Peran Organisasi Lembaga Dakwah Kampus Al-Insyirah Bone Dalam Membina Akhlak Mahasiswa
Sarifandi/02.15. 1106 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai Peran Organisasi Lembaga Dakwah Kampus
Al-Insyirah Bone Dalam Membina Akhlak Mahasiswa. Hal penting yang dikaji
dalam skripsi ini yakni, Bagaiman peran LDK dalam membina akhlak mahasiswa?
Serta Bagaiman metode LDK dalam mebina akhlak mahasiswa? Untuk memudahkan
pemecahan masalah tersebut, digunakan metode penelitian lapangan (Field Research)
melakukan pendekatan paedagogik, dan teologis normatif, dengan menggunakan
teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis
dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan tiga tahap yaitu tahap
reduksi data, penyajian data (display data) dan tahap penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama Peran LDK dalam
membina akhlak mahasiswa yaitu memberikan contoh baik lisan maupun perbuatan
tentang akhlak mulia seperti pentingnya berperilaku baik dan bersikap peduli
terhadap sesama. Kedua Metode LDK dalam mebina akhlak mahasiswa yaitu dengan
adanya kajian keislaman seperti liqo, kajian umum, mabit serta adanya bimbingan
intelektual untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa tentang ajaran akhlak.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian pada bab hasil penelitian dan pembahasan maka penulis
dapat mengemukakan simpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan, yaitu:
1. Peran LDK dalam membina akhlak mahasiswa yaitu memberikan contoh baik
lisan maupun perbuatan tentang akhlak mulia seperti pentingnya berperilaku
baik dan bersikap peduli terhadap sesama. Dalam Pembinaan Agama yang
dilakukan oleh Lembaga Dakwah Kampus kepada mahasiswa merupakan
sarana untuk meningkatkan keimanan, ibadah, pendidikan, muamalah, akhlak
dan lain-lain, hal ini tentunya dapat dicapai bila dilakukan dengan suara yang
keras, bahasa yang baik, kata-kata yang fasih, tersusun dan lain-lain, sehingga
da’i dalam memberikan ceramahnya tidak menimbulkan kebosanan jamaah
sehingga enggan memperhatikan ucapan da’i.
2. Metode LDK dalam mebina akhlak mahasiswa yaitu dengan adanya kajian
keislaman seperti liqo, kajian umum, mabit serta adanya bmbingan intelektual
untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa tentang ajaran akhlak. Didala
suatau metodenya yaitu kajian-kajian islami, meskipun kegiatan tersebut
memiliki beberapa kendala, tetapi dengan adanya kerja sama dari semua pihak
kendala yang dialami dapat diatasi dengan bijak dan pola pembinaan moralitas
dalam kehidupan generasi muslim yang diterapkan di Lembaga Dakwah
Kampus Al-Insyirah Bone
B. Implikasi
1. Diharapkan kepada jajaran LDK dapat berpartisipasi secara aktif dan bekerja
secara bersama-sama dalam membina akhlak mahasiswa.
2. Diharapkan kepada mahasiswa tentang pentingnya ajaran akhlak dan
menerapkan perilaku terpuji dalam kehidupan sehari.
Al-Insyirah Bone Dalam Membina Akhlak Mahasiswa. Hal penting yang dikaji
dalam skripsi ini yakni, Bagaiman peran LDK dalam membina akhlak mahasiswa?
Serta Bagaiman metode LDK dalam mebina akhlak mahasiswa? Untuk memudahkan
pemecahan masalah tersebut, digunakan metode penelitian lapangan (Field Research)
melakukan pendekatan paedagogik, dan teologis normatif, dengan menggunakan
teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis
dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan tiga tahap yaitu tahap
reduksi data, penyajian data (display data) dan tahap penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama Peran LDK dalam
membina akhlak mahasiswa yaitu memberikan contoh baik lisan maupun perbuatan
tentang akhlak mulia seperti pentingnya berperilaku baik dan bersikap peduli
terhadap sesama. Kedua Metode LDK dalam mebina akhlak mahasiswa yaitu dengan
adanya kajian keislaman seperti liqo, kajian umum, mabit serta adanya bimbingan
intelektual untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa tentang ajaran akhlak.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian pada bab hasil penelitian dan pembahasan maka penulis
dapat mengemukakan simpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan, yaitu:
1. Peran LDK dalam membina akhlak mahasiswa yaitu memberikan contoh baik
lisan maupun perbuatan tentang akhlak mulia seperti pentingnya berperilaku
baik dan bersikap peduli terhadap sesama. Dalam Pembinaan Agama yang
dilakukan oleh Lembaga Dakwah Kampus kepada mahasiswa merupakan
sarana untuk meningkatkan keimanan, ibadah, pendidikan, muamalah, akhlak
dan lain-lain, hal ini tentunya dapat dicapai bila dilakukan dengan suara yang
keras, bahasa yang baik, kata-kata yang fasih, tersusun dan lain-lain, sehingga
da’i dalam memberikan ceramahnya tidak menimbulkan kebosanan jamaah
sehingga enggan memperhatikan ucapan da’i.
2. Metode LDK dalam mebina akhlak mahasiswa yaitu dengan adanya kajian
keislaman seperti liqo, kajian umum, mabit serta adanya bmbingan intelektual
untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa tentang ajaran akhlak. Didala
suatau metodenya yaitu kajian-kajian islami, meskipun kegiatan tersebut
memiliki beberapa kendala, tetapi dengan adanya kerja sama dari semua pihak
kendala yang dialami dapat diatasi dengan bijak dan pola pembinaan moralitas
dalam kehidupan generasi muslim yang diterapkan di Lembaga Dakwah
Kampus Al-Insyirah Bone
B. Implikasi
1. Diharapkan kepada jajaran LDK dapat berpartisipasi secara aktif dan bekerja
secara bersama-sama dalam membina akhlak mahasiswa.
2. Diharapkan kepada mahasiswa tentang pentingnya ajaran akhlak dan
menerapkan perilaku terpuji dalam kehidupan sehari.
Ketersediaan
| STAR20190195 | 195/2019 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
195/2019
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2018
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyahh
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
