Pemanfaatan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Menyimak Siswa Di Masa Pandemi Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 3 Bone
Rika Ashari/ 02.16.5047 - Personal Name
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pemanfaatan media audio
visual dalam keterampilan menyimak siswa di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri
3 Bone, 2) Untuk mengetahui langkah-langkah penggunaan media audio visual
terhadap hasil belajar keterampilan menyimak siswa di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah
Negeri 3 Bone. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan
pendekatan paedagogik dan pendekatan sinektik, untuk memperoleh data yang
diinginkan menggunakan data primer dan data sekunder.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan media
audio visual membuat pembelajaran menjadi lebih menarik, sehingga motivasi anak
lebih meningkat dan mampu menghilangkan kejenuhan. Siswa lebih banyak
melakukan kegiatan belajar seperti mengamati, mendengar dan melakukan
demonstrasi. Mampu melatih taraf berpikir anak dari yang kongkret ke abstrak. Dari
berpikir sederhana ke berpikir komplek. Siswa juga mampu menghubungkan pesan
visual dengan pengalaman-pengalamannya. Pembelajaran menggunakan media audio
visual pada masa sekarang jauh lebih efektif. Pembelajaran jarak jauh yang sering
dilakukan dengan menggunakan aplikasi hendaknya menggunakan media.
Dalam penelitian ini telah dibuktikan bahwa penggunaan media audio visual
lebih efektif digunakan dalam pengajaran menyimak siswa di kelas IV MIN 3 Bone.
Selain itu siswa juga memberikan respon yang lebih baik dalam mengikuti proses
belajar mengajar dibandingkan pembelajaran tanpa mengunakan media audia visual.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian- uraian yang telah dipaparkan dalam bab- bab
sebelumnya, sesuai data hasil penelitian dan analisis peneliti mengenai Pemanfaatan
Media Keterampian Menyimak Siswa Kelas IV MIN 3 Bone, maka dapat ditarik
kesimpulan sebagai berikut:
1. Pemanfaatan media audio visual dalam keterampilan menyimak siswa sebagai
salah satu media pembelajaran yang dimanaatkan guru untuk mencapai tujuan
yang efektif dan efisien sebagai alat bantu penunjang keberhasilan proses belajar
siswa. Proses pemanfaatan media audio visual dalam keterampilan menyimak
siswa berarti memahami suatu pesan yang disengaja yang disampaikan secara
lisan. Menyimak terjadi dalam komunikasi lisan. Terampil menyimak berarti
peserta didik memiliki perhatian yang lebih untuk mendapatkan informasi-
informasi yang ada. Melalui keterampilan menyimak yang baik, peserta didik
dapat menyerap informasi dari linkungannya. Selain itu, siswa juga memberikan
respon yang lebih baik dalam mengikuti proses belajar mengajar dibandingkan
pengajaran tanpa menggunakan media audio visual.
2. Langkah-langkah penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar
keterampilan menyimak siswa dalam penggunaan media audio visual kelas IV
MIN 3 Bone. Pembelajaran menggunakan media audio visual pada masa sekarang
jauh lebih efektif. Pembelajaran jarak jauh yang sering dilakukan dengan
menggunakan aplikasi. Dalam penelitian ini telah dibuktikan bahwa penggunaan
media audio visual lebih efektif digunakan dalam pengajaran mnyimak siswa di
kelas IV MIN 3 Bone. Selain itu siswa juga memberikan respon yang lebih baik
dalam mengikuti proses belajar mengajar dibandingkan pembelajaran tanpa
mengunakan media audia visual.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian dari kesimpulan yang telah dipaparkan maka
saran yang dapat disampaikan oleh peneliti sebagai berikut:
1. Bagi guru dan calon guru untuk menumbuhkan kemampuan dalam
pemanfaatan media audio visual dalam keterampilan menyimak siswa media
yang cocok digunakan yaitu Media audio visual berupa video karena media ini
sangat membantu siswa dalam berfikir dalam keterampilan menyimak.
2. Bagi siswa, dalam penggunaan Media Audio Visual ini siswa diharapkan teliti
dalam menyimak video yang akan diperlihatkan agar mampu mendapatkan
nilai yang baik.
3. Bagi peneliti, untuk diwaktu yang akan datang penelitian ini akan sangat
berguna diwaktu yang akan datang karena peneliti dapat menggunakan media
audio visual dalam keterampilan menyimak siswa.
visual dalam keterampilan menyimak siswa di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri
3 Bone, 2) Untuk mengetahui langkah-langkah penggunaan media audio visual
terhadap hasil belajar keterampilan menyimak siswa di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah
Negeri 3 Bone. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan
pendekatan paedagogik dan pendekatan sinektik, untuk memperoleh data yang
diinginkan menggunakan data primer dan data sekunder.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan media
audio visual membuat pembelajaran menjadi lebih menarik, sehingga motivasi anak
lebih meningkat dan mampu menghilangkan kejenuhan. Siswa lebih banyak
melakukan kegiatan belajar seperti mengamati, mendengar dan melakukan
demonstrasi. Mampu melatih taraf berpikir anak dari yang kongkret ke abstrak. Dari
berpikir sederhana ke berpikir komplek. Siswa juga mampu menghubungkan pesan
visual dengan pengalaman-pengalamannya. Pembelajaran menggunakan media audio
visual pada masa sekarang jauh lebih efektif. Pembelajaran jarak jauh yang sering
dilakukan dengan menggunakan aplikasi hendaknya menggunakan media.
Dalam penelitian ini telah dibuktikan bahwa penggunaan media audio visual
lebih efektif digunakan dalam pengajaran menyimak siswa di kelas IV MIN 3 Bone.
Selain itu siswa juga memberikan respon yang lebih baik dalam mengikuti proses
belajar mengajar dibandingkan pembelajaran tanpa mengunakan media audia visual.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian- uraian yang telah dipaparkan dalam bab- bab
sebelumnya, sesuai data hasil penelitian dan analisis peneliti mengenai Pemanfaatan
Media Keterampian Menyimak Siswa Kelas IV MIN 3 Bone, maka dapat ditarik
kesimpulan sebagai berikut:
1. Pemanfaatan media audio visual dalam keterampilan menyimak siswa sebagai
salah satu media pembelajaran yang dimanaatkan guru untuk mencapai tujuan
yang efektif dan efisien sebagai alat bantu penunjang keberhasilan proses belajar
siswa. Proses pemanfaatan media audio visual dalam keterampilan menyimak
siswa berarti memahami suatu pesan yang disengaja yang disampaikan secara
lisan. Menyimak terjadi dalam komunikasi lisan. Terampil menyimak berarti
peserta didik memiliki perhatian yang lebih untuk mendapatkan informasi-
informasi yang ada. Melalui keterampilan menyimak yang baik, peserta didik
dapat menyerap informasi dari linkungannya. Selain itu, siswa juga memberikan
respon yang lebih baik dalam mengikuti proses belajar mengajar dibandingkan
pengajaran tanpa menggunakan media audio visual.
2. Langkah-langkah penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar
keterampilan menyimak siswa dalam penggunaan media audio visual kelas IV
MIN 3 Bone. Pembelajaran menggunakan media audio visual pada masa sekarang
jauh lebih efektif. Pembelajaran jarak jauh yang sering dilakukan dengan
menggunakan aplikasi. Dalam penelitian ini telah dibuktikan bahwa penggunaan
media audio visual lebih efektif digunakan dalam pengajaran mnyimak siswa di
kelas IV MIN 3 Bone. Selain itu siswa juga memberikan respon yang lebih baik
dalam mengikuti proses belajar mengajar dibandingkan pembelajaran tanpa
mengunakan media audia visual.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian dari kesimpulan yang telah dipaparkan maka
saran yang dapat disampaikan oleh peneliti sebagai berikut:
1. Bagi guru dan calon guru untuk menumbuhkan kemampuan dalam
pemanfaatan media audio visual dalam keterampilan menyimak siswa media
yang cocok digunakan yaitu Media audio visual berupa video karena media ini
sangat membantu siswa dalam berfikir dalam keterampilan menyimak.
2. Bagi siswa, dalam penggunaan Media Audio Visual ini siswa diharapkan teliti
dalam menyimak video yang akan diperlihatkan agar mampu mendapatkan
nilai yang baik.
3. Bagi peneliti, untuk diwaktu yang akan datang penelitian ini akan sangat
berguna diwaktu yang akan datang karena peneliti dapat menggunakan media
audio visual dalam keterampilan menyimak siswa.
Ketersediaan
| STAR20210183 | 183/2021 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
183/2021
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2021
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
