Urgensi Manajemen Pemasaran dalam Meningkatkan Daya Saing Sekolah di MTs Daarul Qur’an Pajalele Kab. Bone
Sardiana/02.15.3194 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai “Urgensi Manajemen Pemasaran dalam
Meningkatkan Daya Saing Sekolah di MTs Daarul Qur’an Pajalele”. Penelitian ini
merumuskan tiga masalah yaitu: pertama bagaimana manajemen pemasaran di MTs
Daarul Qur’an Pajalele ? kedua, bagaimana peningkatan daya saing sekolah di Mts
Daarul Qur’an Pajalele? Ketiga bagaimana urgensi manajemen pemasaran dalam
meningkatkan daya saing di MTs Daarul Qur’an Pajalele?. Penelitian ini bertujuan
untuk, pertama untuk mengetahui manajemen pemasaran di MTs Daarul Qur’an
Pajalele. Kedua, untuk mengetahui peningkatan daya saing sekolah di MTs Daarul
Qur’an Pajalele. Ketiga, untuk mengetahui urgensi manajemen pemasaran dalam
meningkatkan daya saing di MTs Daarul Qur’an Pajalele.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, jenis penelitian adalah
penelitian kualitatif (qualitatif research). Data dianalisis dengan metode reduksi data,
penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi, selanjutnya dianalisis data
deduktif yaitu mengambil beberapa fakta yang bersifat umum yang selanjutnya
dianalisis untuk diterapkan kehal bersifat khusus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Pertama, Manajemen pemasaran di
MTs Daarul Qur’an Pajalele menganalisis perencanaan agar penawaran yang
diberikan dapat diterima oleh konsumen dan dapat menambah daya saing. Oleh
karena itu manajemen pemasaran merupakan langkah dan upaya agar terlaksananya
tujuan organisasi pandidikan. Kedua peningkatan daya saing MTs Daarul Qur’an
Pajalele sangat efektif karena setiap tahun jumlah peserta didik bertambah, hal ini
dikarenakan melakukan sosialisasi tahunan baik melalui media sosial, media cetak
bahkan terjun langsung ke masyarakat atau sekolah-sekolah SD/MI. Oleh karena itu
dalam meningkatkan daya saing MTs Daarul Qur’an Pajalele perlu melakukan hal-hal
yang dapat memberikan kepercayaan pada masyarakat atau konsumen. Ketiga urgensi
Manajemen Pemasaran Dalam Meningkatkan Daya Saing MTs Daarul Qur’an
Pajelele merupakan dasar kemajuan dalam pemasaran sehingga dapat menambah
daya tarik konsumen, dangan adanya strategi yang telah direncanakan dan dapat
terlaksana secara optimal maka manajemen pemasaran MTs Daarul Qur’an Pajelele
menjadi sekolah agama dengan prestasi yang menjadikan sekolah yang berdaya saing
tinggi.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Manajemen pemasaran di MTs Daarul Qur’an Pajalele Kab. Bone merupakan
analisis pemasaran dan perencanaan agar penawaran yang diberikan dapat di
terima oleh konsumen dan dapat menambah daya saing. Oleh karena itu
manajemen pemasaran merupakan langkah dan upaya agar terlaksananya
tujuan organisasi pandidikan. Dengan adanya perencanaan dan pelaksanaan
aktivitas juga dapat memenuhi tujuan-tujuan dan mengukur kemajuan ke arah
pencapaian dalam meningkatkan daya saing sekolah
2. Peningkatkan daya saing MTs Daarul Qur’an Pajalele Kab. Bone diperlukan
adanya kreatifitas dalam meningkatkan daya saing maupun strategi, selain itu
kegigihan dan kreatifitas serta ketelitian dalam melihat peluang-peluang yang
ada dapat memacu mutu daya saing lembaga pendidikan. Oleh karena itu
dalam meningkatkan daya saing MTs Daarul Qur’an Pajalele perlu melakukan
hal-hal yang dapat memberikan kepercayaan pada masyarakat atau konsumen
dengan melakukan sosialisasi tahunan dan promosi menggunakam media sosial
dan media cetak yang mengatasnamakan sekolah dan menerangkan jati diri
sekolah
3. Urgensi Manajemen Pemasaran Dalam Meningkatkan Daya Saing MTs Daarul
Qur’an Pajelele Kab. Bone merupakan dasar kemajuan dalam pemasaran
sehingga dapat menambah daya tarik konsumen, dengan adanya strategi yang
telah direncanakan dan dapat terlaksana secara optimal maka manajemen
4. pemasaran MTs Daarul Qur’anPajalele manjadi sekolah agama dengan prestasi
yang menjadikan sekolah yang berdaya saing tinggi.
B. Implikasi
Setelah mengadakan penelitian tentang Urgensi Manajemen Pemasaran
dalam Meningkatkan Daya Saing Sekolah maka saran yang akan peneliti
sampaikan yaitu:
1. Untuk manajemen pemasaran yang baik hendaknya dilakukan dengan cermat
dengan melihat analisis kebutuhan serta aspek-aspek lainnya agar rencana
yang dihasilkan jelas, bersifat menyeluruh dan berorientasi pada tujuan
pendidikan.
2. Untuk meningkatkan daya saing, diperlukan adanya rencana yang matang yang
dapat dijadikan pedoman dalam pelaksanaan pemasaran. Daya saing yang baik
hendaknya terarah dan sistematis agar sesuai dengan kebutuhan sekolah.
Meningkatkan Daya Saing Sekolah di MTs Daarul Qur’an Pajalele”. Penelitian ini
merumuskan tiga masalah yaitu: pertama bagaimana manajemen pemasaran di MTs
Daarul Qur’an Pajalele ? kedua, bagaimana peningkatan daya saing sekolah di Mts
Daarul Qur’an Pajalele? Ketiga bagaimana urgensi manajemen pemasaran dalam
meningkatkan daya saing di MTs Daarul Qur’an Pajalele?. Penelitian ini bertujuan
untuk, pertama untuk mengetahui manajemen pemasaran di MTs Daarul Qur’an
Pajalele. Kedua, untuk mengetahui peningkatan daya saing sekolah di MTs Daarul
Qur’an Pajalele. Ketiga, untuk mengetahui urgensi manajemen pemasaran dalam
meningkatkan daya saing di MTs Daarul Qur’an Pajalele.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, jenis penelitian adalah
penelitian kualitatif (qualitatif research). Data dianalisis dengan metode reduksi data,
penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi, selanjutnya dianalisis data
deduktif yaitu mengambil beberapa fakta yang bersifat umum yang selanjutnya
dianalisis untuk diterapkan kehal bersifat khusus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Pertama, Manajemen pemasaran di
MTs Daarul Qur’an Pajalele menganalisis perencanaan agar penawaran yang
diberikan dapat diterima oleh konsumen dan dapat menambah daya saing. Oleh
karena itu manajemen pemasaran merupakan langkah dan upaya agar terlaksananya
tujuan organisasi pandidikan. Kedua peningkatan daya saing MTs Daarul Qur’an
Pajalele sangat efektif karena setiap tahun jumlah peserta didik bertambah, hal ini
dikarenakan melakukan sosialisasi tahunan baik melalui media sosial, media cetak
bahkan terjun langsung ke masyarakat atau sekolah-sekolah SD/MI. Oleh karena itu
dalam meningkatkan daya saing MTs Daarul Qur’an Pajalele perlu melakukan hal-hal
yang dapat memberikan kepercayaan pada masyarakat atau konsumen. Ketiga urgensi
Manajemen Pemasaran Dalam Meningkatkan Daya Saing MTs Daarul Qur’an
Pajelele merupakan dasar kemajuan dalam pemasaran sehingga dapat menambah
daya tarik konsumen, dangan adanya strategi yang telah direncanakan dan dapat
terlaksana secara optimal maka manajemen pemasaran MTs Daarul Qur’an Pajelele
menjadi sekolah agama dengan prestasi yang menjadikan sekolah yang berdaya saing
tinggi.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Manajemen pemasaran di MTs Daarul Qur’an Pajalele Kab. Bone merupakan
analisis pemasaran dan perencanaan agar penawaran yang diberikan dapat di
terima oleh konsumen dan dapat menambah daya saing. Oleh karena itu
manajemen pemasaran merupakan langkah dan upaya agar terlaksananya
tujuan organisasi pandidikan. Dengan adanya perencanaan dan pelaksanaan
aktivitas juga dapat memenuhi tujuan-tujuan dan mengukur kemajuan ke arah
pencapaian dalam meningkatkan daya saing sekolah
2. Peningkatkan daya saing MTs Daarul Qur’an Pajalele Kab. Bone diperlukan
adanya kreatifitas dalam meningkatkan daya saing maupun strategi, selain itu
kegigihan dan kreatifitas serta ketelitian dalam melihat peluang-peluang yang
ada dapat memacu mutu daya saing lembaga pendidikan. Oleh karena itu
dalam meningkatkan daya saing MTs Daarul Qur’an Pajalele perlu melakukan
hal-hal yang dapat memberikan kepercayaan pada masyarakat atau konsumen
dengan melakukan sosialisasi tahunan dan promosi menggunakam media sosial
dan media cetak yang mengatasnamakan sekolah dan menerangkan jati diri
sekolah
3. Urgensi Manajemen Pemasaran Dalam Meningkatkan Daya Saing MTs Daarul
Qur’an Pajelele Kab. Bone merupakan dasar kemajuan dalam pemasaran
sehingga dapat menambah daya tarik konsumen, dengan adanya strategi yang
telah direncanakan dan dapat terlaksana secara optimal maka manajemen
4. pemasaran MTs Daarul Qur’anPajalele manjadi sekolah agama dengan prestasi
yang menjadikan sekolah yang berdaya saing tinggi.
B. Implikasi
Setelah mengadakan penelitian tentang Urgensi Manajemen Pemasaran
dalam Meningkatkan Daya Saing Sekolah maka saran yang akan peneliti
sampaikan yaitu:
1. Untuk manajemen pemasaran yang baik hendaknya dilakukan dengan cermat
dengan melihat analisis kebutuhan serta aspek-aspek lainnya agar rencana
yang dihasilkan jelas, bersifat menyeluruh dan berorientasi pada tujuan
pendidikan.
2. Untuk meningkatkan daya saing, diperlukan adanya rencana yang matang yang
dapat dijadikan pedoman dalam pelaksanaan pemasaran. Daya saing yang baik
hendaknya terarah dan sistematis agar sesuai dengan kebutuhan sekolah.
Ketersediaan
| STAR20190194 | 194/2019 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
194/2019
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2019
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyahh
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
