Analysis of Lending and Receivables Collection System at PT FIF Group Pos Bone

No image available for this title
Skripsi berjudul “Analisis Pemberian Kredit dan Sistem Penagihan
Piutang Pada PT FIF Group Pos Bone”. Tujuan dari penelitian ini adalah (1)
Untuk mengetahui mekanisme pemberian kredit dan sistem penagihan piutang
pada PT FIF Group Pos Bone. (2) Untuk mengetahui faktor-faktor yang
mempengaruh pemberian kredit dan sistem penagihan piutang di PT FIF Group
Pos Bone. (3)Untuk mengetahui solusi sistem penagihan piutang di PT FIF Group
Pos Bone.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini kualitatif (field research)
yaitu suatu peneliti yang menggunakan latar alamiah (lapangan) dengan maksud
menafsirkan fenomena yang terjadi dan dilakukan dengan cara melibatkan
berbagai metode yang ada seperti wawancara, pengamatan dan pemanfaatan
dokumen. Adapun teknik pengumpulan data yakni dengan cara melakukan
wawancara dan melakukan studi dokumen kepustakaan yang erat kaitannya
dengan objek yang diteliti, kemudian dianalisis dengan cara kualitatif dengan
menggunakan teknik pengolahan data yakni reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian Mekanisme pemberian kredit dengan tahap awal
pelaksanaan pengkreditan adalah pengajuan permohonan kredit oleh calon
konsumen kepada PT FIF Group Pos Bone. Hal yang harus diperhatikan oleh
konsumen pada saat pengajuan kredit (a) Fotocopy Kartu Tanda Penduduk, (1)
Jika sudah menikah, fotocopy KTP suami / istri, (2) Jika belum menikah,
fotocopy KTP pribadi, (b)Fotocopy Kartu Keluarga (c) Fotocopy Buku Nikah.
Adapun 2. Faktor pemberian kredit di FIF Group Pos Bone, melihat dari watak
konsumen untuk mengambil kredit, dan modal yang dimiliki konsumen untuk
pengambil kredit, calon konsumen juga dilihan kemampuan untuk membayar
pinjman. Konsumen bisa memperlihatkan barang jaminan, yaitu BPKB motor
atau mobil. Dengan Solusi penagihan piutang dengan waktu yang di berikan
konsumen untuk membayar kredit setelah jatuh tempoh dalam waktu 1 bulan,
konsumen akan dihubungi atau discol pada saat mendekati tanggal jatuh tempo.
Jika konsumen terlambat membayar ansurannya pada saat jaduh tempoh akan
dikenakan denda dan colletor akan pergi menagih di konsumen. Colletor akan
memberikan isomasi kepada konsumen atau surat perjanjian pembayaran yang
pertama dan di kenakan juga denda, selama 4 hari belum juga konsumen
membayar ansurannya maka colletor akan memberikan lagi isomasi atau surat
perjanjian pembayaran ke dua sampai seterusnya. Ketika konsumen tidak mampu
lagi membayar ansurannya maka barang yang di kredit akan di kembalikan ke
kantor.
A. Kesimpulan
Berdasarkan uraian yang telah dikemukakan sebelumnya, maka dapat ditarik
kesimpulan sebagai berikut:
1. Mekanisme pemberian kredit dengan tahap awal pelaksanaan pengkreditan
adalah pengajuan permohonan kredit oleh calon konsumen kepada PT FIF
Group Pos Bone. Hal yang harus diperhatikan oleh konsumen pada saat
pengajuan kredit yaitu sebagai berikut:
a. Fotocopy Kartu Tanda Penduduk
- Jika sudah menikah, fotocopy KTP suami / istri
- Jika belum menikah, fotocopy KTP pribadi
b. Fotocopy Kartu Keluarga
c. Fotocopy Buku Nikah
67
2. Faktor pemberian kredit di FIF Group Pos Bone, melihat dari watak
konsumen untuk mengambil kredit, dan modal yang dimiliki konsumen untuk
pengambil kredit, calon konsumen juga dilihan kemampuan untuk membayar
pinjman. Konsumen bisa memperlihatkan barang jaminan, yaitu BPKB motor
atau mobil.
3. Solusi penagihan piutang dengan waktu yang di berikan konsumen untuk
membayar kredit setelah jatuh tempoh dalam waktu 1 bulan, konsumen akan
dihubungi atau discol pada saat mendekati tanggal jatuh tempo. Jika
konsumen terlambat membayar ansurannya pada saat jaduh tempoh akan
dikenakan denda dan colletor akan pergi menagih di konsumen. Colletor akan
memberikan isomasi kepada konsumen atau surat perjanjian pembayaran yang
pertama dan di kenakan juga denda, selama 4 hari belum juga konsumen
membayar ansurannya maka colletor akan memberikan lagi isomasi atau surat
perjanjian pembayaran ke dua sampai seterusnya. Ketika konsumen tidak
mampu lagi membayar ansurannya maka barang yang di kredit akan di
kembalikan ke kantor.
B. Implikasi
Berdasarkan penelitian yang dilakukan dan kesimpulan yang telah diperoleh,
maka penulis mengajukan beberapa saran terkait dengan penelitian ini, yaitu sebagai
berikut :
1. Sebaiknya PT FIF Group lebih meringankan dalam hal kebijakan kredit
sehingga calon konsumen tidak akan mengalami kesulitan dalam memenuhi
ketentuan yang telah tercapai.
2. Ketelitian dalam melakukan tahap pengecekan untuk menentukan
permohonan kredit yang layak dan tidak layak agar lebih ditingkatkan krena
untuk menyesuaikan informasi yang telah didapat dalam formulir.
3. Untuk menghindari terjadinya kendala dalam pelaksanaan pembiayaan FIF
Group Pos Bone, disamping adanya kesadaran dari calon Konsumen sendiri
untuk mengikuti prosedur yang telah ditentukan oleh FIF Group sangat
diharapkan untuk tetap memantau BPKB sebagai jaminan pembiayaan
tersebut, meskipun konsumen sendiri telah melakukan kewwajibannya dengan
baik, membayar angsuran tetib dan lancar sehingga dapat dihindari dri proses
penyelesaian masalah sampai dengan memohon surat isomasi.
Ketersediaan
SFE20190343343/2019Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

343/2019

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Febi

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top