Konsep Profesionalisme Guru Menurut KH. M. Hasyim Asyari dan Relevansinya dengan Profesionalisme Guru di Era Digital
Andi Egi Harkam/ 02.17.5049 - Personal Name
kripsi ini membahas tentang Konsep Profesionalisme Guru menurut KH.
M. Hasyim Asyari dan Relevansinya dengan Profesionalisme Guru di Era Digital.
Pokok masalahnya adalah Bagaimana konsep profesionalisme guru menurut KH.
M. Hasyim Asy'ari, dan relevansi konsep profesionalisme guru menurut KH. M.
Hasyim Asy’ari di era digital. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk
mendiskripsikan konsep profesionalisme guru menurut KH. M. Hasyim Asyari.
dan relevansi konsep profesionalisme guru menurut KH. M. Hasyim Asyari di era
digital.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif adapun jenis penelitian
yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian kepustakaan atau sering disebut
library reseach. Penelitian ini dilaksanakan dengan bertumpu pada data-data
kepustakaan yaitu dengan mengkaji tentang konsep profesionalisme guru menurut
KH. Hasyim Asy’ari, kemudian dianalisis dengan menggunakan metode content
analysis atau analisis isi.
Hasil Penelitian bahwa Profesionalisme Guru yang harus dimiliki menurut
KH. M. Hasyim Asyari, yaitu sosok yang dapat menampilkan dan memenuhi
aspek-aspek lahiriyyah dan bathiniyyah, dimana seorang guru harus memiliki
etika yang baik dan sopan terhadap psesrta didik maupun lingkungan sekitarnya.
Kemudian relevansi profesionalisme guru menurut KH. M. Hasyim Asyari
dengan profesionalisme guru diera digital, yaitu KH. M. Hasyim Asyari lebih
menerapkan aspek-aspek lahiriyyah dan bathiniyyah yang mana nantinya dengan
lahiriyyah dan bathiniyyah ini yang akan diterapkan kepada peserta didik. yang
dimana guru lebih menerapkan konsep KH. M. Hasyim Asyari secara lahiriyyah
dan bathiniyyah pada era digital.
A. Kesimpulan
Berdasarkan data-data yang di dapat dari berbagai sumber pustaka baik
sumber primer maupun sekunder secara dokumenter kemudian diolah serta
dianalisis, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut:
Konsep profesionalisme guru menurut KH. M. Hasyim Asyari
merupakan seorang pendidik yang mengajarkan kepada muridnya untuk
belajar mandiri, tekun, ulet, ikhlas, rajin bekerja dan juga menghargai
kekayaan alam yang diberikan Tuhan, serta tidak pilih kasih terhadap
muridnya. Adapun profesionalisme guru menurut KH. M. Hasyim Asyari
merupakan sosok yang dapat menampilkan etika yang baik kepada peserta
didiknya maupun dilingkungan sekitarnya.
Relevansi atau hubungan atau kaitan konsep profesionalisme guru
menurut KH. M. Hasyim Asyari dengan relevansi profesionalisme guru di era
digital. Bahwa relevan karena seorang guru harus bersikap demokratis, yaitu
dengan memberi perilaku yang sama kepada pelajar, tanpa bersikap
diskriminati kecuali ada alasan tertentu.
Hal ini relevan dengan
profesionalisme guru di era digital bahwa menghormati martabat, hak-hak
peserta didik secara adil dan objektif. kemudian, KH. Hasyim Asyari
menekankan pada penguasaan guru terhadap komponen-komponen dalam
interaksi seperti seorang guru harus bertutur kata dengan baik dan berakhlak
baik dengan masyarakat. Hal ini relevan dengan profesionalisme guru di era
digital bahwa seorang guru harus menjalin komunikasi yang efektif dan
kerjasama yang harmonis dengan masyarakat.
B. Saran
Dari hasil penelitian ini, diharapkan keprofesionalan seorang guru dapat
memberikan kualitas dalam pendidikan unuk mencapai tujuan pendidikan.
Dan diharapkan kepada seluruh profesi guru maupun profesi yang lain agar
bisa bersikap profesional dalam pekerjaannya karena orang yang profesional
lebih baik daripada hanya menyandang status sebagai profesi tetapi tidak
berprofesional dalam pekerjaannya.
Profesionalisme seorang guru dalam mengajar dapat mencapai tujuan
pembelajaran yang bertujuan untuk menumbuhkan dan meningkatkan
pembelajaran dan mengembangkan pengetahuan, pengalaman, serta
pengalaman peserta didik. Guru yang profesional akan menentukan kualitas
pendidikan, dimana profesional tersebut dapat mencapai tujuan pendidikan.
M. Hasyim Asyari dan Relevansinya dengan Profesionalisme Guru di Era Digital.
Pokok masalahnya adalah Bagaimana konsep profesionalisme guru menurut KH.
M. Hasyim Asy'ari, dan relevansi konsep profesionalisme guru menurut KH. M.
Hasyim Asy’ari di era digital. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk
mendiskripsikan konsep profesionalisme guru menurut KH. M. Hasyim Asyari.
dan relevansi konsep profesionalisme guru menurut KH. M. Hasyim Asyari di era
digital.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif adapun jenis penelitian
yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian kepustakaan atau sering disebut
library reseach. Penelitian ini dilaksanakan dengan bertumpu pada data-data
kepustakaan yaitu dengan mengkaji tentang konsep profesionalisme guru menurut
KH. Hasyim Asy’ari, kemudian dianalisis dengan menggunakan metode content
analysis atau analisis isi.
Hasil Penelitian bahwa Profesionalisme Guru yang harus dimiliki menurut
KH. M. Hasyim Asyari, yaitu sosok yang dapat menampilkan dan memenuhi
aspek-aspek lahiriyyah dan bathiniyyah, dimana seorang guru harus memiliki
etika yang baik dan sopan terhadap psesrta didik maupun lingkungan sekitarnya.
Kemudian relevansi profesionalisme guru menurut KH. M. Hasyim Asyari
dengan profesionalisme guru diera digital, yaitu KH. M. Hasyim Asyari lebih
menerapkan aspek-aspek lahiriyyah dan bathiniyyah yang mana nantinya dengan
lahiriyyah dan bathiniyyah ini yang akan diterapkan kepada peserta didik. yang
dimana guru lebih menerapkan konsep KH. M. Hasyim Asyari secara lahiriyyah
dan bathiniyyah pada era digital.
A. Kesimpulan
Berdasarkan data-data yang di dapat dari berbagai sumber pustaka baik
sumber primer maupun sekunder secara dokumenter kemudian diolah serta
dianalisis, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut:
Konsep profesionalisme guru menurut KH. M. Hasyim Asyari
merupakan seorang pendidik yang mengajarkan kepada muridnya untuk
belajar mandiri, tekun, ulet, ikhlas, rajin bekerja dan juga menghargai
kekayaan alam yang diberikan Tuhan, serta tidak pilih kasih terhadap
muridnya. Adapun profesionalisme guru menurut KH. M. Hasyim Asyari
merupakan sosok yang dapat menampilkan etika yang baik kepada peserta
didiknya maupun dilingkungan sekitarnya.
Relevansi atau hubungan atau kaitan konsep profesionalisme guru
menurut KH. M. Hasyim Asyari dengan relevansi profesionalisme guru di era
digital. Bahwa relevan karena seorang guru harus bersikap demokratis, yaitu
dengan memberi perilaku yang sama kepada pelajar, tanpa bersikap
diskriminati kecuali ada alasan tertentu.
Hal ini relevan dengan
profesionalisme guru di era digital bahwa menghormati martabat, hak-hak
peserta didik secara adil dan objektif. kemudian, KH. Hasyim Asyari
menekankan pada penguasaan guru terhadap komponen-komponen dalam
interaksi seperti seorang guru harus bertutur kata dengan baik dan berakhlak
baik dengan masyarakat. Hal ini relevan dengan profesionalisme guru di era
digital bahwa seorang guru harus menjalin komunikasi yang efektif dan
kerjasama yang harmonis dengan masyarakat.
B. Saran
Dari hasil penelitian ini, diharapkan keprofesionalan seorang guru dapat
memberikan kualitas dalam pendidikan unuk mencapai tujuan pendidikan.
Dan diharapkan kepada seluruh profesi guru maupun profesi yang lain agar
bisa bersikap profesional dalam pekerjaannya karena orang yang profesional
lebih baik daripada hanya menyandang status sebagai profesi tetapi tidak
berprofesional dalam pekerjaannya.
Profesionalisme seorang guru dalam mengajar dapat mencapai tujuan
pembelajaran yang bertujuan untuk menumbuhkan dan meningkatkan
pembelajaran dan mengembangkan pengetahuan, pengalaman, serta
pengalaman peserta didik. Guru yang profesional akan menentukan kualitas
pendidikan, dimana profesional tersebut dapat mencapai tujuan pendidikan.
Ketersediaan
| STAR20210290 | 290/2021 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
290/2021
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2021
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
