Peran Kompensasi Non Finansial Dalam Meningkatkan Kinerja Tenaga Kependidikan Di SMP Negeri 2 Ponre Kab. Bone
Muh. Hidayat/02.17.3073 - Personal Name
A. Simpulan
Berdasarkan penelitian dan analisis yang telah diuraikan pada bab sebelumnya
yang dilakukan oleh peneliti di SMP Negeri 2 Ponre Kab. Bone Kec. Ponre Kab.
Bone, maka peneliti menyimpulkan sebagai berikut.
1. Kompensasi Non Finansial di SMP Negeri 2 Ponre Kab. Bone terdiri dari
pemberian motivasi, promosi jabatan dan cuti khusus yang dinilai
memiliki peran dalam peningkatkan kinerja pada tenaga kependidikan
meskipun secara menyeluruh belum berpengaruh kepada seluruh tenaga
kependidikan yang ada di SMP Negeri 2 Ponre Kab. Bone dalam
memperlihatkan komitmen, loyalitas, inovasi dan inisiatifnya dalam
membantu penyelenggaran administrasi pendidikan di sekolah. Peran
kompensasi non finansial dalam meningkatkan kinerja tenaga
kependidikan dihadapi SMP Negeri 2 Ponre Kab. Bone sangat penting
dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan semangat dan motivasi
tenaga kependidikan dan kepala sekolah bisa lebih dekat dalam menjalin
hubungan kekeluargaan dengan tenaga kependidikan selaku bawahannya
di dalam sekolah.
2. Kinerja dari tenaga kependidikan dihadapi di SMP Negeri 2 Ponre Kab.
Bone sudah memperlihatkan dedikasinya berupa komitmen, loyalitas,
inovasi dan inisiatif dalam menjalankan tugas dan tanggungjawabnya
meskipun hal tersebut hanya ditunjukan oleh beberapa tenaga kependidikan
dan tidak diikuti oleh tenaga kependidikan yang lain dalam menjalankan
tugasnya.
B. Implikasi
Setelah peneliti menguraikan kesimpulan di atas, maka di bawah ini akan
diuraikan implikasi dari penelitian yang telah dilakukan. Adapun implikasi yang
diharapkan peneliti dapat terjadi yaitu sebagai berikut :
1. Kepala sekolah maupun wakil kepala sekolah dan kepala tata usaha
diharapkan mampu menanamkan komitmen, loyalitas, menstimulasi
dalam berinovasi dan berinisiatif saat melaksanakan tugas dan tanggung
jawab di di dalam penyelenggaraan administrasi di sekolah.
2. Kepada tenaga pendidik dan tenaga kependidikan agar saling bekerjasama,
bahu-membahu dalam membantu kepala sekolah menjalankan tugasnya
karena dengan adanya kerjasama yang baik dari semua pihak yang
bersangkutan maka akan lebih mudah mencapai tujuan dan sasaran
sekolah.
3. Kepada tenaga kependidikan yang telah diberikan kompensasi berupa
finansial dan non finansial dapat lebih memperlihatkan komitmen,
loyalitas, inovasi dan inisiatif dalam bekerja agar tidak terjadi
penumpukan pekerjaan yang dihasilkan karena tugas yang dilalaikannya.
Berdasarkan penelitian dan analisis yang telah diuraikan pada bab sebelumnya
yang dilakukan oleh peneliti di SMP Negeri 2 Ponre Kab. Bone Kec. Ponre Kab.
Bone, maka peneliti menyimpulkan sebagai berikut.
1. Kompensasi Non Finansial di SMP Negeri 2 Ponre Kab. Bone terdiri dari
pemberian motivasi, promosi jabatan dan cuti khusus yang dinilai
memiliki peran dalam peningkatkan kinerja pada tenaga kependidikan
meskipun secara menyeluruh belum berpengaruh kepada seluruh tenaga
kependidikan yang ada di SMP Negeri 2 Ponre Kab. Bone dalam
memperlihatkan komitmen, loyalitas, inovasi dan inisiatifnya dalam
membantu penyelenggaran administrasi pendidikan di sekolah. Peran
kompensasi non finansial dalam meningkatkan kinerja tenaga
kependidikan dihadapi SMP Negeri 2 Ponre Kab. Bone sangat penting
dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan semangat dan motivasi
tenaga kependidikan dan kepala sekolah bisa lebih dekat dalam menjalin
hubungan kekeluargaan dengan tenaga kependidikan selaku bawahannya
di dalam sekolah.
2. Kinerja dari tenaga kependidikan dihadapi di SMP Negeri 2 Ponre Kab.
Bone sudah memperlihatkan dedikasinya berupa komitmen, loyalitas,
inovasi dan inisiatif dalam menjalankan tugas dan tanggungjawabnya
meskipun hal tersebut hanya ditunjukan oleh beberapa tenaga kependidikan
dan tidak diikuti oleh tenaga kependidikan yang lain dalam menjalankan
tugasnya.
B. Implikasi
Setelah peneliti menguraikan kesimpulan di atas, maka di bawah ini akan
diuraikan implikasi dari penelitian yang telah dilakukan. Adapun implikasi yang
diharapkan peneliti dapat terjadi yaitu sebagai berikut :
1. Kepala sekolah maupun wakil kepala sekolah dan kepala tata usaha
diharapkan mampu menanamkan komitmen, loyalitas, menstimulasi
dalam berinovasi dan berinisiatif saat melaksanakan tugas dan tanggung
jawab di di dalam penyelenggaraan administrasi di sekolah.
2. Kepada tenaga pendidik dan tenaga kependidikan agar saling bekerjasama,
bahu-membahu dalam membantu kepala sekolah menjalankan tugasnya
karena dengan adanya kerjasama yang baik dari semua pihak yang
bersangkutan maka akan lebih mudah mencapai tujuan dan sasaran
sekolah.
3. Kepada tenaga kependidikan yang telah diberikan kompensasi berupa
finansial dan non finansial dapat lebih memperlihatkan komitmen,
loyalitas, inovasi dan inisiatif dalam bekerja agar tidak terjadi
penumpukan pekerjaan yang dihasilkan karena tugas yang dilalaikannya.
Ketersediaan
| STAR20210197 | 197/2021 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
197/2021
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2021
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
