STRATEGI PENINGKATAN KUALITAS PRODUK PEMBIAYAAN MURABAHAH DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALANrn(STUDI PADA AMANAH FINANCE CABANG BONE)
SRI RISKI NURSAL/01.12.3147 - Personal Name
Penelitian ini membahas tentang strategi peningkatan kualitas produk pembiayaan murabahah dalam meningkatkan volume penjualan(Studi Pada PT. Amanah Finance Cabang Bone.Argumen yang mendasarinya karena Menghadapi gencarnya persaingan dalam bidang pemasaran kendaraan roda empat, maka tuntutan kualitas produk menjadi keharusan harus diperkenalkan kepada konsumen. Pentingnya penetapan strategi dan kualitas produk menjadi keunggulan bagi suatu perusahaan di dalam meningkatkan volume penjualannya. Makin sering suatu produk diperkenalkan kepada konsumen dengan memperbaiki dan menjamin kualitas produk, maka konsumen merasa termotivasi untuk memiliki produk tersebut, sehingga menjadikan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana strategi PT. Amanah Finance dalam meningkatkan kualitas produk pembiayaan murabahah(2) Bagaimana peran kualitas produk pada peningkatan volume penjualan pembiayaan murabahahpada PT. Amanah Finance.rnBerdasarkan tujuan penelitian di atas, maka jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi dalam mengumpulkan data yang diperlukan. Data yang telah terkumpul kemudian diolah dengan menggunakan analisis deskriptif. rnHasil penelitian menunjukkan bahwa strategi PT. Amanah Finance dalam meningkatkan kualitas produk pembiayaan murabahahyakni: (1) Menjaga hubungan yang baik dengan pihak dealer (2) Menjaga stabilitas harga pada produk pembiayaan agar tetap bersaing dengan kompetitor, (3) Memberikan service yang baik kepada debitur. Kemudian peran kualitas produk pada peningkatan volume penjualan pembiayaan murabahahyaitu kualitas produk yang baik akan berperan kuat terhadap peningkatan volume penjualan.rnA.Kesimpulan rn1.Strategi PT. Amanah Finance dalam meningkatkan kualitas produk pembiayaan murabahah yakni, menjaga hubungan yang baik dengan pihak dealer untuk mendukung peningkatan kualitas produk dengan mempertimbangkan peningkatan penjualan, untuk mendorong pihak produksi untuk memberikan berbagai fitur tambahan kepada calon debitur dan menjaga stabilitas harga pada produk pembiayaan agar tetap bersaing dengan kompetitor, serta memberikan service yang baik kepada debitur, salah satunya memberikan kemudahan dalam memberikan kredit pada debitur.rn2.Peran kualitas produk pada peningkatan volume penjualan pembiayaan murabahah pada PT. Amanah Finance yaitu, kualitas produk yang baik akan berperan kuat terhadap peningkatan volume penjualan.rnB.Saran rnMengacu beberapa kesimpulan di atas, maka penulis memberi saran sebagai berikut:rn1.Perlu adanya sosialisasi kepada masyarakat agar mereka mengetahui keunggulan-unggulan mengambil pembiayaan syariah di PT. Amanah Finance serta mengetahui kualitas produk yang ditawarkan saat mengambil produk pembiayaan murabahah.rn2.Diharapkan kepada pihak Amanah Finance agar lebih memberikan pelayanan terbaik, lebih transparansi dalam hal pembagian hasil. Serta,tidak mengambil banyak keuntungan dari pihak nasabah layaknya pembiayaan konvensional.rn3.Diharapkan kepada pihak Amanah Finance agar menghapuskan peraturan mengenai denda keterlambatan dan denda tersebut sebaiknya dijelaskan akan dikemanakan untuk selanjutnya.rn4.Diharapkan kepada calon peneliti selanjutnya agar kiranya meneliti mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen memilih produk pembiayaan murabahah dalam meningkatkan jumlah pelanggan.rnrn rnrn
Ketersediaan
| SS20160091 | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
91/2016
Penerbit
STAIN Watampone : Watampone., 2016
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Syariah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
