Peranan Orang Tua Dalam Mendorong Anak Untuk Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi Islam (Studi Kasus Di Desa Unra Kecamatan Awangpone Kabupaten Bone
Arida Iskandar/02.17.1009 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai : “Peranan Orang Tua Dalam Mendorong
Anak Untuk Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi Islam (Studi Kasus Di Desa
Unra, Kecamatan Awangpone ,Kabupatn Bone)”. Masalah yang diangkat dari
penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan peran orang tua di Desa Unra,
Kecamatan Awangpone, Kabupaten Bone dalam mendorong anak untuk melanjutkan
studi ke perguruan tinggi Islam, bagaimana cara orang tua di Desa Unra, Kecamatan
Awangpone, Kabupaten Bone dalam mendorong anak untuk melanjutkan studi ke
perguruan tinggi Islam dan bagaimana kontribusi upaya orang tua dalam mendorong
anak untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi Islam.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan
pendekatan teologis normatif, pendekatan psikologis dan pendekatan sosiologis.
Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu observasi, wawancara dan
dokumentasi. Dan teknik analisis data menggunakan reduksi data, display data,
verifikasi dan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pelaksanaan peran orang tua di Desa
Unra, Kecamatan Awangpone, Kabupaten Bone dalam mendorong anak untuk
melanjutkan studi ke perguruan tinggi Islam ada lima, yaitu orang tua berperan
sebagai pendidik, peran sebagai motivator, peran sebagai fasilitator, peran sebagai
mediator dan peran sebagai konselor.
Cara orang tua di Desa Unra, Kecamatan Awangpone, Kabupaten Bone dalam
mendorong anak untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi Islam ada tiga, yaitu
mencari informasi tentang perguruan tinggi Islam, memberi dorongan kepada anak
dengan cara menumbuhkan motivasi intrinsik pada anak, dan memfasilitasi anak
untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi Islam.
Kontribusi upaya orang tua di Desa Unra, Kecamatan Awangpone, Kabupaten
Bone dalam mendorong anak untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi Islam
yaitu dengan mencarikan perguruan tinggi Islam yang baik untuk anak, mencarikan
tempat tinggal (kost) dan memberikan atau menyediakan fasilitas seperti uang (biaya)
dan kendaraan untuk anak.
A. Simpulan
1. Pelaksanaan peran orang tua di Desa Unra, Kecamatan Awangpone,
Kabupaten Bone dalam mendorong anak untuk melanjutkan studi ke
perguruan tinggi Islam ada lima, yaitu orang tua berperan sebagai
pendidik, peran sebagai motivator, peran sebagai fasilitator, peran sebagai
mediator dan peran sebagai konselor.
2. Cara orang tua di Desa Unra, Kecamatan Awangpone, Kabupaten Bone
dalam mendorong anak untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi Islam
ada tiga, yaitu mencari informasi tentang perguruan tinggi Islam, memberi
dorongan kepada anak dengan cara menumbuhkan motivasi intrinsik pada
anak, dan memfasilitasi anak untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi
Islam.
3. Kontribusi upaya orang tua di Desa Unra, Kecamatan Awangpone,
Kabupaten Bone dalam mendorong anak untuk melanjutkan studi ke
perguruan tinggi Islam yaitu dengan mencarikan perguruan tinggi Islam
yang baik untuk anak, mencarikan tempat tinggal (kost) dan memberikan
atau menyediakan fasilitas seperti uang(biaya) dan kendaraan untuk anak.
B. Implikasi
1. Kepada orang tua agar selalu memberikan yang terbaik kepada anaknya
seperti senantiasa memberikan semangat belajar kepada anak, tetap
mengawasi perilaku anak-anaknya dan memberikan dukungan penuh
kepada anak yang bersungguh-sungguh dalam menuntut ilmu.
2. Setelah penulisan skripsi ini diharapkan mampu memberikan manfaat dan
kontribusi di dalam dunia pendidikan formal, nonformal dan informal.
Anak Untuk Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi Islam (Studi Kasus Di Desa
Unra, Kecamatan Awangpone ,Kabupatn Bone)”. Masalah yang diangkat dari
penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan peran orang tua di Desa Unra,
Kecamatan Awangpone, Kabupaten Bone dalam mendorong anak untuk melanjutkan
studi ke perguruan tinggi Islam, bagaimana cara orang tua di Desa Unra, Kecamatan
Awangpone, Kabupaten Bone dalam mendorong anak untuk melanjutkan studi ke
perguruan tinggi Islam dan bagaimana kontribusi upaya orang tua dalam mendorong
anak untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi Islam.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan
pendekatan teologis normatif, pendekatan psikologis dan pendekatan sosiologis.
Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu observasi, wawancara dan
dokumentasi. Dan teknik analisis data menggunakan reduksi data, display data,
verifikasi dan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pelaksanaan peran orang tua di Desa
Unra, Kecamatan Awangpone, Kabupaten Bone dalam mendorong anak untuk
melanjutkan studi ke perguruan tinggi Islam ada lima, yaitu orang tua berperan
sebagai pendidik, peran sebagai motivator, peran sebagai fasilitator, peran sebagai
mediator dan peran sebagai konselor.
Cara orang tua di Desa Unra, Kecamatan Awangpone, Kabupaten Bone dalam
mendorong anak untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi Islam ada tiga, yaitu
mencari informasi tentang perguruan tinggi Islam, memberi dorongan kepada anak
dengan cara menumbuhkan motivasi intrinsik pada anak, dan memfasilitasi anak
untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi Islam.
Kontribusi upaya orang tua di Desa Unra, Kecamatan Awangpone, Kabupaten
Bone dalam mendorong anak untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi Islam
yaitu dengan mencarikan perguruan tinggi Islam yang baik untuk anak, mencarikan
tempat tinggal (kost) dan memberikan atau menyediakan fasilitas seperti uang (biaya)
dan kendaraan untuk anak.
A. Simpulan
1. Pelaksanaan peran orang tua di Desa Unra, Kecamatan Awangpone,
Kabupaten Bone dalam mendorong anak untuk melanjutkan studi ke
perguruan tinggi Islam ada lima, yaitu orang tua berperan sebagai
pendidik, peran sebagai motivator, peran sebagai fasilitator, peran sebagai
mediator dan peran sebagai konselor.
2. Cara orang tua di Desa Unra, Kecamatan Awangpone, Kabupaten Bone
dalam mendorong anak untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi Islam
ada tiga, yaitu mencari informasi tentang perguruan tinggi Islam, memberi
dorongan kepada anak dengan cara menumbuhkan motivasi intrinsik pada
anak, dan memfasilitasi anak untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi
Islam.
3. Kontribusi upaya orang tua di Desa Unra, Kecamatan Awangpone,
Kabupaten Bone dalam mendorong anak untuk melanjutkan studi ke
perguruan tinggi Islam yaitu dengan mencarikan perguruan tinggi Islam
yang baik untuk anak, mencarikan tempat tinggal (kost) dan memberikan
atau menyediakan fasilitas seperti uang(biaya) dan kendaraan untuk anak.
B. Implikasi
1. Kepada orang tua agar selalu memberikan yang terbaik kepada anaknya
seperti senantiasa memberikan semangat belajar kepada anak, tetap
mengawasi perilaku anak-anaknya dan memberikan dukungan penuh
kepada anak yang bersungguh-sungguh dalam menuntut ilmu.
2. Setelah penulisan skripsi ini diharapkan mampu memberikan manfaat dan
kontribusi di dalam dunia pendidikan formal, nonformal dan informal.
Ketersediaan
| STAR20220399 | 399/2022 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
399/2022
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2022
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
