punishment karyawan
artinya penilaian kinerja karyawan tidak hanya berfokus pada
standar performa akan tetapi penilaian kinerja harus dinilai dengan
seadil adilnya agar karyawan mengetahui posisi dan pekerjaan
mereka selain itu dalam pemberian reward juga lebih diterapkan
sebagai penghargaan dan semnagat karyawan untuk bekerja.
2. Implikasi teoritis
Memperhatikan dan saling bekerja sama antar karyawan, dan
mananger dalam kemajuan dan perkembangan perusahaan, kehati-
hatian dalam bekerja untuk menghindari punishment yang
diberikan oleh perusahaan, tetap menjaga kekompakan sesama tim
untuk mempertahankan dan mengembangkan penilaian kinerja
karyawan menggunakan metode management by objective dalam
memberikan reward dan punishment karyawan.
C. Saran
Dalam upaya menciptakan tim yang baik dalam suatu Bank dibutukan
kerjasama yang baik dalam tim. Berdasarkan hasil penelitian ini maka
beberapa saran yang diajukan
1. Bagi Bank Muamalat Bone, perlu memperhatikan karyawan dan
meningkatkan lagi penilaian kinerja karyawan dengan sebaik
baiknya, sesuai dengan metode penilian yang ditentukan dan juga
berpedoman pada syariat-syariat Islam didalamnya.
2. Bagi Karyawan Bank Muamalat Bone, Perlu mengikuti, mematuhi,
mengindahkan segala peraturan yang telah ditentukan bersama,
karna kerjasama yang baik akan meningkatkan eksistensi Bank itu
sendiri.
3. Bagi Masyarakat, semoga dengan penilaian kinerja karyawan
menggunakan metode Management By Objectif bukan hanya
diterapkan pada Bank saja akan tetapi juga diterapkan pada
perusahaan, diamana segala sesuatu untuk menilai kinerja
seseorang haruslah dengan bijak, dan seadil-adilnya sesuai apa
yang mereka kerjakan
4. Bagi penulis, selanjutnya kiranya dapat menyempurnakan
kekurangan-kekurangan dari penelitian ini untuk hasil yang lebih
baik dari penelitian yang akan datang.
pada perusahaan dalam pengembangan, kemajuan, yang dilakukan untuk
meningkatkan eksistensi perusahaan. Salah satu penilaian kinerja karyawan adalah
management by objective (MBO). Poin-poin yang terdapat pada metode management
by objective (MBO) yaitu menentukan tujuan organisasi, pencapaian target karywan
dan membandingkan kinerja aktual dan target. Tujuan dilakuakan penelitian ini
adalah untuk mengetahui implementasi penilaian kinerja karyawan menggunakan
metode management by objective (MBO) dalam memberikan reward dan punishment
karyawan pada Bank Muamalat Bone.
Berdasarkan tujuan diatas, maka jenis Penelitian yang digunakan adalah
penelitian lapangan (field research). Adapun pendekatan penelitian yang digunakan
yaitu pendekatan kualitatif yang didukung dengan metode wawancara dan
dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan Ada 3 hal pokok yang menjadi dasar penilaian
kinerja di Bank Muamalat yaitu attitude, corporate value, dan kinerja medern islami.
Penilian kinerja karyawan di Bank Muamalat diimplementasikan pada dua divisi
yaitu divisi bisnis (pencapaian target oleh bagian pemasaran) dan devisi operasional
(proses pelayanan nasabah). Pemberian reward pada karyawan divisi bisnis dilakukan
setiap bulan sekali terhadap karyawan yang memenuhi syarat. Sedangkan pemberian
reward untuk karyawan divisi operasional diberikan pertahun dalam bentuk sertifikat
dan kenaikan jabatan. Untuk punishment, hanya diberikan kepada karyawan yang
tidak mengikuti aturan dan melakukan kesalahan fatal yang bisa merugikan Bank.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasannya maka kesimpulan
yang diambil oleh Penulis adalah Sebagai berikut:
1. Ada 3 hal pokok yang menjadi dasar penilaian kinerja di Bank
Muamalat yaitu attitude, corporate value, dan kinerja medern islami.
2. Penilian kinerja karyawan di Bank Muamalat diimplementasikan
pada dua divisi yaitu divisi bisnis (pencapaian target oleh bagian
pemasaran) dan devisi operasional (proses pelayanan nasabah).
3. Pemberian reward pada karyawan divisi bisnis dilakukan setiap
bulan sekali terhadap karyawan yang memenuhi syarat. Sedangkan
pemberian reward untuk karyawan divisi operasional diberikan
pertahun dalam bentuk sertifikat dan kenaikan jabatan. Untuk
punishment, hanya diberikan kepada karyawan yang tidak mengikuti
aturan dan melakukan kesalahan fatal yang bisa merugikan Bank.
B. Implikasi
Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan dapat dikemukakan
implikasi secara teoritis dan praktis sebagai berikut:
1. Implikasi praktis
Diharapkan dengan adanya penelitian ini dapat membantu proses
penilaian kinerja karyawan menggunakan pendekatan management
by objective dalam memberikan reward dan punishment karyawan
artinya penilaian kinerja karyawan tidak hanya berfokus pada
standar performa akan tetapi penilaian kinerja harus dinilai dengan
seadil adilnya agar karyawan mengetahui posisi dan pekerjaan
mereka selain itu dalam pemberian reward juga lebih diterapkan
sebagai penghargaan dan semnagat karyawan untuk bekerja.
2. Implikasi teoritis
Memperhatikan dan saling bekerja sama antar karyawan, dan
mananger dalam kemajuan dan perkembangan perusahaan, kehati-
hatian dalam bekerja untuk menghindari punishment yang
diberikan oleh perusahaan, tetap menjaga kekompakan sesama tim
untuk mempertahankan dan mengembangkan penilaian kinerja
karyawan menggunakan metode management by objective dalam
memberikan reward dan punishment karyawan.
C. Saran
Dalam upaya menciptakan tim yang baik dalam suatu Bank dibutukan
kerjasama yang baik dalam tim. Berdasarkan hasil penelitian ini maka
beberapa saran yang diajukan
1. Bagi Bank Muamalat Bone, perlu memperhatikan karyawan dan
meningkatkan lagi penilaian kinerja karyawan dengan sebaik
baiknya, sesuai dengan metode penilian yang ditentukan dan juga
berpedoman pada syariat-syariat Islam didalamnya.
2. Bagi Karyawan Bank Muamalat Bone, Perlu mengikuti, mematuhi,
mengindahkan segala peraturan yang telah ditentukan bersama,
karna kerjasama yang baik akan meningkatkan eksistensi Bank itu
sendiri.
3. Bagi Masyarakat, semoga dengan penilaian kinerja karyawan
menggunakan metode Management By Objectif bukan hanya
diterapkan pada Bank saja akan tetapi juga diterapkan pada
perusahaan, diamana segala sesuatu untuk menilai kinerja
seseorang haruslah dengan bijak, dan seadil-adilnya sesuai apa
yang mereka kerjakan
4. Bagi penulis, selanjutnya kiranya dapat menyempurnakan
kekurangan-kekurangan dari penelitian ini untuk hasil yang lebih
baik dari penelitian yang akan datang.
Ketersediaan
| SFEBI20210094 | 94/2021 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
94/2021
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2021
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
