trategi dalam Mempertahankan Eksistensi Usaha Selama Masa Pandemik Covid-19 (Studi Kasus pada Usaha Kuliner di Jalan Majang, Kecamatan Tanete Riattang Barat, Kabupaten Bone)

No image available for this title
Skripsi ini membahas tentang strategi untuk mempertahankan eksistensi usaha
ditengah pandemik covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Eksistensi
usaha kuliner dan untuk mengetahui penerapan strategi dalam mempertahankan
eksistensi usaha selama masa pademik Covid-19.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif yaitu
suatu proses penelitian yang dilakukan secara wajar, sengaja dan natural sesuai
dengan kondisi objektif di lapangan tanpa adanya manipulasi. Teknik pengumpulan
data dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan metode Field Research, yaitu
suatu pengumpulan data dengan terjun langsung ke lapangan atau lokasi penelitian
untuk mencatat hal-hal yang diperlukan dengan menggunakan teknik observasi,
wawancara dan dokumentasi.
Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Eksistensi yang dimiliki oleh ketiga
warung makan ini yaitu tidak terlepas dari karakteristik usaha yang dimiliki.
Karakteristik merupakan hal mendasar untuk pengembangan bisnis tak terkecuali
pada usaha mikro dan kecil agar memiliki peluang besar dimata konsumen. Usaha
usaha ini lebih menekankan kepada menu makanan yang disediakan dimana
ketiganya memilih untuk mengaplikasikan desain produk dengan kualitas yang baik
dengan tarif yang bersahabat. 2) Strategi yang digunakan dalam mempertahankan
eksistensi usaha ditengah pandemik covid-19 yaitu yaitu Memiliki kepercayaan diri
dan kemandirian yang tinggi, Berbisnis yang halal, Menjaga kepercayaan relasi
bisnis, Menggunakan teknologi informasi dalam berbisnis serta Bekerja sama dengan
grabfood/gofood atau yang sejenisny
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan pada bab sebelumnya, maka
penulis mengambil kesimpulan sebagai berikut:
1. Eksistensi usaha kuliner di Jalan Majang, Kecamatan Tanete Riattang Barat,
Kabupaten Bone ini tidak terlepas dari karakteristik usaha yang dimiliki.
Karakteristik merupakan hal mendasar untuk pengembangan bisnis tak
terkecuali pada usaha mikro dan kecil agar memiliki peluang besar dimata
konsumen. Usaha ini memiliki eksistensi yang baik dan telah mendapat
pengakuan ditengah masyarakat serta mampu mempertahankan usaha meski
dalam situasi dan kondisi yang sulit seperti pandemik sekarang ini. Berdasarkan
hasil penelitian usaha yang diteliti lebih menekankan kepada menu makanan
yang disediakan yaitu dengan memilih untuk mengaplikasikan desain produk
dengan kualitas yang baik dengan tarif yang bersahabat. Beberapa usaha
diwilayah ini sudah beroperasi selama beberapa tahun dan masih berdiri kokoh
sampai saat ini.
2. Strategi yang digunakan dalam mempertahankan eksistensi usaha ditengah
pandemik covid-19 yaitu Memiliki kepercayaan diri dan kemandirian yang
tinggi, Berbisnis yang halal, Menjaga kepercayaan relasi bisnis, Menggunakan
teknologi informasi dalam berbisnis serta Bekerja sama dengan
grabfood/gofood atau yang sejenisnya.
B. Implikasi
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka penulis memberikan
beberapa saran yang diharapkan dapat bermanfaat bagi semua pihak, yaitu sebagai
berikut:
1. Perlu adanya pemeliharaan cita rasa masakan oleh ketiga usaha warung makan
ini yang konsisten hingga seterusnya serta membuktikan kepada konsumen
bahwa bahan-bahan yang digunakan sebagai bahan masakan dari mutu terbaik
sehingga penetapan harga sesuai dengan prestasi produk atau citra mutu yang
ada pada masakan. Mempertahankan kekhasan dan karakteristik usaha berupa
mempertahankan cita rasa yang didukung dengan bahan-bahan berkualitas
sebagai usaha untuk mempertahankan usaha ini dengan posisi yang berbeda dan
terus mendapatkan kepercayaan dari para pelanggannya untuk mampu
mendapatkan eksistensi yang sejati.
2. Perlu adanya perbaikan pelayanan dalam menjalankan usaha dengan
memperbaiki sistem kerja yang ada pada pegawai seperti melakukan pelayanan
dengan cepat dan tanggap serta memerhatikan hal-hal yang dibutuhkan oleh
pelanggan demi meningkatkan loyalitas pelanggan, seperti menciptakan design
rumah makan yang lebih baik lagi untuk mampu menarik konsumen seperti
adanya pelebaran tempat, penggunaan teknologi sebagai pendukung usaha,
serta adanya promosi-promosi lainnya seperti pembuatan spanduk promosi
yang turut serta mencantumkan nama yang tertera pada aplikasi pendukung
guna untuk mempermudah pembeli dalam melakukan pencarian nama usaha
ini pada aplikasi pendukung disertakan dengan ulasan-ulasan pada media sosial
seperti google terkait dengan rumah makan ini.
Ketersediaan
SFEBI20210178178/2021Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

178/2021

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi FEBI

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top