Pengaruh Strategi Snowball Throwing pada Pembelajaran Tematik untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa MIN 3 Kecamatan Ulaweng Kabupaten Bone

No image available for this title
Skripsi ini membahas tentang pengaruh strategi snowball throwing pada
pembelajaran tematik untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di MIN 3 Bone.
Pokok permasalahan yang dikaji dalam skripsi ini adalah bagaimana pengaruh
strategi snowball throwing pada pembelajaran tematik untuk meningkatkan motivasi
belajar siswa kelas V MIN 3 Kecamatan Ulaweng Kabupaten Bone. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi snowball throwing pada
pembelajaran tematik dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V.
Skripsi ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan
eksperimental. Desain eksperimen dalam penelitian ini yaitu pra-eksperimen dengan
bentuk penelitian one group pre-test post-test. Instrumen penelitian yang digunakan
adalah panduan observasi (daftar ceklist), daftar pertanyaan (tes tertulis), lembaran
angket, dan arsip dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam skripsi
ini yaitu field research, teknik ini adalah pengumpulan data dengan terjun lansung
kelapangan penelitian. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis uji t
untuk menguji hipotesis dalam penelitian. Analisis ini digunakan untuk menentukan
perbedaan yang signifikan antara pre-test dan post-test penggunaan strategi snowball
throwing pada pembelajaran tematik untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi snowball throwing pada
pembelajaran tematik berpengaruh dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di
kelas V MIN 3 Kecamatan Ulaweng Kabupaten Bone. Dibuktikan dengan Hasil
analisis data dengan uji t pada pre-test dan post-test adalah nilai t hitung adalah 34,65
dan nilai t tabel yang diperoleh dengan taraf signifikansi 0,01 diperoleh nilai t tabel
sebesar 18,91. Adapun hasil analisis uji t pada angket motivasi belajar siswa adalah
nilai t hitung sebesar 22,11 dan nilai t tabel yang diperoleh dengan taraf signifikansi 0,01,
maka diperoleh nilai t tabel sebesar 18,91. Dapat diketahui bahwa dari kedua hasil
analisis uji t pada pre-test post-test dan angket motivasi belajar siswa menghasilkan
nilai t hitung lebih besar dibandingkan dengan t tabel.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dan diperoleh dari analisa
data dan pengujian hipotesis yang telah peneleti uraikan dalam bab III mengenai
pengaruh model pembelajaran Kooperatif strategi snowball throwing pada
pembelajaran tematik untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V MIN 3
Bone. Maka diperoleh kesimpulan, bahwa Hasil analisis data dengan uji t pada data
pre-test dengan menerapkan metode konvensional atau sebelum penerapan model
pembelajaran kooperatif strategi snowball throwing dan data post-test setelah
penerapan model pembelajaran kooperatif strategi snowball throwing yaitu nilai t hitung
34,65 dant tabel 18,91, dapat dilihat bahwa nilai t hitung lebih besar dibandingkan dengan
t tabel 34,65>18,91. Adapun hasil uji t pada data angket motivasi belajar siswa yaitu
t hitung 22,11 dan t tabel 18,91, dapat dilihat bahwa t hitung juga lebih besar dibandingkan
t tabel 22,11>18,91. Hasil uji t pada kedua data menghasilkan t hitung lebih besar
dibandingkan t tabel , dengan taraf signifikansi 0,01 atau 1%. Jadi dapat ditarik
kesimpulan bahwa hipotesis diterima dan penggunaan model pembelajaran
Kooperatif strategi snowball throwing berpengaruh pada peningkatan motivasi belajar
siswa pembelajarantematik di kelas V MIN 3 Bone.
B. Implikasi
1. Bagi pihak sekolah (MIN 3 Bone), Diharapkan agar bersama-sama bekerja
untuk membangun senergi dalam menginovasi model pembelajaran yang lebih
baik. Hendaknya mendukung dan memfasilitasi pengembangan media
pembelajaran, sebab dapat kita lihat bahwa bagaimana pentingnya model,
media, ataupun metode pembelajaran begitiu berpengaruh terhadap proses
pembelajaran.
2. Bagi guru, sebagai seorang guru kita hendaknya lebih kreatif dan inovatif
dalam menggunakan model atau metode pembelajaran untuk meningkatkan
motivasi belajar siswa agar dapat terlibat aktif dalam proses pembelajaran, dan
salah satunya yaitu penggunaan model pembelajaran Kooperatif strategi
snowball throwing dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa. Dan seorang
guru harus mampu menciptakan suasana pembelajaran yang nyaman,
menyenangkan dan menarik perhatian siswa untuk terlibat secara aktif dalam
proses pembelajaran.
3. Bagisiswa, hendaknya memusatkan perhatian kepada guru pada saat proses
pembelajaran dan menumbuhkan motivasi dalam diri untuk belajar serta berani
bertanya kepada guru tentang pelajaran yang belum dimengerti serta dan berani
mengeluarkan pendapat ketika sedang berdiskusi baik dengan guru maupun
dengan siswa lainnya.
4. Bagi peneliti selanjutnya, hendaknya peneliti selanjutnya dapat melakukan
penelitian pada materi atau pembelajaran yang berbeda dengan penelitian ini,
agar dapat dijadikan sebagai perbandingan dalam meningkatkan mutu dan
kualitas pendidikan.
Ketersediaan
STAR20190185185/2019Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

185/2019

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyahh

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top