Implementasi Strategi Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAKEM) dalam Meningkatkan Prestiasi Belajar PAI pada Siswa Kelas VIII A di SMP Nederi 1 Cina Kab. Bone
Andi Mutia Inzan Maulida/ 02. 17. 1048 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai : “Implementasi Strategi Pembelajaran Aktif,
Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAKEM) dalam Meningkatkan Prestiasi
Belajar PAI pada Siswa Kelas VIII A di SMP Negeri 1 Cina Kab. Bone”. Fokus
pembahasan adalah Implementasi Strategi Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan
Menyenangkan (PAKEM) dalam Meningkatkan Prestiasi Belajar PAI pada Siswa
Kelas VIII A di SMP Negeri 1 Cina Kab. Bone. Masalah yang diangkat dalam
penelitian ini adalah bagaimana Implementasi Strategi PAKEM dalam Pembelajaran
PAI Siswa Kelas VIII A di SMP Negeri 1 Cina Kab. Bone, bagaimana prestasi
belajar PAI pada siswa kelas VIII A di SMP Negeri 1 Cina Kab. Bone, dan
bagaimana kontribusi penerapan strategi PAKEM dalam meningkatkan prestiasi
belajar PAI pada Siswa Kelas VIII A di SMP Nederi 1 Cina Kab. Bone.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan
pendekatan paedagodik, sosiologis, dan psikologis. Data dikumpulkan melalui
observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan reduksi
kata, display data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:
Pertama, Implementasi strategi PAKEM dalam pembelajaran PAI siswa kelas VIII A di SMP Negeri 1 Cina Kab. Bone sudah diterapkan dengan baik, siswa didorong untuk terlibat aktif dalam
pembelajaran, siswa juga didorong untuk mengembangkan kemampuan berfikirnya
baik pada saat bertanya dan mengemukakan pendapatnya. Kedua, prestasi belajar
pada siswa kelas VIII A di SMP Negeri 1 Cina Kab. Bone cukup bagus, siswa yang
dulunya kurang aktif, kini telah aktif dalam pembelajaran dan prestasi belajarnya
telah meningkat baik dari segi kognitif, afektif dan psikomotorik. Ketiga, Kontribusi
penerapan strategi PAKEM dalam meningkatkan prestasi belajar PAI pada siswa
kelas VIII A di SMP Negeri 1 Cina Kab. Bone sangat besar, penerapan PAKEM telah
mendorong siswa untuk terlibat aktif dalam pembelajaran, mereka juga didorong
untuk mengembangkan kemampuan berfikirnya dan mampu mengeluarkan
pendapatnya sendiri sehingga prestasi belajar PAI siswa sangat meningkat setelah
penerapan PAKEM.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian maka disimpulkan sebagai berikut:
1. Implementasi strategi PAKEM dalam pembelajaran PAI siswa kelas VIII A di
SMP Negeri 1 Cina Kab. Bone sudah diterapkan dengan baik. Siswa didorong
untuk terlibat aktif dalam proses pembelajaran, siswa juga didorong untuk
mengembangkan kemampuan berfikirnya, sebagai seorang pendidik harus
berusaha untuk mendapatkan ide-ide baru dalam kegiatan belajar mengajar,
untuk menciptakan suasana kelas yang kreatif sehingga siswa tidak merasa
bosan dalam pembelajaran. Siswa juga dituntut untuk lebih kreatif dalam
segala hal baik pada saat bertanya, mengemukakan pendapat dan sebagainya.
Penggunaan media pembelajaran juga membuat siswa merasa senang dan
mudah memahami pembelajaran yang dipelajari.
2. Prestasi belajar PAI pada siswa kelas VIII A di SMP Negeri 1 Cina Kab. Bone
cukup bagus setelah penarapan strategi. Siswa yang dulunya kurang aktif
dalam pembelajaran kini telah aktif dalam pembelajajaran dan prestasi
belajarnyapun meningkat. Adapun prestasi belajar yang dimaksud yang
pertama kemampuan kognitif, dimana para siswa mampu mengingat serta
memahami pembelajaran yang telah dipelajarinya, kedua kemampuan afektif
diamana para siswa sudah bisa bersikap menghargai, serta dapat menerima
dan menolak terhadap sesuatu pernyataan dan permasalahan yang sedang
mereka hadapi, dan yang ketiga psikomotorik, dimana siswa sudah bisa
mengaplikasikan pelajaran yang telah diterima di sekolah dalam kehidupan
sehari-harinya.
3. Kontribusi penerapan strategi PAKEM dalam meningkatkan prestasi belajar
PAI pada siswa kelas VIII A di SMP Negeri 1 Cina Kab. Bone sangat besar.
Penerapan PAKEM telah mendorong siswa untuk terlibat aktif dalam
pembelajaran, mereka juga didorong untuk mengembangkan kemampuan
berfikirnya dan mampu mengeluarkan pendapatnya sendiri. Mereka juga
mampu berfikir kreatif sehingga mereka dapat mengeluarkan ide-ide kreatif
dan pembelajaranpun menjadi efektif, dan membuat suasana belajar yang
menyenangkan sehingga siswa merasa senang dengan pembelajaran PAI dan
prestasi belajar PAI siswa sangat meningkat setelah penerapan strategi
PAKEM.
B. Implikasi
Setelah memperhatikan beberapa kesimpulan tersebut, maka dapat
dikemukakan implikasi penelitian sebagai berikut:
1. Disarankan bagi guru PAI untuk selali menambah wawasan dalam
pembelajaran untuk memberikan ivovasi baru dalam pembelajaran yang
sesuai dengan perkembengan dan kebutuhan peserta didik. Bersama-sama
dalam menjadikan pendidikan yang baik dalam menerapkan strategi PAKEM
sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar PAI pada siswa kelas VIII A di
SMP Negeri 1 Cina Kab. Bone.
2. Disarankan
bagi siswa agar selalu meningkatkan prestasi belajarnya,
meningkatkan perhatian dalam pembelajaran PAI yang disampaikan guru
ketika belajar mengajar berlangsung, serta ikut berpartisipasi aktif dengan apa
yang guru arahkan.
Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAKEM) dalam Meningkatkan Prestiasi
Belajar PAI pada Siswa Kelas VIII A di SMP Negeri 1 Cina Kab. Bone”. Fokus
pembahasan adalah Implementasi Strategi Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan
Menyenangkan (PAKEM) dalam Meningkatkan Prestiasi Belajar PAI pada Siswa
Kelas VIII A di SMP Negeri 1 Cina Kab. Bone. Masalah yang diangkat dalam
penelitian ini adalah bagaimana Implementasi Strategi PAKEM dalam Pembelajaran
PAI Siswa Kelas VIII A di SMP Negeri 1 Cina Kab. Bone, bagaimana prestasi
belajar PAI pada siswa kelas VIII A di SMP Negeri 1 Cina Kab. Bone, dan
bagaimana kontribusi penerapan strategi PAKEM dalam meningkatkan prestiasi
belajar PAI pada Siswa Kelas VIII A di SMP Nederi 1 Cina Kab. Bone.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan
pendekatan paedagodik, sosiologis, dan psikologis. Data dikumpulkan melalui
observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan reduksi
kata, display data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:
Pertama, Implementasi strategi PAKEM dalam pembelajaran PAI siswa kelas VIII A di SMP Negeri 1 Cina Kab. Bone sudah diterapkan dengan baik, siswa didorong untuk terlibat aktif dalam
pembelajaran, siswa juga didorong untuk mengembangkan kemampuan berfikirnya
baik pada saat bertanya dan mengemukakan pendapatnya. Kedua, prestasi belajar
pada siswa kelas VIII A di SMP Negeri 1 Cina Kab. Bone cukup bagus, siswa yang
dulunya kurang aktif, kini telah aktif dalam pembelajaran dan prestasi belajarnya
telah meningkat baik dari segi kognitif, afektif dan psikomotorik. Ketiga, Kontribusi
penerapan strategi PAKEM dalam meningkatkan prestasi belajar PAI pada siswa
kelas VIII A di SMP Negeri 1 Cina Kab. Bone sangat besar, penerapan PAKEM telah
mendorong siswa untuk terlibat aktif dalam pembelajaran, mereka juga didorong
untuk mengembangkan kemampuan berfikirnya dan mampu mengeluarkan
pendapatnya sendiri sehingga prestasi belajar PAI siswa sangat meningkat setelah
penerapan PAKEM.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian maka disimpulkan sebagai berikut:
1. Implementasi strategi PAKEM dalam pembelajaran PAI siswa kelas VIII A di
SMP Negeri 1 Cina Kab. Bone sudah diterapkan dengan baik. Siswa didorong
untuk terlibat aktif dalam proses pembelajaran, siswa juga didorong untuk
mengembangkan kemampuan berfikirnya, sebagai seorang pendidik harus
berusaha untuk mendapatkan ide-ide baru dalam kegiatan belajar mengajar,
untuk menciptakan suasana kelas yang kreatif sehingga siswa tidak merasa
bosan dalam pembelajaran. Siswa juga dituntut untuk lebih kreatif dalam
segala hal baik pada saat bertanya, mengemukakan pendapat dan sebagainya.
Penggunaan media pembelajaran juga membuat siswa merasa senang dan
mudah memahami pembelajaran yang dipelajari.
2. Prestasi belajar PAI pada siswa kelas VIII A di SMP Negeri 1 Cina Kab. Bone
cukup bagus setelah penarapan strategi. Siswa yang dulunya kurang aktif
dalam pembelajaran kini telah aktif dalam pembelajajaran dan prestasi
belajarnyapun meningkat. Adapun prestasi belajar yang dimaksud yang
pertama kemampuan kognitif, dimana para siswa mampu mengingat serta
memahami pembelajaran yang telah dipelajarinya, kedua kemampuan afektif
diamana para siswa sudah bisa bersikap menghargai, serta dapat menerima
dan menolak terhadap sesuatu pernyataan dan permasalahan yang sedang
mereka hadapi, dan yang ketiga psikomotorik, dimana siswa sudah bisa
mengaplikasikan pelajaran yang telah diterima di sekolah dalam kehidupan
sehari-harinya.
3. Kontribusi penerapan strategi PAKEM dalam meningkatkan prestasi belajar
PAI pada siswa kelas VIII A di SMP Negeri 1 Cina Kab. Bone sangat besar.
Penerapan PAKEM telah mendorong siswa untuk terlibat aktif dalam
pembelajaran, mereka juga didorong untuk mengembangkan kemampuan
berfikirnya dan mampu mengeluarkan pendapatnya sendiri. Mereka juga
mampu berfikir kreatif sehingga mereka dapat mengeluarkan ide-ide kreatif
dan pembelajaranpun menjadi efektif, dan membuat suasana belajar yang
menyenangkan sehingga siswa merasa senang dengan pembelajaran PAI dan
prestasi belajar PAI siswa sangat meningkat setelah penerapan strategi
PAKEM.
B. Implikasi
Setelah memperhatikan beberapa kesimpulan tersebut, maka dapat
dikemukakan implikasi penelitian sebagai berikut:
1. Disarankan bagi guru PAI untuk selali menambah wawasan dalam
pembelajaran untuk memberikan ivovasi baru dalam pembelajaran yang
sesuai dengan perkembengan dan kebutuhan peserta didik. Bersama-sama
dalam menjadikan pendidikan yang baik dalam menerapkan strategi PAKEM
sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar PAI pada siswa kelas VIII A di
SMP Negeri 1 Cina Kab. Bone.
2. Disarankan
bagi siswa agar selalu meningkatkan prestasi belajarnya,
meningkatkan perhatian dalam pembelajaran PAI yang disampaikan guru
ketika belajar mengajar berlangsung, serta ikut berpartisipasi aktif dengan apa
yang guru arahkan.
Ketersediaan
| STAR20210035 | 35/2021 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
35/2021
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2021
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyahh
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
