Implementasi Evaluasi Kinerja Guru dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di MTs As Adiyah No. 05 Uloe Kab. Bone

No image available for this title
Skripsi ini membahas “Implementasi Evaluasi Kinerja Guru dalam
Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di MTs As Adiyah No. 05 Uloe”. Hal yang
penting dibahas dalam skripsi ini yakni pentingnya implementasi evaluasi kinerja
guru, peningkatan kualitas pembelajaran, serta implementasi Evaluasi Kinerja Guru
dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Mts As Adiyah No. 05 Uloe
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, Jenis penelitian adalah
penelitian kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan
dokumentasi. Data dianalisis dengan metode reduksi data, penyajian data, penarikan
kesimpulan dan verifikasi.
Keberhasilan penyelenggaraan pendidikan sangat ditentukan oleh kesiapan
guru dalam mempersiapkan peserta didiknya melalui kegiatan belajar mengajar.
Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui pelaksanaan evaluasi kinerja guru dalam
meningkatkan kualitas pembelajaran di MTs As Adiyah No. 05 Uloe. Hal tersebut
dapat ditunjukan pada, Pertama, Implementasi Evaluasi Kinerja Guru Mts As Adiyah
No. 05 Uloe dapat dilihat perencanaan pelaksanaan evaluasi kinerja guru yang
meliputi : menyiapkan pedoman evaluasi, memahami kompotensi kinerja guru,
penggunaan instrumen dan tata cara evaluasi, menjelaskan jadwalnya, selanjutnya
dalam pelaksaan evaluasi meliputi : pengumpulan dokumen yang terkait dalam
evaluasi, kepala sekolah mencatat semua apa yang dilakukan oleh guru saat di
evaluasi, sampai dengan mengklarifikasi aspek yang masih diragukan, dan yang
terakhir melakukan tindakan lanjut yang meliputi : melakukan perbaikan RPP dan
Silabus yang belum tercapai dan melakukan pengadministrasian hasil evaluasi.
Kedua, peningkatan kualitas pembelajaran MTs As Adiyah No. 05 Uloe. Dapat
dilihat dari perencanaan proses pembelajaran yang meliputi: mengembangkan RPP
dan Silabus, dan penyusunan materi pembelajaran, selanjutnya melakukan
pelaksanaan proses pembelajaran yang meliputi: Pengeloaan kelas, penggunaan
metode yang baik, penggunaan media dan sumber pembelajaran dan yang terakhir
yaitu melakukan penilaian tes dan non tes. Ketiga pelaksaan Evaluasi Kinerja Guru
dapat Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di MTs As Adiyah No. 05 Uloe yaitu
harus menyesuaikan mekanisme evaluasi kinerja guru dengan baik dan benar.
A. Simpulan
Berdasarkan dari hasil penelitian di MTs As Adiyah no 05 uloe yang
telah penulis uraikan di bab III dengan judul Implementasi Evaluasi Kinerja
Guru dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di MTs As Adiyah No.05
Uloe, maka penulis menyimpulkan sebagai berikut:
1. Implementasi Evaluasi Kinerja Guru MTs As Adiyah No.05 Uloe dapat
dilihat dari perencanaan pelaksanaan evaluasi kinerja guru diantaranya:
mempersiapkan pedoman evaluasi, memahami kompotensi kinerja guru,
penggunaan instrumen dan tata cara evaluasi, menjelaskan jadwal evaluasi,
selanjutnya dalam pelaksanaan evaluasi diantaranya pengumpulan dokumen
yang terkait dalam evaluasi, kepala sekolah mencatat semua apa yang
dilakukan oleh guru saat di evaluasi, sampai dengan mengklarifikasi aspek
yang masih diragukan , dan yang terakhir menindak lanjuti diantaranya:
melakukan perbaikan RPP dan Silabus yang belum tercapai dan melakukan
pengadministrasian hasil evaluasi.
2. Peningkatan kualitas pembelajaran MTs As Adiyah No.05 Uloe. Dapat
dilihat dari perencanaan proses pembelajaran diantaranya Pengembangan
RPP dan Silabus, dan penyusunan materi pembelajaran, selanjutnya
melakukan pelaksanaan proses pembelajaran yang meliputi: Pengeloaan
kelas, penggunaan metode yang baik, penggunaan media dan sumber
pembelajaran dan yang terakhir yaitu melakukan penilaian tes dan non tes.
3. Implementasi Evaluasi Kinerja Guru dapat Meningkatkan Kualitas
Pembelajaran di MTs As Adiyah No.05 Uloe dapat menyesuaikan
mekanisme evaluasi kinerja guru dengan baik dan benar.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan kesimpulan tersebut, maka di bawah ini
akan diuraikan saran-saran. Adapun saran-saran penulis dalam pembahasan
skripsi ini sebagai berikut:
1. Di harapkan kepala madrasah melibatkan guru dalam membuat instrumen
evaluasi kinerja guru dan kepala madrasa juga harus menyiapkan fasilitas
sapras dalam proses pembelajran supaya guru bisa melakukan metode
gambar dengan menggunakan LCD disetiap ruangan kelas.
2. Di harapkan kepada guru agar selalu melengkapi RPP dan Silabus sebelum
melakukan pelaksanaan evaluasi dan guru juga harus mampu
menggunakan media pembelajar Teknologi seperti LCD.
3. Pengawas agar menjadikan panduan Implementasi Penilaian kinerja Guru
ini untuk sekolah yang lain yang dinilai belum berjalan, sekaligus bahan
pemetaan sekolah yang melaksanakan evaluasi kinerja guru
Ketersediaan
STAR20190191191/2019Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

191/2019

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyahh

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top