Upaya Manajemen Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Budaya Disiplin Siswa di MI Tamoponreng

No image available for this title
Skripsi ini membahas mengenai “Upaya Manajemen kepala Sekolah dalam
Meningkatkan Budaya Disiplin Siswa di MI Tamoponreng”. Adapun yang menjadi
tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menegatahui upaya manajemen kepala sekolah
dalam meningkatkan budaya disiplin siswa di MI Tamoponreng dan untuk
mengetahui faktor yang mempengaruhi budaya disiplin siswa di MI Tamoponreng.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research). Teknik
pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data,
penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Upaya Manajemen Kepala Sekolah dalam
Meningkatkan Budaya Disiplin Siswa di MI Tamoponreng dilaksanakan melalui
beberapa langkah yaitu 1)Perencanaan, merencanakan program sekolah yang
menunjang kedisiplinana siswa baik program yang tak terprogram maupun yang
terprogram seperti kegiatan ekstrakurikuler pramuka dan program BTQ bagi siswa
yang tidak dapat membaca al-qur’an.2) Pengorganisasian, yaitu pembagian tugas
untuk menjalankan program yang direncanaka. 3) Pengarahan, dimana kepala sekolah
menjalin komunikasi dengan para guru dan memberikan motivasi-motivasi untuk
melaksanakan kegiatan yang direncanakan,dan 4) Pengendaliaan terhadap program
dengan melakukan pemantauan dan evaluasi terhadap program yang direncanakan.
Adapun faktor yang mempengaruhi Budaya Disiplin siswa di MI Tamoponreng
dibagi menjadi dua faktor yaitu 1) Faktor penghambat berasal dari orang tua yang
kurang mendukung pendidikan anaknya dan keadaan ekonomi siswa, 2) Faktor yang
mendukung yaitu berasal dari guru-guru yang aktif dalam dalam proses belajar
mengajar dan aktif dalam melaksanakan pembinaan kegiatan-kegiatan eksrtakurikuler
yang telah direncanakan.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat disimpulkan
sebagai berikut:
Upaya manajemen kepala sekolah dalam meningkatkan budaya disiplin
siswa di MI Tamoponreng yaitu bagaimana kepala sekolah dalam mengelola
segala sumber daya pendidikan yang ada guna mendisiplinkan siswa.
1. Perencanaan, kepala sekolah merencanakan program,dalam upaya
meningkatkan budaya disiplin siswa. ada beberapa upaya yang dilakukan
oleh kepala sekolah yaitu menyediakan kegiatan ekstrakurikuler yaitu
pramuka dan program Baca Tulis Al-quran untuk membina siswa yang
tidak bisa membaca al-quran, selai itu kepala sekolah juga memberikan
keteladanan dan pembiasaan untuk membina budaya disiplin siswa.
2. Pengorganisasia, kepala sekolah membagi tugas kepada guru untuk
menjalankan program yang direncanakan. Kepala sekolah menyampaikan
tugas dan tanggung jawab masing-masing untuk menjalankan program.
3. Pengarahan, dalam hal ini kepala sekolah berusaha untuk menjalin
komunikasi dan meberikan arahan-arahan agar para guru tetap konsisten
dalam memberikan teladan dan tetap membina kedisiplinana siswa dengan
baik.
4. Pengendalian, dimana kepala sekolah memantau keseharian siswa dan guru
agar tetap melaksanakan tugas dengan baik, agar mereka tetap
melaksanakan kewajiban untuk meningkatkan budaya disiplin siswa. dan
melakukan kegiatan evaluasi terhadap siswa untuk memastikan apakah
mereka menerapkan budaya disiplin setiap saat untuk kemudian dilakukan
tindak lanjut.
5. Faktor penghambat dalam mendisiplinkan siswa berasal dari faktor
keadaan ekonomi dan kurangnya perhatian orang tua siswa terhadap
perkembangan anaknya. Adapun faktor yang mendukung kedisiplinana
siswa berasal dari gurunya yang menjadi teladan bagi siswa.
B. Saran
1. Kepadan Kepala sekolah diharapkan mampu menjalankan manajemen
secara maksimal dan terstruktur dengan mengembangkan program-program
sekolah yang menunjang kedisiplinana siswa.
2. Kepada Guru dan tenaga kependidikan dagar saling bekerjasama dalam
menjalankan tugas untuknya dalam membantu kepala sekolah dalam
mencapai tujuan. Karena dengan adanya kerjasama yang baik dari semua
pihak tujuan dapat dicapai dengan mudah. Serta kepala sekolah dan Guru
diharapkan dapat meningkatkan kerjasama dengan orangtua siswa untuk
mengontrol kedisiplinana siswa dirumah masing-masing.
Ketersediaan
STAR20210208208/2021Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

208/2021

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top