Pengaruh Harga dan Labelisasi Halal terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada Swalayan (Studi Pada Mahasiswa IAIN Bone)
Aldi/01.17.3036 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai pengaruh harga dan labelisasi halal terhadap
keputusan pembelian produk pada swalayan. Pengaruh dari harga dan labelisasi halal
dalam keputusan pembelian mahasiswa pada produk swalayan alfamart.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan
penelitian kuantitatif. Dengan menggunakan analisis regresi linear dengan bantuan
sofwere SPSS 26 untuk menguji data dengan jumlah sampel sebanyak 45
Mahasiswa. Dari hasil uji yang telah dilakukan dapat diperoleh kesimpulan bahwa
variabel harga (X1) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk
swalayan dengan nilai sig 0,000 < 0,05, dan variabel labelisasi halal (X2)
berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk swalayan dengan nilai
sig 0,047 < 0,05. Maka H0 ditolak dan H1 diterima.
Variabel independen dalam penelitian ini adalah harga (X1), labelisasi halal
(X2), dan variabel dependen adalah keputusan pembelian (Y). Sampel yang
digunakan dalam penelitian ini adalah 45 responden dari populasi seluruh mahasiswa
IAIN Bone. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah secara primer atau
langsung menggunakan kuesioner. Uji hipotesis dalam penelitian ini adalah uji t dan
uji f, hasil penelitian uji t menunjukkan bahwa harga berpengaruh positif terhadap
keputusan pembelian produk pada swalayan. Ditunjukkan dengan perhitungan uji
secara persial diperoleh Thitung 3,852 dengan tingkat signifikan sebesar 0,000 < 0,05.
Hasil penelitian uji t menunjukkan bahwa labelisasi halal berpengaruh positif
terhadap keputusan pembelian produk pada swalayan, ditunjukkan dengan
perhitungan uji secara parsial diperoleh Thitung 2,047 dengan nilai signifikan sebesar
0,047 < 0,05. Hasil uji F menunjukkan bahwa harga dan labelisasi halal mempunyai
hubungan secara simultan dengan pengaruh yang signifikan terhadap keputusan
pembelian produk pada swalayan. Pengaruh harga dan labelisasi halal dengan
keputusan pembelian produk pada swalayan melalui uji f menunjukkan Fhitung 22,690
dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Sedangkan nilai Ftabel dan nilai
signifikan lebih kecil 0,05. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa harga dan
labelisasi halal adalah faktor yang paling penting untuk mempengaruhi keputusan
pembelian produk.
A. Kesimpulan
Setelah mengemukakan uraian bab-bab sebelumnya diatas tentang masalah-
masalah yang sesuai dengan pembahasan penelitian yang ada dengan jelas, maka
penulis dapat menguraikan beberapa kesimpulan sebagai berikut:
1.Harga mempengaruhi keputusan pembelian produk pada swalayan
Harga (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian produk
swalayan, samakin baik harga yang ditawarkan maka akan semakin meningkat
pembelian. Sehingga hipotesis menyatakan bahwa harga berpengaruh positif dan
signifikan tehadap pembelian. dan setelah melakukan pengujian dari penelitian
terhadap pengaruh harga terhadap tingkat pembelian produk swalayan dapat
memiliki pengaruh yang dapat meningkatkan penawaran dari produk swalayan.
Dari skor responden yang telah dilakukan yang ditujukan kepada mahasiswa
kebanyakan lebih memilih setuju dari pengaruh harga terhadap pembelian produk
swalayan yang ditawarkan, dan keterkaitan dengan uji yang dilakukan setelah
penelitian yang membuktikan data validitas dan berhubungan signifikan terhadap
pembelian produk. Dan penelitian memiliki hubungan konsisten dengan penelitian
sebelumnya yang memiliki pengaruh harga terhadap pembelian produk swalayan.
2.Labelisasi halal mempengaruhi keputusan pembelian produk pada swalayan
Labelisasi halal (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian,
maka samakin bagus labelisasi halalyang dipromosikan maka akan semakin
meningkat pembelian. Sehingga hipotesis menyatakan bahwa labelisasi halal
berpengaruh positif dan signifikan tehadap pembelian. dan dapat dibuktikan dari
hasil uji yang dilakukan pada bab sebelumnya yang menyatakan data valid dan
memiliki pengaruh positif.
Dari skor responden dari pengaruh labelisasi halal terhadap keputusan
pembelian produk swalayan memiliki respon yang baik, karena mahasiswa lebih
kebanyakan sangat setuju terhadap pengaruh label halal terhadap pembelian
produk swalayan dalam meningkatkan minat penawaran produk. Dan penelitian ini
memiliki hubungan konsisten terhadap penelitian sebelumnya tentang labelisasi
halal.
3. Harga dan labelisasi halal mempengaruhi keputusan pembelian produk pada
swalayan
Pengaruh yang dihasilkan dari harga dan labelisasi halal terhadap keputusan
pembelian produk swalayan dari jumlah responden yang dihasilkan dan
melakukan pengujian penelitian dapat dihasilkan hubungan pengaruh positif dan
signifikan terhadap keduanya terhadap keputusan pesmbelian produk swalayan.
Karena dengan adanya pengaruh harga dan labelisasi halal maka mahasiswa
semakin memiliki kepercayaan akan manfaat dan kualitas dari produk yang
ditawarkan swalayan.
Sehingga samakin bagus harga dan labelisasi halalyang dipromosikan maka
akan semakin meningkat pembelian. Sehingga hipotesis menyatakan bahwa harga
dan labelisasi halal berpengaruh positif dan signifikan tehadap pembelian. dan
dapat dibuktikan dari hasil uji yang dilakukan pada bab sebelumnya yang
menyatakan data valid dan memiliki pengaruh positif terhadap keputusan
pembelian produk swalayan.
B. Saran
Setelah melakukan penelitian dan memperhatikan hasil-hasil dari penelitian
yang dilakukan, maka peneliti memberikan saran sebagai berikut:
1.Disarankan untuk perusahaan swalayan alfamart untuk selalu menjaga keunggulan
produk yang tawarkan kepada konsumen.
2.Disarankan untuk selalu memberikan harga yang sesuai pemasaran terhadap harga
produk dan apabila ada diskon benar-benar barang tersebut mengalami penurunan
harga, sehingga masyarakat tidak tertipu akan hal tersebut.
3. Disarankan tetap selalu memberikan produk yang ditawarkan yang mencantumkan
labelisasi halal sesuai dengan keputusan MUI yang ada, karena masyarakat lebih
tertarik melakukan pembelian kebutuhan pada swalayan alfamart.
4. Perusahaan memiliki tanggung jawab yang mutlak akan produk yang tawarkan
sesuai dengan harga dan labelisasi halal dalam melakukan pembelian oleh
masyarakat atau mahasiswa itu sendiri.
5. Selalu melakukan kerja sama dengan LPPOM MUI dalam meningkatkan
kepercayaan masyarakat akan produk dari swalayan yang ditawarkan sesuai
dengan kebutuhan masyarakat yang berkualitas dalam kebersihannya.
C. Implikasi
Penelitian yang dilakukan ini telah membuktikan bahwa pengaruh dari harga
dan labelisasi halal dalam pembelian produk swalayan dapat dibuktikan setelah
melakukan pengujian analisis dan penelitian dilakukan oleh mahasiswa yang
dijadikan objek penelitian ini. Pengaruh yang ditimbulkan dari harga dan labelisasi
halal sangat membantu mahasiswa dalam menentukan produk yang benar-benar
bagus untuk kebutuhan hidup sesuai dengan standar yang dikeluarkan pemerintah
terutama MUI.
Pengaruh harga juga sangat berperan dalam pembelian produk yang memiliki
diskon sehingga perlu adanya ketelitian dalam mimilih produk tersebut dengan
melihat labelisasi halal yang tercantum pada produk tersebut, dan memilih produk
sesuai dengan kebutuhan dan tanpa melihat suatu harga yang diskon pada swalayan
alfamart, tanpa adanya pengaruh yang ditimbulkan dengan selalu melihat tingkat
harga dan labelisasi halal yang sesuai standar MUI.
keputusan pembelian produk pada swalayan. Pengaruh dari harga dan labelisasi halal
dalam keputusan pembelian mahasiswa pada produk swalayan alfamart.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan
penelitian kuantitatif. Dengan menggunakan analisis regresi linear dengan bantuan
sofwere SPSS 26 untuk menguji data dengan jumlah sampel sebanyak 45
Mahasiswa. Dari hasil uji yang telah dilakukan dapat diperoleh kesimpulan bahwa
variabel harga (X1) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk
swalayan dengan nilai sig 0,000 < 0,05, dan variabel labelisasi halal (X2)
berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk swalayan dengan nilai
sig 0,047 < 0,05. Maka H0 ditolak dan H1 diterima.
Variabel independen dalam penelitian ini adalah harga (X1), labelisasi halal
(X2), dan variabel dependen adalah keputusan pembelian (Y). Sampel yang
digunakan dalam penelitian ini adalah 45 responden dari populasi seluruh mahasiswa
IAIN Bone. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah secara primer atau
langsung menggunakan kuesioner. Uji hipotesis dalam penelitian ini adalah uji t dan
uji f, hasil penelitian uji t menunjukkan bahwa harga berpengaruh positif terhadap
keputusan pembelian produk pada swalayan. Ditunjukkan dengan perhitungan uji
secara persial diperoleh Thitung 3,852 dengan tingkat signifikan sebesar 0,000 < 0,05.
Hasil penelitian uji t menunjukkan bahwa labelisasi halal berpengaruh positif
terhadap keputusan pembelian produk pada swalayan, ditunjukkan dengan
perhitungan uji secara parsial diperoleh Thitung 2,047 dengan nilai signifikan sebesar
0,047 < 0,05. Hasil uji F menunjukkan bahwa harga dan labelisasi halal mempunyai
hubungan secara simultan dengan pengaruh yang signifikan terhadap keputusan
pembelian produk pada swalayan. Pengaruh harga dan labelisasi halal dengan
keputusan pembelian produk pada swalayan melalui uji f menunjukkan Fhitung 22,690
dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Sedangkan nilai Ftabel dan nilai
signifikan lebih kecil 0,05. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa harga dan
labelisasi halal adalah faktor yang paling penting untuk mempengaruhi keputusan
pembelian produk.
A. Kesimpulan
Setelah mengemukakan uraian bab-bab sebelumnya diatas tentang masalah-
masalah yang sesuai dengan pembahasan penelitian yang ada dengan jelas, maka
penulis dapat menguraikan beberapa kesimpulan sebagai berikut:
1.Harga mempengaruhi keputusan pembelian produk pada swalayan
Harga (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian produk
swalayan, samakin baik harga yang ditawarkan maka akan semakin meningkat
pembelian. Sehingga hipotesis menyatakan bahwa harga berpengaruh positif dan
signifikan tehadap pembelian. dan setelah melakukan pengujian dari penelitian
terhadap pengaruh harga terhadap tingkat pembelian produk swalayan dapat
memiliki pengaruh yang dapat meningkatkan penawaran dari produk swalayan.
Dari skor responden yang telah dilakukan yang ditujukan kepada mahasiswa
kebanyakan lebih memilih setuju dari pengaruh harga terhadap pembelian produk
swalayan yang ditawarkan, dan keterkaitan dengan uji yang dilakukan setelah
penelitian yang membuktikan data validitas dan berhubungan signifikan terhadap
pembelian produk. Dan penelitian memiliki hubungan konsisten dengan penelitian
sebelumnya yang memiliki pengaruh harga terhadap pembelian produk swalayan.
2.Labelisasi halal mempengaruhi keputusan pembelian produk pada swalayan
Labelisasi halal (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian,
maka samakin bagus labelisasi halalyang dipromosikan maka akan semakin
meningkat pembelian. Sehingga hipotesis menyatakan bahwa labelisasi halal
berpengaruh positif dan signifikan tehadap pembelian. dan dapat dibuktikan dari
hasil uji yang dilakukan pada bab sebelumnya yang menyatakan data valid dan
memiliki pengaruh positif.
Dari skor responden dari pengaruh labelisasi halal terhadap keputusan
pembelian produk swalayan memiliki respon yang baik, karena mahasiswa lebih
kebanyakan sangat setuju terhadap pengaruh label halal terhadap pembelian
produk swalayan dalam meningkatkan minat penawaran produk. Dan penelitian ini
memiliki hubungan konsisten terhadap penelitian sebelumnya tentang labelisasi
halal.
3. Harga dan labelisasi halal mempengaruhi keputusan pembelian produk pada
swalayan
Pengaruh yang dihasilkan dari harga dan labelisasi halal terhadap keputusan
pembelian produk swalayan dari jumlah responden yang dihasilkan dan
melakukan pengujian penelitian dapat dihasilkan hubungan pengaruh positif dan
signifikan terhadap keduanya terhadap keputusan pesmbelian produk swalayan.
Karena dengan adanya pengaruh harga dan labelisasi halal maka mahasiswa
semakin memiliki kepercayaan akan manfaat dan kualitas dari produk yang
ditawarkan swalayan.
Sehingga samakin bagus harga dan labelisasi halalyang dipromosikan maka
akan semakin meningkat pembelian. Sehingga hipotesis menyatakan bahwa harga
dan labelisasi halal berpengaruh positif dan signifikan tehadap pembelian. dan
dapat dibuktikan dari hasil uji yang dilakukan pada bab sebelumnya yang
menyatakan data valid dan memiliki pengaruh positif terhadap keputusan
pembelian produk swalayan.
B. Saran
Setelah melakukan penelitian dan memperhatikan hasil-hasil dari penelitian
yang dilakukan, maka peneliti memberikan saran sebagai berikut:
1.Disarankan untuk perusahaan swalayan alfamart untuk selalu menjaga keunggulan
produk yang tawarkan kepada konsumen.
2.Disarankan untuk selalu memberikan harga yang sesuai pemasaran terhadap harga
produk dan apabila ada diskon benar-benar barang tersebut mengalami penurunan
harga, sehingga masyarakat tidak tertipu akan hal tersebut.
3. Disarankan tetap selalu memberikan produk yang ditawarkan yang mencantumkan
labelisasi halal sesuai dengan keputusan MUI yang ada, karena masyarakat lebih
tertarik melakukan pembelian kebutuhan pada swalayan alfamart.
4. Perusahaan memiliki tanggung jawab yang mutlak akan produk yang tawarkan
sesuai dengan harga dan labelisasi halal dalam melakukan pembelian oleh
masyarakat atau mahasiswa itu sendiri.
5. Selalu melakukan kerja sama dengan LPPOM MUI dalam meningkatkan
kepercayaan masyarakat akan produk dari swalayan yang ditawarkan sesuai
dengan kebutuhan masyarakat yang berkualitas dalam kebersihannya.
C. Implikasi
Penelitian yang dilakukan ini telah membuktikan bahwa pengaruh dari harga
dan labelisasi halal dalam pembelian produk swalayan dapat dibuktikan setelah
melakukan pengujian analisis dan penelitian dilakukan oleh mahasiswa yang
dijadikan objek penelitian ini. Pengaruh yang ditimbulkan dari harga dan labelisasi
halal sangat membantu mahasiswa dalam menentukan produk yang benar-benar
bagus untuk kebutuhan hidup sesuai dengan standar yang dikeluarkan pemerintah
terutama MUI.
Pengaruh harga juga sangat berperan dalam pembelian produk yang memiliki
diskon sehingga perlu adanya ketelitian dalam mimilih produk tersebut dengan
melihat labelisasi halal yang tercantum pada produk tersebut, dan memilih produk
sesuai dengan kebutuhan dan tanpa melihat suatu harga yang diskon pada swalayan
alfamart, tanpa adanya pengaruh yang ditimbulkan dengan selalu melihat tingkat
harga dan labelisasi halal yang sesuai standar MUI.
Ketersediaan
| SFEBI20210098 | 98/2021 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
98/2021
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2021
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
