Peranan Orang Tua dalam Menanamkan Sifat Jujur pada Anak Usia Sekolah Dasar di Dusun Caleppa Rilau, Kel. Pappolo, Kec. Tanete Riattang, Kab. Bone

No image available for this title
Skripsi ini membahas mengenai : “Peranan Orang Tua dalam
Menanamkan Sifat Jujur pada Anak Usia Sekolah Dasar di Dusun Caleppa Rilau
Kelurahan Pappolo Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone”. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran sifat jujur pada anak usia
sekolah dasar di Dusun Caleppa Rilau, Kel. Pappolo, untuk mengetahui upaya
orang tua dalam menanamkan sifat jujur pada anak usia sekolah dasar di dusun
caleppa rilau Kel. Pappolo, dan untuk mengetahui kendala orang tua dalam
menanamkan sifat jujur pada anak usia sekolah dasar di Dusun Caleppa Rilau,
Kel. Pappolo, Kec. Tanete Riattang, Kab. Bone.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan
menggunakan pendekatan teologis normatif, pendekatan paedagogis, dan
pendekatan psikologi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu
observasi,wawancara, dan dokumentasi. Dan teknik analisis data menggunakan
reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran sifat jujur pada anak usia
sekolah belum dikatakan maksimal karena masih banyak anak-anak usia SD yang
ditemukan tidak jujur kepada kedua orang tuanya. Upaya yang dilakukan oleh
orang tua adalah melalui lima metode, yaitu pertama; metode keteladanan. Kedua;
metode pembiasaan. Ketiga; metode nasehat. Keempat; metode pengawasan atau
perhatian dan Kelima; metode hukuman. Adapun kendala atau hambatan yang
dialami ketika orang tua dalam menanamkan sifat jujur pada anak usia sekolah
dasar yang pertama, faktor internal yang berkaitan dengan masalah yang ada di
dalam keluarga itu sendiri seperti menyangkut ekonimi orang tua. Kedua faktor
eksternal yang berkaitan dengan faktor lingkungan dan teman sebaya anak usia
sekolah dasar.
A. Kesimpulan
1. Gambaran sifat jujur pada anak usia sekolah dasar belum dikatakan
maksimal karena masih banyak anak-anak usia SD yang ditemukan tidak
jujur kepada kedua orang tuanya seperti berbohong, mendzalimi teman
sebayanya dan lain-lain.
2. Upaya yang dilakukan oleh orang tua dalam menanamkan sifat jujur
adalah melalui lima metode, yaitu pertama; metode keteladanan. Kedua;
metode pembiasaan. Ketiga; metode nasehat. Keempat; metode
pengawasan atau perhatian dan Kelima; metode hukuman.
3. Kendala yang dialami ketika orang tua dalam menanamkan sifat jujur pada
anak usia sekolah dasar yang pertama, faktor internal yang berkaitan
dengan masalah yang ada di dalam keluarga itu sendiri seperti menyangkut
ekonimi orang tua. Kedua faktor eksternal yang berkaitan dengan faktor
lingkungan dan teman sebaya anak usia sekolah dasar.
B. Implikasi
1. Kepada orang tua agar selalu memberikan yang terbaik kepada anaknya
seperti senantiasa memberikan pendidikan karakter sejak kecil, tetap
mengawasi perilaku anak-anaknya dan memberikan dukungan penuh
kepada anak yang telah menerapkan sifat jujur dalam kehidupannnya.
2. Setelah penulisan skripsi ini diharapkan mampu memberikan manfaat dan
kontribusi di dalam dunia pendidikan formal, nonformal dan informal.
Ketersediaan
STAR20220360360/2022Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

360/2022

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Subyek

sifat jujur

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top