Manajemen Pengembangan Layanan Bimbingan Konseling Dalam Mengatasi Problematika Siswa Di MTs As Adiyah No 5 Uloe
Mirnawati/02.15.3128 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai“Manajemen Pengembangan Layanan
Bimbingan Konseling Dalam Mengatasi Problematika Siswa Di MTs As Adiyah No 5
Uloe”.Hal yang penting dikaji dalam skripsi ini yakni manajemen pengembangan
layanan bimbingan konseling, problematika siswa dan cara mengatasi problematika
siswa di MTs As Adiyah No 5 Uloe.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, Jenis penelitian adalah
penelitian kualiatif (qualitatif research). Data dikumpulkan melalui observasi,
wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan metode reduksi data, penyajian
data, penarikan kesimpulan dan verifikasi, selanjutnya menggunakan teknik analisis
data induktif yaitu mengambil beberapa fakta yang bersifat umum yang selanjutnya
dianalisis untuk diterapkan ke hal yang bersifat khusus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pengembangan layanan
bimbingan konseling dalam mengatasi problematika siswa di MTs As adiyah No 5
Uloe dilaksanakan dengan baik dan semua problematika siswa bisa diatasi secara
efektif dan efisien. Kedua, problematika siswa di MTs As adiyah No 5 Uloe ada 2
macam permasalahan dari induvidu itu sendiri seperti siswa yang malas belajar atau
kurang IQ nya dan permasalahan dari lingkungan baik lingkungan rumah, lingkungan
masyarakat dan lingkungan sekolah. Ketiga untuk mengatasi problematika siswa di
MTs As adiyah No 5 Uloe menggunakan metode mulai dari pengumpulan data
terlebih dahulu kemudian pengolahan data, diagnosis, prognosis, teatment dan
evaluasi dengan terlaksananya semua itu maka problematika siswa di MTs As adiyah
No 5 Uloe teratasi dengan baik secara efektif dan efisien.
A. Kesimpulan
Dari hasil penelitian yang telah dipaparkan, maka penulis dapat
mengambil kesimpulan bahwa:
1. Manajemen pengembangan layanana bimbingan konseling itu telah dilaksanakan atau
diterapkan dengan baik dan semua problematika siswa bisa teratasi secara efektif dan
efisien di sekolah MTs As adiyah No 5 Uloe
2. Ada dua macam problematika siswa yang ada di MTs As adiyah No 5 Uloe
mulai dari problematika yang berasal dari diri sendiri dan berasal dari
lingkungan baik lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat maupun
lingkungan sekolah dengan berbagai macam problematika siswa akan tetapi
pihak sekolah mampu mengatasinya dan memberikan solusi kepada siswa
siswa yang bersangkutan.
3. Ada beberapa langkah dalam melakukan atau cara untuk mengatasi
problematika siswa yaitu pengumpulan data, pengolahan data, diagnosis,
prognosis, teatment dan evaluasi
Dengan melakukan langkah-langkah yang diatas semua
problematika siswa yang ada di MTs As adiyah No 5 Uloe mampu teratasi
dengan baik secara efektif dan efisien.
B. Implikasi
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh. Maka saran-saran dari penulis
yang dapat dijadikan pertimbangan dalam meningkatkan kualitas pendidikan
adalah sebagai berikut:
1. Diharapkan bagi kepala sekolah mampu memaksimalkan seluruh sumber daya
pendidikan dan potensi, dalam konteks bimbingan dan konseling bagi siswa,
agar proses atau kegiatan belajar dan mengajar mampu memberikan implikasi
yang positif dalam rangka peningkatan prestasi belajar siswa dan psikologi
belajarnya.
2. Diharapkan bagi guru BK mampu lebih memahami kondisi psikologis siswa
yang sedang mengalamai permasalahn, agar mampu membangkitkan minat dan
bakat siswa dalam upaya peningkatan kualitas pendidikannya.
3. Diharapkan masyarakat agar mampu bekerja sama dengan pihak sekolah secara
lebih intens terkait dengan pengawasan siswa di luar sekolah yang tentunya
tidak selalu bisa dijangkau dalam pengawasan pihak sekolah.
4. Diharapkan bagi orang tua siswa untuk mampu bekerja sama dengan pihak
sekolah terkait dengan pengawasan siswa diluar dari sekolah yang tentunya
tidak bisa di jangkau dalam pengawasan pihak sekolah.
Bimbingan Konseling Dalam Mengatasi Problematika Siswa Di MTs As Adiyah No 5
Uloe”.Hal yang penting dikaji dalam skripsi ini yakni manajemen pengembangan
layanan bimbingan konseling, problematika siswa dan cara mengatasi problematika
siswa di MTs As Adiyah No 5 Uloe.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, Jenis penelitian adalah
penelitian kualiatif (qualitatif research). Data dikumpulkan melalui observasi,
wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan metode reduksi data, penyajian
data, penarikan kesimpulan dan verifikasi, selanjutnya menggunakan teknik analisis
data induktif yaitu mengambil beberapa fakta yang bersifat umum yang selanjutnya
dianalisis untuk diterapkan ke hal yang bersifat khusus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pengembangan layanan
bimbingan konseling dalam mengatasi problematika siswa di MTs As adiyah No 5
Uloe dilaksanakan dengan baik dan semua problematika siswa bisa diatasi secara
efektif dan efisien. Kedua, problematika siswa di MTs As adiyah No 5 Uloe ada 2
macam permasalahan dari induvidu itu sendiri seperti siswa yang malas belajar atau
kurang IQ nya dan permasalahan dari lingkungan baik lingkungan rumah, lingkungan
masyarakat dan lingkungan sekolah. Ketiga untuk mengatasi problematika siswa di
MTs As adiyah No 5 Uloe menggunakan metode mulai dari pengumpulan data
terlebih dahulu kemudian pengolahan data, diagnosis, prognosis, teatment dan
evaluasi dengan terlaksananya semua itu maka problematika siswa di MTs As adiyah
No 5 Uloe teratasi dengan baik secara efektif dan efisien.
A. Kesimpulan
Dari hasil penelitian yang telah dipaparkan, maka penulis dapat
mengambil kesimpulan bahwa:
1. Manajemen pengembangan layanana bimbingan konseling itu telah dilaksanakan atau
diterapkan dengan baik dan semua problematika siswa bisa teratasi secara efektif dan
efisien di sekolah MTs As adiyah No 5 Uloe
2. Ada dua macam problematika siswa yang ada di MTs As adiyah No 5 Uloe
mulai dari problematika yang berasal dari diri sendiri dan berasal dari
lingkungan baik lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat maupun
lingkungan sekolah dengan berbagai macam problematika siswa akan tetapi
pihak sekolah mampu mengatasinya dan memberikan solusi kepada siswa
siswa yang bersangkutan.
3. Ada beberapa langkah dalam melakukan atau cara untuk mengatasi
problematika siswa yaitu pengumpulan data, pengolahan data, diagnosis,
prognosis, teatment dan evaluasi
Dengan melakukan langkah-langkah yang diatas semua
problematika siswa yang ada di MTs As adiyah No 5 Uloe mampu teratasi
dengan baik secara efektif dan efisien.
B. Implikasi
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh. Maka saran-saran dari penulis
yang dapat dijadikan pertimbangan dalam meningkatkan kualitas pendidikan
adalah sebagai berikut:
1. Diharapkan bagi kepala sekolah mampu memaksimalkan seluruh sumber daya
pendidikan dan potensi, dalam konteks bimbingan dan konseling bagi siswa,
agar proses atau kegiatan belajar dan mengajar mampu memberikan implikasi
yang positif dalam rangka peningkatan prestasi belajar siswa dan psikologi
belajarnya.
2. Diharapkan bagi guru BK mampu lebih memahami kondisi psikologis siswa
yang sedang mengalamai permasalahn, agar mampu membangkitkan minat dan
bakat siswa dalam upaya peningkatan kualitas pendidikannya.
3. Diharapkan masyarakat agar mampu bekerja sama dengan pihak sekolah secara
lebih intens terkait dengan pengawasan siswa di luar sekolah yang tentunya
tidak selalu bisa dijangkau dalam pengawasan pihak sekolah.
4. Diharapkan bagi orang tua siswa untuk mampu bekerja sama dengan pihak
sekolah terkait dengan pengawasan siswa diluar dari sekolah yang tentunya
tidak bisa di jangkau dalam pengawasan pihak sekolah.
Ketersediaan
| STAR20190189 | 189/2019 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
189/2019
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2019
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyahh
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
