Pemberdayaan Tenaga Administrasi Sekolah Dalam Penyelenggaraan Pendidikan di SMA 30 Bone
Rika Astuti/02173070 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang pemberdayaan tenaga administrasi dalam
penyelenggaraan pendidikan di SMA Negeri 30 Bone. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk mengetahui pemberdayaan tenaga administrasi di SMA Negeri 30
Bone serta untuk mengetahui sejauh mana pemberdayaan tenaga administrasi dalam
melaksanakan atau penyelenggaraan pendidikan di SMA Negeri 30 Bone.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data kualitatif.
Penelitian ini menggunakan pendekatan manajemen, dan pendekatan paedagogik.
Dalam pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan
dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan tiga tahap yaitu tahap reduksi,
penyajian data (display data) dan tahap kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pemberdayaan tenaga administrasi
di SMA Negeri 30 Bone telah dilakukan melalui fase diagnostik yang di dalamnya
menjelaskan tentang penentuan dan pengembangan tenaga administrasi dilihat dari
kebutuhan yang dimiliki oleh sekolah. Pada fase desain menjelaskan tentang
perumusan tujuan pengembangan, perumusan kebijaksanaan, dan perumusan
prosedur pengembangan kompetensi tenaga administrasi. Fase implementasi yaitu
penerapan strategi atau rencana program kegiatan, penganggaran dan pengawasan
yang dilakukan oleh stakeholder sekolah. Pada fase evaluasi dilakukan pengukuran
kinerja personil, perbandingan kinerja personil dengan standar yang telah
ditetapkan dan memperbaiki penyimpangan yang terjadi di sekolah. 2)
Penyelenggaraan pendidikan di SMA Negeri 30 Bone sudah dilakukan mulai dari
tahap input sampai dengan output. Pada tahap input pendidikan terbagi menjadi tiga
bagian yaitu input mentah (raw input), input alat (instrumental input), dan input
lingkungan (environmental input). Pada tahap proses pendidikan meliputi persiapan
pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. Dan tahap
terakhir yaitu tahap output pendidikan yang di dalamnya menjelaskan tentang
peningkatan mutu pendidikan pada satuan pendidikan dan kompetensi pendidik
dalam menjalankan proses pembelajaran mulai dari perencanaan sampai penilaian.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang telah diuraikan pada bab sebelumnya yang
dilakukan oleh peneliti di SMA Negeri 30 Bone Kec. Palakka Kab. Bone, maka
peneliti menyimpulkan sebagai berikut:
1. Pemberdayaan tenaga administrasi di SMA Negeri 30 Bone telah dilakukan
dengan semaksimal mungkin walaupun tentunya tidak luput dari yang
namanya penyimpangan atau permasalahan, baik itu mulai dari fase diagnostik,
fase desain, fase implementasi, sampai fase evaluasi itu sudah dilakukan
dengan mengikuti dan memperhatikan kompetensi atau standar yang telah
ditetapkan sebelumnya sehingga pemberdayaan tenaga administrasi di SMA
Negeri 30 Bone sudah bisa masuk dalam kategori yang baik.
2. Penyelenggaraan pendidikan di SMA Negeri 30 Bone sudah dilakukan mulai
dari tahap input sampai dengan output. Meskipun pelaksanaannya sendiri
belum bisa dilakukan secara maksimal dan belum mampu mencapai
keefektivitasan, dikarenakan adanya kendala atau hambatan yang dihadapi oleh
sekolah, apalagi melihat sekolah ini yang masih terbilang muda atau baru
berdiri maka sarana untuk mendukung pendidikannya itu masih serba terbatas.
Walaupun demikian, sekolah sudah berusaha dengan baik agar masalah yang
mereka hadapi itu memiliki solusi untuk mengatasinya.
B. Implikasi
Sebagai akhir dari penulisan skripsi ini, dengan mendasarkan pada penelitian
yang peneliti lakukan, maka peneliti ingin memberikan saran yang mungkin dapat
menjadi bahan masukan, antara lain sebagai berikut:
1. Baik kepala sekolah maupun wakil kepala sekolah diharapkan mampu
melaksanakan dan mengkoordinir pemberdayaan tenaga administrasi secara
maksimal dan terstruktur dengan memperhatikan kendala-kendala yang timbul
untuk dapat segera dilakukan perbaikan lebih lanjut sehingga dapat
mengatasinya dan sekolah lebih mudah mencapai tujuan dan sasarannya.
2. Kepada tenaga pendidik diharapkan dapat meningkatkan keefektifan dalam
penyelenggaraan pendidikan dan membiasakan melakukan perencanan sampai
pengevaluasian pendidikan kepada peserta didik agar memudahkan terjalinnya
pembelajaran dengan lancar dan dapat lebih mudah untuk dipahami.
penyelenggaraan pendidikan di SMA Negeri 30 Bone. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk mengetahui pemberdayaan tenaga administrasi di SMA Negeri 30
Bone serta untuk mengetahui sejauh mana pemberdayaan tenaga administrasi dalam
melaksanakan atau penyelenggaraan pendidikan di SMA Negeri 30 Bone.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data kualitatif.
Penelitian ini menggunakan pendekatan manajemen, dan pendekatan paedagogik.
Dalam pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan
dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan tiga tahap yaitu tahap reduksi,
penyajian data (display data) dan tahap kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pemberdayaan tenaga administrasi
di SMA Negeri 30 Bone telah dilakukan melalui fase diagnostik yang di dalamnya
menjelaskan tentang penentuan dan pengembangan tenaga administrasi dilihat dari
kebutuhan yang dimiliki oleh sekolah. Pada fase desain menjelaskan tentang
perumusan tujuan pengembangan, perumusan kebijaksanaan, dan perumusan
prosedur pengembangan kompetensi tenaga administrasi. Fase implementasi yaitu
penerapan strategi atau rencana program kegiatan, penganggaran dan pengawasan
yang dilakukan oleh stakeholder sekolah. Pada fase evaluasi dilakukan pengukuran
kinerja personil, perbandingan kinerja personil dengan standar yang telah
ditetapkan dan memperbaiki penyimpangan yang terjadi di sekolah. 2)
Penyelenggaraan pendidikan di SMA Negeri 30 Bone sudah dilakukan mulai dari
tahap input sampai dengan output. Pada tahap input pendidikan terbagi menjadi tiga
bagian yaitu input mentah (raw input), input alat (instrumental input), dan input
lingkungan (environmental input). Pada tahap proses pendidikan meliputi persiapan
pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. Dan tahap
terakhir yaitu tahap output pendidikan yang di dalamnya menjelaskan tentang
peningkatan mutu pendidikan pada satuan pendidikan dan kompetensi pendidik
dalam menjalankan proses pembelajaran mulai dari perencanaan sampai penilaian.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang telah diuraikan pada bab sebelumnya yang
dilakukan oleh peneliti di SMA Negeri 30 Bone Kec. Palakka Kab. Bone, maka
peneliti menyimpulkan sebagai berikut:
1. Pemberdayaan tenaga administrasi di SMA Negeri 30 Bone telah dilakukan
dengan semaksimal mungkin walaupun tentunya tidak luput dari yang
namanya penyimpangan atau permasalahan, baik itu mulai dari fase diagnostik,
fase desain, fase implementasi, sampai fase evaluasi itu sudah dilakukan
dengan mengikuti dan memperhatikan kompetensi atau standar yang telah
ditetapkan sebelumnya sehingga pemberdayaan tenaga administrasi di SMA
Negeri 30 Bone sudah bisa masuk dalam kategori yang baik.
2. Penyelenggaraan pendidikan di SMA Negeri 30 Bone sudah dilakukan mulai
dari tahap input sampai dengan output. Meskipun pelaksanaannya sendiri
belum bisa dilakukan secara maksimal dan belum mampu mencapai
keefektivitasan, dikarenakan adanya kendala atau hambatan yang dihadapi oleh
sekolah, apalagi melihat sekolah ini yang masih terbilang muda atau baru
berdiri maka sarana untuk mendukung pendidikannya itu masih serba terbatas.
Walaupun demikian, sekolah sudah berusaha dengan baik agar masalah yang
mereka hadapi itu memiliki solusi untuk mengatasinya.
B. Implikasi
Sebagai akhir dari penulisan skripsi ini, dengan mendasarkan pada penelitian
yang peneliti lakukan, maka peneliti ingin memberikan saran yang mungkin dapat
menjadi bahan masukan, antara lain sebagai berikut:
1. Baik kepala sekolah maupun wakil kepala sekolah diharapkan mampu
melaksanakan dan mengkoordinir pemberdayaan tenaga administrasi secara
maksimal dan terstruktur dengan memperhatikan kendala-kendala yang timbul
untuk dapat segera dilakukan perbaikan lebih lanjut sehingga dapat
mengatasinya dan sekolah lebih mudah mencapai tujuan dan sasarannya.
2. Kepada tenaga pendidik diharapkan dapat meningkatkan keefektifan dalam
penyelenggaraan pendidikan dan membiasakan melakukan perencanan sampai
pengevaluasian pendidikan kepada peserta didik agar memudahkan terjalinnya
pembelajaran dengan lancar dan dapat lebih mudah untuk dipahami.
Ketersediaan
| STAR20210427 | 427/2021 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
427/2021
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2021
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
