Analisis Strategi Membangun Loyalitas Pelanggan Menurut Prespektif Ekonomi Islam (Studi Pada RM.Wiring Tasi).
Nur Aulia/01.17.3147 - Personal Name
Skripsi ini mengkaji tentang Strategi Loyalitas dalam meningkatkan
Pelanggan Menurut Perspektif Ekonomi Islam (Studi pada RM.Wiring Tasi).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang digunakan oleh RM. Wiring
Tasi dalam meningkatkan loyalitas pelanggan yang sesuai dengan ekonomi Islam.
Berdasakan tujuan penelitian diatas, maka jenis penelitian yang digunakan
adalah jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan field research (penelitan
lapangan) yang menggunakan teknik pengumpulan data yang meliputi observasi,
wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah SWOT
(Strenghs, weaknesses, opportunities).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi membangun loyalitas pelanggan
di RM.Wiring Tasi dilakukan dengan meningkatkan kualitas produk dan beragam
serta menjaga kualitas rasa, pemilihan bahan baku yang berkualitas, dengan
menawarkan harga yang terjangkau untuk semua kalangan, menyediakan tempat yang
nyaman dengan fasilitas yang lengkap, pelayanan yang baik dengan menyambut
pelanggan dengan ramah. RM.Wiring Tasi dalam meningkatkan loyalitas pelanggan
menurut perspektif ekonomi Islam yaitu jujur dalam berbisnis, dengan pemilihan
bahan hingga pengolahan makanan, dan juga penetapan harga, menyediakan fasilitas
umum yang dapat digunakan setiap saat oleh para pelanggan, profesionalisme dalam
melayani pelanggan baik dari segi citarasa, fasilitas dan pelayanan.
A. Kesimpulan
Berdasarkan uraian penjelasan pada pembahasan penelitian ini, maka dapat
disimpulkan bahwa:
1. Strategi RM.Wiring Tasi membangun loyalitas pelanggan dengan
meningkatkan kualitas produk dan beragam serta menjaga kualitas rasa,
pemilihan bahan baku yang berkualitas, dengan menawarkan harga yang
terjangkau untuk semua kalangan, menyediakan tempat yang nyaman dengan
fasilitas yang lengkap, pelayanan yang baik dengan menyambut pelanggan
dengan ramah.
2. Strategi membangun Loyalitas pelangganmenurut perspektif ekonomi Islam di
RM.Wiring Tasi yaitu jujur dalam berbisnis, dengan pemilihan bahan hingga
pengolahan makanan, dan juga penetapan harga, menyediakan fasilitas umum
yang dapat digunakan setiap saat oleh para pelanggan, profesionalisme dalam
melayani pelanggan baik dari segi citarasa, fasilitas dan pelayanan.
B. Implikasi
Berdasarkan kesimpulan di atas maka penulis memberikan saran kepada
pemilik RM.Wiring Tasi terus meningkatkan kualitas produk yang ditawarkan dan
mengembangkan produknya sehingga memiliki menu varian yang baru,
menyeimbangkan kualitas dan harga produknya sehingga mendapatkan hasil yang
lebih maksimal, meningkatkan kinerja karyawan dan tetap menjaga profesionalitas
dalam melayani dan memenuhi kebutuhan konsumen. Pihak RM.Wiring Tasi juga
harus tetap memperhatikan strategi bisnis islam dalam menjalankan bisnisnya
mulai dari memperhatikan bahan baku yang halal, proses produksi dan proses
pemasaran sesuai dengan ekonomi Islam.
Pelanggan Menurut Perspektif Ekonomi Islam (Studi pada RM.Wiring Tasi).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang digunakan oleh RM. Wiring
Tasi dalam meningkatkan loyalitas pelanggan yang sesuai dengan ekonomi Islam.
Berdasakan tujuan penelitian diatas, maka jenis penelitian yang digunakan
adalah jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan field research (penelitan
lapangan) yang menggunakan teknik pengumpulan data yang meliputi observasi,
wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah SWOT
(Strenghs, weaknesses, opportunities).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi membangun loyalitas pelanggan
di RM.Wiring Tasi dilakukan dengan meningkatkan kualitas produk dan beragam
serta menjaga kualitas rasa, pemilihan bahan baku yang berkualitas, dengan
menawarkan harga yang terjangkau untuk semua kalangan, menyediakan tempat yang
nyaman dengan fasilitas yang lengkap, pelayanan yang baik dengan menyambut
pelanggan dengan ramah. RM.Wiring Tasi dalam meningkatkan loyalitas pelanggan
menurut perspektif ekonomi Islam yaitu jujur dalam berbisnis, dengan pemilihan
bahan hingga pengolahan makanan, dan juga penetapan harga, menyediakan fasilitas
umum yang dapat digunakan setiap saat oleh para pelanggan, profesionalisme dalam
melayani pelanggan baik dari segi citarasa, fasilitas dan pelayanan.
A. Kesimpulan
Berdasarkan uraian penjelasan pada pembahasan penelitian ini, maka dapat
disimpulkan bahwa:
1. Strategi RM.Wiring Tasi membangun loyalitas pelanggan dengan
meningkatkan kualitas produk dan beragam serta menjaga kualitas rasa,
pemilihan bahan baku yang berkualitas, dengan menawarkan harga yang
terjangkau untuk semua kalangan, menyediakan tempat yang nyaman dengan
fasilitas yang lengkap, pelayanan yang baik dengan menyambut pelanggan
dengan ramah.
2. Strategi membangun Loyalitas pelangganmenurut perspektif ekonomi Islam di
RM.Wiring Tasi yaitu jujur dalam berbisnis, dengan pemilihan bahan hingga
pengolahan makanan, dan juga penetapan harga, menyediakan fasilitas umum
yang dapat digunakan setiap saat oleh para pelanggan, profesionalisme dalam
melayani pelanggan baik dari segi citarasa, fasilitas dan pelayanan.
B. Implikasi
Berdasarkan kesimpulan di atas maka penulis memberikan saran kepada
pemilik RM.Wiring Tasi terus meningkatkan kualitas produk yang ditawarkan dan
mengembangkan produknya sehingga memiliki menu varian yang baru,
menyeimbangkan kualitas dan harga produknya sehingga mendapatkan hasil yang
lebih maksimal, meningkatkan kinerja karyawan dan tetap menjaga profesionalitas
dalam melayani dan memenuhi kebutuhan konsumen. Pihak RM.Wiring Tasi juga
harus tetap memperhatikan strategi bisnis islam dalam menjalankan bisnisnya
mulai dari memperhatikan bahan baku yang halal, proses produksi dan proses
pemasaran sesuai dengan ekonomi Islam.
Ketersediaan
| 01.17.3147 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
146/2021
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2021
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
