Peranan Guru Akidah Akhlak Dalam Menanamkan Budaya Siri Pada Siswa Ma Daarul Qur’an Pajalele Kabupaten Bone
A.Bidasari/02.17.1044 - Personal Name
Adapun permasalahan yang dibahas dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana
strategi guru akidah akhlak dalam penanaman Budaya Siri’ pada siswa, 2) Bagaimana
upaya guru akidah akhlak dalam menanamkan Budaya Siri’ pada siswa.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pengumpulan data
melalui field research (riset lapangan) dengan menggunakan pendekatan paedagogis
dan pendekatan sosiologis.Penelitian ini menggunakan teknis observasi, wawancara,
dan dokumentasi.Selanjutnya, teknis analisis data yang digunakan peneliti yaitu
reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) strategi guru akidah akhlak
dalam menanamkan Budaya Siri’pada siswa di MA Daarul Qur’an PajaleleDengan
strategi saling menghargai sesama, menerapkan budaya mappatabe’ yang sangat
penting untuk diberikan pemahaman kepada siswa bagaimana nilai mappatabe’ itu
sangat melekat di kalangan masyarakat dan lingkungan sekolah.2) Upaya yang
dilakukan guru akidah akhlak dalam menanamkan Budaya Siri’ pada siswa MA
Daarul Qur’an Pajalele adalah memberikan pemahaman serta tindakan kepada siswa
melalui perilaku yang dicontohkan dengan Sipakatau (memanusiakan), Sipakalebbi
(saling menghargai), dan Sipakainge’ (saling mengingatkan).
A.
Simpulan
Berdasarkan deskripsi pada beberapa bab sebelumnya dan pengamatan
yang penulis lakukan di MA Daarul Qur’an Pajalele penulis dapat
mengemukakan simpulan sebagai berikut:
1. Strategi guru dalam penanaman Budaya Siri’ pada siswa MA Daarul
Qur’an Pajalele dapat dilihat dari nilai-nilai budaya yang telah
diterapkan oleh guru di sekolah tersebut. Dengan strategi saling
menghargai sesama, menerapkan budaya mappatabe’ yang sangat
penting untuk diberikan pemahaman kepada siswa bagaimana nilai
mappatabe’ itu sangat melekat di kalangan masyarakat dan lingkungan
sekolah. Dalam hal menanamkan Budaya Siri’ dapat merangsang
kedisplinan siswa serta meningkatkan etika dan moral dalam
pemahaman tentang Budaya Siri’ serta menerapkan contoh-contoh
yang telah di sampaikan oleh guru.
2. Upaya guru akidah akhlakdalam menanamkan Budaya Siri’pada siswa
dengan memberikan pemahaman serta tindakan kepada siswa melalui
perilaku yang dicontohkan misalnya, menghormati yang lebih tua,cara
berbicara kepada teman sebaya, berbicara kepada orang yang lebih tua
sertamenerapkan Sipakatau, Sipakalebbi, Sipakainge’.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka dibawah ini akan
diuraikan saran-saran. Adapun saran-saran yang penulis maksudkan dalam
pembahasan skripsi ini adalah sebagai berikut:
1. Kepada tenaga pendidik hendaknya tetap melaksanakan tugas dan
tanggungjawabkan untuk selalu memperhatikan etikan dan moral
2. setiap siswa agar tidak melakukan hal-hal yang berakibat fatal bagi
diri setiap siswa.
3. Kepada pemilik yayasan tersebut hendaknya memfokuskan kepada
keadaan lingkungan sekolah dan tenaga pendidiknya yang terbatas.
strategi guru akidah akhlak dalam penanaman Budaya Siri’ pada siswa, 2) Bagaimana
upaya guru akidah akhlak dalam menanamkan Budaya Siri’ pada siswa.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pengumpulan data
melalui field research (riset lapangan) dengan menggunakan pendekatan paedagogis
dan pendekatan sosiologis.Penelitian ini menggunakan teknis observasi, wawancara,
dan dokumentasi.Selanjutnya, teknis analisis data yang digunakan peneliti yaitu
reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) strategi guru akidah akhlak
dalam menanamkan Budaya Siri’pada siswa di MA Daarul Qur’an PajaleleDengan
strategi saling menghargai sesama, menerapkan budaya mappatabe’ yang sangat
penting untuk diberikan pemahaman kepada siswa bagaimana nilai mappatabe’ itu
sangat melekat di kalangan masyarakat dan lingkungan sekolah.2) Upaya yang
dilakukan guru akidah akhlak dalam menanamkan Budaya Siri’ pada siswa MA
Daarul Qur’an Pajalele adalah memberikan pemahaman serta tindakan kepada siswa
melalui perilaku yang dicontohkan dengan Sipakatau (memanusiakan), Sipakalebbi
(saling menghargai), dan Sipakainge’ (saling mengingatkan).
A.
Simpulan
Berdasarkan deskripsi pada beberapa bab sebelumnya dan pengamatan
yang penulis lakukan di MA Daarul Qur’an Pajalele penulis dapat
mengemukakan simpulan sebagai berikut:
1. Strategi guru dalam penanaman Budaya Siri’ pada siswa MA Daarul
Qur’an Pajalele dapat dilihat dari nilai-nilai budaya yang telah
diterapkan oleh guru di sekolah tersebut. Dengan strategi saling
menghargai sesama, menerapkan budaya mappatabe’ yang sangat
penting untuk diberikan pemahaman kepada siswa bagaimana nilai
mappatabe’ itu sangat melekat di kalangan masyarakat dan lingkungan
sekolah. Dalam hal menanamkan Budaya Siri’ dapat merangsang
kedisplinan siswa serta meningkatkan etika dan moral dalam
pemahaman tentang Budaya Siri’ serta menerapkan contoh-contoh
yang telah di sampaikan oleh guru.
2. Upaya guru akidah akhlakdalam menanamkan Budaya Siri’pada siswa
dengan memberikan pemahaman serta tindakan kepada siswa melalui
perilaku yang dicontohkan misalnya, menghormati yang lebih tua,cara
berbicara kepada teman sebaya, berbicara kepada orang yang lebih tua
sertamenerapkan Sipakatau, Sipakalebbi, Sipakainge’.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka dibawah ini akan
diuraikan saran-saran. Adapun saran-saran yang penulis maksudkan dalam
pembahasan skripsi ini adalah sebagai berikut:
1. Kepada tenaga pendidik hendaknya tetap melaksanakan tugas dan
tanggungjawabkan untuk selalu memperhatikan etikan dan moral
2. setiap siswa agar tidak melakukan hal-hal yang berakibat fatal bagi
diri setiap siswa.
3. Kepada pemilik yayasan tersebut hendaknya memfokuskan kepada
keadaan lingkungan sekolah dan tenaga pendidiknya yang terbatas.
Ketersediaan
| STAR20210305 | 305/2021 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
305/2021
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2021
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
