Manajemen Program Studi Kejuruan Dalam Mengembangkan Potensi Siswa Di Smk Negeri 1 Bone Kec. Tanete Riattang Kab. Bone
Nur Amalia/02.17.3106 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang Manajemen Program Studi Kejuruan Dalam
Mengembangkan Potensi Siswa Di SMK Negeri 1 Bone. Rumusan masalah yang
pertama adalah bagaimana manajemen program studi kejuruan di SMK Negeri 1
Bone. Kedua, bagaimana Mengembangkan potensi siswa di SMK Negeri 1 Bone.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen dalam
mengembangkan potensi siswa, khususnya pada jurusan otomatisasi dan tata
kelola perkantoran di SMK Negeri 1 Bone.
Penelitian ini merupakan penelitian field research (penelitian lapangan),
teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.
Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan kualitatif untuk
mendeskripsikan penelitian tentang Manajemen Program Studi Kejuruan Dalam
Mengembangkan Potensi Siswa Di SMK Negeri 1 Bone. Dalam menganalisis
data, penulis menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan,
dan triangulasi data.
Hasil penelitian menunjukkan pertama, manajemen program studi adalah
suatu proses yang melibatkan kegiatan perencanaan, pengorganisasian,
pengarahan, dan pengendalian yang dilakukan untuk mencapai sasaran melalui
pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber daya lainnya dalam kegiatan
pendidikan dan pembelajaran yang memiliki kurikulum dan metode pembelajaran
tertentu dalam satu jenis pendidikan akademik dan pendidikan profesi. Pendidikan
kejuruan adalah program pendidikan yang secara langsung berkaitan dengan
penyiapan seseorang untuk pekerjaan tertentu dan atau dalam persiapan tambahan
karir seseorang. pendidikan kejuruan adalah pendidikan untuk dunia kerja,
mempelajari sifat-sifat pekerjaan, dan mengembangkan keterampilan secara fisik,
spesifik serta praktis fungsional. Pendidikan kejuruan adalah pendidikan khusus
yang harus dibedakan dari pendidikan umum. Kedua, potensi siswa adalah daya
kekuatan, kemampuan dan kesanggupan. yang masih terkandung dalam diri siswa,
potensi ini dapat diwujudkan untuk meraih prestasi tinggi yang lebih baik.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil uraian pada bab hasil penelitian dan pembahasan maka
penulis dapat mengemukakan simpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan
yaitu:
1. Manajemen program studi adalah suatu proses yang melibatkan kegiatan
perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian yang
dilakukan untuk mencapai sasaran melalui pemanfaatan sumber daya
manusia dan sumber daya lainnya dalam kegiatan pendidikan dan
pembelajaran yang memiliki kurikulum dan metode pembelajaran tertentu
dalam satu jenis pendidikan akademik dan pendidikan profesi. Pendidikan
kejuruan adalah program pendidikan yang secara langsung berkaitan
dengan penyiapan seseorang untuk pekerjaan tertentu dan atau dalam
persiapan tambahan karir seseorang. pendidikan kejuruan adalah
pendidikan untuk dunia kerja, mempelajari sifat-sifat pekerjaan, dan
mengembangkan keterampilan secara fisik, spesifik serta praktis
fungsional. Pendidikan kejuruan adalah pendidikan khusus yang harus
dibedakan dari pendidikan umum.
2. Potensi siswa adalah daya kekuatan, kemampuan dan kesanggupan. yang
masih terkandung dalam diri siswa, potensi ini dapat diwujudkan untuk
meraih prestasi tinggi yang lebih baik.
B. Implikasi
Implikasi merupakan suatu konsekuensi atau akibat langsung dari hasil
penemuan suatu penelitian ilmiah. Berdasarkan temuan dari hasil penelitian ini,
maka berikut akan disampaikan beberapa saran yang kiranya dapat bermanfaat
bagi SMK Negeri 1 Bone, maupun mahasiswa lain yang meneliti dan berkaitan
dengan manajemen program studi kejuruan dalam mengembangkan potensi siswa.
Adapun saran-saran yang dapat diberikan sebagai berikut:
1. Diharapkan kepala sekolah, ketua jurusan, dan guru-guru produktif
mampu berperan dan berpartisipasi secara aktif dan bekerja sama dalam
melancarkan proses pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan di
SMK Negeri 1 Bone, Kecamatan Tanete Riattang, Kabupaten Bone.
2. Setelah penulisan skripsi ini diharapkan mampu memberikan kontribusi di
dunia pendidikan kejuruan.
Mengembangkan Potensi Siswa Di SMK Negeri 1 Bone. Rumusan masalah yang
pertama adalah bagaimana manajemen program studi kejuruan di SMK Negeri 1
Bone. Kedua, bagaimana Mengembangkan potensi siswa di SMK Negeri 1 Bone.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen dalam
mengembangkan potensi siswa, khususnya pada jurusan otomatisasi dan tata
kelola perkantoran di SMK Negeri 1 Bone.
Penelitian ini merupakan penelitian field research (penelitian lapangan),
teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.
Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan kualitatif untuk
mendeskripsikan penelitian tentang Manajemen Program Studi Kejuruan Dalam
Mengembangkan Potensi Siswa Di SMK Negeri 1 Bone. Dalam menganalisis
data, penulis menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan,
dan triangulasi data.
Hasil penelitian menunjukkan pertama, manajemen program studi adalah
suatu proses yang melibatkan kegiatan perencanaan, pengorganisasian,
pengarahan, dan pengendalian yang dilakukan untuk mencapai sasaran melalui
pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber daya lainnya dalam kegiatan
pendidikan dan pembelajaran yang memiliki kurikulum dan metode pembelajaran
tertentu dalam satu jenis pendidikan akademik dan pendidikan profesi. Pendidikan
kejuruan adalah program pendidikan yang secara langsung berkaitan dengan
penyiapan seseorang untuk pekerjaan tertentu dan atau dalam persiapan tambahan
karir seseorang. pendidikan kejuruan adalah pendidikan untuk dunia kerja,
mempelajari sifat-sifat pekerjaan, dan mengembangkan keterampilan secara fisik,
spesifik serta praktis fungsional. Pendidikan kejuruan adalah pendidikan khusus
yang harus dibedakan dari pendidikan umum. Kedua, potensi siswa adalah daya
kekuatan, kemampuan dan kesanggupan. yang masih terkandung dalam diri siswa,
potensi ini dapat diwujudkan untuk meraih prestasi tinggi yang lebih baik.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil uraian pada bab hasil penelitian dan pembahasan maka
penulis dapat mengemukakan simpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan
yaitu:
1. Manajemen program studi adalah suatu proses yang melibatkan kegiatan
perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian yang
dilakukan untuk mencapai sasaran melalui pemanfaatan sumber daya
manusia dan sumber daya lainnya dalam kegiatan pendidikan dan
pembelajaran yang memiliki kurikulum dan metode pembelajaran tertentu
dalam satu jenis pendidikan akademik dan pendidikan profesi. Pendidikan
kejuruan adalah program pendidikan yang secara langsung berkaitan
dengan penyiapan seseorang untuk pekerjaan tertentu dan atau dalam
persiapan tambahan karir seseorang. pendidikan kejuruan adalah
pendidikan untuk dunia kerja, mempelajari sifat-sifat pekerjaan, dan
mengembangkan keterampilan secara fisik, spesifik serta praktis
fungsional. Pendidikan kejuruan adalah pendidikan khusus yang harus
dibedakan dari pendidikan umum.
2. Potensi siswa adalah daya kekuatan, kemampuan dan kesanggupan. yang
masih terkandung dalam diri siswa, potensi ini dapat diwujudkan untuk
meraih prestasi tinggi yang lebih baik.
B. Implikasi
Implikasi merupakan suatu konsekuensi atau akibat langsung dari hasil
penemuan suatu penelitian ilmiah. Berdasarkan temuan dari hasil penelitian ini,
maka berikut akan disampaikan beberapa saran yang kiranya dapat bermanfaat
bagi SMK Negeri 1 Bone, maupun mahasiswa lain yang meneliti dan berkaitan
dengan manajemen program studi kejuruan dalam mengembangkan potensi siswa.
Adapun saran-saran yang dapat diberikan sebagai berikut:
1. Diharapkan kepala sekolah, ketua jurusan, dan guru-guru produktif
mampu berperan dan berpartisipasi secara aktif dan bekerja sama dalam
melancarkan proses pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan di
SMK Negeri 1 Bone, Kecamatan Tanete Riattang, Kabupaten Bone.
2. Setelah penulisan skripsi ini diharapkan mampu memberikan kontribusi di
dunia pendidikan kejuruan.
Ketersediaan
| STAR20210326 | 326/2021 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
326/2021
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2021
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
