Urgensi penggunaan media audio visual dalam meningkatkan hasil pembelajaran siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam bagi siswa kelas V di SDN 129 Abbanuange Kecamatan Liliriau Kabupaten Soppeng.
Amraini/ 02.16.1061 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai “Urgensi penggunaan media audio visual
dalam meningkatkan hasil pembelajaran siswa pada mata pelajaran Pendidikan
Agama Islam bagi siswa kelas V di
SDN 129 Abbanuange Kecamatan Liliriau
Kabupaten Soppeng”. Hal yang penting dikaji dalam skripsi ini yakni bagaimana
urgensi penggunaan media audio visual dalam meningkatkan hasil pembelajaran
siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam bagi siswa kelas V di SDN 129
Abbanuange Kecamatan Liliriau Kabupaten Soppeng, dengan sub masalah
bagaimana penggunaan media audio visual pada mata pelajaran Pendidikan Agama
Islam bagi siswa kelas V di SDN 129 Abbanuange Kecamatan Liliriau Kabupaten
Soppeng, bagaimana hasil pembelajaran siswa pada mata pelajaran Pendidikan
Agama Islam bagi siswa kelas V di
SDN 129 Abbanuange Kecamatan Liliriau
Kabupaten Soppeng serta bagaimana kontribusi penggunaan media audio visual
dalam meningkatkan hasil pembelajaran siswa pada mata pelajaran Pendidikan
Agama Islam bagi siswa kelas V di
SDN 129 Abbanuange Kecamatan Liliriau
Kabupaten Soppeng. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media
audio visual pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam bagi siswa kelas V di
SDN 129 Abbanuange Kecamatan Liliriau Kabupaten Soppeng, mengetahui hasil
pembelajaran siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam bagi siswa kelas V
di SDN 129 Abbanuange Kecamatan Liliriau Kabupaten Soppeng serta mengetahui
kontribusi penggunaan media audio visual dalam meningkatkan hasil pembelajaran
siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam bagi siswa kelas V di SDN 129
Abbanuange Kecamatan Liliriau Kabupaten Soppeng. Dengan kegunaan ilmiah yakni
memberikan sumbangsi ilmu pengetahuan tentang urgensi penggunaan media audio
visual dalam meningkatkan hasil pembelajaran siswa pada mata pelajaran Pendidikan
Agama Islam dan kegunaan praktis yakni memberikan pemikiran dan masukan
terhadap individu dan instansi yang
terkait dalam merumuskan kebijakan
pembangunan masyarakat, bangsa, negara dan agama.
Guna memudahkan pemecahan masalah tersebut, jenis penelitian yang
digunakan adalah penelitian kualiatif (qualitatif research). Penulis menggunakan
pendekatan pedagogik, pendekatan sosiologis dan pendekatan psikologis dengan
melakukan penelitian lapangan (field research) yang menggunakan teknik observasi
dan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis
kualitatif dengan tiga tahap yaitu tahap reduksi data, penyajian data dan tahap
kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama; Penggunaan media audio
visual pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada kelas V di SDN 129
Soppeng sudah diterapkan dengan baik. Hal tersebut dapat dilihat dari langkah
penggunaan media audio visual yaitu langkah persiapan berupa mempersiapkan alat
seperti LCD, laptop dan speaker, menjelaskan kepada siswa agar siap menerima
pelajaran yang disajikan yakni kisah-kisah nabi dan tuntunan sholat berupa video
maupun film animasi. Langkah pelaksanaan yakni siswa melihat, mendengar
tayangan serta guru mengawasi atau memonitoring siswa untuk tetap fokus pada
pembelajaran. Kegiatan lanjutan berupa menjelaskan kembali inti dari materi kisah
nabi dan diskusi. Kedua; Hasil pembelajaran siswa pada mata pelajaran Pendidikan
Agama Islam di kelas V SDN 129 Soppeng cukup tinggi yang dibuktikan dengan
meningkatnya kognitif, afektif maupun psikomotorik siswa melalui kemampuan
siswa mencontoh gerakan sholat dengan baik dan tindakan yang semakin membaik
meneladani akhlak para nabi. Ketiga; Penggunaan media audio visaul telah
berkontribusi dalam meningkatkan hasil pembelajaran siswa kelas V pada mata
pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 129 Soppeng diantaranya meningkatkan
hasil belajar siswa baik dari segi kognitif, afektif maupun psikomotorik siswa,
meningkatkan konsentrasi siswa menjadi lebih fokus dalam menerima materi
pelajaran pendidikan agama Islam karena menggunakan media yang memadukan
karakteristik belajar audiotori maupun visual serta menjadikan pembelajaran lebih
efektif dan efisien artinya segi waktu dan kualitas pengajaran lebih meningkat.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Penggunaan media audio visual pada mata pelajaran Pendidikan Agama
Islam pada kelas V di SDN 129 Abbanuange Kecamatan Lili Rilau
Kabupaten Soppeng sudah diterapkan dengan baik. Hal tersebut dapat dilihat
dari langkah penggunaan media audio visual yaitu langkah persiapan berupa
mempersiapkan alat seperti LCD dan laptop dan speaker, menjelaskan kepada
siswa agar siap menerima pelajaran tentang kisah-kisah nabi dalam bentuk
film animasi juga tentang tuntunan sholat berupa video yang disajikan dan
menjelaskan proses penyajiannya. Langkah pelaksanaan yakni siswa melihat,
mendengar tayangan serta guru mengawasi siswa untuk tetap fokus pada
pembelajaran. Kegiatan lanjutan berupa menjelaskan kembali inti dari materi
kisah nabi, diskusi serta penilaian terhadap diskusi yang dilakukan.
2. Hasil pembelajaran siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di
kelas V SDN 129 Abbanuange Kecamatan Lili Rilau Kabupaten Soppeng
cukup tinggi. Hal itu dibuktikan dengan meningkatnya pengetahuan,
pemahaman siswa dari segi kognitif, segi afektif siswa menerima pelajaran
dengan baik sehingga antusias siswa meningkat, segi psikomotorik melalui
kemampuan siswa mencontoh gerakan sholat dengan baik dan tindakan yang
semakin membaik meneladani akhlak para nabi.
3. Penggunaan media audio visaul telah berkontribusi dalam meningkatkan hasil
pembelajaran siswa kelas V pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di
SDN 129
Abbanuange Kecamatan Lili Rilau Kabupaten Soppeng.
Kontribusinya telah mampu meningkatkan hasil belajar siswa, konsentrasi
siswa menjadi lebih fokus dalam menerima materi pelajaran pendidikan
agama Islam serta menjadikan pembelajaran lebih efektif dan efisien artinya
segi waktu dan kualitas pengajaran lebih meningkat.
B. Implikasi
Setelah mengadakan penelitian tentang efektivitas penggunaan media audio visual
dalam meningkatkan hasil pembelajaran siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam
pada kelas V di SDN 129 Abbanuange Kecamatan Lili Rilau Kabupaten Soppeng, maka
saran yang akan peneliti sampaikan, yaitu sebagai berikut:
1. Hendaknya guru meningkatkan keterampilan dalam mengelola pembelajaran
dengan berbagai media yang inovatif disamping menyesuaikan dengan materi
pembelajaran.
2. Hendaknya siswa meningkatkan hasil belajar dari segi kognitif, afektif
maupun psikomotorik yang didorong oleh adanya motivasi dalam diri siswa
untuk belajar dan mencerdaskan diri.
3. Hendaknya guru dan orang tua siswa bekerjasama dalam pemberian motivasi
kepada siswa, serta penciptaan lingkungan yang kondusif untuk belajar.
dalam meningkatkan hasil pembelajaran siswa pada mata pelajaran Pendidikan
Agama Islam bagi siswa kelas V di
SDN 129 Abbanuange Kecamatan Liliriau
Kabupaten Soppeng”. Hal yang penting dikaji dalam skripsi ini yakni bagaimana
urgensi penggunaan media audio visual dalam meningkatkan hasil pembelajaran
siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam bagi siswa kelas V di SDN 129
Abbanuange Kecamatan Liliriau Kabupaten Soppeng, dengan sub masalah
bagaimana penggunaan media audio visual pada mata pelajaran Pendidikan Agama
Islam bagi siswa kelas V di SDN 129 Abbanuange Kecamatan Liliriau Kabupaten
Soppeng, bagaimana hasil pembelajaran siswa pada mata pelajaran Pendidikan
Agama Islam bagi siswa kelas V di
SDN 129 Abbanuange Kecamatan Liliriau
Kabupaten Soppeng serta bagaimana kontribusi penggunaan media audio visual
dalam meningkatkan hasil pembelajaran siswa pada mata pelajaran Pendidikan
Agama Islam bagi siswa kelas V di
SDN 129 Abbanuange Kecamatan Liliriau
Kabupaten Soppeng. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media
audio visual pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam bagi siswa kelas V di
SDN 129 Abbanuange Kecamatan Liliriau Kabupaten Soppeng, mengetahui hasil
pembelajaran siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam bagi siswa kelas V
di SDN 129 Abbanuange Kecamatan Liliriau Kabupaten Soppeng serta mengetahui
kontribusi penggunaan media audio visual dalam meningkatkan hasil pembelajaran
siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam bagi siswa kelas V di SDN 129
Abbanuange Kecamatan Liliriau Kabupaten Soppeng. Dengan kegunaan ilmiah yakni
memberikan sumbangsi ilmu pengetahuan tentang urgensi penggunaan media audio
visual dalam meningkatkan hasil pembelajaran siswa pada mata pelajaran Pendidikan
Agama Islam dan kegunaan praktis yakni memberikan pemikiran dan masukan
terhadap individu dan instansi yang
terkait dalam merumuskan kebijakan
pembangunan masyarakat, bangsa, negara dan agama.
Guna memudahkan pemecahan masalah tersebut, jenis penelitian yang
digunakan adalah penelitian kualiatif (qualitatif research). Penulis menggunakan
pendekatan pedagogik, pendekatan sosiologis dan pendekatan psikologis dengan
melakukan penelitian lapangan (field research) yang menggunakan teknik observasi
dan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis
kualitatif dengan tiga tahap yaitu tahap reduksi data, penyajian data dan tahap
kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama; Penggunaan media audio
visual pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada kelas V di SDN 129
Soppeng sudah diterapkan dengan baik. Hal tersebut dapat dilihat dari langkah
penggunaan media audio visual yaitu langkah persiapan berupa mempersiapkan alat
seperti LCD, laptop dan speaker, menjelaskan kepada siswa agar siap menerima
pelajaran yang disajikan yakni kisah-kisah nabi dan tuntunan sholat berupa video
maupun film animasi. Langkah pelaksanaan yakni siswa melihat, mendengar
tayangan serta guru mengawasi atau memonitoring siswa untuk tetap fokus pada
pembelajaran. Kegiatan lanjutan berupa menjelaskan kembali inti dari materi kisah
nabi dan diskusi. Kedua; Hasil pembelajaran siswa pada mata pelajaran Pendidikan
Agama Islam di kelas V SDN 129 Soppeng cukup tinggi yang dibuktikan dengan
meningkatnya kognitif, afektif maupun psikomotorik siswa melalui kemampuan
siswa mencontoh gerakan sholat dengan baik dan tindakan yang semakin membaik
meneladani akhlak para nabi. Ketiga; Penggunaan media audio visaul telah
berkontribusi dalam meningkatkan hasil pembelajaran siswa kelas V pada mata
pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 129 Soppeng diantaranya meningkatkan
hasil belajar siswa baik dari segi kognitif, afektif maupun psikomotorik siswa,
meningkatkan konsentrasi siswa menjadi lebih fokus dalam menerima materi
pelajaran pendidikan agama Islam karena menggunakan media yang memadukan
karakteristik belajar audiotori maupun visual serta menjadikan pembelajaran lebih
efektif dan efisien artinya segi waktu dan kualitas pengajaran lebih meningkat.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Penggunaan media audio visual pada mata pelajaran Pendidikan Agama
Islam pada kelas V di SDN 129 Abbanuange Kecamatan Lili Rilau
Kabupaten Soppeng sudah diterapkan dengan baik. Hal tersebut dapat dilihat
dari langkah penggunaan media audio visual yaitu langkah persiapan berupa
mempersiapkan alat seperti LCD dan laptop dan speaker, menjelaskan kepada
siswa agar siap menerima pelajaran tentang kisah-kisah nabi dalam bentuk
film animasi juga tentang tuntunan sholat berupa video yang disajikan dan
menjelaskan proses penyajiannya. Langkah pelaksanaan yakni siswa melihat,
mendengar tayangan serta guru mengawasi siswa untuk tetap fokus pada
pembelajaran. Kegiatan lanjutan berupa menjelaskan kembali inti dari materi
kisah nabi, diskusi serta penilaian terhadap diskusi yang dilakukan.
2. Hasil pembelajaran siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di
kelas V SDN 129 Abbanuange Kecamatan Lili Rilau Kabupaten Soppeng
cukup tinggi. Hal itu dibuktikan dengan meningkatnya pengetahuan,
pemahaman siswa dari segi kognitif, segi afektif siswa menerima pelajaran
dengan baik sehingga antusias siswa meningkat, segi psikomotorik melalui
kemampuan siswa mencontoh gerakan sholat dengan baik dan tindakan yang
semakin membaik meneladani akhlak para nabi.
3. Penggunaan media audio visaul telah berkontribusi dalam meningkatkan hasil
pembelajaran siswa kelas V pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di
SDN 129
Abbanuange Kecamatan Lili Rilau Kabupaten Soppeng.
Kontribusinya telah mampu meningkatkan hasil belajar siswa, konsentrasi
siswa menjadi lebih fokus dalam menerima materi pelajaran pendidikan
agama Islam serta menjadikan pembelajaran lebih efektif dan efisien artinya
segi waktu dan kualitas pengajaran lebih meningkat.
B. Implikasi
Setelah mengadakan penelitian tentang efektivitas penggunaan media audio visual
dalam meningkatkan hasil pembelajaran siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam
pada kelas V di SDN 129 Abbanuange Kecamatan Lili Rilau Kabupaten Soppeng, maka
saran yang akan peneliti sampaikan, yaitu sebagai berikut:
1. Hendaknya guru meningkatkan keterampilan dalam mengelola pembelajaran
dengan berbagai media yang inovatif disamping menyesuaikan dengan materi
pembelajaran.
2. Hendaknya siswa meningkatkan hasil belajar dari segi kognitif, afektif
maupun psikomotorik yang didorong oleh adanya motivasi dalam diri siswa
untuk belajar dan mencerdaskan diri.
3. Hendaknya guru dan orang tua siswa bekerjasama dalam pemberian motivasi
kepada siswa, serta penciptaan lingkungan yang kondusif untuk belajar.
Ketersediaan
| STAR20210321 | 321/2021 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
320/2021
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2021
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
