Perancangan Media palnning Konten Digital marketing Berbasis Media Sosial dalam rangka Menarik Minat Pelanggan (Studi pada Resto café Teras watampone)

No image available for this title
Usaha kafe merupakan usaha alternatif baru yang muncul di era milenial dan dapat
mendatangkan keuntungan yang besar. Salah di antaranya adalah “Resto N Cafe
Teras” Watampone, ia melayani masyarakat yang ada di Kab. Bone dalam
menjalankan aktivitas usahanya.Di antara banyak kafe yang ada di kota Watampone,
kafe “Resto N Cafe Teras” Watampone termasuk dalam usaha yang memiliki banyak
pelanggan. Para pelanggan datang ke kafe tersebut distimulasi banyak hal, antara lain
seminar, buka puasa bersama, event peragaan busana dan lainnya. Di media sosial
khususnya Instagram, “Resto N Cafe Teras” Watampone secara aktif terus
menampilkan produk, suasana dan keadaan usahanya
Skripsi ini membahas mengenai perencanaan media konten digital marketing berbasis
media sosial dalam rangka menarik minat pelanggan. Perencanaan media adalah
suatu proses untuk menentukan biaya paling efektif bauran media untuk mencapai
tujuan media. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana karasterisitk
usaha bisnis, bagaimana kontribusi media planning konten digital marketing berbasis
media sosial dalam rangka menarik minat pelanggan, dan model perancangan media
planning konten digital marketing berbasis media sosial dalam rangka menarik minat
pelanggan.
Berdasarkan tujuan penelitian tersebut, maka penelitian ini merupakan jenis
penelitian kualitatif menggunakan pendekatan grounded theory. Teknik ini digunakan
untuk mendekskripsikan data-data yang peneliti kumpulkan baik data hasil
wawancara, observasi maupun dokumentasi selama melakukan penelitian di “Resto N
Cafe Teras” Watampone.
Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Karakteristik usaha bisnis “Resto N
Cafe Teras” Watampone ada enam aspek yang dijadikan sebagai karakteristik yaitu
jenis barang/komoditi, lokasi/tempat usaha, administrasi keuangan, surat izin usaha,
sumber daya manusia (SDM) dan modal. Dari keenam karakteristik tersebut hanya
tiga yang dapat digunakan yaitu jenis barang/komoditi, lokasi/tempat usaha dan
sumber daya manusia (SDM), hal tersebut dikarenakan usaha bisnis memiliki
keunikan tersendiri. Dari ketiga aspek karakteristik tersebut usaha “Resto N Cafe
Teras” Watampone memiliki karakteristik yang dapat menjadi pembeda dari usaha
lainnya. 2) Kontribusi perencanaan media konten digital marketing berbasis media
sosial dalam ranga menarik minat pelanggan didapatkan melalui empat langkah
menurut Tom Dunchan. Aspeknya antara lain (1) Mengidentifikasi target media
(media targeting), (2)Menentukan tujuan media (media objectives), (3) Menentukan
strategi media, (4) Penjadwalan penempatan media atau scheduling media placement.
Keempat aspek tersebut dapat dikatakan sudah dijalankan cukup baik yang
dibuktikan dengan data minat eksploratif masyarakat terhadap akun media sosial
Instagram “Resto N Cafe Teras” Watampone. 3) Model perencanaan media konten
digital marketing berbasis media sosial menghasilkan suatu model yang terdiri dari 8
aspek. Aspeknya yaitu target pasar, display produk, aplikasi, konten, pesan, model,
pemilihan media, dan kredibilitas. Namun model tersebut belum memperhatikan
mengenai maslahah sehingga akan disempurnakan dengan menggunakan teori/konsep
maqāṣid al-syarῑ‘ah. Maqāṣid al-syarῑ‘ah merupakan upaya manusia untuk
mendapatkan solusi yang sempurna dan jalan yang benar berdasarkan Al-Quran dan
Hadist Nabi Muhammad SAW. Dengan begitu, model tersebut dapat digunakan oleh
pemilik usaha “Resto N Cafe Teras” Watampone secara khusus dan pengusaha
muslim secara umum dalam melakukan poses perencanaan media.
A. Kesimpulan
Berdasarkan uraian penjelasan pada pembahasan sebelumnya, peneliti
dapat menarik kesimpulan secara keseluruhan sebagai berikut:
1. Karakteristik usaha bisnis “Resto N Cafe Teras” Watampone ada enam
aspek yang dijadikan sebagai karakteristik yaitu jenis barang/komoditi,
lokasi/tempat usaha, administrasi keuangan, surat izin usaha, sumber daya
manusia (SDM) dan modal. Dari keenam karakteristik tersebut hanya tiga
yang dapat digunakan yaitu jenis barang/komoditi, lokasi/tempat usaha dan
sumber daya manusia (SDM), hal tersebut dikarenakan usaha bisnis
memiliki keunikan tersendiri. Dari ketiga aspek karakteristik tersebut usaha
“Resto N Cafe Teras” Watampone memiliki karakteristik yang dapat
menjadi pembeda dari usaha lainnya. Dengan demikian usaha bisnis “Resto
N Cafe Teras” Watampone menjalankan usahanya dengan karakteristik yang
unik yang menjadi nilai tambah tersendiri yang dapat meningkatkan kinerja
perusahaan sehingga berdampak baik pada usaha “Resto N Cafe Teras”
Watampone.
2. Kontribusi perencanaan media konten digital marketing berbasis media
sosial dalam ranga menarik minat pelanggan didapatkan melalui empat
langkah menurut Tom Dunchan. Aspeknya antara lain (1) Mengidentifikasi
target media (media targeting), (2) Menentukan tujuan media (media
objectives), (3) Menentukan strategi media, (4) Penjadwalan penempatan
media atau scheduling media placement. Keempat aspek tersebut dapat
dikatakan sudah dijalankan cukup baik yang dibuktikan dengan data minat
eksploratif masyarakat terhadap akun media sosial Instagram “Resto N Cafe
Teras” Watampone.
3. Model perencanaan media konten digital marketing berbasis media sosial
dimulai dari penggunaan pendekatan model grounded theory yang
menghasilkan suatu model yang terdiri dari 8 aspek. Aspeknya yaitu target
pasar, display produk, model, konten, pesan, aplikasi, pemilihan media, dan
kredibiitas. Namun model tersebut belum memperhatikan mengenai
maslahah. Maka dari itu akan disempurnakan dengan melibatkan
teori/konsep maqāṣid al-syarῑ‘ah. Sehingga model perencanaan media yang
melibatkan teori/konsep maqāṣid al-syarῑ‘ah dapat menjadi pedoman bagi
pemilik usaha “Resto N Cafe Teras” Watampone pada khususnya dan para
pengusaha muslim pada umumnya dalam merencanakan perencanaan media.
B. Diskorsif
Berdasarkan kesimpulan di atas, maka penulis memberi diskorsif berupa
sebuah model perencanaan media dengan melibatkan teori/konsep maqāṣid al-
syarῑ‘ah pada pemilik usaha “Resto N Cafe Teras” Watampone dan para
pengusaha muslim untuk dijadikan pedoman dalam merencanakan perencanaan
media, karena setiap usaha bisnis yang ingin menarik minat pelanggan terhadap
usahanya diperlukan perkembangan dan perubahan-perubahan yang selalu terus
dilakukan. Adapun dari segi tempat usaha alangkah baiknya “Resto N Cafe
Teras” Watampone selalu melakukan renovasi model ruangan serta
menyediakan lokasi parkiran yang lebih luas agar pelanggan merasa nyaman dan
puas sehingga “Resto N Cafe Teras” Watampone dapat berkembang menjadi
usaha yang lebih besar.
Ketersediaan
SFEBI20210153153/2021Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

153/2021

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi FEBI

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top