Urgensi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran terhadap Profesionalitas Guru Pendidikan Agama Islam di SMP Nederi 1 Cina
Wahdania/02. 17. 1049 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai : “Urgensi Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran terhadap Profesionalitas Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi
Pekerti di SMP Negeri 1 Cina”. Fokus pembahasan adalah Urgensi Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran terhadap Profesionalitas Guru PAI di SMP Negeri I Cina.
Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana profesionalitas guru
Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri I Cina, bagaimana pemanfaatan rencana
pelaksanaan pembelajaran bagi guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri I Cina
dan bagaimana kontibusi pemanfaatan rencana pelaksanaan pembelajaran terhadap
profesionalitas guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri I Cina.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan
pendekatan teologis normatif, paedagogik, dan psikologis. Data dianalisis dengan
menggunakanReduksi data, penyajian data, penarikan simpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama profesionalitas guru
Pendidikan Agama Islam dan Budi pekerti di SMP Negeri I Cina, telah memenuhi
syarat profesional sebagai seorang guru karena memiliki kualitas akademik, latar
belakang pendidikan sesui dengan bidang studi yang diajarkan dan menguasai
keterampilan untuk membangkitkan minat siswa dalam proses pelaksanaan
pembelajaran. Kedua, pemanfaatan rencana pelaksanaan pembelajaran di SMP 1 Cina
memberi manfaat dalam pencapaian kompotensi belajar siswa dan meningkatkan
efisiensi dalam proses pelaksanaan pembelajaran. Ketiga, dampak pemanfaatan
rencana pelaksanaan pembelajaran di SMP Negeri I Cina adalah pembelajaran
menjadi terarah dan teratur karena ada patokan atau dasar yang digunakan oleh guru
sebelum mengajar untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai sehingga guru lebih
profesional dalam menjalankan tugasnya sebagai pengajar.
A. Kesimpulan
Berdasarkan uraian pada bab hasil penelitian dan pembahasan maka penulis
mengemukakan simpulan dari hasil penelitian yang telah dilakuakan yaitu:
1. Profesionalitas guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP
Negeri I Cina, telah memenuhi syarat profesional sebagai seorang guru
karena memiliki kualitas akademik, latar belakang pendidikan sesui dengan
bidang
studi
yang
diajarkan
dan
menguasai
keterampilan
untuk
membangkitkan minat siswa dalam proses pelaksanaan pembelajaran.
2. Pemanfaatan RPP di SMP 1 Cina memberi manfaat dalam pencapaian
kompotensi belajar siswa dan meningkatkan efisiensi dalam proses
pelaksanaan pembelajaran.
3. Kontribusi Pemanfaatan RPP di SMP Negeri I Cina adalah menjadikan
pembelajaran menjadi terarah dan teratur karena ada patokan atau dasar yang
digunakan oleh guru sebelum mengajar untuk mencapai tujuan yang ingin
dicapai sehingga guru lebih profesional dalam menjalankan tugasnya sebagai
pengajar.
B. Implikasi
Setelah
memperhatikan
beberapa
kesimpulan
tersebut,
maka
dapat
dikemukakan implikasi penelitian yang ditujukan kepada pihak sekolah, guru dan
peserta didik agar RPP lebih baik dan dan berkualitas sebagai berikut:
1. Bagi kepala SMP negeri I Cina agar senantiasa untuk memperhatikan dan
mengawasi guru dalam hal proses mengajarnya dalam hal penggunaan
metode, media dan strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru mata
pelajaran, agar tujuan pembelajaran dapat tercapai sesuai dengan apa yang
telah dirumuskan dalam RPP.
2. Bagi Guru Pendidikan agama Islam dan Budi Pekerti dalam penyusunan
RPP perlu menekankankan aspek aktif, kreatif dan inovatif sehingga
siswa lebih mandiri dalam kegiatan pembelajaran, yang tentunya harus
Didukung olehh metode dan media yang bervariasi sehingga
profesonalitas guru tercermin di dalam RPP yang telah di buat agar
pelaksanaannya juga akan maksimal.
3. Bagi siswa, hendaknya lebih aktif dan bersemangat dalam mengikuti
pembelajaran.
Pembelajaran terhadap Profesionalitas Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi
Pekerti di SMP Negeri 1 Cina”. Fokus pembahasan adalah Urgensi Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran terhadap Profesionalitas Guru PAI di SMP Negeri I Cina.
Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana profesionalitas guru
Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri I Cina, bagaimana pemanfaatan rencana
pelaksanaan pembelajaran bagi guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri I Cina
dan bagaimana kontibusi pemanfaatan rencana pelaksanaan pembelajaran terhadap
profesionalitas guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri I Cina.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan
pendekatan teologis normatif, paedagogik, dan psikologis. Data dianalisis dengan
menggunakanReduksi data, penyajian data, penarikan simpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama profesionalitas guru
Pendidikan Agama Islam dan Budi pekerti di SMP Negeri I Cina, telah memenuhi
syarat profesional sebagai seorang guru karena memiliki kualitas akademik, latar
belakang pendidikan sesui dengan bidang studi yang diajarkan dan menguasai
keterampilan untuk membangkitkan minat siswa dalam proses pelaksanaan
pembelajaran. Kedua, pemanfaatan rencana pelaksanaan pembelajaran di SMP 1 Cina
memberi manfaat dalam pencapaian kompotensi belajar siswa dan meningkatkan
efisiensi dalam proses pelaksanaan pembelajaran. Ketiga, dampak pemanfaatan
rencana pelaksanaan pembelajaran di SMP Negeri I Cina adalah pembelajaran
menjadi terarah dan teratur karena ada patokan atau dasar yang digunakan oleh guru
sebelum mengajar untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai sehingga guru lebih
profesional dalam menjalankan tugasnya sebagai pengajar.
A. Kesimpulan
Berdasarkan uraian pada bab hasil penelitian dan pembahasan maka penulis
mengemukakan simpulan dari hasil penelitian yang telah dilakuakan yaitu:
1. Profesionalitas guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP
Negeri I Cina, telah memenuhi syarat profesional sebagai seorang guru
karena memiliki kualitas akademik, latar belakang pendidikan sesui dengan
bidang
studi
yang
diajarkan
dan
menguasai
keterampilan
untuk
membangkitkan minat siswa dalam proses pelaksanaan pembelajaran.
2. Pemanfaatan RPP di SMP 1 Cina memberi manfaat dalam pencapaian
kompotensi belajar siswa dan meningkatkan efisiensi dalam proses
pelaksanaan pembelajaran.
3. Kontribusi Pemanfaatan RPP di SMP Negeri I Cina adalah menjadikan
pembelajaran menjadi terarah dan teratur karena ada patokan atau dasar yang
digunakan oleh guru sebelum mengajar untuk mencapai tujuan yang ingin
dicapai sehingga guru lebih profesional dalam menjalankan tugasnya sebagai
pengajar.
B. Implikasi
Setelah
memperhatikan
beberapa
kesimpulan
tersebut,
maka
dapat
dikemukakan implikasi penelitian yang ditujukan kepada pihak sekolah, guru dan
peserta didik agar RPP lebih baik dan dan berkualitas sebagai berikut:
1. Bagi kepala SMP negeri I Cina agar senantiasa untuk memperhatikan dan
mengawasi guru dalam hal proses mengajarnya dalam hal penggunaan
metode, media dan strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru mata
pelajaran, agar tujuan pembelajaran dapat tercapai sesuai dengan apa yang
telah dirumuskan dalam RPP.
2. Bagi Guru Pendidikan agama Islam dan Budi Pekerti dalam penyusunan
RPP perlu menekankankan aspek aktif, kreatif dan inovatif sehingga
siswa lebih mandiri dalam kegiatan pembelajaran, yang tentunya harus
Didukung olehh metode dan media yang bervariasi sehingga
profesonalitas guru tercermin di dalam RPP yang telah di buat agar
pelaksanaannya juga akan maksimal.
3. Bagi siswa, hendaknya lebih aktif dan bersemangat dalam mengikuti
pembelajaran.
Ketersediaan
| STAR20210157 | 157/2021 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
157/2021
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2021
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
