Implementasi Nilai Kearifan Lokal Dan Prinsip Etika Bisnis Islam Sebagai Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan (Studi pada PT Mahkota Sukses Indonesia cabang Kabupaten Bone)
Riska Febrianti/01.17.3011 - Personal Name
Bisnis multi level marketing banyak diminati masyarakat khususnya dikalangan
remaja ataupun dewasa, karena penghasilan yang diproleh cukup tinggi dan
pemasarannya yang tergolong cukup mudah. Bisnis yang dijalanan bernama PT
Mahkota Sukses Indonesia cabang HPO1 Bone yang berlokasi di Jl.Dr.wahidin
sudiro husodo Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone. Usaha ini
memasarkan produk untuk kecantikan dan kesehatan yang pastinya selalu dibutuhkan
setiap orang. Dalam hal ini peneliti bermaksud melakukan penelitian tentang proses
jual beli yang dilakukan dalam menjalankan usaha, apakah menerapkan nilai kearifan
lokal dan prinsip etika bisnis islam dalam strategi pemasarannya sehingga bisnis yang
dijalankan bisa berkembang dan sesuai dalam ajaran islam.
Berdasarkan tujuan penelitian tersebut, maka penelitian ini merupakan jenis
penelitian kualitatif dimana menggunakan pendekatan keilmuan yaitu ilmu ekonomi
islam, selain itu penelitian ini dianalisis menggunakan pendekatan deskriptif, kritis
dan grounded theory. Teknik tersebut digunakan untuk mendeskripsikan data-data
yang dikumpulkan oleh peneliti dari hasil observasi, wawancara, serta dokumentasi
selama melakukan penelitian di “PT Mahkota Sukses Indonesia cabang HPO1 Bone”.
Adapun hasil penelitian menunjukan bahwa 1) karakteristik bisnis multi level
marketing yang baik dan benar ada enam. Semua karakteristik yang dimaksud
dijalankan oleh PT Mahkota Sukses Indonesia cabang HPO1 Bone yaitu memiliki
produk atau jasa untuk dijual, upline mau membantu downline untuk berkembang,
memiliki sistem yang adil bagi semua member, harga produk yang dijual masuk akal,
memiliki badan hukum yang jelas, dan memiliki support system yang baik. 2)
implementasi nilai kearifan lokal dan prinsip etika bisnis islam pada bisnis PT
Mahkota Sukses Indonesia cabang HPO1 Bone dalam meningkatkan volume
penjualan. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa nilai kearifan lokal yang
dugunakan yaitu nilai mappatabe, nilai alempureng, nilai getteng, dan nilai assitulu-
tulung dengan pengimplementasian sebesar 75% atau dinyatakan bagus. Sedangkan
prinsip etika bisnis islam yang digunakan yaitu keadilan, kebebasan, tanggungjawab,
vi
dan kejujuran dengan pengimplementasian sebesar 82% atau dinyatakan sangat
bagus. 3) kontribusi nilai kearifan lokal dan prinsip etika bisnis islam pada bisnis PT
Mahkota Sukses Indonesia cabang HPO1 Bone dalam meningkatkan volume
penjualan dapat dilihat dari kedelapan aspeknya yaitu mappatabe, alempureng,
getteng, assitulu-tulung, prinsip keadilan, prinsip kebebasan, prinsip tanggungjawab,
dan prinsip kejujuran. Semua aspek tersebut dijalankan dengan baik dan juga
memberi dampak sangat baik pada peningkatan volume penjualan.
A. Kesimpulan
Berdasarkan uraian pada pembahasan sebelumnya, peneliti dapat menarik
kesimpulan secara keseluruhan sebagai berikut:
1. Karakteristik usaha yang diterapkan PT Mahkota Sukses Indonesia
cabang HPO1 Bone sesuai dengan konsep karakteristik bisnis
networking Marketing atau bisnis Multi Level Marketing yang baik
dan benar. Jadi dengan karakteristik tersebut PT Mahkota Sukses
Indonesia cabang HPO1 Bone menjalankan bisnis dengan baik dan
benar, serta menjadi nilai tambah tersendiri dalam usaha karena
memudahkan untuk meyakinkan konsumen dan calon member
bergabung kedalam bisnis yang secara langsung berpengaruh pada
peningkatan volume penjualan.
2. Implementasi nilai kearifan lokal dan prinsip etika bisnis islam dalam
meningkatkan volume penjualan pada usaha PT Mahkota Sukses
Indonesia cabang HPO1 Bone dapat dilihat dari dua aspek utamanya
yaitu nilai kearifan lokal dan prinsip etika bisnis islam. Dari aspek
kearifan lokal pengimplementasiannya sebesar 75% atau dinyataan
bagus. Kemudian dari aspek prinsip etika bisnis islam
pengimplementasiannya sebesar 82% atau dinyatakan sangat bagus.
3. Kontribusi nilai kearifan lokal dan prinsip etika bisnis islam dalam
meningkatkan volume penjualan pada usaha PT Mahkota Sukses
Indonesia cabang HPO1 Bone dapat dilihat dari dua aspek utamanya
yaitu nilai kearifan lokal dan prinsip etika bisnis islam. Penerapan
aspek tersebut memberian dampak yang bagus atau baik terhadap
bisnis terutama pada pendapatan yang diperoleh PT MSI cabang
HPO1 Bone yang dulunya hanya berkisar Rp3.000.000-, menjadi
Rp.5.000.000-. selain itu member yang ada dibawah jaringannya
memperoleh pendapatan dari Rp500.000-, menjadi Rp1.000.000-.
Selain memberi dampak baik dalam usaha, penerapan nilai dan
prinsip tersebut juga mendapat keberkahan dari Allah SWT atas usaha
yang dijalankan dalam PT Mahkota Sukses Indonesia cabang HPO1
Bone.
B. Implikasi
Berdasarkan hasil penelitian yang telah diuraikan diatas maka peneliti
memberikan beberapa implikasi atau saran kepada pengusaha atau para member
PT Mahkota Sukses Indonesia cabang HPO1 Bone yaitu dalam meningkatkan
volume penjualan diperlukan pengembangan dan perubahan terus-menerus pada
strategi penjualan agar sesuai dengan kondisi atau gaya hidup masyarakat yang
sedang berlangsung. Kemudian kepada peneliti selanjutnya, diharapkan untuk
melakukan penelitian yang lebih luas lagi atau dapat mengembangkannya.
remaja ataupun dewasa, karena penghasilan yang diproleh cukup tinggi dan
pemasarannya yang tergolong cukup mudah. Bisnis yang dijalanan bernama PT
Mahkota Sukses Indonesia cabang HPO1 Bone yang berlokasi di Jl.Dr.wahidin
sudiro husodo Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone. Usaha ini
memasarkan produk untuk kecantikan dan kesehatan yang pastinya selalu dibutuhkan
setiap orang. Dalam hal ini peneliti bermaksud melakukan penelitian tentang proses
jual beli yang dilakukan dalam menjalankan usaha, apakah menerapkan nilai kearifan
lokal dan prinsip etika bisnis islam dalam strategi pemasarannya sehingga bisnis yang
dijalankan bisa berkembang dan sesuai dalam ajaran islam.
Berdasarkan tujuan penelitian tersebut, maka penelitian ini merupakan jenis
penelitian kualitatif dimana menggunakan pendekatan keilmuan yaitu ilmu ekonomi
islam, selain itu penelitian ini dianalisis menggunakan pendekatan deskriptif, kritis
dan grounded theory. Teknik tersebut digunakan untuk mendeskripsikan data-data
yang dikumpulkan oleh peneliti dari hasil observasi, wawancara, serta dokumentasi
selama melakukan penelitian di “PT Mahkota Sukses Indonesia cabang HPO1 Bone”.
Adapun hasil penelitian menunjukan bahwa 1) karakteristik bisnis multi level
marketing yang baik dan benar ada enam. Semua karakteristik yang dimaksud
dijalankan oleh PT Mahkota Sukses Indonesia cabang HPO1 Bone yaitu memiliki
produk atau jasa untuk dijual, upline mau membantu downline untuk berkembang,
memiliki sistem yang adil bagi semua member, harga produk yang dijual masuk akal,
memiliki badan hukum yang jelas, dan memiliki support system yang baik. 2)
implementasi nilai kearifan lokal dan prinsip etika bisnis islam pada bisnis PT
Mahkota Sukses Indonesia cabang HPO1 Bone dalam meningkatkan volume
penjualan. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa nilai kearifan lokal yang
dugunakan yaitu nilai mappatabe, nilai alempureng, nilai getteng, dan nilai assitulu-
tulung dengan pengimplementasian sebesar 75% atau dinyatakan bagus. Sedangkan
prinsip etika bisnis islam yang digunakan yaitu keadilan, kebebasan, tanggungjawab,
vi
dan kejujuran dengan pengimplementasian sebesar 82% atau dinyatakan sangat
bagus. 3) kontribusi nilai kearifan lokal dan prinsip etika bisnis islam pada bisnis PT
Mahkota Sukses Indonesia cabang HPO1 Bone dalam meningkatkan volume
penjualan dapat dilihat dari kedelapan aspeknya yaitu mappatabe, alempureng,
getteng, assitulu-tulung, prinsip keadilan, prinsip kebebasan, prinsip tanggungjawab,
dan prinsip kejujuran. Semua aspek tersebut dijalankan dengan baik dan juga
memberi dampak sangat baik pada peningkatan volume penjualan.
A. Kesimpulan
Berdasarkan uraian pada pembahasan sebelumnya, peneliti dapat menarik
kesimpulan secara keseluruhan sebagai berikut:
1. Karakteristik usaha yang diterapkan PT Mahkota Sukses Indonesia
cabang HPO1 Bone sesuai dengan konsep karakteristik bisnis
networking Marketing atau bisnis Multi Level Marketing yang baik
dan benar. Jadi dengan karakteristik tersebut PT Mahkota Sukses
Indonesia cabang HPO1 Bone menjalankan bisnis dengan baik dan
benar, serta menjadi nilai tambah tersendiri dalam usaha karena
memudahkan untuk meyakinkan konsumen dan calon member
bergabung kedalam bisnis yang secara langsung berpengaruh pada
peningkatan volume penjualan.
2. Implementasi nilai kearifan lokal dan prinsip etika bisnis islam dalam
meningkatkan volume penjualan pada usaha PT Mahkota Sukses
Indonesia cabang HPO1 Bone dapat dilihat dari dua aspek utamanya
yaitu nilai kearifan lokal dan prinsip etika bisnis islam. Dari aspek
kearifan lokal pengimplementasiannya sebesar 75% atau dinyataan
bagus. Kemudian dari aspek prinsip etika bisnis islam
pengimplementasiannya sebesar 82% atau dinyatakan sangat bagus.
3. Kontribusi nilai kearifan lokal dan prinsip etika bisnis islam dalam
meningkatkan volume penjualan pada usaha PT Mahkota Sukses
Indonesia cabang HPO1 Bone dapat dilihat dari dua aspek utamanya
yaitu nilai kearifan lokal dan prinsip etika bisnis islam. Penerapan
aspek tersebut memberian dampak yang bagus atau baik terhadap
bisnis terutama pada pendapatan yang diperoleh PT MSI cabang
HPO1 Bone yang dulunya hanya berkisar Rp3.000.000-, menjadi
Rp.5.000.000-. selain itu member yang ada dibawah jaringannya
memperoleh pendapatan dari Rp500.000-, menjadi Rp1.000.000-.
Selain memberi dampak baik dalam usaha, penerapan nilai dan
prinsip tersebut juga mendapat keberkahan dari Allah SWT atas usaha
yang dijalankan dalam PT Mahkota Sukses Indonesia cabang HPO1
Bone.
B. Implikasi
Berdasarkan hasil penelitian yang telah diuraikan diatas maka peneliti
memberikan beberapa implikasi atau saran kepada pengusaha atau para member
PT Mahkota Sukses Indonesia cabang HPO1 Bone yaitu dalam meningkatkan
volume penjualan diperlukan pengembangan dan perubahan terus-menerus pada
strategi penjualan agar sesuai dengan kondisi atau gaya hidup masyarakat yang
sedang berlangsung. Kemudian kepada peneliti selanjutnya, diharapkan untuk
melakukan penelitian yang lebih luas lagi atau dapat mengembangkannya.
Ketersediaan
| SFEBI20230003 | 03/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
03/2023
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
