Pengenalan Huruf Hijaiyah Melalui Metode Iqro Pada Siswa Kelompok A Di Tk It Al-Azhar Lokananta Watampone
Hastindarwanti/ 02.17.6029 - Personal Name
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengenalan huruf hijaiyah
melalui metode Iqro pada siswa kelompok A TK IT Al-Azhar Watampone. 2) Untuk
mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pengenalan huruf hijaiyah melalui
metode iqro pada siswa kelompok A TK IT Al-Azhar lokananta watampone. Metode
penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan
pedagogik dan psikologis, untuk memperoleh data yang diinginkan menggunakan
data primer dan sekunder. Selanjutnya dianalisis dengan cara: 1. Mereduksi data, 2.
Penyajian data, 3. Penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa proses pengenalan huruf hijaiyah
melalui metode iqro pada siswa kelompok A di Tk It Al-Azhar Lokananta
Watampone yaitu dimulai dari anak mampu mengenal huruf hijaiyah dengan tanda
atau simbol, anak mampu membedakan huruf yang mirip, anak mampu membaca
huruf hijaiyah yang sudah di ajarkan oleh gurunya, anak mampu melafalkan huruf
hijaiyah dengan urutan yang benar. Adapun faktor yang mempengaruhi pengenalan
huruf hijaiyah melalui metode iqro pada siswa kelompok A di Tk It Al-Azhar
Lokananta Watampone yaitu faktor lingkungan, Faktor psikologis dan faktor
fisiologis. Guru membimbing siswa nya agar mengenal huruf hijaiyah dengan baik
dan dengan arahan dari gurunya sebagian besar siswa sudah mampu mengenal huruf
hijaiyah dengan baik.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengenalan huruf
hijaiyah yang berperan sangat penting adalah guru.Dengan bimbingan dan arahan dari
guru siswa mampu mengenal huruf hijaiyah dengan baik.Anak mampu mengikuti
arahan dan bimbingan dari gurunya.Faktor-faktor yang mempengaruhi yaitu faktor
lingkungan, faktor psikologis, faktor fisiologis.
A. Kesimpulan
Pengenalan huruf hijaiyah melalui metode iqro pada siswa kelompok A di Tk
IT Al-Azhar Lokananta Watampone.
1. pengenalan huruf hijaiyah melalui metode iqro pada siswa kelompok A di TK
IT Al-Azhar Lokananta Watampone, ada beberapah hal yang perlu
diperhatikan dalam pengenalan huruf hijaiyah melalui metode iqro yaitu di
mulai dari anak mampu mengenal huruf hijaiyah dengan tanda atau simbol,
anak mampu membedakan huruf yang mirip, anak mampu membaca huruf
hijaiyah yang sudah di ajarkan oleh gurunya dan anak mampu melafalkan
huruf hijaiyah dengan urutan yang benar. Pengenalan huruf hijaiyah melalui
metode iqro pada siswa kelompok A di Tk IT Al-Azhar Lokananta
Watampone, siswa sebagian besar sudah bisa mengenal huruf dengan baik dan
masih ada siswa yang belum bisa mengenal huruf hijaiyah dengan baik.
2. Faktor yang mempengaruhi pengenalan huruf hijaiyah melalui metode iqro
pada siswa kelompok A di Tk IT Al-Azhar Lokananta Watampone, ada tiga
faktor yaitu yang sangat berpengaruh yaitu faktor lingkungan, psikologis dan
fisiologis.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian dan kesimpulan yang telah dipaparkan,
makasaran yang dapat disimpulkan oleh peneliti sebagai berikut:
1. Setiap anak memiliki pemahaman yang berbeda oleh karena itu pendidik
harus mengetahui sampai mana siswa itu memahami tentang pengenalan huruf
hijaiyah melalui metode iqro pada siswa kelompok A di Tk IT Al-Azhar
Lokananta Watampone. Siswa sangat membutuhkan bimbingan dan arahan
dari gurunya.
2. Faktor yang paling berpengaruh terhadap pengenalan huruf hijaiyah melalui
metode iqro pada siswa kelompok A di Tk IT Al-Azhar Lokananta yaitu
faktor lingkungan seperti peran orang tua. Guru mengharapkan orang tua juga
memperhatikan pelajaran anaknya disekolah, orang tua mengulangi pelajaran
yang diterima ketika sampai dirumah. Hal ini dapat membantu pengenalan
huruf hijaiyah melalui metode iqro.
melalui metode Iqro pada siswa kelompok A TK IT Al-Azhar Watampone. 2) Untuk
mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pengenalan huruf hijaiyah melalui
metode iqro pada siswa kelompok A TK IT Al-Azhar lokananta watampone. Metode
penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan
pedagogik dan psikologis, untuk memperoleh data yang diinginkan menggunakan
data primer dan sekunder. Selanjutnya dianalisis dengan cara: 1. Mereduksi data, 2.
Penyajian data, 3. Penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa proses pengenalan huruf hijaiyah
melalui metode iqro pada siswa kelompok A di Tk It Al-Azhar Lokananta
Watampone yaitu dimulai dari anak mampu mengenal huruf hijaiyah dengan tanda
atau simbol, anak mampu membedakan huruf yang mirip, anak mampu membaca
huruf hijaiyah yang sudah di ajarkan oleh gurunya, anak mampu melafalkan huruf
hijaiyah dengan urutan yang benar. Adapun faktor yang mempengaruhi pengenalan
huruf hijaiyah melalui metode iqro pada siswa kelompok A di Tk It Al-Azhar
Lokananta Watampone yaitu faktor lingkungan, Faktor psikologis dan faktor
fisiologis. Guru membimbing siswa nya agar mengenal huruf hijaiyah dengan baik
dan dengan arahan dari gurunya sebagian besar siswa sudah mampu mengenal huruf
hijaiyah dengan baik.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengenalan huruf
hijaiyah yang berperan sangat penting adalah guru.Dengan bimbingan dan arahan dari
guru siswa mampu mengenal huruf hijaiyah dengan baik.Anak mampu mengikuti
arahan dan bimbingan dari gurunya.Faktor-faktor yang mempengaruhi yaitu faktor
lingkungan, faktor psikologis, faktor fisiologis.
A. Kesimpulan
Pengenalan huruf hijaiyah melalui metode iqro pada siswa kelompok A di Tk
IT Al-Azhar Lokananta Watampone.
1. pengenalan huruf hijaiyah melalui metode iqro pada siswa kelompok A di TK
IT Al-Azhar Lokananta Watampone, ada beberapah hal yang perlu
diperhatikan dalam pengenalan huruf hijaiyah melalui metode iqro yaitu di
mulai dari anak mampu mengenal huruf hijaiyah dengan tanda atau simbol,
anak mampu membedakan huruf yang mirip, anak mampu membaca huruf
hijaiyah yang sudah di ajarkan oleh gurunya dan anak mampu melafalkan
huruf hijaiyah dengan urutan yang benar. Pengenalan huruf hijaiyah melalui
metode iqro pada siswa kelompok A di Tk IT Al-Azhar Lokananta
Watampone, siswa sebagian besar sudah bisa mengenal huruf dengan baik dan
masih ada siswa yang belum bisa mengenal huruf hijaiyah dengan baik.
2. Faktor yang mempengaruhi pengenalan huruf hijaiyah melalui metode iqro
pada siswa kelompok A di Tk IT Al-Azhar Lokananta Watampone, ada tiga
faktor yaitu yang sangat berpengaruh yaitu faktor lingkungan, psikologis dan
fisiologis.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian dan kesimpulan yang telah dipaparkan,
makasaran yang dapat disimpulkan oleh peneliti sebagai berikut:
1. Setiap anak memiliki pemahaman yang berbeda oleh karena itu pendidik
harus mengetahui sampai mana siswa itu memahami tentang pengenalan huruf
hijaiyah melalui metode iqro pada siswa kelompok A di Tk IT Al-Azhar
Lokananta Watampone. Siswa sangat membutuhkan bimbingan dan arahan
dari gurunya.
2. Faktor yang paling berpengaruh terhadap pengenalan huruf hijaiyah melalui
metode iqro pada siswa kelompok A di Tk IT Al-Azhar Lokananta yaitu
faktor lingkungan seperti peran orang tua. Guru mengharapkan orang tua juga
memperhatikan pelajaran anaknya disekolah, orang tua mengulangi pelajaran
yang diterima ketika sampai dirumah. Hal ini dapat membantu pengenalan
huruf hijaiyah melalui metode iqro.
Ketersediaan
| STAR20210241 | 241/2021 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
241/2021
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2021
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
