Implementasi Metode Pembelajaran Pailkem dalam Upaya Mengaktifkan Peserta Didik di Kelas VII SMPN 3 Watampone

No image available for this title
Skripsi ini membahas tentang implementasi Metode Pembelajaran PAILKEM
dalam Mengaktifkan Peserta Didik dikelas VII SMP Negeri 3 Watampone. Penelitian
ini bertujuan: pertama, Untuk mengetahui penerapanpembelajaran
PAILKEMdi kelas VIISMPN3Watampone. Kedua, Untukmengetahui keaktifansiswa
dalampembelajarandiSMPN3Watampone. Ketiga, . Untuk mengetahui implikasi metode
PAILKEM dalam mengaktifkansiswakelasVIISMPN3Watampone.
Dalam penelitian, penulis menggunakan dua aspek jenis penelitian. Pertama,
penelitian berdasarkan tempat penelitian, yakni menggunakan penelitian lapangan
(filedresearch). Kedua, berdasarkan analisis data. Penulis menggunakan penelitian
dekskreptif kulitatif, dengen pendekatan kulitatif dan pendekatan psikologis. Adapun
sumber data yang diperoleh dari data primer dan data skunder dengan teknik
pengumoulan data yaitu teknik obserfasi, teknik wawancara dan tekni dokumentasi.
Sedangkan instrument penelitian berupa pedoman observasi, pedoman wawancara,
dan dokumentasi dengan menggunakan analisis data yaitu reduksi data, penyajian
data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Implementasi Metode Pembelajaran
PAILKEM dalam Mengaktifkan Peserta Didik di Kelas VII SMP Negeri 3
Watampone Kec. Tanete Riattang Timur Kab. Bone, bisa dikatakan baik. Hal ini
dapat dilihat dari 1) Menggunakan lingkungan sebagai salah satu sumber belajar yang
dapat diolah. 2) Pembelajaran yang menarik. 3) guru menjaga buku-buku dan bahan
belajar yang menarik. 4) guru membimbing siswa meneta lingkungan sekolah. 5)
membiarkan siswa untuk menemukan caranya sendiri dalam memecahkan masalah.
6) memberi kesempatan siswa membaca. 7) memberi kesempatan pada siswa
bertanya. 7) memberi kesempatan pada siswa mengeluarkan pendapat masing-
masing. 8) guru membuat suasana yang menyenangkan. 9) guru memberi semangat
pada siswa. 10) guru mengelompokkan siswa dalam proses pembelajaran.
Implikasi penelitian diharapkan semua pihak di dalam sekolah mampu
menggunakan lingkungan sebagai salah satu sumber belajar yang dapat diolah baik
itu Kepala Sekolah dan semua guru. Dan semua siswa hendaknya bertpartisipasi
dalam menata lingkungan sekolah agar proses pembelajaran itu menyenangkan dan
lingkungan itu memang harus dijaga kebersihannya karna ada hadist yang
mengatakan bahwa kebersihan sebagian dari imam.
A. simpulan
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh penulis tentang
implementasi metode pembelajaran PAILKEM dalam upaya mengaktifkan
peserta didik di kelasVII SMP Negri 3 Watampone Kec. Tanete Riattang
Timur Kab. Bone menyimpulkan bahwa:
1. Penerapan Pembelajaran PAILKEM di Kelas VII SMP Negeri 3
Watampone dengan membimbing siswa dalam Menggunakan lingkungan
sebagai salah satu sumber belajar yang dapat diolah, Pembelajaran yang
menarik, serta guru menjaga buku-buku serta pelajaran yang menarik.
Adanya penerapan ini guru dan siswa selalu menjaga kebersihan serta
mengguna lingkungan sebagai sumber belar.
2. Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran PAILKEM di SMP Negeri 3
Watampone Keaktifan belajar siswa adalah usaha guru dalam
mengusahakan peserta didik aktif baik secara fisik maupun rohani. Suatu
kondisi, perilaku atau kegiatan yang terjadi pada siswa pada saat proses
belajar yang ditandai dengan keterlibatan siswa seperti bertanya,
mengajukan pendapat, mengerjakan tugas-tugas, dapat menjawab
pertanyaan guru dan bisa bekerja sama dengan siswa lain, serta tanggung
jawab terhadap tugas yang diberikan.
3. Implementasi metode PAILKEM dalam mengaktifkan siswa kelas VII
SMP Negeri 3 Watampone implementasi metode PAILKEM yaitu suatu
efek atau akibat serta metode impilikasi juga membahas tentang
bagaimana cara dan metode teori-teori yang digunakan dalam sebuah
penelitian.
B. saran
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka di bawah ini
dikemukakan implikasi penelitian yang berisikan saran-saran. Adapun saran-
saran penulis adalah sebagai berikut:
1. Kepada guru-guru yang ada di SMP Negeri 3 Watampone sekiranya
Menggunakan lingkungan sebagai salah satu sumber belajar yang dapat
diolah, Pembelajaran yang menarik, serta guru menjaga buku-buku serta
pelajaran yang menarik. Adanya penerapan ini guru dan siswa selalu
menjaga kebersihan serta mengguna lingkungan sebagai sumber belar.
2. Kepada setiap guru yang mengajar kiranya dapat mengaktifan Siswa
dalam Pembelajaran dengan menggunakan metode Membiarkan siswa
untuk menemukan caranya sendiri dalam memecahkan masalah, Memberi
kesempatan siswa untuk membaca sebelum pembelajaran berlangsung.
Ketersediaan
STAR20210272272/2021Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

272/2021

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top