Urgensi Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Sman 19 Bone Kecamatan Patimpeng Kabupaten Bone
Irfandi/02.17.1097 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang “Urgensi Profelionalisme Guru Pendidikan
Agama Islam Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di SMAN 19 Bone ”.
Profesionalisme adalah pekerjaan atau kegiatan yang dilakukan oleh seseorang
sebagaimana telah menjadi sumber penghasilan yang memerlukan kemahiran dan
kecakapan Hal yang penting dikaji dalam skripsi ini yakni bagaimana motivasi
belajar siswa di SMAN 19 Bone serta bagaimana cara Guru PAI memberikan
motivasi kepada siswa supaya dapat meningkatkan hasil belajarnya..
Upaya
memecahkan masalah tersebut,
penulis menggunakan metode
penelitian kualitatif melalui file research (riset lapangan).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Profesionalisme Guru Pendidikan
Agama Islam dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di SMAN 19 Bone.
Pertama, mengembangkan rasa aman siswa, menanggapi kesulitan secara positif,
serta memahami karakter siswa. Hal tersebut merupakan suatu keinginan terbesar dari
pendidik demi keberhasilan peserta didiknya.
Bahwa guru profesional adalah orang yang memiliki latar belakang
pendidikan guru yang memadai. Keahlian guru dalam melaksanakan tugas-tugas
kependidikan diperoleh setelah menempuh pendidikan keguruan tertentu dan
kemampuan tersebut tidak dimiliki oleh warga masyarakat pada umumnya yang tidak
pernah mengikuti pendidikan keguruan
Motivasi belajar siswa SMAN 19 Bone kecamatan Patimpeng bahwa:
pertama, memberikan siraman rohani serta menjalin kedekatan satu sama lain agar
siswa tidak terlalu canggung bertanya apabila ada yang belum dipahami. Kedua,
memberikan suatu penerangan maupun jalan yang mudah ketika siswa mengalami
kesulitan dalam proses belajarnya agar siswa tersebut lebih giat lagi dalam
belajarnya. Ketiga, kepada setiap siswa taat untuk melakukan ibadah agar nantinya
disetiap proses yang dilaluinya diberikan kemudahan. Keempat, tidak membeda-
bedakan siswa yang satu dengan siswa lainya atau dengan kata lain Guru harus
konsisten, baik dalam kelas maupun luar kelas agar komunikasi antar guru dan siswa
itu tetap berjalan dengan baik.
A. Simpulan
Berdasarkan pada hasil analisis di atas sehingga diperoleh beberapa
kesimpulan sebagai berikut :
1. Profesionalisme Guru di SMAN 19 Bone Kecamatan Patimpeng
Kabupaten Bone yaitu dengan cara : Mengembangkan rasa aman siswa,
menanggapi kesulitan secara positif, memahami karakter dan perbedaan
Siswa, menggunakan metode feedback.
2. Motivasi Belajar Siswa SMAN 19 Bone Kecamatan Patimpeng Kabupaten
Bone peneliti dapat menarik kesimpulan bahwa Guru SMAN 19 Bone
memberikan motivasi belajar terhadap Siswa dengan memberikan siraman
rohani serta berusaha menjalin kedekatan satu sama lain agar siswa tidak
terlalu canggung bertanya ketika ada yang belum dipahami. Sebelum
melangsungkan mata pelajaran maka terlebih dahulu Siswa SMAN 19
Bone dituntut untuk mengetahui bagaimana bentuk dan materi yang akan
disampaikan kemudian siswa akan dijelaskan bagaimana pentingnya
mempelajari mata pelajaran atau materi tersebut.
B. Implikasi Penelitian
Berdasarkan hasil penelitian, ada beberapa hal yang disarankan peneliti
untuk digunakan sebagai masukan bagi pihak SMAN 19 Bone dalam hal
meningkatkan motivasi belajar siswa, yaitu sebagai berikut :
1. Sebaiknya SMAN 19 Bone lebih meningkatkan dan memperhatikan apa
yang menjadi daya tarik siswa dalam belajar sehingga siswa lebih
termotivasi dalam belajar.
2. Sebaiknya SMAN 19 Bone mengajak siswa untuk beraktivitas adalah
proses interaksi untuk melakukan aktivitas praktek dilapangan sehingga
siswa memiliki pengalaman baru untuk meningkatkan motivasi belajarnya.
Agama Islam Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di SMAN 19 Bone ”.
Profesionalisme adalah pekerjaan atau kegiatan yang dilakukan oleh seseorang
sebagaimana telah menjadi sumber penghasilan yang memerlukan kemahiran dan
kecakapan Hal yang penting dikaji dalam skripsi ini yakni bagaimana motivasi
belajar siswa di SMAN 19 Bone serta bagaimana cara Guru PAI memberikan
motivasi kepada siswa supaya dapat meningkatkan hasil belajarnya..
Upaya
memecahkan masalah tersebut,
penulis menggunakan metode
penelitian kualitatif melalui file research (riset lapangan).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Profesionalisme Guru Pendidikan
Agama Islam dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di SMAN 19 Bone.
Pertama, mengembangkan rasa aman siswa, menanggapi kesulitan secara positif,
serta memahami karakter siswa. Hal tersebut merupakan suatu keinginan terbesar dari
pendidik demi keberhasilan peserta didiknya.
Bahwa guru profesional adalah orang yang memiliki latar belakang
pendidikan guru yang memadai. Keahlian guru dalam melaksanakan tugas-tugas
kependidikan diperoleh setelah menempuh pendidikan keguruan tertentu dan
kemampuan tersebut tidak dimiliki oleh warga masyarakat pada umumnya yang tidak
pernah mengikuti pendidikan keguruan
Motivasi belajar siswa SMAN 19 Bone kecamatan Patimpeng bahwa:
pertama, memberikan siraman rohani serta menjalin kedekatan satu sama lain agar
siswa tidak terlalu canggung bertanya apabila ada yang belum dipahami. Kedua,
memberikan suatu penerangan maupun jalan yang mudah ketika siswa mengalami
kesulitan dalam proses belajarnya agar siswa tersebut lebih giat lagi dalam
belajarnya. Ketiga, kepada setiap siswa taat untuk melakukan ibadah agar nantinya
disetiap proses yang dilaluinya diberikan kemudahan. Keempat, tidak membeda-
bedakan siswa yang satu dengan siswa lainya atau dengan kata lain Guru harus
konsisten, baik dalam kelas maupun luar kelas agar komunikasi antar guru dan siswa
itu tetap berjalan dengan baik.
A. Simpulan
Berdasarkan pada hasil analisis di atas sehingga diperoleh beberapa
kesimpulan sebagai berikut :
1. Profesionalisme Guru di SMAN 19 Bone Kecamatan Patimpeng
Kabupaten Bone yaitu dengan cara : Mengembangkan rasa aman siswa,
menanggapi kesulitan secara positif, memahami karakter dan perbedaan
Siswa, menggunakan metode feedback.
2. Motivasi Belajar Siswa SMAN 19 Bone Kecamatan Patimpeng Kabupaten
Bone peneliti dapat menarik kesimpulan bahwa Guru SMAN 19 Bone
memberikan motivasi belajar terhadap Siswa dengan memberikan siraman
rohani serta berusaha menjalin kedekatan satu sama lain agar siswa tidak
terlalu canggung bertanya ketika ada yang belum dipahami. Sebelum
melangsungkan mata pelajaran maka terlebih dahulu Siswa SMAN 19
Bone dituntut untuk mengetahui bagaimana bentuk dan materi yang akan
disampaikan kemudian siswa akan dijelaskan bagaimana pentingnya
mempelajari mata pelajaran atau materi tersebut.
B. Implikasi Penelitian
Berdasarkan hasil penelitian, ada beberapa hal yang disarankan peneliti
untuk digunakan sebagai masukan bagi pihak SMAN 19 Bone dalam hal
meningkatkan motivasi belajar siswa, yaitu sebagai berikut :
1. Sebaiknya SMAN 19 Bone lebih meningkatkan dan memperhatikan apa
yang menjadi daya tarik siswa dalam belajar sehingga siswa lebih
termotivasi dalam belajar.
2. Sebaiknya SMAN 19 Bone mengajak siswa untuk beraktivitas adalah
proses interaksi untuk melakukan aktivitas praktek dilapangan sehingga
siswa memiliki pengalaman baru untuk meningkatkan motivasi belajarnya.
Ketersediaan
| STAR20210244 | 244/2021 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
244/2021
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2021
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
