Strategi dalam menghadapi Dampak COVID 19 Terhadap Omset Penjualan (Studi Kasus pada UD. Padila Kab. Bone)

No image available for this title
Skripsi ini membahas tentang strategi pemasaran dalam menghadapi dampak Covid-
19 terhadap omzet penjualan ayam broiler di UD Padila Kab.Bone. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui bagaimana dampak pandemi Covid-19 terhadap omzet
penjualan ayam broiler dan bagaimana strategi pemasaran yang dilakukan dalam
menghadapi dampak pandemi Covid-19.
Berdasarkan tujuan tersebut, maka jenis penelitian yang digunakan adalah jenis
penelitian lapangan (field research). Adapun pendekatan penelitian yang digunakan
adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan dianalisis secara
deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Dampak pandemi Covid-19 terhadap omzet
penjualan ayam broiler UD Padila ada lima aspek menurut Swastha dan Irawan yaitu
kondisi dan kemampuan penjual, modal, kondisi organisasi perusahaan, kondisi pasar,
dan faktor lain. Dari kelima aspek tersebut hanya empat aspek yang terjawab. 2)
Strategi pemasaran dalam menghadapi dampak pandemi Covid-19 dilakukan
berdasarkan empat aspek menurut Kotler dan Amstrong. Aspeknya antara lain (1)
Produk, (2) Harga, (3) Tempat/distribusi, dan (4) Promosi. Keempat aspek tersebut
dapat dikatakan telah dijalankan dengan cukup baik. Hal tersebut terbukti dengan data
omzet penjualan UD Padila. Selain itu, dalam menjalankan pemasaran telah
memerhatikan prinsip pemasaran Syariah.
A. Kesimpulan
Berdasarkan uraian penjelasan pada pembahasan sebelumnya, peneliti dapat
menarik kesimpulan secara keseluruhan sebagi berikut:
1. Dampak pandemi Covid-19 terhadap omzet penjualan ayam broiler UD Padila
dilihat dengan menghubungkan lima aspek yang mempengaruhi omzet
penjualan. Kelima Aspek tersebut kemudian di implementasikan pada situasi
pandemi Covid-19 yang saat ini terjadi. Dari kelima aspek yang dikemukakan
oleh Swastha dan Irawan, hanya empat aspek yang diterangkan oleh peneliti
yaitu (1) Kondisi dan kemampuan penjual, (2) Modal, (3) Kondisi organisasi
perusahaan, (4) Kondisi Pasar. Keempat aspek tersebut berpengaruh terhadap
omzet penjualan UD Padila terlebih dimasa pandemi Covid-19.
2. Strategi pemasaran dalam menghadapi dampak pandemi Covid-19 dilakukan
berdasarkan empat aspek menurut Kotler dan Amstrong diantaranya (1)
Produk, (2) Harga, (3) Tempat/distribusi, (4) Promosi. Strategi produk
dilakukan dengan melakukan inovasi produk dan menawarkan produk yang
dibutuhkan konsumen saat pandemi Covid-19, seperti penawaran produk yang
berkualitas dan halal, penawaran jasa delivery dan transaksi secara online.
Strategi harga dilakukan dengan memberikan penawaran harga yang menarik,
seperti potongan harga dan gratis pengantaran. Sedangkan strategi tempat
dilakukan dengan pemilihan lokasi dan pelayanan secara online sehingga
mudah dijangkau konsumen di manapun dan kapanpun, serta membangun
hubungan yang baik dengan konsumen. Demikian pula dengan strategi promosi
dilakukan dengan gencar berpromosi di sosial media WhatsApp, Facebook, dan
Instagram. Keempat strategi pemasaran tersebut dapat dikatakan dijalankan
cukup baik dan telah berlandaskan pada pemasaran secara Islami, dibuktikan
dengan data omzet penjualan yang perlahan mengalami kenaikan.
B. Saran
Berdasarkan hasil pembahasan dan kesimpulan yang diperoleh, maka diajukan
beberapa saran yang dapat diterapkan bagi UD Padila dalam melakukan pemasaran
demi meningkatkan omzet penjualan antara lain:
1. Dalam hal produk sebaiknya UD Padila perlu melakukan inovasi produk secara
terus menerus mengikuti perkembangan teknologi dan selalu berkiblat pada apa
yang dibutuhkan dan diinginkan oleh konsumen agar perusahaan tidak tertinggal
dengan pesaing.
2. Dalam kegiatan pemasaran yang masih konvensional agar kiranya diperbaharui
kepada kegiatan pemasaran berbasis digital yang saat ini dituntut oleh semua usaha
agar perusahaan memiliki nilai lebih dan dapat memberikan pelayanan prima
kepada konsumen.
3. Dalam kegiatan promosi sebaiknya lebih ditingkatkan dengan melakukan promosi
berbasis digital advertising yang sesering mungkin dengan konten promosi yang
menarik minat konsumen, sehingga dapat menarik minat pasar. dan memperluas
jangkauan
C. Implikasi
Implikasi dari hasil penelitian ini mencakup dua hal, yaitu implikasi ilmiah dan
praktis. Implikasi ilmiah berhubungan dengan memberikan sumbangsih atau bahan
referensi dalam ilmu pengetahuan, khususnya dalam bidang ilmu ekonomi tentang
wirausaha, sedangkan implikasi praktis berupa bahan pertimbangan dalam
membuat keputusan tentang strategi peningkatan omzet penjualan UD Padila di
masa pandemi Covid-19 ataupun masa normal sekalipun.
Ketersediaan
SFEBI20210179179/2021Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

179/2021

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi FEBI

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top