Analisis Perbandingan Minat Konsumen dalam Pembelian Sepeda Motor Honda dan Yamaha (Studi Pada Dealer Sepeda Motor Honda dan Yamaha Kabupaten Bone)
Mardayanti/01.17.3009 - Personal Name
Alat transportasi merupakan sebuah alat yang di gunakan untuk mengangkut manusia
dari daerah yang satu ke daerah yang lainnya. Seiring dengan meningkatnya daya beli
masyarakat pada suatu alat transportasi (mobil,motor,sepeda), maka semakin
diperlukan juga inovasi untuk menarik minat konsumen terhadap suatu produk. Pasar
sepeda motor diramaikan oleh dua merek besar yaitu Yamaha dan Honda. Dapat
dilihat data penjualan sepeda motor selama tahun 2020 di Kabupaten Bone yaitu
penjualan Honda 1.394 unit dan yamaha 1.859 juta unit, hal tersebut membuktikan
bahwa adanya perbandingan sepeda motor merek yamaha dan honda. Dalam hal ini
peneliti bermaksud untuk meneliti mengenai minta konsumen dalam pembeliaan
sepeda motor Honda dan Yamaha.
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan minat konsumen dalam pembelian
sepeda motor Honda dan Yamaha dan untuk mengetahui perbandingan minat
konsumen dalam pembelian sepeda motor Honda dan Yamaha. Jenis penelitian yang
dilakukan dalam penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (fileid research).
Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan
dengan metode observasi, angket, dokumentasi dalam mengumpulkan data
tangdiperlukan. Data yang sudah dikumpulkkan selanjutnya diolah dengan
menggunakan analisis statistik kemudian melakukan interprestasi data dari uji
Validitas, uji reabilitas, uji Normalitas, Uji Wilcoxon, dan Uji Mann Whitney
menggunakan program SPSS versi 22 for Windows.
Perbandingan Minat beli konsumen Honda dan Yamaha dengan menggunakan uji
Mann whitney diperoleh bahwa sepeda motor Honda 39,83 (39%) dan sepeda motor
Yamaha 61,17 (61%) dan dengan mengunakan uji Wilcoxon diperoleh sepeda motor
Honda 18,23 (39%) dan sepeda motor Yamaha 28,61 (61%). Dengan demikian dapat
diketahui bahwa ada perbandingan minat konsumen sepeda motor Honda dan
Yamaha dengan mengunakan uji Mann Whitney dan Wilcoxon.
A. Kesimpulan
Berdasarkan uraian penjelasan pada hasil penelitian diatas, maka dapat ditarik
sebuah kesimpulan sebagai berikut:
1) Minat pembelian konsumen pada sepeda motor Honda yaitu Konsumen
membeli sepeda motor Honda karena sebuah kebutuhan, irit bahan bakar dan
orderdilnya mudah didapatkan meskipun ada beberpa pertimbangan lain yang
menjadi alasan konsumen membeli sepeda motor Honda
2) Minat pemebelian konsumen pada sepeda motor Yamaha yaitu konsumen
beranggapan bahwa sepeda motor Yamaha cocok digunakan untuk pria dan
wanita, modelnya yang menarik dan daya tahan mesinnya meskipun ada
beberapa pertimbangan lain yang menjadi alasan konsumen membeli sepeda
motor Yamaha.
3) Perbandingan Minat beli konsumen Honda dan Yamaha dengan menggunakan
uji Mann whitney diperoleh bahwa sepeda motor Honda 39,83 (39%) dan
sepeda motor Yamaha 61,17 (61%) dan dengan mengunakan uji Wilcoxon
diperoleh sepeda motor Honda 18,23 (39%) dan sepeda motor Yamaha 28,61
(61%). Berdasarkan hasil uji Mann Whitney dan Wilcoxon dapat disimpulkan
adanya perbandingan minat konsumen sepeda motor honda dan yamaha.
B. Impikasi
Berdasarkan kesimpulan yang telah dipaparkan diatas, maka hasil penelitian ini
dapat diimplementasikan sebagai berikut:
1. Dengan adanya penelitian ini diharapan para perusahaan agar tetap menjaga
kualitas produk yang mereka jual agar konsumen dapat menaruh kepercayaan
yang tinggi pada suatu produk yang dijual sehingga perusahaan tersebut tetap
berjalan dengan lancar.
2. Diharapkan kepada para konsumen agara dalam membeli sebuah produk selalu
mempertimbangkan kualitas produk yang akan mereka beli sehingga dalam
pemakaian produk yang mereka beli dapat memberikan rasa yang lebih puas
dan senang.
C. Saran
Berdasarkan kesimpulan yang telah dipaparkan diatas, makaada beberapa saran
yang perlu penulis sampaikan sebagai berikut:
1. Jangan jadikan gensi sebagai alasan untuk membeli sepeda motor, sebeb hal
tersebut tidak akan menimbulkan kemaslahatan bagi kamu.
2. Untuk kepada para peneliti selanjutnya agar hasil penelitian ini dapat dijadikan
sebagai bahan refrensi dalam mengkaji objek yang sama.
dari daerah yang satu ke daerah yang lainnya. Seiring dengan meningkatnya daya beli
masyarakat pada suatu alat transportasi (mobil,motor,sepeda), maka semakin
diperlukan juga inovasi untuk menarik minat konsumen terhadap suatu produk. Pasar
sepeda motor diramaikan oleh dua merek besar yaitu Yamaha dan Honda. Dapat
dilihat data penjualan sepeda motor selama tahun 2020 di Kabupaten Bone yaitu
penjualan Honda 1.394 unit dan yamaha 1.859 juta unit, hal tersebut membuktikan
bahwa adanya perbandingan sepeda motor merek yamaha dan honda. Dalam hal ini
peneliti bermaksud untuk meneliti mengenai minta konsumen dalam pembeliaan
sepeda motor Honda dan Yamaha.
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan minat konsumen dalam pembelian
sepeda motor Honda dan Yamaha dan untuk mengetahui perbandingan minat
konsumen dalam pembelian sepeda motor Honda dan Yamaha. Jenis penelitian yang
dilakukan dalam penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (fileid research).
Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan
dengan metode observasi, angket, dokumentasi dalam mengumpulkan data
tangdiperlukan. Data yang sudah dikumpulkkan selanjutnya diolah dengan
menggunakan analisis statistik kemudian melakukan interprestasi data dari uji
Validitas, uji reabilitas, uji Normalitas, Uji Wilcoxon, dan Uji Mann Whitney
menggunakan program SPSS versi 22 for Windows.
Perbandingan Minat beli konsumen Honda dan Yamaha dengan menggunakan uji
Mann whitney diperoleh bahwa sepeda motor Honda 39,83 (39%) dan sepeda motor
Yamaha 61,17 (61%) dan dengan mengunakan uji Wilcoxon diperoleh sepeda motor
Honda 18,23 (39%) dan sepeda motor Yamaha 28,61 (61%). Dengan demikian dapat
diketahui bahwa ada perbandingan minat konsumen sepeda motor Honda dan
Yamaha dengan mengunakan uji Mann Whitney dan Wilcoxon.
A. Kesimpulan
Berdasarkan uraian penjelasan pada hasil penelitian diatas, maka dapat ditarik
sebuah kesimpulan sebagai berikut:
1) Minat pembelian konsumen pada sepeda motor Honda yaitu Konsumen
membeli sepeda motor Honda karena sebuah kebutuhan, irit bahan bakar dan
orderdilnya mudah didapatkan meskipun ada beberpa pertimbangan lain yang
menjadi alasan konsumen membeli sepeda motor Honda
2) Minat pemebelian konsumen pada sepeda motor Yamaha yaitu konsumen
beranggapan bahwa sepeda motor Yamaha cocok digunakan untuk pria dan
wanita, modelnya yang menarik dan daya tahan mesinnya meskipun ada
beberapa pertimbangan lain yang menjadi alasan konsumen membeli sepeda
motor Yamaha.
3) Perbandingan Minat beli konsumen Honda dan Yamaha dengan menggunakan
uji Mann whitney diperoleh bahwa sepeda motor Honda 39,83 (39%) dan
sepeda motor Yamaha 61,17 (61%) dan dengan mengunakan uji Wilcoxon
diperoleh sepeda motor Honda 18,23 (39%) dan sepeda motor Yamaha 28,61
(61%). Berdasarkan hasil uji Mann Whitney dan Wilcoxon dapat disimpulkan
adanya perbandingan minat konsumen sepeda motor honda dan yamaha.
B. Impikasi
Berdasarkan kesimpulan yang telah dipaparkan diatas, maka hasil penelitian ini
dapat diimplementasikan sebagai berikut:
1. Dengan adanya penelitian ini diharapan para perusahaan agar tetap menjaga
kualitas produk yang mereka jual agar konsumen dapat menaruh kepercayaan
yang tinggi pada suatu produk yang dijual sehingga perusahaan tersebut tetap
berjalan dengan lancar.
2. Diharapkan kepada para konsumen agara dalam membeli sebuah produk selalu
mempertimbangkan kualitas produk yang akan mereka beli sehingga dalam
pemakaian produk yang mereka beli dapat memberikan rasa yang lebih puas
dan senang.
C. Saran
Berdasarkan kesimpulan yang telah dipaparkan diatas, makaada beberapa saran
yang perlu penulis sampaikan sebagai berikut:
1. Jangan jadikan gensi sebagai alasan untuk membeli sepeda motor, sebeb hal
tersebut tidak akan menimbulkan kemaslahatan bagi kamu.
2. Untuk kepada para peneliti selanjutnya agar hasil penelitian ini dapat dijadikan
sebagai bahan refrensi dalam mengkaji objek yang sama.
Ketersediaan
| SFEBI20210004 | 04/2021 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
04/2021
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2021
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
