Analisis Komparatif Persepsi Konsumen Produk Operator Seluler ditinjau dari Marketing Mix Produk (Studi Pada Konsumen Tri & Indosat Di Gerbi Cell)

No image available for this title
Skripsi ini membahas tentang perbandingan persepsi konsumen operator seluler
ditinjau dari marketing mix produk di sebuah gerai bernama Gerbi Cell. Penelitian ini
dilakukan untuk mengetahui sejauh mana perbedaan persepsi konsumen pada produk
yang ditawarkan oleh kedua operator tersebut. Dengan tujuan penelitian tersebut, maka
penelitian ini dibentuk dengan menggunakan jenis penelitian komparatif dengan
pendekatan penelitian kuantitatif atau uji beda dengan mengandalkan data dari kedua
kelompok lalu membandingkannya.
Adapun hasil dari penelitian ini memberikan kesimpulan bahwa terdapat perbedaan
persepsi konsumen terhadap produk operator seluler Tri dan Indosat. Ini ditandai
dengan diterimanya Ha sebagai hasil akhir dari perbandingan Independent Sample T
Test. Dimana ditemukan fakta bahwa nilai -thitung < -ttabel -2,012 < -1,980) dan nilai
signifikansi (sig. 2-tailed) 0,047 < 0,05. Persepsi konsumen operator Indosat terhadap
produk pilihannya lebih baik dibandingkan persepsi konsumen operator Tri. Ini dilihat
dari nilai rata-rata data konsumen operator Indosat lebih tinggi dibanding konsumen
operator Indosat, yakni 98,74 < 95,90. Ini dipengaruhi dari besarnya perbedaan di
masing-masing aspek marketing mix seperti kualitas produk Indosat 41,76 > 39,80
kualitas produk Tri serta Promosi produk operator Indosat 19,16 > 17,67 Promosi
produk operator Tri. Namun meski demikian, persepsi konsumen pada produk operator
seluler Tri lebih unggul dibanding operator seluler Indosat dalam segi harga dan
distribusi produk. Hal ini dibuktikan dengan adanya nilai persepsi harga produk
operator Tri 22,77 > 22,20 produk operator Indosat, serta persepsi Distribusi/Tempat
produk Tri 15,66 > 15,62 Produk Indosat.
A. Kesimpulan
Dengan berdasar pada penjelasan dan pembahasan pada bab diatas, peneliti
dapat membuat kesimpulan yang diuraikan sebagai berikut:
Ditemukan signifikansi perbedaan antara persepsi konsumen pada produk
operator seluler Tri dan Indosat. Ini ditandai dengan diterimanya Ha sebagai hasil
akhir dari perbandingan Independent Sample T Test. Dimana ditemukan fakta
bahwa nilai -thitung < -ttabel (-2,012 < -1,980) dan nilai signifikansi (sig. 2-tailed)
0,047 < 0,05.
Persepsi konsumen operator Indosat terhadap produk pilihannya lebih baik
dibandingkan persepsi konsumen operator Tri. Ini dilihat dari nilai rata-rata data
konsumen operator Indosat lebih tinggi dibanding konsumen operator Indosat,
yakni 98,74 < 95,90. Ini dipengaruhi dari besarnya perbedaan di masing-masing
aspek marketing mix seperti kualitas produk Indosat 41,76 > 39,80 kualitas produk
Tri serta Promosi produk operator Indosat 19,16 > 17,67 Promosi produk operator
Tri. Namun meski demikian, persepsi konsumen pada produk operator seluler Tri
lebih unggul dibanding operator seluler Indosat dalam segi harga dan distribusi
produk. Hal ini dibuktikan dengan adanya nilai persepsi harga produk operator Tri
22,77 > 22,20 produk operator Indosat, serta persepsi Distribusi/Tempat produk
Tri 15,66 > 15,62 Produk Indosat.
B. Implikasi
Berdasarkan dari penjelasan pembahasan pada bab yang sebelumnya,
peneliti dapat menguraikan implikasi sebagai berikut:
1. Kepada perusahaan PT. Indosat Tbk selaku produsen dan penyedia jaringan
dari produk operator seluler Indosat agar tetap mempertahankan dan bila
mungkin terus meningkatkan produknya yang telah mendapat persepsi baik
dari konsumennya sehingga volume penjualan juga perolehan laba perusahaan
bisa lebih meningkat. Meski begitu, dari semua aspek pemasaran, akan baik
bagi PT. Indosat Tbk jika lebih mengembangkan inovasi untuk mendapatkan
lebih banyak persepsi baik konsumen dari aspek harga. Sedangkan kepada
perusahaan PT Hutschison 3 Indonesia selaku produsen dan penyedia jaringan
dari produk operator seluler Tri agar hendaknya lebih meningkatkan
manajemen dan melakukan inovasi yang lebih baik terhadap produknya agar
dapat bersaing dengan perusahaan sejenis lainnya, utamanya pada aspek
kualitas produk.
2. Kepada para konsumen pengguna produk operator utamanya Tri dan Indosat
agar lebih mempertimbangkan berbagai aspek dalam menggunakan dan
memilih produk sebelumnya agar produk tersebut lebih terasa menyenangkan
dan memberi rasa puas saat menggunakannya nanti.
3. Kepada calon peneliti selanjutnya agar hasil penelitian ini bisa dijadikan
bahan referensi dalam mengkaji objek serupa dan sebisa mungkin untuk
meneliti pada populasi serta objek yang lebih besar agar ilmu pengetahuan
terus berkembang.
Ketersediaan
SFEBI2021002929/2021Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

29/2021

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi FEBI

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top