Peran Guru Akidah Akhlak dalam Pembentukan Kepribadian Islami Pada Siswa Kelas VIII di Mts DDI Lonrong Kec. Ponre Kab. Bone
Harmidah/02.15.1077 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang peran Guru Akidah Akhlak dalam Pembentukan
Kepribadian Islami Pada siswa Kelas VIII di MTs DDI Lonrong Kec. Ponre Kab.
Bone. Pokok masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana Upaya Guru Akidah
Akhlak dalam Pembentukan Kepribadian Islami Pada Siswa Kelas VIII di MTs DDI
Lonrong?, dan Bagaimana Kontribusi Guru Akidah Akhlak dalam Pembentukan
Kepribadian Islami pada Siswa Kelas VIII di MTs DDI Lonrong?.Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui upaya Guru akidah akhlak dalam pembentukan
kepribadian islami pada siswa kelas VIII di MTs DDI Lonrong dan untuk mengetahui
kontribusi guru akidah akhlak dalam pembentukan kepribadian islami pada siswa
kelas VIII di MTs DDI Lonrong.
Penelitian ini dilakukan dengan teknik pengumpulan data yaitu metode field
research melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data
menggunakan metode deskriptif kualitatif yang dibagi menjadi beberapa tahap yaitu
reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya guru akidah akhlak dalam
pembentukan kepribadian islami pada siswa kelas VIII di MTs DDI Lonrong yaitu:
1.dengan memberikan pendidikan akhlak dimulai dari pembiasaan akhlak terpuji,
2.memberikan wawasan keagamaan, 3. memberikan contoh prilaku yang baik. Dan
Kontribusi Guru akidah akhlak dalam pembentukan kepribadian islami pada siswa
kelas VIII di Mts DDI Lonrong yaitu: 1.guru memberikan informasi ilmu
pengetahuan sesuai materi ajar, 2.memberikan motivasi sebelum belajar, 3.pembinaan
Akidah, 4.Pembinaan Ibadah, 5.Pendidikan Akhlak, 6.Pembentukan jiwa islami dan
7.Pembinaan Intelektual islami.
Implikasi pembahasan skripsi ini yaitu diharapkan kepada guru Akidah
Akhlak untuk senantiasa membina dan membimbing siswa secara optimal mengenai
pembentukan kepribadian islami pada siswa. Pembinaan oleh guru diharapkan bukan
hanya sebatas menyampaikan materi, tetapi guru harus mampu memberikan teladan
yang baik kepada siswa. Dan diharapkan kepada siswa untuk memperhatikan dan
mengamalkan materi pembelajaran yang diberikan oleh guru khususnya mengenai
pengamalan kepribadian islami. Demikian pula kepada pemimpin lembaga
pendidikan untuk senantiasa mengarahkan, membimbing, dan menetapkan program
atau peraturan yang inovatif dan efektif untuk melahirkan siswa yang memiliki
pengetahuan dan pengamalan kepribadian islami yang baik.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian yang telah dipaparkan sebelumnya, maka simpulan
dari pembahasan skripsi ini sebagai berikut:
1. Upaya guru akidah akhlak dalam pembentukan kepribadian islami pada
siswa kelas VIII di MTs DDI Lonrong dapat mengajarkan, membimbing
serta memotivasi siswa berkepribadian islami, dengan memberikan
pendidikan akhlak dimulai dari pembiasaan akhlak terpuji, memberikan
wawasan keagamaan dan memberikan contoh pErilaku yang baik,
sehingga siswa dapat memahami, menghayati serta melaksanakan proses
pengamalan kepribadian islami, Melalui proses pembentukan kepribadian
islami, siswa dapat mengetahui manfaat dari pengamalan kepribadian
islami.
2. Kontribusi Guru akidah akhlak dalam pembentukan kepribadian islami
pada siswa kelas VIII di Mts DDI Lonrong yaitu guru memberikan
informasi materi sesuai ajar, memberikan motivasi sebelum belajar
melakukan, pembinaan Akidah, Pembinaan Ibadah, Pendidikan Akhlak,
Pembentukan jiwa islami dan Pembinaan Intelektual.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan, maka akan diuraikan implikasi.
Adapun implikasi yang penulis maksud dalam penelitian ini sebagai berikut:
1. Diharapkan kepada guru Akidah Akhlak untuk senantiasa membina dan
membimbing siswa secara optimal mengenai pengamalan kepribadian
islami pada siswa. Pembinaan oleh guru diharapkan bukan hanya sebatas
menyampaikan materi, tetapi mengawasi siswa dalam mengamalkan
kepribadian islami pada kehidupan sehari-hari. Selain itu, guru harus
mampu memberikan teladan yang baik kepada siswa agar dapat dijadikan
sebagai contoh bagi siswa.
2. Diharapkan kepada siswa untuk memperhatikan dan mengamalkan materi
pembelajaran yang diberikan oleh guru khususnya mengenai pengamalan
kepribadian islami. Demikian pula kepada pemimpin lembaga pendidikan
untuk senantiasa mengarahkan, membimbing, dan menetapkan program atau
peraturan yang inovatif dan efektif untuk melahirkan siswa yang memiliki
pengetahuan dan pengamalan kepribadian islami yang baik.
Kepribadian Islami Pada siswa Kelas VIII di MTs DDI Lonrong Kec. Ponre Kab.
Bone. Pokok masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana Upaya Guru Akidah
Akhlak dalam Pembentukan Kepribadian Islami Pada Siswa Kelas VIII di MTs DDI
Lonrong?, dan Bagaimana Kontribusi Guru Akidah Akhlak dalam Pembentukan
Kepribadian Islami pada Siswa Kelas VIII di MTs DDI Lonrong?.Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui upaya Guru akidah akhlak dalam pembentukan
kepribadian islami pada siswa kelas VIII di MTs DDI Lonrong dan untuk mengetahui
kontribusi guru akidah akhlak dalam pembentukan kepribadian islami pada siswa
kelas VIII di MTs DDI Lonrong.
Penelitian ini dilakukan dengan teknik pengumpulan data yaitu metode field
research melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data
menggunakan metode deskriptif kualitatif yang dibagi menjadi beberapa tahap yaitu
reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya guru akidah akhlak dalam
pembentukan kepribadian islami pada siswa kelas VIII di MTs DDI Lonrong yaitu:
1.dengan memberikan pendidikan akhlak dimulai dari pembiasaan akhlak terpuji,
2.memberikan wawasan keagamaan, 3. memberikan contoh prilaku yang baik. Dan
Kontribusi Guru akidah akhlak dalam pembentukan kepribadian islami pada siswa
kelas VIII di Mts DDI Lonrong yaitu: 1.guru memberikan informasi ilmu
pengetahuan sesuai materi ajar, 2.memberikan motivasi sebelum belajar, 3.pembinaan
Akidah, 4.Pembinaan Ibadah, 5.Pendidikan Akhlak, 6.Pembentukan jiwa islami dan
7.Pembinaan Intelektual islami.
Implikasi pembahasan skripsi ini yaitu diharapkan kepada guru Akidah
Akhlak untuk senantiasa membina dan membimbing siswa secara optimal mengenai
pembentukan kepribadian islami pada siswa. Pembinaan oleh guru diharapkan bukan
hanya sebatas menyampaikan materi, tetapi guru harus mampu memberikan teladan
yang baik kepada siswa. Dan diharapkan kepada siswa untuk memperhatikan dan
mengamalkan materi pembelajaran yang diberikan oleh guru khususnya mengenai
pengamalan kepribadian islami. Demikian pula kepada pemimpin lembaga
pendidikan untuk senantiasa mengarahkan, membimbing, dan menetapkan program
atau peraturan yang inovatif dan efektif untuk melahirkan siswa yang memiliki
pengetahuan dan pengamalan kepribadian islami yang baik.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian yang telah dipaparkan sebelumnya, maka simpulan
dari pembahasan skripsi ini sebagai berikut:
1. Upaya guru akidah akhlak dalam pembentukan kepribadian islami pada
siswa kelas VIII di MTs DDI Lonrong dapat mengajarkan, membimbing
serta memotivasi siswa berkepribadian islami, dengan memberikan
pendidikan akhlak dimulai dari pembiasaan akhlak terpuji, memberikan
wawasan keagamaan dan memberikan contoh pErilaku yang baik,
sehingga siswa dapat memahami, menghayati serta melaksanakan proses
pengamalan kepribadian islami, Melalui proses pembentukan kepribadian
islami, siswa dapat mengetahui manfaat dari pengamalan kepribadian
islami.
2. Kontribusi Guru akidah akhlak dalam pembentukan kepribadian islami
pada siswa kelas VIII di Mts DDI Lonrong yaitu guru memberikan
informasi materi sesuai ajar, memberikan motivasi sebelum belajar
melakukan, pembinaan Akidah, Pembinaan Ibadah, Pendidikan Akhlak,
Pembentukan jiwa islami dan Pembinaan Intelektual.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan, maka akan diuraikan implikasi.
Adapun implikasi yang penulis maksud dalam penelitian ini sebagai berikut:
1. Diharapkan kepada guru Akidah Akhlak untuk senantiasa membina dan
membimbing siswa secara optimal mengenai pengamalan kepribadian
islami pada siswa. Pembinaan oleh guru diharapkan bukan hanya sebatas
menyampaikan materi, tetapi mengawasi siswa dalam mengamalkan
kepribadian islami pada kehidupan sehari-hari. Selain itu, guru harus
mampu memberikan teladan yang baik kepada siswa agar dapat dijadikan
sebagai contoh bagi siswa.
2. Diharapkan kepada siswa untuk memperhatikan dan mengamalkan materi
pembelajaran yang diberikan oleh guru khususnya mengenai pengamalan
kepribadian islami. Demikian pula kepada pemimpin lembaga pendidikan
untuk senantiasa mengarahkan, membimbing, dan menetapkan program atau
peraturan yang inovatif dan efektif untuk melahirkan siswa yang memiliki
pengetahuan dan pengamalan kepribadian islami yang baik.
Ketersediaan
| STAR20190188 | 188/2019 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
188/2019
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2019
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyahh
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
